Ucapan Belasungkawa

Ucapan Belasungkawa

Ucapan Belasungkawa – Meninggal adalah salah satu keadaan yang kurang disukai. Banyak tangis dan rasa sedih yang menghiasi acara ini. Sebagai seorang teman atau pelayat yang baik, kiranya bisa memberikan dukungan yang sesuai dengan keadaan almarhum serta keluarga.

Berikut adalah 10 jenis ucapan belasungkawa yang bisa digunakan sebagai contoh atau pedoman dalam mengungkapkan perasaan sedih ketika ditinggal oleh seseorang di sekitar.


1. Ucapan Belasungkawa Untuk Menggambarkan Bahwa Seseorang Meninggal

Ucapan Belasungkawa

Ketika seseorang meninggal dan keluarga memilih untuk mengabarkan kepada satu orang, maka orang tersebut berkewajiban untuk menyebarkan berita kepada teman-teman lainnya. Berikut adalah beberapa contoh ucapan yang bisa diberikan.

 

Contoh 1

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Telah meninggal dunia sahabat kita (nama) pada pukul (waktu meninggal). Di (tempat meninggal). Jenazah akan dimakamkan esok hari pukul (jam dimakamkan).

Sebelumnya sahabat bisa mengikuti sholat Jenazah di kediamannya. Sekian informasi dari saya, terimakasih. Wassalamu’alaikum wr. wb

Contoh 2

Selamat Siang kawan-kawan.. Berita duka datang dari sahabat kita (sebut nama) yang telah meninggal dunia pada hari ini.

Pukul (waktu meninggal) di (tempat meninggal) karena (alasan dari dokter). Beliau disemayamkan di kediamannya, jalan anggrek 15 RT. 09, RW. 12.

Bagi yang ingin melayat bersama, mohon saling berkabar melalui grup atau pesan pribadi. Mohon membawa mukena dan alat solat untuk melakukan sholat jenazah bersama. Terimakasih.

Contoh 3

Innalillahi wainnailaihi roji’un. Telah meninggal saudara Fulan (nama) di Rumah Sakit Ameida (tempat meninggal) pada pukul 18.00. Saat ini jenazah disemayamkan di rumahnya.

Semoga amal beliau diterima Allah dan diampuni segala dosanya. Mohon dimaafkan segala kesalahan beliau semasa hidupnya kepada teman-teman semua. Jika teman-teman ingin melayat bisa langsung menuju lokasi. Terimakasih.

Contoh 4

Turut berbelasungkawa, atas wafatnya ibunda dari bapak Fulan, sahabat kita. Semoga yang ditinggalkan selalu bersabar. Bagi yang akan melayat ke Banten harap hubungi melalui pesan pribadi untuk bisa berangkat bersama. Terimakasih.

Contoh 5

Turut berduka, atas meninggalnya saudara kami, Fahmi yang berada di Tasikmalaya.  Setelah berjuang keras melawan sakit ginjal yang bertahun-tahun dideritanya.

Semoga keluarga diberikan ketabahan dan keikhlasan untuk menerima suratan Tuhan. Bagi kerabat yang ingin melayat, almarhum akan dikebumikan di desa Jabat, pukul 14.00.

Saudara bisa datang ke kediaman beliau di Jalan Jabat, no 24, Tasikmalaya. Sebelum dikebumikan untuk mengikuti sholat jenazah bersama.

Contoh tersebut sesuai untuk mengabarkan berita sedih kehilangan kerabat melalui pesan atau surat elektronik. Singkat, padat dan jelas. Sehingga pelayat tidak akan banyak bertanya mengenai detail acara atau sebab meninggalnya almarhum.

Namun, jika keluarga tidak menghendaki sebab meninggalnya diberitahukan kepada orang lain. Maka lebih baik si penyebar berita tidak menyampaikan.

Oleh karena itu, akan lebih bijak jika sebelum menyebarkan berita duka, keluarga ditanya terlebih dahulu mengenai informasi apa saja yang boleh disampaikan.


