Ucapan Aqiqah

Ucapan Aqiqah – Pada pembahasan kali ini adalah mengenai ucapan aqiqah. Sebagaimana yang dianjurkan oleh Rosul ini merupakan sunnah. Menurut agama aqiqah yaitu menyembelih hewan sebagai kurban untuk pengganti dari anak yang baru dilahirkan. Baik anak tersebut laki-laki atau perempuan dengan maksud untuk bersyukur dan mencari ridha Allah SWT.

Sebelum melangkah lebih jauh lagi dan membahas mengenai beberapa fungsi, serta contoh ucapan aqiqah, sebaiknya mengetahui terlebih dulu mengenai pengertian dari aqiqah. Bagaimana prosesi aqiqah yang sebenarnya dan bisa ditujukan untuk siapa saja aqiqah tersebut. Apakah aqiqah hanya digunakan untuk yang baru terlahir saja? Berikut bahasannya.


Pengertian Aqiqah

Ucapan Aqiqah

Secara Lughawi aqiqah atau akekah adalah memotong atau mencukur rambut bayi yang baru dilahirkan. Sedangkan hewan kurban berupa kambing atau domba yang disembelih dan kemudian dimasak dan dibagikan adalah sebagai wujud rasa syukur atas karunia yang diberikanNya atas kelahiran seorang anak.

Adanya suatu prosesi aqiqah yang ditujukan untuk anak laki-laki atau anak perempuan. Hal ini adalah suatu upaya untuk menebus sang anak yang mempunyai status tergadai saat lahir di dunia. Sebagai orang tua disunahkan agar bisa menebusnya di dunia ini. Penebusan tersebut dinamakan dengan nama aqiqah.


Contoh Ucapan Aqiqah

Ucapan Aqiqah

Berikut fungsi, contoh ucapan aqiqah beserta doanya bagi yang punya hajat atau yang diundang dalam acara hajat. Ada beberapa macam contoh ucapan untuk bisa digunakan. Pada bahasan artikel ini akan bisa dijadikan sebuah referensi yang berupa ucapan digital, ucapan secara tertulis dan bisa juga diucapkan secara lisan:

Baca Juga: Ucapan Hari Raya Nyepi

1. Ucapan Aqiqah Berupa Digital

Fungsi dari ucapan yang satu ini adalah berupa undangan secara digital. Jadi tidak berwujud kertas seperti pada umumnya. Melainkan berupa tulisan dan atau gambar berformat PNG, JPEG untuk bisa dishare melalui whatsaap, Facebook, Instagram atau media social yang menggunakan era digital. Hanya sekedar untuk memudahkan.

Pada kartu ucapan berupa digital dibuat hanya untuk memudahkan saja. Agar semua bisa terasa lebih dekat padahal dalam kenyataannya terpisahkan jarak dan waktu serta tempat. Berikut contohnya:

Bismillahirrohmanirrohim, Tasyakuran Aqiqah. Alhamdulillah kami panjatkan, telah lahir putra pertama dengan selamat. Sebagai ucapan syukur, menerima segala Amanah-Nya. Kami sebagai orang tua menjalankan satu acara sunah Rosul. Berupa Aqiqah untuk putra kami tercinta: Muhammad Syiffa Ramdani. Lahir di Semarang, hari Senin Tanggal 12 November 2019.
Tiada kata yang paling indah selain Doa. Semoga putra Kami yang telah lahir menjadi anak yang sholeh, berbakti kepada kedua orang tua. Anak yang cerdas, berguna bagi agamanya, nusa serta bangsa Ini. Aamiin. Kami yang berbahagia Galih dan Ratna.

2. Ucapan Aqiqah Untuk Anak Laki-Laki

Pada ketentuan yang telah ditetapkan yaitu Dasar Hukum Aqiqah: Hadits Riwayat Ahmad dan Imam Hadits shahih menurut Tirmidzi, yang artinya Rasullullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam memerintahkan mereka agar beraqiqah dua ekor kambing yang sepadan umur dan besarnya untuk bayi atau anak laki-laki, bila mampu. Bila tidak cukup satu saja.

Kata-kata untuk ucapan aqiqah yang biasa digunakan pada box nasi hantaran. Bisa digunakan sebagai bahan rekomendasi apabila belum mengetahui cara membuat kata-katanya, berikut contohnya:

Puji dan syukur selalu dipanjatkan atas ke hadirat Allah SWT atas segala limpahan Rejeki, Rahmat dan KaruniaNya, telah lahir Putra Kedua: Alfian Faheza Putra. Hari dan tanggal lahir: Kamis, 28 Oktober 2019. Telah dilaksanakan proses Aqiqah sebagaimana yang telah disunahkan untuk dilakukan.
Tiada kata terindah yang bisa diucapkan selain memohon doa restu agar Ananda Putra menjadi anak yang sholeh dan berbakti kepada kedua orang tua. Berguna bagi nusa, bangsa, negara dan agama serta keluarga. Amin. Yang berbahagia Kel. M. Ashari dan Dania Putri.

