Ternak Kambing

ternak kambing

Ternak Kambing – Kambing adalah salah satu hewan ternak yang memiliki nama latin capra Aegragus hircus. Sebagaimana diketahui, kambing adalah hewan ternak yang memiliki keuntungan yang banyak.

Dagingnya memiliki nilai jual yang lumayan tinggi dan bernilai baik di dalam maupun luar negeri. Terlebih menjelang hari besar Islam idul adha harga kambing dapat meningkat hingga beberapa persen. Oleh sebab itu banyak yang memiliki usaha ternak kambing.

Ternak kambing adalah jenis aktivitas yang menguntungkan dan menyenangkan. Usaha yang memang jelas menghasilkan tanpa adanya spekulasi. Manfaat lain memelihara kambing selain untuk budidaya, kambing juga dapat dijadikan bahan makanan yang memiliki nilai gizi yang tinggi bagi kehidupan manusia.


Beberapa Keuntungan Melakukan Usaha Ternak Kambing

Ternak Kambing

Beternak kambing merupakan salah satu jenis usaha yang menjanjikan dan memiliki banyak keuntungan. Setidaknya ada beberapa keuntungan dalam melakukan ternak kambing yang wajib diketahui, di antaranya :

1. Masa Panennya Cepat

Perawatan dan pemeliharaan kambing memang gampang-gampang susah. Namun untuk lokasi desa atau perkampungan memelihara kambing memiliki banyak kemudahan karena di desa masih banyak lahan kosong yang ditumbuhi rumput sebagai makanannya. Hanya dengan 1 tahun masa panen untuk ternak 5 ekor kambing yang terdiri dari 2 jantan dan betina dapat menghasilkan 25 ekor.

2. Sangat Mudah Dipasarkan

Selain masa panen yang cepat, kambing sangat mudah untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Kambing sangat mudah dijual belikan kepada agen maupun pasar. Terlebih apabila kita memiliki ternak kambing yang kualitasnya sehat dan gemuk-gemuk. Pembeli akan datang dengan sendiri.

3. Daging Kambing Adalah Bahan Makanan Yang Sangat Bergizi

Selain untuk menghasilkan uang atau investasi, daging kambing juga merupakan makanan yang sangat bergizi tinggi dan sangat kaya manfaat dalam kehidupan dan tubuh manusia. Tentu saja dengan memiliki ternak ini asupan tersebut mudah untuk didapatkan.

4. Modal Relatif Kecil

Untuk membuat ternak kambing tidak harus memulai degan modal yang sangat besar. Dengan modal yang kecil, ternak dapat dimulai dan tetap akan menghasilkan perkembangbiakan. Dengan demikian siapa saja bisa melakukan aktivitas ternak hewan ini.

5. Investasi Yang Sangat Menjanjikan

Tidak dapat dipungkiri lagi membuka ternak kambing adalah cara mudah berinvestasi. Walau peningkatannya bertahap namun hasilnya jelas. Kambing tetap memiliki daya jual sepanjang masa dan setidaknya dalam setahun kambing telah menghasilkan. Sehingga ternak hewan ini sangat tepat  untuk dijadikan investasi masa depan yang menjanjikan.

6. Kambing Mudah Beradaptasi

Keuntungan lainnya adalah kambing merupakan hewan yang sangat mudah beradaptasi dengan kondisi dan lingkungan sekitar. Sehingga dalam waktu cepat kambing dapat mudah dijinakkan dan dijaga, dan tidak perlu menyiapkan lokasi khusus.

Baca Juga: Ternak Kroto


Macam-Macam Jenis Kambing

Ternak Kambing

Untuk menjadikan kambing sebagai ternak peliharaan perlu diketahui bahwa kambing memiliki berbagai macam jenis kambing. Hal ini penting diketahui sehingga tidak salah dalam memperlakukan dan memelihara kambing dengan tepat. Berikut ini ada beberapa jenis kambing yang dibudidayakan :

1. Jamnapari

Kambing jenis ini biasanya memiliki ciri fisik berbadan besar. Untuk jantan biasanya memiliki tinggi hingga 90 cm bahkan sampai 127 cm, dan untuk betina kisaran  92 cm. Dan untuk berat atau bobotnya adalah 91 kg untuk yang berjenis jantan dan 63 kg untuk yang betina. Ciri lainnya telinga panjang terkulai sampai ke bawah tetapi memiliki tanduk pendek. Dan biasanya kambing ini dapat menghasilkan 3 liter susu perhari.