2. Ucapan Belasungkawa Melalui Instagram

Ucapan Belasungkawa

Selain menyebarkan berita melalui pesan, dan telepon, instagram menjadi media ampuh untuk menyebarkan berita duka dengan cepat. Berikut ini, adalah beberapa contoh bagaimana mengungkapkan rasa duka dan belasungkawa melalui instagram.

 

Contoh 1

Telah meninggal dunia, sahabat kita Fulan (tag akunnya) pada hari kamis, 20 Februari 2019. Tak ada yang bisa menggantikanmu di hati kami sahabat. Semoga kamu mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan serta ketabahan menyertai keluargamu yang kamu tinggalkan.. Aamiin.

Contoh 2

Bismillahirrohmanirrohim.. Berita duka datang kepada saya subuh ini. Innalillahi wainnailaihi rojiun, saudaraku @Fulan sudah meninggalkan dunia fana ini.

Semoga amalnya menjadi bekal di akhirat, dan dosanya diampuni oleh Allah. Mohon doa kepada teman-teman agar keluarga tabah dan sabar. Jika ada kesalahan almarhum yang disengaja maupun tidak, mohon dimaafkan.

Contoh 3

Rest In Peace, Telah berpulang saudaraku, sahabatku @Fulan yang selalu menemani saat suka dan duka, karena sakit yang diderita bertahun-tahun.

Kini kamu sudah tidak sakit lagi, Tuhan telah mengambil rasa sakit itu dan berganti dengan kehidupan abadi di sisiNya. Semoga keluarga sabar dan ikhlas menerima keadaan ini.

Contoh tersebut bisa dijadikan referensi untuk membuat keterangan pada foto saat ingin menyampaikan rasa belasungkawa di instagram. Selain sebagai penanda untuk menunjukkan kesedihan, foto ini bisa menjadi kenangan dengan almarhum dan pengingat bahwa semua makhluk hidup di dunia akan mati suatu saat.

Pastikan untuk mengunggah foto yang sopan dan tidak berkemungkinan untuk menebar fitnah. Sebab almarhum akan terputus hubungan dengan dunia. Sehingga sudah kewajiban bagi yang masih hidup untuk menjaga kehormatan ia yang sudah meninggal.


3. Ucapan Belasungkawa Dalam Bahasa Inggris

Ucapan Belasungkawa

Contoh selanjutnya adalah ucapan yang bisa diberikan kepada rekan atau kolega yang hanya mengerti bahasa inggris. Tak jarang dalam bekerja ada rekan bisnis yang berasal dari luar Negeri dan menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa harian.

 

Contoh 1

I am sorry to hear that, please be sure that God always is with you and you will not alone because here we are.

Artinya, saya turut sedih mendengarnya. Percayalah bahwa Tuhan selalu bersamamu dan kamu tidak sendiri, karena kami ada disini.

Contoh 2

I am also sorry for the death of Mr. Fulan. May he get forgiveness from God, and be in the best place beside Him

Artinya, saya turut berbelasungkawa atas meninggalnya Mr. Fulan. Semoga dosanya diampuni oleh Tuhan dan berada di tempat terbaik di sisiNya.

Contoh 3

I am sorry for your loss, but God always made the best way for His people. You will be stronger than before, and Your dad would be so happy to see from above.

Artinya, aku turut berduka atas kehilanganmu, namun Tuhan selalu membuat jalan terbaik untuk umatNya. Kamu akan jadi lebih kuat dari sebelumnya dan Ayahmu akan bahagia melihatnya dari surga.

Contoh 4

I feel sorry about the news I heard. I wish you can be strong and understand that your sister will not feel sick anymore. She will have a happy life besides God.

Artinya, saya turut menyesal mendengar berita yang kudengar sebelumnya. Saya berharap kamu bisa lebih kuat dan memahami bahwa saudarimu tidak merasakan sakit lagi. Dia akan mendapat kehidupan yang bahagia bersama Tuhan.

