Tanaman Toga

tanaman toga

Tanaman Toga – Tahukah kamu? Tanaman toga atau tanaman obat keluarga merupakan jenis tanaman herbal yang bisa dibudidayakan sendiri bersama keluarga. Tanaman ini telah dipercaya sejak zaman Mesir kuno sebagai tanaman yang kaya khasiat dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit berdasarkan jenisnya.

Selain itu, (tanaman obat keluarga) juga termasuk jenis tanaman yang perawatannya mudah dan memiliki efek samping yang tidak terlalu besar. Hal ini berbeda dengan obat-obat kimia yang kebanyakan berharga mahal dan memiliki banyak efek samping.

Sebagai tanaman dengan perawatan yang mudah, toga dapat ditanam di sekitar rumah. Berikut jenis-jenis toga beserta manfaatnya yang dapat dijadikan pilihan untuk ditanam di sekitar rumah.


Tanaman Toga Jenis Dedaunan

Tanaman Toga

Banyak sekali tanaman toga yang daunnya dapat dimanfaatkan khasiatnya dan ditanam di sekitar rumah, di antaranya sebagai berikut :

1. Daun Sirih Merah

Sudah tak diragukan lagi, daun sirih merah memiliki banyak khasiat dalam penyembuhan penyakit. Kandungan Polevenolad dan Flavonoid yang dimilikinya dapat dijadikan sebagai penyembuhan kanker, antioksidan, antiseptik, sampai antiiflamasi. Tak hanya itu, uegenol yang terkandung di dalamnya dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit. Karvakrol yang ada di dalamnya bisa mengatasi bau mulut dan keputihan.

2. Daun Kelor

Tanaman obat keluarga yang satu ini dapat dijadikan berbagai hidangan, baik makanan maupun minuman. Daun Kelor termasuk tumbuhan dengan kandungan gizi yang cukup tinggi. Terbukti dari kayanya kandungan vitamin A dan vitamin C-nya, daun kelor sangat bagus untuk meningkatkan imunitas dan kesehatan kulit. Potasium dan kalium di dalamnya dapat memelihara tekanan darah. Selain itu, daun kelor berkhasiat untuk mengcegah anemia, menjaga kesehatan ginjal, menurunkan kolesterol, dan menjaga kesehatan ginjal.

3. Daun Dewa

Khasiat yang diberikan oleh tanaman obat keluarga yang satu ini termasuk banyak. Daun dewa bisa dijadikan obat untuk menyembuhkan kutil pada kulit. Ekstrak etanol yang dimilikinya dapat menghambat bahkan mematikan virus herpes. Kelebihan lain yang dimiliki daun dewa adalah sifatnya antioksidan, antibakteri, dan antiperadangan. Hal ini menjadikan daun dewa dapat menyembuhkan demam, diabetes, hipertensi, sakit ginjal, dan rematik. Di samping itu, daun dewa sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung karena sifat anti hipertensi dan kardiprotektifnya.

4. Daun Bidara

Rebusan air bidara sangat bermanfaat untuk kesehatan. Tanaman obat keluarga ini dapat melancarkan menstruasi pada wanita, menyehatkan lambung, mengatasi demam, dan mencegah penyakit (diabetes, kanker, tumor). Olahan daun bidara juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan seperti mengatasi jerawat dan memperkuat rambut. Selain itu, daun bidara dapat dijadikan obat luka dengan menyemprotkan air olahan daunnya.

5. Sambilloto

Di balik rasa pahit yang dimiliki tanaman obat keluarga ini, ternyata terdapat banyak sekali khasiat. Antioksidan di dalamnya mampu meningkatkan kebebalan tubuh, mengobati flu, demam, dan sakit tenggorokan. Kandungan lainnya adalah A. Paniculata yang amampu menurunkan kadar glukosa dan kolesterol, sehingga dapat mencegah diabetes. Sambiloto juga dapat menyembuhkan berbagai infeksi seperti herpes, sinusitis, kusta, malaria, dan pnemonia.

6. Lidah Buaya

Lidah buaya termasuk jenis tanaman obat keluarga yang dapat dijadikan berbagai olahan, seperti jus, manisan, salad, puding, ataupun masker. Di samping itu, perawatannya juga cukup mudah. Tanaman ini termasuk herbal yang memiliki beragam khasiat, di antaranya membantu penyembuhan luka dengan senyawa polisakarida dan mannose-6-phospate-nya. Gel yang terkandung pada daunnya sangat kaya akan zat besi, sodium, kalium, kalsium, flavonoid, fenol, dan berbagai vitamin. Kandungan-kandungan gel tersebut dapat mencegah penuaan dini, penyakit degeneratif, ataupun serangan jantung.


Tanaman Toga Jenis Bunga

Tanaman Toga

Beberapa tanaman obat keluarga tak hanya memiliki bunga cantik. Namun, bunganya juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan, diantaranya adalah rosella dan jintan hitam. Berikut ulasan singkatnya :

1. Rosella

Bunga rosella adalah tanaman obat keluarga yang bukan hanya dapat diolah menjadi obat melainkan juga teh. Kandungan vitamin C dalam bunga rosella mampu meningkatkan imunitas. Oleh sebab itu, bunga rosella dapat dijadikan pereda batuk, flu, demam, ataupun nyeri haid. Keistimewaan lainnya adalah flavonoidnya yang bersifat antidepresan, sehingga bisa meredakan rasa cemas dan membuat pengonsumsinya rileks. Khasiat lain yang dimiliki bunga rosella diantaranya adalah melangsingkan badan, menyehatkan organ hati, dan mencegah tumor dan kanker.