2. Etawa

Jenis berikutnya kambing peranakan Etawa. Untuk jenis kambing ini merupakan hasil persilangan antara kambing kacang lokal dengan kambing etawa. Untuk bentuk fisik kambing hampir sama dengan kambing jenis etawa dan bobotnya mencapai 91 kg khusus untuk jantan dan 63 kg untuk yang jenis betina.

3. Gibas

Dan jenis yang ketiga adalah jenis yang memiliki ciri fisik bulan serta memiliki bulu tebal yang berada di punggung kambing. Jenis kambing ini sering disebut degan gibas. Perawatannya yang lebih mudah membuat kambing jenis ini sangat banyak dipelihara dan sengaja diproduksi untuk kebutuhan ekspor.

4. Kacang

Kambing kacang adalah kambing dengan bobot tubuh yang lebih kecil dan memiliki bulu tipis. Kambing kacang merupakan hewan kambing dengan ras unggul yang pertama kali dikembangkan di indonesia. Jenis kambing ini sangat identik dengan sebutan kambing lokal. Fisiknya lebih ringan, bobotnya memang hanya 25 kg. Dan telinganya lebih tegak serta bentuk tubuhnya juga ideal.


Kiat Sukses Ternak Kambing Kacang

Ternak Kambing

Kambing yang paling banyak dijadikan ternak adalah kambing jenis kambing kacang. Jenis ini sangat mudah perawatannya, dan tidak membutuhkan lahan atau area yang sangat luas. Juga pakannya juga sangat mudah disediakan. Apa saja trik sukses beternak kambing kacang? Lihat ulasan berikut ini :

1. Adanya Lahan

Sebagaimana yang diketahui adanya lahan untuk kambing kacang tidak harus besar halaman rumah saja cukup untuk melakukan ternak jenis ini. Atau bisa juga memanfaatkan lahan sisa dibelakang rumah juga bisa. Yang penting cukup untuk kapasitas kandang kambing.

2. Siapkan Kandang Yang Aman

Jika sudah ada lahannya buatlah kandang kambing yang rapi dan tentunya nyaman buat kambing dari hujan dan panas. Karena memberikan tempat yang layak bagi hewan peliharaan adalah hal yang seharusnya diakukan oleh peternak.

3. Pintar Memilih Induk

Langkah pertama dalam beternak kambing kacang memang harus memilih induk yang sehat dan produktif. Karena induk adalah tahap pembibitan yang akan menentukan hasil panen ke depan. Harus sehat, berkembang biak dengan cepat, segar, gagah, lincah, serta memiliki nafsu makan yang banyak dan nafsu kawin yang tinggi.

4. Pemberian Probiotik

Untuk hasil yang lebih maksimal lakukan pemberian probiotik dalam waktu seminggu sekali agar kambing lebih sehat. Asupan ini juga dapat dibuat sendiri.

5. Memberikan Temulawak

Temulawak untuk meningkatkan nafsu makan kambing agar berat badannya meningkat, sehingga berkembang biak dengan cepat.

6. Memberikan Vaksin

Vaksin juga penting bagi kambing agar terhindar dari beberapa penyakit yang akan merugikan. Vaksin berguna agar kambing lebih sehat.

8. Melakukan Perjodohan

Kambing juga harus dilakukan perjodohan sehingga kambing akan cepat berkembang biak yang produktif dan maksimal.

9. Pemberian Pakan

Untuk pakan memang harus tersedia dengan baik. Jika kambing tidak digembalakan maka daun pisang dan daun lamtoro adalah pakan yang sangat disukai oleh kambing. Atau pun rumput yang segar juga harus ada untuk kambing kacang agar tumbuh sehat.


Langkah Mudah Ternak Kambing

Ternak Kambing

Jika tertarik menjadikan kambing untuk budidaya, ada beberapa langkah mudah untuk dijadikan bahan referensi yang dapat membantu ternak kambing agak sukses. Adapun beberapa langkah mudah tersebut adalah sebagai berikut :

1. Ketersediaan Modal

Apapun alasannya untuk membangun atau memulai usaha mengukur ketersediaan modal sangatlah penting. Karena berkaitan dengan konsep dan plan yang harus disiapkan. Modal yang memadai akan memudahkan dan melancarkan usaha berjalan dengan maksimal.

