Contoh Teks Cerita Sejarah

teks cerita sejarah

Teks Cerita Sejarah – Jika sudah membahas cerita sejarah di Indonesia memang tidak akan ada habisnya, teks cerita sejarah dari Indonesia sering sekali dicari.

Semua itu karena rasa penasaran yang tinggi akan beberapa sejarah yang terkenal di Indonesia dan juga bisa untuk memenuhi tugas dari sekolah. Untuk cerita sejarah Indonesia jaman dahulu biasanya memang berbau mistis.

Sehingga siapapun yang membacanya akan merasa takjub dan perasaan bercampur aduk antra percaya atau tidak percaya. Namun tentu saja sangat seru untuk di bahas satu persatu ceritanya.

Untuk itu diperlukan beberapa referensi yang dapat dijadikan pertimbangan untuk memenuhi rasa penasaran ataupun tugas sekolah. Berikut cerita sejarah Indonesia dalam bentuk teks:


1. Teks Cerita Sejarah Tangkuban Perahu

Teks Cerita Sejarah

Siapa yang tidak mengenal Gunung Tangkuban Perahu yang baru-baru ini menghebohkan rakyat Indonesia karena keadaannya yang tiba-tiba erupsi setelah sekian lama tenang. Dibalik kemegahannya itu ternyata tersimpan sebuah cerita sejarah di dalamnya sejak dahulu. Berikut teks cerita sejarah Tangkuban Perahu yang dapat dijadikan referensi:

Kisah Sangkuriang Dan Dayang Sumbi

Berkisah pada jaman dahulu di daerah Jawa Barat, seorang wanita cantik bernama Dayang Sumbi hidup dengan putranya Sangkuriang dan anjing kesayangan mereka.

Anjing tersebut selalu menemani kemana Sangkuriang pergi namun tidak pernah membantu sangkuriang dalam berburu. Hal itu tentunya membuat Sangkuriang tidak menyukai anjingnya.

Suatu hari kemarahan sangkuriang tidak dapat terbendung dan membuatnya tega membunuh anjingnya. Lalu saat sesampai di rumah, Sangkuriang memberikan hati anjingnya untuk ibunya.

Dayang Sumbi yang tidak mengetahuinya lalu memasaknya dan memakannya. Saat Dayang Sumbi bertanya di mana anjingnya, Sangkuriang berbicara bahwa anjingnya telah dibunuh dan hatinya diberikan kepada Dayang Sumbi.

Mendengar hal tersebut Dayang Sumbi marah dan memukul kepala Sangkuriang hingga berdarah. Sangkuriang kemudian pergi meninggalkan rumah. Hal yang membuat Dayang Sumbi marah karena anjing tersebut merupakan jelmaan ayah Sangkuriang.

Hati anjing yang dimakan Dayang Sumbi membuatnya awet muda dan semakin cantik saja. Sehingga saat beberapa tahun kemudian Sangkuriang pulang dan tidak mengenali ibunya tersebut.

Sangkuriang jatuh cinta pada Dayang Sumbi dan berniat menikahinya. Awalnya Dayang Sumbi tidak menolak namun suatu hari saat sedang membenarkan ikat kepala Sangkuriang Dayang Sumbi melihat sebuah luka di kepala.

Dimana mengingatkannya dengan kejadian saat dahulu Dayang Sumbi melukai anaknya dengan memukul di kepala.

Hal itu membuat Dayang Sumbi sadar yang akan menikahinya adalah anaknya sendiri. Sehingga Dayang Sumbi menolak pernikahan tersebut namun Sangkuriang seperti tidak mau menerima kenyataan dan tetap ingin menikahi ibu kandungnya sendiri.

Akhirnya Dayang Sumbi memberikan persyaratan yaitu Sangkuriang harus mampu membendung sungai Citarum dan membuatkan sampan besar. Semua itu harus selesai dalam satu malam.

Ternyata Sangkuriang meminta bantuan jin untuk sehingga permintaan Dayang Sumbi dengan mudah diselesaikan. Akhirnya sebelum fajar pekerjaan sudah hampir selesai.

Dengan bantuan warga Dayang Sumbi mampu menggagalkan Sangkuriang menyelesaikan syaratnya yaitu kain sutra dibentang ke arah timur kota sehingga seperti fajar. Merasa gagal akhirnya sangkuriang menghancurkan pekerjaannya tersebut.

Sehingga bendungan yang rusak membuat seluruh kota terendam. Sampan yang telah dibuat pun ditendang Sangkuriang hingga jatuh terlungkup membentuk sebuah gunung. Dimana gunung inilah yang dikenal dengan nama Tangkuban Perahu.