3. Ucapan Aqiqah Untuk Anak Perempuan

Berbeda dengan anak atau bayi laki-laki, anak perempuan bisa diakekahkan dengan satu ekor kambing saja. Ketentuan yang telah ditetapkan oleh pendahulu bisa dijadikan sebagai acuan namun tidak mewajibkannya. Hanya bagi yang mampu saja boleh melaksanakan prosesi akekah dengan segala kelengkapannya. Berikut contoh ucapannya:

Puji dan syukur selalu dipanjatkan atas ke hadirat Allah SWT atas segala limpahan Rejeki, Rahmat dan KaruniaNya, telah lahir Putri Ketiga: Amanda Fahneza Putri. Hari dan tanggal lahir: Kamis, 28 Oktober 2019. Telah dilaksanakan proses Aqiqah sebagaimana yang telah disunahkan untuk dilakukan.
Tiada kata terindah yang bisa diucapkan selain memohon doa restu agar Ananda Putri tercinta menjadi anak yang sholehah dan berbakti kepada kedua orang tua. Berguna bagi nusa dan bangsa serta keluarga. Amin. Yang berbahagia Kel. M. Ashari dan Dania Putri.

4. Ucapan Aqiqah Untuk Orang Dewasa

Ucapan untuk aqiqah bagi orang yang sudah dewasa berbeda sedikit dalam bahasa yang digunakan untuk membuat kartu ucapan. Meskipun tidak jauh sekali perbedaannya, tetapi tetap dibuat berbeda agar orang mengetahui fungsi, maksud dan tujuannya.

Alhamdulillah semoga dapat melaksanakan syukuran aqiqah dengan lancar tanpa ada suatu halangan apapun di kediaman Ibu Tarwiji binti Bambang. Pada hari Senin, tanggal 22 Oktober 2019. Tiada yang dapat dikehendaki selain kehadiran Bapak Ibu Saudara Saudari untuk mengirimkan sepucuk doa pada acara syukuran aqiqah ini. Amin. Yang berbahagia Keluarga Besar Ibu Tarwiji.

5. Ucapan Aqiqah Dalam Bahasa Jawa

Dalam membuat kartu ucapan maupun mengucapkan secara langsung ucapan aqiqah bisa disampaikan dalam Bahasa Jawa pula. Bahasa daerah untuk masyarakat Jawa. Berikut bahasa jawa yang sopan bias dijadikan contoh ada di bahasan berikut.

Puji lan syukur tansah diparingi ngarsane Gusti Allah SWT tumrap sedoyo rejeki, Kuwasa lan Kuwasae, sampun lair Putri Katelu: Amanda Fahneza Putri. Dina lan tanggal lair: Kamis, 28 Oktober 2019. Proses Aqiqah sampun ditindakake kados engkang sampun ditindakake.
Boten enten tembung luwih sae engkang saged diujar saliyane nyuwun berkah supoyo Ananda Putri ditresnani dados anak engkang alim lan dikabdi kagem tiang sepuh. Migunani kagem kelairan, bangsa lan kulawarga. Amin. Kel. M. Ashari lan Dania Putri.

6. Ucapan Aqiqah Untuk Orang Tua

Aqiqah tidak hanya untuk digunakan bagi anak-anak saja atau keturunan dari yang mengaqiqahkan. Bisa juga bagi orang yang sudah dewasa tetapi belum diaqiqahkan oleh kedua orang tuanya. Berikut bahasa ucapan aqiqah yang bisa dijadikan referensi. Kartu ucapan untuk digunakan di nasi box hantaran.[/su_note]

Bismillahirohmanirohim. Assalamualaikum Wr. Wb. Alhamdulillah atas pelaksanaan syukuran aqiqah dengan lancar tanpa ada suatu halangan apapun dikediaman Ibu Endang binti Yulianto. Pada hari Minggu, tanggal 30 Oktober 2019.

Tak ada yang dapat dikehendaki selain doa dan kehadiran Bapak Ibu Saudara Saudari. Terimakasih telah bersedia dengan tulus ikhlas mengirimkan sepucuk doa pada acara syukuran aqiqah ini. Amin. Yang berbahagia Keluarga Besar Ibu Endang.

7. Ucapan Aqiqah Untuk Bayi

Aqiqah identik dengan adanya kelahiran bayi. Tak salah bagi orang tua yang sudah mempersiapkannya jauh-jauh hari untuk mengadakan acara aqiqah bagi anaknya yang baru saja dilahirkan. Berikut ucapan yang bisa dijadikan acuan, bila tak mempunyai ide mengenai kartu ucapan yang hendak dituliskan.