Contoh tersebut bisa juga dikreasikan sendiri dan disesuaikan dengan kedekatan dengan keluarga yang sedang berduka. Utarakan kalimat yang membangun kekuatan dan bersifat optimis pada masa depan. Agar teman yang sedang berduka tidak terlalu lama merasa sedih.


4. Ucapan Belasungkawa Menggunakan Bahasa Jawa

Ucapan Belasungkawa

Contoh ucapan selanjutnya ditujukan untuk orang Jawa atau bagi yang ingin menghormati seseorang dengan bahwa Jawa. Mungkin ada teman yang berasal dari Jawa yang sedang mengalami musibah kehilangan keluarga. Berikut adalah beberapa contoh yang bisa digunakan.

 

Contoh 1

Nderek belasungkawa, mugi panjenengan dipun paringi sabar dening Gusti Allah. Mugi almarhum pikantuk papan ingkang sae wonten ing ngarsanipun Gusti Allah.

Artinya, turut berbelasungkawa. Semoga anda diberikan kesabaran oleh Allah. Semoga ia berada dalam tempat terbaik di samping Allah.

Contoh 2

Melu belasungkowo karo koe, (nama teman). Muga-muga almarhum Bapakmu diampuni dosane, ibu, koe, sak keluarga diparingi sabar lan kuat. Aku ndonga supaya koe ora suwe suwe sedih, amarga urip iki kudu terus mlaku.

Artinya, saya turut sedih. Semoga bapak diampuni dosanya, ibu, kamu, dan keluarga diberikan kesabaran dan kekuatan. Aku berdoa agar kamu tidak bersedih dalam waktu lama, sebab hidup harus terus berjalan.

Ungkapan ini cocok untuk mengungkapkan kesedihan dan belasungkawa kepada teman dekat yang seumuran, sebab menggunakan bahasa ngoko. Contoh berikutnya, adalah ungkapan belasungkawa yang pendek dan sederhana, untuk diucapkan saat melayat.

Contoh 3

Nderek belasungkawa, mugi panjenengan dipunparingi sabar lan kuwat.

Artinya, turut berbelasungkawa. Semoga Anda selalu merasa sabar dan kuat menjalani takdir ini.

Sebenarnya masih banyak cara lain untuk mengungkapkan belasungkawa dalam bahasa Jawa. Namun yang perlu diperhatikan adalah pemilihan jenis tingkatan bahasa.

Jika ingin mengungkapkan kepada yang lebih tua, gunakan kromo alus. Sedangkan jika lebih muda atau seumuran bisa menggunakan bahasa ngoko yang lebih santai.


5. Ucapan Belasungkawa di Karangan Bunga

Ucapan Belasungkawa

Biasanya orang juga mengungkapkan belasungkawa melalui karangan bunga, sebab lokasi yang terlalu jauh dan tidak memungkinkan untuk dikunjungi. Atau, sebagai bentuk rasa belasungkawa dari sebuah instansi. Berikut adalah beberapa kalimat sederhana yang digunakan untuk mengungkapkan rasa sedih atas meninggalnya seseorang.

 

Contoh 1

Kami segenap karyawan PT. NUSINDO PERSADA Mengucapkan turut berbelasungkawa, atas meninggalnya Bapak dari Toni, S.H.

Contoh 2

Semoga diberi ketabahan dan kesabaran
Pimpinan PT. NUSINDO PERSADA
Bapak Makbul Utomo.

Contoh 3

Innalillahi Wainnailaihi Rojiun
Turut berdukacita
PT. Sasana Marga Utama

Contoh 4

Turut Berduka Cita

Atas Meninggalnya sahabat kami, Atin

Tunggu kami disana Tin.

Bedanya dengan ungkapan belasungkawa yang dituliskan dalam pesan adalah kalimat yang ditulis dalam karangan bunga biasanya lebih singkat. Tulisan dibuat dalam ukuran lebih besar sehingga dapat dibaca dari kejauhan.