Baca Juga: Cerita Danau Toba


2. Teks Cerita Sejarah Batu Malin Kundang

Teks Cerita Sejarah

Padang juga memiliki cerita sejarahnya sendiri, dimana ada sebuah batu yang seolah sujud di dekat pantai. Rakyat Indonesia meyakini itu adalah batu dari seorang anak yang durhaka kepada ibunya. Kisah batu Malin yang terkenal sering membuat beberapa orang penasaran dan mencari cerita lengkapnya. Berikut teks cerita sejarah Batu Malin Kudang:

Malin Anak Durhaka

Seorang ibu hidup dengan anaknya yang bernama Malin dengan keadaan yang sangat miskin. Hal ini membuat Malin ingin merantau dan merubah nasibnya.

Awalnya sang ibu menolak namun Malin selalu meyakinkan, sehingga akhirnya Malin pergi ke kota dan meninggalkan ibunya sendiri di desa.

Beberapa tahun kemudian Malin telah menjadi kaya raya karena menikahi seorang wanita keluarga kaya. Ibunya yang merasa merindukan Malin yang sudah lama tidak ditemui akhirnya memutuskan untuk mengunjungi Malin.

Ibunya ke sana kemari mencari Malin tanpa bekal alamat sedikitpun. Namun tidak terlalu lama sang ibu dapat menemukan anaknya, semua itu karena Malin menikahi seorang wanita yang terpandang.

Saat sang ibu mendatangi Malin dan sangat terharu dengan kesuksesan Malin justru Malin tidak mau mengakuinya. Bahkan istri Malin berbicara kalau Malin sudah tidak punya ibu lagi.

Malin membantah jika yang datang adalah ibunya. Malin malu mengakui ibunya yang kumal seperti pengemis ini. Bahkan Malin berbicara bahwa ibu ini adalah pengemis yang mengaku-ngaku.

Tentu hal itu membuat ibu Malin sakit hati sehingga tidak dapat menahan amarahnya lagi. Ibunya berucap bahwa hati Malin sekeras batu dan Malin adalah anak yang durhaka karena tidak mengakui ibu kandungnya sendiri.

Seketika hujan deras muncul di sertai petir. Namun kaki Malin tidak dapat digerakkan, kakinya seperti membatu.

Akhirnya Malin menyadari kesalahannya dan bersujud meminta ampun. Namun semua sudah terlambat dan kini seluruh tubuh Malin telah menjadi batu.

Itulah sejarah di balik batu bersujud yang ada di pantai laut Padang.


3. Candi Prambanan

Teks Cerita Sejarah

Indonesia memang terkenal dengan candinya yang cukup banyak. Salah satunya adalah candi Prambanan yang terkenal dengan 1000 candinya. Namun siapa sangka di balik candi megah tersebut tersimpan sebuah cerita sejarah yang menakjubkan. Sehingga terkadang sejarah candi Prambanan banyak dicari. Berikut teks cerita sejarah candi Prambanan:

Pangeran Bondowoso Dan Roro Jonggrang

Sebuah kerajaan besar jatuh di musuh, kerajaan tersebut memiliki seorang putri cantik bernama Roro Jonggrang. Pangeran Bondowoso jatuh hati padanya dan berniat menikahi sang putri.

Namun tentu saja Roro Jonggrang tidak menyukai pangeran Bondowoso sehingga meminta sarat yang sulit yaitu membuat seribu candi hanya dalam waktu semalam. Ternyata pangeran Bondowoso menyanggupinya.

Dengan bantuan jin dan roh halus sebelum menjelang fajar persyaratan sudah hampir dipenuhi Pangeran Bondowoso. Tentu saja melihat hal itu Roro Jonggrang panik dan memikirkan cara untuk mencegahnya memenuhi persyaratan.

Akhirnya sang putri menyuruh pelayan untuk menumbuk lesung dan menebarkan bunga. Sehingga jin dan roh halus merasa hari sudah siang dan langsung menghentikan pekerjaannya.

Pangeran Bondowoso merasa marah saat mengetahui cara licik Roro Jonggrang padahal hanya perlu 1 candi lagi untuk memenuhi persyaratan. Kemurkaan pangeran Bondowoso akhirnya dilampiaskan dengan mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca ke 1000 untuk menggenapkan Candi.

Hal inilah yang menjadi sejarah di balik kisah candi Prambanan dengan 1000 candinya.

