Ucapan Hari Natal

Ucapan Natal

Ucapan Natal – Pada dasarnya rangkaian pesta perayaan Natal adalah sama. Dimulai dengan ibadat pada tanggal 24 Desember, Gereja-gereja dan rumah-rumah umat Kristiani dihiasi dengan berbagai ornamen Natal. Kado dan hadiah natal diletakkan di bawah pohon natal yang dihiasi lampu dan berbagai kartu ucapan Natal.

Beberapa daerah di Indonesia memiliki tradisi Natal yang berbeda dan unik sesuai dengan adat dan budaya masyarakat setempat, seperti; mengunjungi dan menyalakan lilin di makam keluarga dan berkunjung ke tetangga di lingkungan tempat tinggal. Acara mudik pulang kampung untuk merayakan natal bersama keluarga besar juga menjadi tradisi masyarakat Indonesia.

Berbagi kado dan saling memberi ucapan selamat Natal menjadi tradisi yang biasa dilakukan keluarga Kristiani. Ayah menyiapkan kado untuk istri dan anak-anaknya, sementara ibu juga menyiapkan hadiah untuk suami dan anak-anaknya. Beberapa anak yang sudah remaja atau dewasa juga memberikan bingkisan untuk orang tua dan kakak serta adiknya.


Berbagi Kartu Ucapan

Ucapan Natal

Selain memberikan ucapan selamat Natal secara lisan, ada juga dengan cara mengirimkan kartu Natal. Mengirim kartu ucapan Natal merupakan kegiatan yang paling mengasyikkan bagi umat Kristiani.  Dan biasanya dilakukan jauh-jauh hari sebelum perayaan pesta natal itu sendiri. Berbagai desain dan kreativitas menjadi tantangan tersendiri, seperti:

1. Kartu Ucapan Fisik

Natal sebentar lagi akan tiba. Selain bingkisan berupa kado atau parcel, ada hal lain yang biasanya juga ditunggu, yaitu kartu ucapan selamat hari Natal.  Berbagi kartu ucapan Natal kepada relasi, rekan bisnis, kenalan, sahabat dan keluarga akan mempererat hubungan.

Tetapi dalam menuliskan kalimat ucapan selamat hari Natal banyak yang mengalami kesulitan dalam penulisan kata dan kalimat. Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dalam penyampaian ucapan natal, antara lain:

  • Jangan menunggu atau menunda mengirimkan ucapan selamat Natal, yang mengakibatkan penerima merasa kurang dihargai.
  • Jangan asal memilih kartu ucapan selamat Natal. Kartu yang dipilih merupakan pencerminan bentuk kepedulian  dan penghargaan kepada orang lain. Mengirimkan kartu ucapan dalam bentuk fisik dan pribadi akan memberikan nilai lebih.
  • Pilih kata dan kalimat yang tidak terlalu panjang dan hindari penggunaan kata tau kalimat yang dapat menyinggung kepercayaan orang lain. Jadi pilihlah kalimat yang umum di masyarakat dan desain yang tidak terlalu ribet.
  • Gunakan tulisan tangan sendiri untuk nama dan alamat, sehingga penerima merasa lebih dihargai. Akan terasa jika ada gambar atau foto yang berkaitan dengan penerima.
  • Jangan lupa untuk menyisipkan pesan pribadi dengan tetap menjaga etika dan sopan santun sesuai tradisi. Dengan demikian si penerima akan lebih mengingat si pengirim kartu ucapan selamat natalnya.

2. Kartu Ucapan di Medsos

Penggunaan media sosial saat ini terus berkembang, jadi tidak ada salahnya menyampaikan ucapan natal melalui media sosial yang dimiliki. Tetapi dalam menyampaikan pesan ucapan Natal tetap memperhatikan etika dan sopan santun.

Jadi memanfaatkan media sosial  saat mengucapkan selamat hari natal sebaiknya disampaikan  secara terbuka, seperti:

  • “Selamat hari Natal untuk sahabat-sahabat Kristiani serta selamat tahun baru dan selamat berlibur untuk kalian semuanya”.
  • “Semoga damai Natal juga dirasakan oleh semua sahabatku.  selamat tahun baru dan liburan untuk kalian”.