Kemudian, jika karangan bunga dibuat untuk teman, bahasa bisa lebih disesuaikan dengan bahasa yang sering digunakan ketika almarhum masih hidup. Sebab ini akan lebih terasa akrab dan mudah diungkapkan oleh sahabat yang masih kaget dengan berita duka tersebut.


6. Ucapan Belasungkawa Untuk Sahabat

Ucapan Belasungkawa

Kehilangan sahabat adalah hal yang cukup berat. Kadang seseorang merasa harus merelakan dengan cara membuat kalimat penghormatan bagi sahabatnya yang sudah meninggal. Berikut adalah beberapa contoh yang bisa menginspirasi untuk membuat ucapan belasungkawa karena meninggalnya sahabat dekat.

 

Contoh 1

Menjadikanmu sahabatku adalah kekuasaan Tuhan, rencanaNya begitu hebat sebab telah mempertemukanmu denganku. Terimakasih sudah menjadikanku manusia hebat. Selamat jalan sahabat. Semoga kelak kita bertemu lagi dalam keadaan kekal dan bahagia di surga. Aamiin.

Contoh 2

Turut Berduka, telah meninggal dunia, Aba, sahabatku tercinta. Semoga amalnya diterima dan dosa-dosa pun diampuni Allah . Sesungguhnya yang bernyawa akan mati, maka tunggu aku sahabatku.  Semoga kita bisa berjumpa lagi di surga milik Ilahi.

Contoh 3

Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, sahabat ku Fulan kini sudah bertemu dengan sang pencipta. Semoga dosamu diampuni dan keluarga senantiasa diberi ketabahan serta keikhlasan.

Sebab Allah akan selalu berada disamping hambanya yang bersabar dan ikhlas menerima cobaan.

Contoh 4

Aku selalu mendoakanmu saat sakit dan senang. Semoga kini kau tak merasakan sakit lagi kawan.

Aku mendoakanmu agar terampuni segala dosanya dan selalu berbahagia di atas sana. Tunggu aku disana sampai kita bisa bermain bersama lagi. RIP my best friend, Anton.

Saat mengungkapkan belasungkawa kepada sahabat atau untuk sahabat yang sudah meninggal, seseorang bisa berkata sesuai dengan keadaan hatinya. Seringkali mereka merasa bingung karena duka yang terasa amat sangat berat. Referensi ini bisa digunakan sebagai inspirasi untuk membantu mengungkapkan isi hati yang sedang berduka.


7. Ucapan Belasungkawa Kepada Rekan Bisnis

Ucapan Belasungkawa

Memiliki banyak rekan bisnis berarti harus bersiap untuk menerima berita baik dan buruk. Tak jarang kantor harus memberikan ucapan melalui surat atau karangan bunga kepada rekan bisnis yang sedang ada acara bahagia maupun sedang berduka. Berikut adalah beberapa contoh isi surat untuk rekan bisnis yang sedang berduka.

 

Contoh 1

Kami segenap direksi PT. Buana Utama mengucapkan turut berduka cita, atas meninggalnya Ibu dari Bapak Minto pada hari Minggu, 21 April 2019.

Semoga Bapak dan keluarga diberi keikhlasan dan kesabaran untuk menerima rencana Tuhan ini.

Contoh 2

Kami segenap karyawan dari Alfamart Petamburan ingin mengucapkan turut berbelasungkawa sedalamnya, kepada Bapak, atas meninggalnya sang putra yang masih dalam kandungan. Semoga Bapak dan Ibu serta keluarga tabah dan yakin bahwa Tuhan menyiapkannya sebagai jalan ke surga bagi orangtuanya.

Contoh 3

Turut berbelasungkawa atas meninggalnya Bapak Bagus suami dari Ibu Sur. Semoga amal baiknya berpahala dan diterima di sisi Tuhan. Semoga keluarga senantiasa ikhlas dan sabar menerima kehendakNya.