2. Mempersiapkan Properti Peternakan Yang Baik

Namanya juga peternakan tentu properti dan pemukiman ternak sangat mendukung besarnya hasil yang didapat. Properti yang dibangun harus sesuai dengan jenis ternak yang akan dibangun. Misalnya konsep peternakan dengan cara tradisional. Maka properti yang dibangun juga sangat sederhana hal ini karena kambing digembalakan secara bebas. Namun jika menggunakan sistem modern, maka harus menggunakan standart yang tepat.

3. Melakukan Pembibitan Kambing

Untuk pembibitan harus teliti dan cakap dalam memilih bibit untuk budidaya seperti standar umurnya dan kondisi bulu yang mengkilap, tidak cacat, sehat, kebersihan hidung dan anus dan tentunya tidak dalam kondisi buta.

4. Menyiapkan Pakan Yang Berkualitas

Dan langkah berikutnya adalah menyiapkan pakan berkualitas untuk hasil kambing yang produktif dan sehat. Misalnya mempersiapkan daun-daunan, dan rumput yang hijau. Biasanya daun harus dijemur di bawah terik matahari sekitar 2 sampai 3 jam. Pakan tambahan juga bisa sebagai pendamping seperti ampas tahu atau ketela pohon.

5. Pengaturan Masa Panen

Setelah berjalan dengan pastikan pengaturan sistem panen yang teratur dan tepat sehingga pertumbuhan dan perkembangan ternak dapat dengan mudah di pantau. Hal ini berguna untuk sebagai evaluasi untuk meningkatkan produktivitas ternak.

Baca Juga: Ternak Bebek Petelur


Standar Kandang Kambing

Ternak Kambing

Kandang adalah sarana dan properti kambing yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan kambing. Walaupun kambing dapat hidup dengan tempat apa adanya namun berbeda adanya kebutuhan kambing untuk bisnis dan budidaya dengan kapasitas kambing yang besar, standar kambing menjadi sangat penting.

1. Ketentuan Kandang Kambing Yang Baik

Pertumbuhan dan perkembangan ternak tentulah dipengaruhi oleh faktor yang ada disekitar nya. Walaupun semua makhluk saling berkaitan namun untuk kandang kambing ternak harus memiliki syarat dan ketentuan tertentu adapun syarat yang baik dalam membangun kandang kambing adalah kandang mendapatkan sinar matahari pagi, kandang harus berada ditempat yang tinggi dan jangan tergenang air, jaraknya harus berjauhan dari sumur atau rumah hunian masyarakat dan yang terakhir kambing harus terlindungi dari terpaan angin langsung.

2. Ukuran Kandang

Adapun ukuran kandang yang sesuai untuk kambing adalah berukuran 3 x 1,5 meter dengan kapasitas 10 ekor kambing. Hal ini untuk membuat ruang gerak kambing agar lebih bebas dan udara yang masuk juga lebih sehat tanpa desak-desakkan. Juga bermanfaat sebagai sanitasi yang berdampak pada kesehatan kambing. Pastikan ukuran memang pas dan tidak membuat kambing tidak dapat tidur karena ukuran yang sempit.

3. Kebersihan Kandang Kambing

Layaknya kehidupan manusia kandang kambing harus juga mendapatkan layanan kebersihan setiap hari mulai dari lantai, tempat minum atau kokopan kambing. Jenis kandang yang lebih baik itu adalah kandang panggung hal ini karena kotoran dan kencing kambing akan jatuh kebawah sehingga lantai terjaga, kemudian tidak diganggu atau dimangsa binatang buas, terhindar dari jamur atau parasit yang akan mengidap pada kambing.


3 Langkah Mudah Membuat Pakan Ternak Kambing Melalui Fermentasi

Ternak Kambing

Banyaknya orang untuk melakukan budidaya kambing membuat perkembangan teknologi juga memberikan kemudahan dalam mempersiapkan pakan ternak.

Salah satunya dengan teknik Fermentasi. Sistem ini kerap dilakukan untuk pakan ternak dengan konsep modern. Hal ini dilakukan sebagai solusi memberikan pakan ternak di kota. Untuk melakukan itu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan antara lain :

