Ucapan Kelahiran Bayi

Ucapan Kelahiran Bayi

Ucapan Kelahiran Bayi – Mendapat kabar dari kerabat yang baru saja melahirkan bayi adalah kabar yang bahagia. Karena bayi merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa bagi pasangan yang sudah menikah. Ucapan kelahiran bayi pun banyak berdatangan untuk pasangan suami istri terutama untuk ibu yang melahirkannya. Ucapan diberikan sekaligus memberi doa untuk sang bayi agar kelak tumbuh menjadi anak yang baik dan pintar.

Memberikan ucapan sudah menjadi kebiasaan orang-orang untuk mengekspresikan perasaan yang ikut merasakan kebahagiaan. Karena seorang ibu yang melahirkan bayi telah merasakan perjuangan hamil yang begitu berat. Mengandung selama 9 bulan dan ketika melahirkan, rasanya begitu sakit luar biasa. Melihat bayi yang sudah lahir merupakan keberhasilan untuk sang ibu.

Ucapan kelahiran bayi sebaiknya diucapkan dengan iringan doa kebaikan untuk sang bayi. Agar keluarga yang dianugerahi seorang anak tersebut bisa mendapat keberkahan berkat doa-doa yang didapat. Namun terkadang, banyak orang yang masih bingung bagaimana cara memberikan ucapan yang unik dan bagus agar tidak terkesan monoton.

Terlebih lagi jika yang baru saja melahirkan adalah keluarga atau kerabat terdekatnya. Sebaiknya ucapan yang diberikan memiliki kata-kata yang spesial dan berbeda dari yang lainnya. Hal ini dimaksudkan agar sang ibu yang melahirkan mendapat lebih banyak semangat dari ucapan orang-orang terdekatnya.

Ucapan selamat meskipun sederhana dapat menjadi kekuatan bagi sang ibu yang melahirkan untuk bisa terus berusaha menjadi ibu yang bisa mendidik anaknya dengan baik. Terkadang, banyak ibu yang malah mendapat komentar buruk dari orang-orang sekitar tentang bayinya. Yang menyebabkan sang ibu bertambah depresi.

Sebagai kerabat yang baik, ucapkanlah perkataan yang menyenangkan hati sang ibu. Karena sang ibu baru saja merasakan kesakitan setelah melahirkan. Ucapan yang berisikan doa-doa dapat membantu menenangkan hati sang ibu setelah menahan perihnya sakit.


Berbagai Macam Ucapan Kelahiran Bayi Yang Bisa Diberikan

Sebenarnya, banyak sekali-kata-kata yang bisa dirangkai dengan begitu unik untuk memberikan ucapan. Hal ini bergantung pada kreativitas seseorang dalam menyusun kata. Yang terpenting adalah, seseorang dapat menyampaikan doa untuk sang bayi dan keluarga melalui ucapan yang diberikan. Berikut ini adalah beberapa contoh ucapan kelahiran bayi yang dapat digunakan :

1. Ucapan Kelahiran Bayi Perempuan

Bayi perempuan merupakan anak yang cantik, dan biasanya memiliki paras yang mirip dengan ibunya. Kelak ia akan tumbuh menjadi gadis yang memiliki paras yang lebih cantik lagi. Contoh ucapan untuk bayi perempuan adalah :

  • Selamat atas lahirnya putri cantikmu ke dunia ini. Semoga kelak mendapatkan kecantikan yang menurun dari ibunya.
  • Selamat telah dikaruniai bayi perempuan yang cantik seperti dirimu. Semoga ketika sudah besar, anakmu tidak hanya cantik, namun juga shalihah dan berbakti kepada orang tuanya.
  • Cantik sekali bayi perempuanmu, mirip sekali dengan ibunya. Selamat ya, sudah berhasil melahirkannya. Semoga anakmu tumbuh menjadi putri yang cantik dan sayang selalu kepada orang tuanya.
  • Selamat telah lahir ke dunia ini anak yang cantik nan jelita. Semoga kelak bisa menjadi anak yang baik akhlaknya, budi pekertinya, dan patuh kepada kedua orang tua.