Hal penting yang harus diperhatikan saat mengungkapkan rasa belasungkawa untuk rekan bisnis adalah bahasa yang formal. Apalagi jika ungkapan ini berfungsi untuk mewakili seluruh perusahaan termasuk pimpinan perusahaan.


8. Ucapan Belasungkawa Untuk Guru Sekolah

Ucapan Belasungkawa

Contoh ke delapan mengenai ucapan belasungkawa adalah untuk guru di sekolah. Misalnya, guru di sekolah ada yang meninggal dan siswa harus memberikan surat atau ucapan kepada keluarganya. Berikut adalah contoh yang bisa dijadikan pedoman.

 

Contoh 1

Assalamualaikum wr wb. Saya, mewakili siswa kelas XII IPA 1 mengucapkan turut berbelasungkawa atas meninggalnya Bapak Paidi, wali kelas XII IPS 5. Semoga keluarga diberikan ketabahan, serta Allah menerima amal ibadah beliau. Aamiin aamiin.

Contoh 2

Innalillahi wainnailaihi rojiun, turut berduka cita atas meninggalnya Ibu Rohimah, Guru Matematika SMP N 1 Bojong. Beliau adalah guru yang baik dan penyayang, serta sabar dalam mengajar.

Kami segenap siswa kelas 9 turut bersedih dan berdoa semoga dosa beliau diampuni dan amal ibadahnya diterima Allah subhanahu wa ta’ala.

Contoh 3

Turut berdukacita atas meninggalnya ibu Guru kami, Ibu Siti yang selalu sabar membantu dan menerangkan berbagai mata pelajaran selama kami di kelas 5.

Semoga Suami dan anak-anak yang ditinggalkan sabar, ikhlas, dan selalu tabah. Sehingga dapat menerima ketentuan Allah SWT.

Contoh 4

Turut berdukacita. Telah meninggal dunia bapak guru kami, Bapak Ridwan yang selalu tersenyum kala kami menyusahkan, tak pernah mengeluh saat lelah sekalipun.

Semoga amal bernilai pahala dan diterima oleh Allah SWT. Dan semoga keluarga, baik istri maupun anak-anak dan keluarga besar diberi keikhlasan dan ketabahan.

Contoh-contoh tersebut dapat digunakan untuk mengisi sambutan atau pidato saat ada acara resmi di rumah almarhum. Dan bisa juga sebagai isi dari surat yang disertakan dengan santunan atau karangan bunga.

Ucapan belasungkawa kepada guru adalah salah satu hal wajib yang dilakukan oleh siswa. Sebab, selama hidupnya guru sudah memberikan yang terbaik untuk masa depan siswanya. Menghargai beliau disaat terakhir adalah bentuk rasa cinta dan hormat kepada jasanya yang tak terhitung.


9. Ucapan Belasungkawa Untuk Murid

Ucapan Belasungkawa

Meninggal tak hanya menimpa manusia yang sudah tua. Banyak anak-anak yang harus meninggal di usia belia. Untuk memberikan penghormatan dan ucapan kepada keluarga yang ditinggalkan, berikut adalah beberapa referensi yang bisa digunakan.

 

Contoh 1

Turut berduka cita atas meninggalnya Ananda Bayu Sarwo Husodo, siswa kami yanh cerdas, rajin dan sholeh pada bencana banjir di rumahnya.

Semoga orangtua diberikan ketabahan dan kemudahan dalam mengarungi hidup selanjutnya. Siswa tersebut telah mengharumkan nama sekolah dalam beberapa lomba akademis maupun non akademis.

Semoga, prestasi almarhum mampu memberikan kebahagiaan kepada orang tua yang ditinggalkan.. Aamiin.

Contoh 2

Innalillahi wainnailaihi rojiun, telah meninggal dunia anak kami Siska kelas 9 A setelah berjuang melawan kanker usus stadium akhir. Semoga almarhum mendapat tempat terbaik di sisiNya.

