Tanaman Pengusir Nyamuk

tanaman pengusir nyamuk

Tanaman Pengusir Nyamuk – Nyamuk bukan hanya serangga kecil yang suka bising. Lebih dari itu, melalui gigitannya, nyamuk bisa menimbulkan banyak masalah dan penyakit. Mulai dari iritasi ringan, seperti kulit gatal-gatal, kemerahan, sampai pada penyakit yang tergolong parah, seperti demam berdarah atau bahkan malaria.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengusir nyamuk, baik yang tradisional maupun modern. Cara mudah mengusir nyamuk dan menyehatkan yang terkenal sejak dahulu kala adalah dengan menanam tanaman pengusir nyamuk.

Baca Juga: Tanaman Gantung


Kelebihan Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman Pengusir Nyamuk

Kelebihan yang dimiliki tanaman pengusir nyamuk di antaranya memiliki aroma yang dibenci nyamuk, tetapi menenangkan sehingga bisa dijadikan sebagai aromatherapy. Hal ini berbeda dengan kebanyakan obat pengusir nyamuk yang banyak mengandung zat kimia serta kurang baik untuk kesehatan.

Dengan memilih menanam tanaman pengusir nyamuk, bukan hanya membuat lingkungan sehat, tetapi juga menjadikan tempat tinggal lebih harum dan segar. Selain itu, beberapa tanaman pengusir nyamuk tergolong sebagai tanaman yang cantik, sehingga dapat dijadikan tanaman hias di rumah.

Baca Juga: Tanaman Toga


Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman Pengusir Nyamuk

Ada banyak sekali tanaman yang memiliki beragam khasiat. Namun, tidak semuanya memiliki aroma yang dapat mengusir nyamuk dan dapat ditanam di sekitar rumah.  Lantas, tanaman apa saja yang bisa mengusir nyamuk?. Berikut uraian yang akan membahasnya.

1. Geranium

Geranium

Bunga ini memiliki banyak jenis dengan warna yang menarik. Sebagai pengusir nyamuk, tanaman ini tergolong mudah penanamannya maupun perawatannya. Cukup dengan menanamnya di tanah ataupun meletakkannya di pot gantung. Saat tertiup angin, aroma dari bunga ini akan keluar. Kandungan dari aromanya yang berupa geraniol dan sitronelol dapat dijadikan pengharum ruangan yang tidak disukai nyamuk. Namun, tetap harum dan menenangkan.

2. Lavender

Lavender

Lavender merupakan tanaman yang sudah sangat terkenal ampuh mengusir nyamuk. Warna ungu yang cantik, serta bentuknya berupa semak atau pohon kecil sangat cocok di tanam di pekarangan rumah. Tanaman ini memiliki kelebihan yaitu tergolong tanaman anti jamur serta antiseptik. Tak hanya itu, bunga dari tanaman ini sangat cocok diletakkan di dalam rumah sebagai pengharum ruangan. Kandungan dari aromanya berupa linalool dan lynalyl asetat sangatlah harum dan tidak disukai nyamuk.

3. Rosemary

Rosemary

Tanaman ini bisa dijadikan pilihan untuk mengusir nyamuk dengan menanamnya di dekat jendela atau depan pintu rumah.  Aroma mirip minyak kayu putih atau minyak telon yang dimiliki tanaman ini sangat dibenci nyamuk. Kandungan dari aromanya dapat melumpuhkan penciuman nyamuk. Selain mengusir nyamuk, tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masak dan juga obat.

4. Lemon Balm

Lemon Balm

Lemon Balm termasuk jenis tanaman yang butuh perawatan ekstra karena memiliki pertumbuhan yang cepat (invasif). Meski begitu, kandungan sitronelal dari aroma yang dikeluarkan oleh tanaman ini sangat mampu mengusir nyamuk. Daun dari tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai penyedap rasa makanan.

5. Serai Wangi

Serai Wangi

Sering dijadikan sebagai bumbu dan aroma masakan, tanaman yang satu ini juga mampu mengusir nyamuk. Zat sitronelal dan geraniol yang dimilikinya mampu menebarkan aroma yang tidak disukai nyamuk. Serai wangi juga dapat ditanam di dekat jendela sehingga aroma yang dimilikinya dapat masuk ke dalam rumah dan mengusir nyamuk.

6. Zodia

Zodia

Zodia sering digunakan oleh masyarakat Papua untuk melindungi diri dari nyamuk dengan cara digosokkan pada badan sebelum memasuki hutan. Hal ini tak mengherankan, karena kandungan yang dimiliki zodia dalam aromanya berupa evodiamine dan rutaceae sangat dibenci nyamuk. Cukup dengan menanamnya dalam pot dan meletakkannya di sekitar jendela, zodia akan mengusir nyamuk ke seluruh ruangan.