Assalamualaikum Wr. Wb. Alhamdulillah telah diberikan kelancaran serta segala limpahan rejeki yang diberikan, rahmat dan juga karunia-Nya. Telah lahir Putra Kedua: Alfian Faheza Putra. Hari dan tanggal lahir: Kamis, 28 Oktober 2019. Telah dilaksanakan proses Aqiqah sebagaimana yang sudah disunahkan oleh Rosul, untuk dilaksanakan.
Tiada kata paling indah yang bisa diucapkan selain memohon doa restu agar Ananda Putra menjadi anak yang sholeh dan berbakti kepada kedua orang tua. Berguna bagi nusa dan bangsa serta keluarga. Amin. Yang berbahagia Kel. M. Ashari dan Dania Putri.

Baca Juga: Ucapan Ulang Tahun Sederhana Tapi Berkesan

8. Ucapan Aqiqah dan Doa Walimatul Aqiqah

Ucapan dan doa yang baik selalu diucapkan untuk acara aqiqah agar senantiasa diberikan kelancaran dan kemudahan dalam hal. Proses acara tidak akan terjadi kendala dan berjalan seperti apa yang diinginkan. Berikut doa walimatul aqiqah yang biasa ada ditiap-tiap acara aqiqah.

Ya Allah jagalah semuanya yang ada dari kejelekan makhluk tak nyata, manusia ummi shibyan serta segala kejelekan serta perbuatan maksiat. Ya Allah jadikanlah semuanya yang ada sebagai ahli dalam ilmu, kebaikan, dan ahli dalam Al-Qur’an. Jangan Engkau jadikan semuanya sebagai ahli dalam berbuat dan sifat jelek, buruk, suka menganiaya dan segala perbuatan tercela lainnya.

9. Ucapan Berkat Untuk Syukuran Aqiqah

Dalam setiap acara aqiqah yang dilaksanakan dimanapun tak pernah luput dari yang namanya box hantaran atau berkat. Terkadang ada pula yang kehabisan ide untuk menuliskan sesuatu pada box hantaran tersebut. Pada tulisan ini tak perlu bingung lagi, karena ini bisa dijadikan bahan ide tambahan.

Bismillahirohmanirohim. Alhamdullilah selalu dipanjatkan atas rahmat dan ridho kepada Allah SWT telah lahir dengan selamat putra kami yang pertama bernama: Kesha Rahmadani. Pada hari selasa tanggal 12 oktober 2019.
Semoga suatu saat nanti akan menjadi anak yang sholeh. Selalu berbakti kepada kedua orang tua, agamanya serta sesama umat manusia. Aamiin Yarobbarl Allamin. Yang berbahagia Achmad Fauzi dan Mawar.

10. Ucapan Aqiqah Untuk Syukuran

Bila ada rekan kerja, saudara, teman, handai taulan atau siapapun mempunyai hajatan berupa aqiqahan. Ada baiknya sebagai orang yang diundang bisa menyempatkan waktu untuk datang menghadiri acaranya. Sekedar menghormati dan memberikan doa restu agar tercapai segala keinginannya adalah sesuatu yang baik.

Ya Allah jagalah segala sesuatunya dari kejelekan, keburukan dari makhluk tak nyata. manusia ummi shibyan, serta segala kejelekan serta keburukan dan berbagai perbuatan maksiat. Ya Allah jadikanlah anak ini sebagai ahli dalam berbagai ilmu, kebaikan, dan ahli dalam Al-Qur’an. Jangan Engkau jadikan semuanya sebagai ahli dalam berbuat kejelekan, keburukan, dan suka menganiaya.

Bahwasannya Allah Maha mengetahui segala sesuatunya yang terbaik bagi hamba-Nya. Semoga selalu dilindungi dari segala keburukan dan dijauhkan dari segala perbuatan sesat dan tercela lagi hina. Aamiin yarobbal allamin.

Demikian beberapa ucapan aqiqah untuk anak dan orang dewasa beserta dasar hukum dari aqiqah tersebut. Bahwasannya semua tetap kembali ke pribadi masing-masing, apabila mampu maka jalankan. Apabila ternyata diri sendiri belum mampu menjalankannya dalam waktu dekat, maka lakukanlah ketika ada kesempatan yang lain.

Semoga artikel ini mempunyai manfaat bagi semuanya. Dapat membantu semuanya yang membutuhkan pengetahuan tambahan mengenai ucapan aqiqah baik itu mencari kata-kata ucapan, kartu ucapan, dan beberapa doa juga telah diulas.

Ucapan Aqiqah

Ucapan Idul Adha

Kartika Aryani
10 min read

Ucapan Pernikahan

Kartika Aryani
10 min read

Contoh Motto Hidup

Kartika Aryani
10 min read

Tinggalkan Balasan