Baca Juga: Cerita Silat


4. Teks Cerita Sejarah Danau Toba

Teks Cerita Sejarah

Tidak hanya sampai disitu saja sejarah yang ada di Indonesia, masih banyak lagi yang tersisa salah satunya adalah danau Toba. Sebuah danau yang sudah ada sejak dahulu hingga sekarang. Berikut teks cerita sejarah danau Toba yang dapat dijadikan referensi:

Pulau Samosir Dan Danau Toba

Seorang laki-laki bernama Toba yang hidupnya sederhana tidak memiliki keluarga, hal yang Toba lakukan hanya memancing untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Pada suatu hari saat memancing Toba mendapati kail pancingnya menangkap ikan yang besar. Namun Toba terkejut saat mendapati ikan besar tersebut berubah menjadi seorang wanita cantik.

Toba yang langsung jatuh hati akhirnya memutuskan untuk menikahinya, wanita cantik tersebut setuju. Namun dengan persyaratan, Toba tidak boleh mengungkit asalnya dari seekor ikan dan disetujui oleh Toba.

Akhirnya mereka menikah dan hidup sederhana serta semakin lengkap saat dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Samosir.

Samosir memiliki nafsu makan yang besar sehingga Toba harus bekerja ekstra untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Suatu hari ibunya meminta Samosir untuk membawa makan siang untuk ayahnya yang sedang bekerja di ladang. Jarak ladang yang cukup jauh membuat Samosir merasa lapar dan haus.

Akhirnya Samosir tanpa sengaja memakan makan siang yang dibawanya hingga hanya bersisa sedikit. Samosir merasa takut jikalau ayahnya murka namun jika kembali lagi ke rumah tidak akan cukup waktunya.

Sehingga akhirnya Samosir memilih membawa makanan yang sedikit itu ke pada ayahnya dan benar saja Toba marah kepada Samosir.

Dengan emosi Toba melempar bekal makanannya dan mengumpat kepada Samosir dengan berbicara bahwa Samosir adalah anak ikan. Tentu mendengar hal itu membuat Samosir menangis dan pulang dengan sedih.

Samosir menceritakan hal tersebut ke pada ibunya dan tentu saja ibunya merasa Toba telah mengingkari janji. Akhirnya ibunya menyuruh Samosir menuju atas bukit dan menunggu saja di sana.

Tiba-tiba air keluar dari tempat istri Toba berdiri dan terus mengalir dengan deras dan tempat Samosir berdiri telah menjadi sebuah pulau kecil.

Itulah sejarah di balik danau Toba dengan pulau kecil bernama Samosir di tengah danau tersebut.


5. Teks Cerita Sejarah Penjaga Pantai Selatan

Teks Cerita Sejarah

Sampai saat ini rakyat Indonesia pasti mengetahui cerita mistis di balik pantai Selatan. Sebuah pantai yang diyakini memiliki penunggu seorang wanita cantik Nyi Roro Kidul. Berikut teks cerita sejarah Nyi Roro Kidul:

Nyi Roro Kidul

Pada suatu kerajaan jaman dahulu ada seorang seorang putri raja yang dulunya memiliki wajah cantik dan membuat siapapun jatuh hati padanya. Hal itu tentunya membuat permaisuri raja merasa cemburu dan meluncurkan ilmu hitam sehingga wajah putri rusak dan jelek rupa.

Putri diyakini terkena penyakit kulit menular sehingga membuat raja mengusirnya dari istana. Hal itu tentunya membuat Putri marah dan memutuskan untuk bertapa.

Ketika putri bertapa ada suara yang memberi tahu putri harus menyatu dengan laut Selatan. Setelah putri menceburkan diri ke laut Selatan, wajah putri kembali cantik. Dari sejak itu Nyi Roro Kidul menjadi penjaga dari pantai Laut Selatan.

Nyi Roro Kidul dipercaya masyarakat mampu membantu orang yang kesusahan jika mau menjadi pengikutnya. Hingga saat ini masyarakat meyakini bahwa putri cantik itu adalah Nyi Roro Kidul yang menjaga pantai laut Selatan.

Dimana ada larangan menggunakan baju berwarna hijau di sekitaran laut Selatan. Masyarakat meyakini jika ada orang yang tergulung ombak telah menjadi pelayan dari Nyi Roro Kidul.

Sehingga masyarakat sangat melarang pengunjung pantai Laut Selatan menggunakan pakaian berwarna hijau. Semua itu untuk menjaga kenyamanan dan keamanan para pengunjung pantai.

Itulah beberapa teks cerita sejarah yang terkenal di Indonesia ini dapat dijadikan referensi. Di balik semua cerita sejarah tersebut memang memiliki kisah yang mistis namun ada baiknya untuk dipahami.

Cerita sejarah memang sejak dahulu kalah terkenal dengan nyata dan memiliki objek yang nyata pula. Sehingga masyarakat yang baik tentunya akan menghargai semua cerita sejarah yang ada di setiap daerah di Indonesia.

Teks Cerita Sejarah

Tinggalkan Balasan