7. Bunga Krisan

Bunga Krisan

Tanaman hias yang berbunga cantik ini sangat mudah ditemukan dan dibeli. Selain itu, perawatannya juga cukup mudah. Bunga Krisan dapat tumbuh baik di pot, tanah langsung, maupun polybag. Selain bunga dengan beraneka ragam warna yang menarik, aroma krisan sangatlah harum sehingga sering dijadikan parfum. Keharuman atau aroma dari tanaman ini sangat tidak disukai nyamuk. Minyak dari krisan bisa dijadikan pengharum ruangan dengan cara mengekstraknya. Kemudian, menjadikannya campuran lilin aroma yang dapat diletakkan di sudut-sudut ruangan.

8. Kecombrang

Kecombrang

Warna cantik yang dimiliki tanaman ini sangat cocok dijadikan hiasan di sekitar rumah. Kecombrang merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Aroma kuat yang dimiliki kecombrang sangat tidak disukai nyamuk. Menanamnya juga cukup mudah baik di pot atau di tanah lagsung.

9. Kemangi

 

Kemangi sering ada dalam hidangan makanan sebagai lalapan. Meskipun begitu, kemangi tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai makanan, tetapi pengusir nyamuk dengan aromanya. Aroma khas yang cukup menyengat yang dikeluarkan kemangi sangat tidak disukai nyamuk. Membudidayakan tanaman ini di sekitar rumah dapat menjadikan rumah bebas nyamuk.

10. Citrosa Mosquito

Citrosa Mosquito

Tanaman yang berasal dari negeri Belanda ini dapat mengusir nyamuk dengan aroma mirip lemon yang dikeluarkannya. Tak hanya nyamuk, aroma menyengat dari tanaman ini juga tidak disukai oleh beberapa jenis serangga. Citrosa Mosquito tergolong tanaman yang cukup langka. Meski begitu, sebagai pengusir nyamuk, perawatannya cukup mudah. Hanya dengan sering menyiramnya dan meletakkannya di tempat yang mudah terpapar sinar matahari, tanaman ini akan tumbuh beraroma semerbak.

11. Suren

Suren

Berbeda dengan kebanyakan tanaman di atas, suren termasuk tanaman tahunan berkayu dan dapat tumbuh menjadi pohon yang besar. Untuk mengusir nyamuk, tanaman ini bisa diletakkan di halaman atau sekitar rumah.  Bagian dari tanaman ini yang cukup beraroma adalah daun kulitnya. Aroma yang dikeluarkan oleh Suren ini mengandung zat surenon, surenin dan surenolakton yang ampuh mengusir nyamuk dan beberapa serangga lainnya.

12. Bawang Putih  

Bawang Putih  

Bukan hanya menjadi bumbu masak yang menyedapkan makanan, bawang putih bisa mengusir nyamuk dengan aroma khasnya. Tak hanya itu, zat belerang yang dimiliki bawang putih bisa membunuh larva. Menanamnya di bawah jendela bisa memudahkan aromanya masuk, sehingga membuat nyamuk tidak akan tahan dan mencegah nyamuk datang kembali.

13. Kayu Putih

Kayu Putih

Minyak dari tumbuhan kayu putih sudah banyak diproduksi sebagai obat gatal-gatal ataupun aromathereapy. Walaupun sudah banyak diekstrak menjadi minyak. Namun, tidak salah untuk menanamnya sebagai pengusir nyamuk di sekitar maupun dalam rumah. Meski termasuk tumbuhan berkayu, kayu putih dapat ditanam dalam pot dan mengharumkan ruangan. Ruangan yang di dalamnya terdapat kayu putih akan dipenuhi aroma yang menenangkan, sekaligus bebas dari nyamuk.

14. Akar Wangi

Akar Wangi

Salah satu jenis nyamuk yang dapat mendatangkan penyakit adalah aedes agypti dan anopheles aconitus. Namun, tak perlu khawatir kedatangan nyamuk tersebut dapat dicegah dengan tanaman akar wangi. Akar wangi dapat ditanam pada halaman di sekitar rumah maupun di pot dan diletakkan dalam rumah. Aroma yang dimiliki oleh akar wangi sangatlah kuat dan tidak disukai nyamuk.

Keempat belas tanaman beraroma tersebut dapat dijadikan pilihan sebagai alternatif mengusir nyamuk dengan menanamnya di rumah sebagai tanaman hias. Selama masih ada cara alami, murah, dan menyehatkan, mengapa harus memilih yang mahal?

Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman Hidroponik

Nidaul Jannah
11 min read

Tanaman Vanili

Nidaul Jannah
3 min read

Tanaman Hias

Nidaul Jannah
10 min read

Tinggalkan Balasan