  • Langkah pertama menyiapkan Alat Fermentasi. Adapun alat yang digunakan dalam hal ini adalah alat pencacah jerami atau pisau, sebuah tempat atau wadah yang berbentuk drum  sebagai wadah yang tertutup dan menyiapkan bak sebagai wadah terbuka.
  • Langkah kedua adalah mempersiapkan bahan-bahan untuk membuat fermentasi pakan ternak kambing. Dan bahan yang akan digunakan saat fermentasi adalah jerami padi seberat 100 kg, Molases 0,5 kg, suplemen organik (cari  yang spesialis ternak) sebanyak 1 liter, dan air secukupnya.
  • Berikutnya adalah cara membuat pakan fermentasi kambing yaitu mencuci jerami yang telah dipersiapkan dengan menggunakan air yang mengalir, lalu mengeringkan nya sampai airnya tidak lagi ada untuk dilakukan proses fermentasi. Setelah itu  cacahlah jerami yang sudah steril dan kering dengan ukuran sedang sekitar 8-10 cm. Berikutnya  masukkan jerami ke dalam bak yang cukup besar. Lalu tambahkanlah Molases, suplemen organik cair serta air secukupnya. Dan aduk sampai merata, lalu dimasukkan kembali ke dalam wadah yang tertutup dan biarkan selama rentang waktu 1 minggu dan siap untuk digunakan.

Tips Mudah Memelihara Kesehatan Ternak Kambing

Ternak Kambing

Walaupun pakan ternak kambing dapat disuplai dengan fermentasi namun menjaga kesehatan kambing juga sangat penting. Kambing harus mendapatkan perhatian agar dapat berkembang biak dengan maksimal. Hal ini harus diperhatikan agar kambing tumbuh dengan baik dan optimal. Ada beberapa tips mudah memelihara hewan ternak kambing :

1. Pemberian Pakan

Asupan nutrisi dari pakan harus benar-benar diperhatikan. Pemberian pakan juga disesuaikan frekuensi yang tepat. Tidak asal memberikan atau asupan tanpa menggunakan ukuran tertentu. Yang harus dipahami bahwa hewan ternak harus mendapatkan asupan pakan yang cukup.

2. Merawat Kambing

Kambing yang dirawat tentunya akan berbeda kondisinya dengan yang tidak dirawat. Memang dalam perawatan dalam  ternak kambing konsep tradisional perawatan tidaklah begitu penting, namun untuk menggunakan konsep ternak modern hal ini wajib dan harus diperhatikan. Perawatan dapat dilakukan dengan pemotongan kuku. Pencukuran bulu dan yang lainnya.

3. Memandikan Kambing

Kambing yang sangat kotor dan tidak dibersihkan akan dapat terserang bakteri dan jamur tentunya hal ini harus dihindari. Jika terserang hal ini tentunya akan berkaitan degan kualitas daging dan produktifitasnya bahkan menyebabkan kematian pada hewan ternak.  Jika kambing terlihat bersih dan sehat tentu saja keuntungan dan harga jualnya semakin tinggi.

4. Pemberian Suplemen

Dan yang terakhir adalah teknik pemberian suplemen tambahan kepada ternak kambing agar lebih aman. Yaitu seperti pemberian suplemen tambahan organik cair yang berfungsi untuk menambah sistem kekebalan tubuh hewan akar tidak mudah terserang virus atau bakteri yang mematikan. Sehingga kambing akan tumbuh sehat dan memiliki ketahanan tubuh yang kuat. Jenis suplemen yang baik adalah jenis organik Cair.

Itulah info seputar ternak kambing. Kambing memang merupakan hewan yang tergolong unik. Budidaya kambing juga dapat dilakukan  di lokasi kota dengan tema konsep modern, Jangan khawatir, kambing akan tetap dapat tumbuh dengan sehat dengan menggunakan teknologi pakan.

Hal ini disebabkan karena kambing adalah jenis hewan ruminansia sehingga jika kebutuhan daun dan rumput tidak ada dapat digantikan dengan hijauan konsentrat atau pakan fermentasi. Kambing adalah salah satu Investasi rumahan yang menguntungkan dan mudah menjalankannya.

Tidak perlu bingung jika ingin buka bisnis ternak kambing di kota karena kambing sangat mudah dirawat dan dipelihara. Terapkan sistem pemeliharaan kambing dengan sangat baik dan efektif untuk hasil yang baik dan maksimal. Dan ternak kambing tetap dapat dijalankan sembari mengisi waktu luang dan tentunya dapat mengurangi pengangguran. Investasi dengan hasil yang menjanjikan serta menambah rasa asyik menjaga dan memelihara kambing.

Ternak Kambing

Ternak Kroto

Nidaul Jannah
5 min read

Ternak Bebek Petelur

Nidaul Jannah
6 min read

Ternak Puyuh

Nidaul Jannah
5 min read

Tinggalkan Balasan