Baca Juga: Ucapan Ulang Tahun Untuk Sahabat

2. Ucapan Kelahiran Bayi Laki-laki

Bayi laki-laki juga merupakan salah satu anugerah terbaik dari Tuhan bagi pasangan suami istri yang sudah lama menginginkan anak laki-laki. Anak laki-laki akan mengemban tanggung jawab yang lebih besar daripada anak perempuan. Contoh ucapan kelahiran yang baik untuk bayi laki-laki adalah :

  • Selamat atas lahirnya anak laki-lakimu yang tampan. Semoga kelak dapat menjadi anak yang sehat, kuat, dan tangguh.
  • Selamat datang ke dunia bayi mungil ayah dan ibu yang cakep. Semoga menjadi anak yang sholeh, berbakti kepada orang tua, dan berguna bagi orang-orang di sekitar.
  • Selamat sudah melahirkan putra yang sangat tampan ke dunia ini. Semoga kelak menjadi anak yang sehat, kuat, cerdas, dan tidak lupa menyayangi ayah dan ibunya.

3. Ucapan Kelahiran Bayi Islami

Untuk bayi yang lahir di keluarga islam, banyak doa-doa yang bisa dipanjatkan untuk sang bayi. Doa untuk sang anak tidak hanya berupa menjadi anak yang sukses secara duniawi kelak, namun juga bisa sukses secara akhirat. Karena itu, banyak ucapan yang disertai doa-doa untuk sang bayi. Berikut ini adalah contoh ucapannya :

  • Selamat atas kelahiran anak pertamamu. Semoga Allah memberkahi anakmu, diberikan rezeki yang luas, dan kau bisa mendapatkan bakti dari anakmu.
  • Semoga Allah memberikan berkah untuk anakmu dan diberkahi sebagai umat Nabi Muhammad Shallalahu ‘alaihi wa sallam.
  • Selamat atas lahirnya anakmu ke dunia ini. Semoga Allah menjadikannya hambaNya yang bertaqwa kepadaNya.
  • Selamat sudah diberikan amanah oleh Allah untuk memiliki anak. Semoga kelak anak kalian selalu diberkahi dan diberikan rezeki yang banyak oleh Allah. Dan bisa menjadi amal jariyah yang paling baik dan berkah untuk kedua orang tuanya.

4. Ucapan Kelahiran Bayi Bahasa Inggris

Terkadang, ada kerabat dari luar negeri yang baru saja melahirkan dan hanya bisa berbahasa Inggris. Atau ada kerabat yang menikah dengan orang negeri sehingga ucapan disampaikan tidak hanya dalam Bahasa Indonesia saja. Apapun bahasanya, yang terpenting ucapan dapat disampaikan dengan baik. Berikut ini adalah contoh ucapan kelahiran bayi dalam bahasa inggris :

  • We are also happy for the birth of your child. Hopefully your child can add happiness to your life. May your family always be blessed by God. (Kami turut bahagia atas lahirnya anakmu. Semoga hadirnya anakmu dapat menambah kebahagiaan di hidup kalian. Semoga Tuhan memberkati keluarga kalian.)
  • Congratulations on being a parent! Hopefully the arrival of a small baby in your family can be a good blessing for your family. (Selamat telah menjadi orang tua! Semoga kedatangan bayi kecil di keluarga kalian dapat menjadi berkah yang baik untuk keluarga kalian.)
  • Welcome to the arrival of your daughter / little son into a new family. Congratulations on bearing the title of father and mother to your child. We hope that you will become good parents for your child so that he can grow up to be a smart, strong and intelligent child like his/her parents. (Selamat atas datangnya putri/putra kecilmu ke dalam keluarga baru. Selamat telah menyandang gelar ayah dan ibu untuk anak kalian. Semoga kalian menjadi orang tua yang baik untuk anak kalian agar ia dapat tumbuh menjadi anak yang pintar, kuat, dan cerdas seperti orang tuanya.)

5. Ucapan Kelahiran Bayi Unik

Agar dapat memberikan ucapan kelahiran bayi yang unik dan tidak monoton, tambahkan kata-kata pujian pada bayi. Hal ini bisa dilakukan ketika mengunjungi bayi atau melihat foto yang dikirim oleh ayah atau ibunya. Pujian yang unik dapat menentramkan hati orang tuanya terutama ibunya yang telah berjuang melahirkan anaknya. Berikut adalah contoh ucapan yang unik :

  • Wah, coba lihat siapa ini lucu sekali pipinya, imut-imut. Cakep sekali wajahnya pasti mirip sama ibunya. Semoga kelak menjadi anak yang aktif dan pintar, selalu sayang sama papa dan mamanya!
  • Lucunya kamu, anak siapa ini? Anaknya ayah dan bunda yah. Pintar sekali yah sudah bisa tertawa dengan manis. Semoga nanti cepat tumbuh besar dan jadi anak yang semakin pintar!
  • Selamat! Akhirnya bayi pertamamu bisa kamu lahirkan dengan baik! Aduh, lucu dan mungil sekali bayinya. Semoga kamu bisa menjadi ibu yang baik untuk anakmu yang cakep ini. Semoga anakmu bisa menjadi rezeki yang berkah untuk orang tuanya.