Baca Juga: Ucapan Hari Ibu


Selamat Natal Dan Tahun Baru

Ucapan Natal

Ucapan Natal dan selamat tahun baru biasa diungkapkan kepada sesama umat kristiani ketika mereka berjumpa atau bertemu. Tentunya dalam setiap ucapan terselip harapan dan saling mendoakan.  Maka dalam penyampaian selamat Natal akan berbeda pengungkapnnya, seperti:

Untuk Orang tua

Ucapan Natal kepada orang tua merupakan perwujudan dari rasa syukur kepada tuhan Allah dan ungkapan terimakasih kepada ayah dan bunda. Sebab merekalah yang telah membesarkan,merawat dan mendidik serta mengasihi kita selama ini. Beberapa contoh mengungkapkan selamat Natal kepada mereka, antara lain:

  • “Beruntungnya diriku memiliki ayah dan bunda yang selalu mengasihi dan membimbing aku selama ini. Semoga di hari natal ini kebahagian menyelimuti kalian selalu”.
  • “Bunda, doa dan restumu menjadikan jalan hidupku semakin ringan. Ayah bersamamu kesulitan hidup yang ku jalani menjadi ringan. Di malam Natal ini, aku ingin menyampaikan ungkapan keberuntanganku memiliki orang tua seperti kalian”.
  • “Terimakasih Bunda telah menjadi sahabat sejatiku yang tidak pernah bosan mendengar segala cerita dan keluhan serta memahami perasaanku. Terimakasih ayah telah menjadi guru dan pahlawan sejatiku yang tidak pernah bosan mengajari dan membimbing untuk tetap tangguh serta kuat. Merayakan hari natal yang istimewa bersama kalian adalah kebanggaanku. Terimakasih Tuhan semoga berkat terus melimpahi Ayah dan Bundaku”.
  • “Papa dan mama terimakasih telah menjadi pendengar setiaku selama ini. kesabaran dan kasih sayangmu telah menjagaku selama ini. Selamat Natal, maaf natal kali ini kami tidak bisa pulang mengunjungi kalian”.
  • “Selamat hari Natal untuk bapak dan ibu, maaf kami tidak bisa pulang, ada tugas yang harus kami selesaikan”

Untuk Kekasih Hati

Memberikan ucapan Natal untuk kekasi hati atau pacar tentu akan membahagiakan pasangannya. Yang pasti tidak terlalu berlebihan, sehingga malah memberikan kesan tidak romantis. Beberapa ungkapan selamat Natal untuk pacar  atau kekasih hati, antara lain:

  • “Cinta membawa hadiah kedamaian dan kebahagian, semoga cinta di hari Natal ini semakin indah, selamtat hari Natal dan tahun baru yang penuh berkat untukmu”.
  • “Harapanku di hari Natal ini, semoga selalu dalam limpahan kesehatan dan kebahagian selau menyelimutimu dengan kasih sayang, selamat hari Natal dan tahun baru”.
  • “Semoga cinta yang indah akan menghangatkanmu dengan kasih dan sayang, selamat hari Natal dan tahun baru yang penuh harapan”.
  • “Mengenalmu dengan cinta dan harapan menjadi inspirasi dalam menyusun langkah di masa depan. Selamat hari Natal istriku”.
  • “Surga dunia aku rasakan saat berada di dekatmu, semoga natal kali ini membawa berkat dan kebahagian untuk kita”.

Untuk Kerabat Dan Saudara

Mengucapkan selamat natal kepada saudara dan kerabat Kristiani akan merupakan bentuk kepedulian dan ungkapan sayang kepada mereka. Beberapa rangkaian ucapan Natal yang dapat mewakili perasaan kita, antara lain:

  • “Saat kanak-kanak kita menghabiskan liburan Natal bersama-sama, sekarang kita semua telah dewasa dan menjadi orang tua untuk anak-anak kita. Meski saat ini kita hidup berjauhan dengan kesibukan masing-masing, doaku selalu ada untukmu. Semoga berkat Natal yang indah dan damai menyertai kalian dan keluarga”.
  • “Selalu bersyukur mempunyai saudara sepertimu, tidak ada kalimat yang tepat mewakili kebanggaan dan rasa syukurku ini. Harapanku, semoga berkat Natal yang istimewa ini menyertaimu bersama keluarga kecilmu”.
  • “Terimakasih selama ini telah menjadi saudara yang paling peduli di seluruh dunia. Selamat hari Natal, semoga harapan dan impianmu menjadi terwujud bersama kasih Tuhan Allah kita”.
  • “Momen penuh cinta dan kebersamaan keluarga besar merupakan berkat yang indah dari Tuhan Allah. Sudah layak dan sepantasnya kita berterimakasih dan mengucapkan rasa syukur karena berkat Tuhan ini. Selamat Natal, semoga kedamaian, kebahagian dan berkat Tuhan selalu menemani keluarga besarku ini’.
  • “terimakasih atas dukungan dan bimbingan yang kakak berikan selam ini, Selamat natal”.