Serta semoga keluarga yang ditinggalkan senantiasa ikhlas dalam menerima ketentuan Allah. Aamiin aaamin yarabbal ‘alamiin.

Contoh 3

Turut berbelasungkawa. Hani, siswa kelas 7 B sudah meninggal dunia pukul 17.00 di kediamannya. Semoga hidupnya telah diberkahi Tuhan, dan segala amal menjadi pahala.

Almarhum telah menjadi siswa yang cerdas, aktif dan memiliki banyak teman selama hidupnya. Semoga keluarga, dan teman-teman bisa bersabar dan ikhlas dengan takdir ini. Aamiin.

Ketiga contoh tersebut bisa mewakili perasaan belasungkawa yang dirasakan oleh guru atau teman siswa. Untuk memberikan dukungan kepada keluarga juga bisa diberikan sedikit doa atau pengharapan di akhir kata belasungkawa yang dihaturkan.

Tautan: Ucapan Selamat Idul Fitri


10. Ucapan Belasungkawa Untuk Keluarga

Ucapan Belasungkawa

Keluarga adalah yang paling dekat dan paling merasa kehilangan saat ada salah satu anggotanya meninggal. Berikut adalah beberapa saran untuk membuat ucapan belasungkawa kepada anggota keluarga yang meninggal.

Misalnya paman, bibi, kakek atau orangtua. Bisa juga digunakan untuk mengabarkan dan memohon doa kepada pihak di luar keluarga.

Contoh 1

Innalillahi wa innailaihi rojiun, turut berduka atas meninggalnya kakek yang berusia 80 tahun.

Semoga perjalanan hidup kakek bisa menjadi inspirasi bagi kami anak dan cucunya. Kami mohon doa agar kuat dan sanggup melewati waktu yang berat ini dengan kesabaran dan keikhlasan.

Contoh 2

Telah berpulang ke rahmatullah, yang kami sayangi Ayah Adi. Semoga amal dan perbuatan baik dicatat sebagai pahala. Kami mohon maaf apabila ada kesalahan almarhum yang belum sempat dimintakan maaf kepada teman, tetangga, dan semua yang mengenal Ayah kami.

Kiranya Anda bersedia untuk memaafkan kesalahan ayah kami agar perjalanannya menuju rahmatullah lancar dan tidak terhalang dosa selama di dunia.

Contoh 3

Turut berdukacita atas paman kami, Abdul. Yang selalu menghibur kami para keponakannya di kala susah. Selalu menemani serta turut bahagia ketika kami sedang bergembira. Beliau meninggal pukul 13.00, pada hari Senin, 22 Maret.

Semoga kegembiraan selalu menyertai almarhum di kehidupan akhirat nanti. Doa kami senantiasa mengalir untuk paman, dan bibi serta sepupu yang ditinggalkan.

Contoh- contoh tersebut bisa menjadi referensi untuk mengucapkan belasungkawa kepada saudara atau keluarga yang meninggal. Sebagai keluarga yang sama-sama berduka, akan lebih baik jika bisa memberikan dukungan dalam bentuk bantuan dan membesarkan hati yang ditinggalkan.

Memberikan ucapan belasungkawa bukan hanya untuk mengekspresikan kesedihan pribadi. Namun lebih kepada mengapresiasi almarhum atau almarhumah semasa hidup dan menghibur orang-orang yang ditinggalkan.

Menjadi pelayat yang baik, adalah tujuan utama sebagai kerabat yang berduka. Ucapan ini bisa digunakan sebagai sarana menyebarkan berita mengenai meninggalnya seseorang kepada teman-teman atau keluarga yang jauh.

Gunakan ucapan-ucapan tersebut untuk dituliskan pada surat, pesan, caption, atau karangan bunga. Sesuaikan pula dengan keadaan agar ucapan terasa lebih berkesan dan membantu membangun moral yang ditinggalkan.

Ucapan Belasungkawa

Tinggalkan Balasan