6. Ucapan Kelahiran Bayi Simple

Tidak semua orang bisa merangkai kata dengan unik dan lucu. Jika memberikan ucapan hanya via chatting atau ketikan di komentar media sosial, lebih baik berikan ucapan yang sederhana atau simple. Ucapan selamat yang sederhana tetap membuat hati orang tua bahagia dan penuh syukur. Berikut ini adalah contoh ucapan yang sederhana atau simple :

  • Selamat menjadi seorang ibu/ayah! Semoga kebahagiaan selalu menyertai keluarga kalian.
  • Semoga Tuhan memberkahi anak yang kau lahirkan, dan selalu bersyukur kepadaNya.
  • Selamat telah menyandang gelar sebagai orang tua. Semoga selalu diberi kekuatan dan diberkahi ilmu untuk mendidik anakmu agar tumbuh menjadi anak penerus generasi bangsa.
  • Selamat mengemban amanah sebagai orang tua baru di dunia ini. Semoga selalu diberi kemudahan dalam menjalani kehidupan selanjutnya bersama anggota keluarga baru.
  • Selamat menjadi orang tua yang bahagia atas kelahiran anak yang ke…(pertama atau kedua atau seterusnya). Semoga tumbuh menjadi anak yang selalu patuh pada orang tuanya.
  • Dan lain-lain

Baca Juga: Ucapan Ulang Tahun Bahasa Jawa


Waktu Yang Tepat Untuk Menjenguk Bayi Dan Memberikan Ucapan Kelahiran Bayi Secara Langsung

Ucapan Kelahiran Bayi

Ketika sang bayi baru lahir, saat itulah para kerabat akan berdatangan memberikan ucapan selamat. Para orang tua terutama sang ibu akan lebih senang jika kerabatnya mendatanginya secara langsung untuk menjenguk anak pertamanya. Namun, tidak setiap saat sang ibu dapat dikunjungi ke rumahnya. Berikut ini adalah waktu yang baik untuk berkunjung ke rumah ibu sang bayi agar tidak merasa terganggu :

1. Satu Atau Dua Bulan Setelah Melahirkan

Pada saat sang ibu baru saja melahirkan, pasti anggota keluarganya yang terlebih dahulu melihat keadaan sang bayi. Agar mereka dapat membantu sang ibu merawat bayi dengan baik. Terlebih lagi, bayi yang baru lahir masih sangat rapuh. Akan lebih baik jika sang bayi terus dijaga oleh kedua orang tuanya.

Kedatangan orang-orang asing dapat mengganggu si bayi karena biasanya orang-orang selalu ingin menggendong bayi. Akan lebih baik mengunjunginya sekitar satu atau dua bulan atau lebih, ketika tubuh bayi sudah mulai lebih berisi. Agar jika si bayi ingin digendong oleh orang-orang yang menjenguknya, tubuhnya sudah stabil.

2. Saat Ada Acara Syukuran Kelahiran

Beberapa keluarga dengan adat tertentu sering mengadakan acara khusus penyambutan lahirnya anggota keluarga baru. Dan biasanya sering mengundang kerabat-kerabat dari keluarga untuk datang. Pada saat inilah, bayi yang baru lahir bisa dijenguk sambil dibawakan hadiah dan ucapan selamat.

Namun tidak semua orang boleh menggendong bayi terutama saat di acara syukuran. Karena sangat ramai sekali orang-orang dan dapat menyebabkan si bayi merasa terganggu. Lebih baik cukup melihat saja ketika bayi sedang digendong oleh ibu atau ayahnya. Lalu bawakan hadiah yang berisi ucapan selamat dan doa-doa untuk si bayi, orang tua dan keluarganya.

Demikianlah artikel mengenai cara memberikan ucapan kelahiran bayi dengan kata-kata dan kalimat yang unik dan kreatif. Yang bertujuan memberikan doa dan juga kebahagiaan untuk orang tua sang bayi. Ibu yang melahirkan bayinya begitu penuh perjuangan dan rasa sakit yang mendalam. Agar sang ibu memiliki perasaan lega dan bahagia, ucapan yang baik dari keluarga dan kerabatnya sangat berarti untuknya.

Ucapan Kelahiran Bayi

Ucapan Idul Adha

Kartika Aryani
10 min read

Ucapan Pernikahan

Kartika Aryani
10 min read

Contoh Motto Hidup

Kartika Aryani
10 min read

Tinggalkan Balasan