Untuk Sahabat

Sahabat adalah orang lain yang memiliki kedekatan seperti saudara atau keluarga. Apalagi ketika berada jauh dari keluarga, saudara maupun kerabat, sahabatlah yang menjadi saudara terdekat. Sebagai bentuk persahabatan tidak ada salahnya untuk saling memberikan ucapan Natal kepada mereka, seperti:

  • “Persahabatan yang selama ini kita jalani banyak sekali memberikan nilai-nilai kehidupan bersamamu. Semoga di natal ini kebahagian dan kedamaian selalu bersamamu sahabatku”.
  • “Persahabatan tidak dapat dibeli dengan uang sepeser pun, bersamamu aku mengenal arti dan nilai dari persahabatan. Selamat hari natal sahabatku”.
  • “kamulah sahabat terbaikku selam ini, salam damai natal untuk mu dan keluarga”.
  • “Bersamamu arti persahabatan sungguh aku rasakan keindahannya. Semoga kebahagian Natal ini menyertaimu selalu”.
  • “Menghabiskan malam-malam natal bersama adalah keinginanku, semoga kali ini kita bisa bertemu kembali”.

Untuk Relasi Teman Bisnis

Membangun relasi dan teman bisnis merupakan langkah yang sebaiknya dimiliki untuk mengembangkan bisnis maupun usaha yang dimiliki. Memberikan ucapan Natal kepada relasi dan teman yang beragama nasrani menjadi langkah yang cukup tepat. Sebagai bentuk rasa syukur dan terimakasih, seperti:

  • “Terimakasih atas dukungan dan bimbingannya selama ini, selamat hari Natal dan tahun baru, semoga berkat Tuhan selalu menyertai anda”.
  • “Sungguh kehormatan bagi saya memiliki pemimpin yang mengagumkan seperti anda. Terimakasih untuk bimbingannya, selamat hari Natal dan tahun baru”.
  • “Kebijaksanaan anda telah membantu kami menjadi lebih baik, semoga di hari Natal ini banyak keberkatan yang diberikan Tuhan untuk Anda”
  • “Terimakasih menjadi rekan kerja yang hebat selama ini, salam damai natal untuk mu dan keluarga”

Untuk Tetangga

Tetangga adalah saudara terdekat yang ada di sekitar kita. Dalam kehidupan bermasyarakat tetangga juga memiliki beragam kepercayaan, ada yang Muslim, Kristen, Katholik, Hindu, Budha dan Kong hu Cu.

Sebagai bentuk toleransi dalam kebhinekaan, tidak ada salahnya jika ikut mengucapkan selamat natal kepada mereka yang beragama Nasrani. Beberapa ucapan natal untuk tetangga yang beragama Kristen, antara lain:

  • “Ucapan Natal dan tahun baru bersama keluarga terkasih pada kesempatan hari yang indah serta penuh kelimpahan surga”.
  • “Sulit dibayangkan, hidup bertetangga di negeri yang berbhineka Tunggal Ika, tanpa adanya dukungan anda. Ucapan selamat Natal hanya akan sebatas bibir saja, semoga Natal kali ini membawa kadamaian dan kebahagian bersama keluarga”.
  • “Terimakasih sudah menginspirasi kami dengan ide yang luar biasa, selamat Natal dan tahun baru, semoga menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: Ucapan Ulang Tahun Bahasa Inggris


Tips Menyampaikan Pesan Natal

Ucapan Natal

Dalam menyampaikan pesan dan ucapan natal kepada orang lain, haruslah memperhatikan etika dan sopan santun. Menyampaikan selamat natal untuk orang yang lebih tua dengan teman sebaya atau yang lebih muda tentu berbeda-beda.

Jangan sampai niat baik mengucapkan selamat hari Natal justru membuat seseorang menjadi tersinggung.  Di negeri yang penuh keragaman dan  berbhineka tunggal ika ini adat sopan santun dalam berbudaya haruslah tetap dijaga.

Semoga kalimat yang tersusun dalam beberapa contoh pengucapan selamat Natal dapat memberi gagasan atau inspirasi. Mensyukuri berkat  yang Tuhan limpahkan dalam tahun ini, serta berdoa agar di tahun mendatang berkat dan perlindungan Tuhan semakin nyata.

Ucapan Natal

Ucapan Ramadhan

Miftahul
5 min read

Ucapan Kelahiran Bayi

Miftahul
5 min read

Tinggalkan Balasan