2. Jintan Hitam

Jintan hitam merupakan tanaman obat keluarga yang biji pada bunganya sering dimanfaatkan sebagai obat herbal. Tanaman ini memiliki antioksidan yang cukup tinggi, senyawa yang dimilikinya seperti timokuinon, saponin, alkaloid, dan karvakol dapat menangkal radikal bebas. Tak hanya itu, jintan hitam mampu mengontrol gula darah, menyehatkan organ hati, menurunkan kolesterol, bahkan mencegah kanker.


Tanaman Toga Jenis Buah-buahan

Tanaman Toga

Bukan hanya berkhasiat, tanaman obat keluarga jenis buah dapat disajikan menjadi makanan pencuci mulut dan baik dikonsumsi secara rutin. Di bawah ini akan dipaparkan buah tanaman obat keluarga yang sangat berkhasiat.

1. Mengkudu

Di balik bau khas dari buah mengkudu, tersimpan banyak sekali khasiat. Kandungan terpenoid yang dimilikinya mampu memulihkan sel-sel tubuh. Scolopetin di dalamnya berfungsi mengobati peradangan dan menjadi anti peradangan bagi tubuh. Mengkudu juga memiliki zat anti bakteri yang mampu membunuh bakteri dan virus dalam tubuh. Kelebihan lainnya, mengkudu mampu melancarkan proses buang air kecil dan air besar.

2. Srikaya

Srikaya adalah salah satu tanaman obat keluarga yang memiliki kandungan niasin yang tinggi, sehingga jika rutin dikonsumsi dapat membatu mengurangi kadar kolesterol. Sebagai buah yang kaya serat, srikaya mampu melancarkan sistem pencernaan. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi dapat mencegah penyakit asma. Buah ini juga sangat baik untuk ibu menyusui, karena dapat meningkatkan jumlah ASI. Kelebihan lain yang dimiliki srikaya adalah menurunkan hipertensi, mencegah peyakit stroke, dan meningkatkan kesehatan mata.

3. Delima

Buah delima sangat bermanfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Tak heran, karena kandungan yang ada dalam tanaman toga ini di antaranya adalah niasin, asam folat, dan vitamin C yang sangat baik dikonsumsi bagi orang dewasa. Banyaknya serat serta mineral yang terkandung di dalamnya sangatlah cocok untuk dijadikan santapan saat diet. Manfaat lain yang dimiliki delima diantaranya adalah mampu mencegah kanker fosfat, menangkal radikal bebas, dan mencegah penyakit alzheimer.


Tanaman Toga Jenis Jamu-Jamuan

Tanaman Toga

Tak hanya jenis dedaunan, bunga, dan buah. Tanaman obat keluarga juga ada yang berjenis jamu-jamuan diantaranya adalah temulawak, kencur, dan jahe. Berikut penjelasannya :

1. Temulawak

Sebagai tanaman obat keluarga jenis jamu-jamuan, temulawak sangat kaya akan serat dan kurkumin yang mampu memperlancar buang air besar. Temulawak juga membantu mengeluarkan toksin dalam tubuh dengan kandungan phelandren yang dimilikinya. Selain itu, kandungan borneol yang di dalamnya mampu memulihkan tubuh setelah menjalani suatu proses penyembuhan penyakit. Manfaat lain yang dimiliki temulawak adalah meredakan asma, memperlancar metabolisme, dan mengobati bisul.

2. Kencur

Tanaman toga yang bernama kencur ini mengandung banyak minyak astiri dan antioksidan. Kencur termasuk tanaman yang cepat subur dan mudah perawatannya. Sebagai jamu-jamuan, kencur dapat diramu menjadi jamu untuk mengobati flu, kembung, batuk, dan mulas. Kandungan yang dimiliki kencur mampu meredakan radang lambung, keseleo, sakit kepala, diare, dan bahkan menyehatkan organ ginjal.

3. Jahe

Rasa dominan yang dimiliki jahe adalah pedas. Jahe dapat dihidangkan sebagai minuman, berbagai olahan makanan, atau campuran rempah-rempah. Tak hanya dapat dijadikan minuman penghangat tubuh, jahe mampu mengobati banyak masalah perut, seperti kembung, mual, diare, muntah pasca operasi, dan masuk angin. Lebih dari itu, jahe dapat diandalkan untuk

Demikian paparan mengenai tanaman toga dan jenis-jenisnya. Tanaman-tanaman tersebut sangatlah kaya khasiat dan memiliki kelebihan masing-masing sehingga sangat cocok untuk dibudidayakan di rumah.

Tanaman Toga

Tanaman Bunga

Alfiyah Mufidah
3 min read

Tanaman Hias Daun

Alfiyah Mufidah
3 min read

Tanaman Air

Alfiyah Mufidah
3 min read

Tinggalkan Balasan