Ucapan Ramadhan

Ucapan Ramadhan

Ucapan Ramadhan – Puasa merupakan salah satu rukun Islam. Setiap umat muslim memiliki kewajiban untuk menjalankan puasa di bulan ramadhan. Bulan yang penuh berkah banyak dinantikan umat muslim.

Berbagai cara dilakukan dalam menyambut bulan suci ramadhan seperti memberikan ucapan ramadhan kepada keluarga, rekan kerja, teman, sahabat sebelum melakukan puasa di bulan suci.


Ucapan Ramadhan Terbaik

Ucapan Ramadhan

Marhaban ya Ramadhan merupakan ucapan yang biasa diungkapkan pada bulan puasa. Ucapan ramadhan yang ditulis menunjukkan suatu bentuk kegembiraan datangnya bulan ramadhan. Sebelum memasuki bulan puasa kiranya perlu meluruskan niat serta menyucikan hati. Meminta maaf terlebih dahulu sebelum menjalankan puasa. Mohon maaf lahir dan batin setiap kesalahan yang diperbuat.

1. Ucapan Menyambut Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan merupakan kesempatan terbaik untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara bertaubat serta melakukan perbuatan yang baik. Sehingga dalam menyambut bulan ramadhan semestinya bersyukur dan gembira.

Saatnya mewujudkan makna kecintaan terhadap Allah SWT. Setiap perbuatan yang dilakukan dalam kebaikan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Tidur menjadi ibadah dan setiap amalan akan mendapat pahala. Rajin membaca al-qur’an serta menjalani hari-hari penuh dengan keihklasan. Menjalankan ibadah puasa dengan kegembiraan atas nikmat yang diberikan.

Bulan suci penuh keagungan. Di bulan ini banyak keberkahan serta ampunan. Ucapan menyambut bulan ramadhan seperti “marhaban ya ramadhan, mari kita sambut ramadhan dengan suka cita. Sucikan hati agar berpuasa lebih bermakna. Semoga kemenangan dan hidayah kita dapatkan.”

“Saatnya membersihkan jiwa dan kembali kepadaNya, mensyukuri segala nikmat dan kemurahanNya. Mari merenungi diri atas segala kesalahan yang diperbuat. Bulan suci kembali tiba, lakukan puasa dengan penuh keikhlasan. Siapkan jiwa untuk menyambut lailatul qadar yaitu malam yang penuh dengan kebaikan. Tak lupa meminta maaf atas segala dosa mohon dimaafkan.”

2. Kata-Kata Mutiara Bulan Suci Ramadhan

Saat bulan puasa kata-kata mutiara bulan ramadhan selalu ada. Di bulan itu banyak orang biasanya akan lebih religius. Umat muslim akan berpuasa, beribadah serta menjalankan kebaikan-kebaikan. Dilihat juga dari keseharian orang cara berpakaiannya lebih menutup aurat. Tak hanya itu, banyak musisi menciptakan lagu-lagu religi yang termasuk bentuk positif menyambut bulan ramadhan.

Banyak foto yang beredar saat bulan puasa namun biasanya setelah ramadhan selesai kebanyakan orang tidak konsisten untuk tetap menjalankan hal-hal yang religius tersebut. Ada juga kata-kata mutiara yang disebarkan saat bulan suci ramadhan untuk memberikan kesan tersendiri yang bisa dibagikan kepada keluarga atau sahabat.

Seperti ini contoh kata-kata mutiara yang bisa diberikan kepada teman atau keluarga
“Bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah. Di bulan ini merupakan raja dari bulan-bulan lain yang banyak dinantikan seluruh umat muslim. Ramadhan merupakan bulan yang penuh mulia. Merupakan bukti umat islam menjalankan ibadah di bulan itu.”

Kata mutiara bulan ramadhan “tiada hari seindah hari juam’at, tak ada kata seindah dzikir, tiada ibadah seindah sholat, tak ada bulan seindah ramadhan dan tiada hari yang dinanti selain hari raya idul fitri. Marhaban ya ramadhan”

3. Kata Mutiara Puasa Untuk Sahur

Sahur merupakan bagian yang wajib dilakukan sebelum menjalankan puasa. Umat muslim yang menjalankan ibadah puasa harus makan sahur terlebih dahulu serta niat untuk menjalankan puasa sehari penuh dan menahan segala nafsu dan emosi. Untuk itu, saat sahur perlu makan yang sehat agar saat menjalani aktivitas kuat, aktif dan energik.

Pilih makanan yang tidak membuat cepat lelah. Makanan kaya akan nutrisi bisa memberikan energi dan membuat kenyang. Beberapa menu makan yang bisa dijadikan untuk sahur seperti kurma, oat, gandum, pisang, banyak minum air putih. Makanan berserat yaitu sayur-sayuran, kentang, sereal, hindari makanan yang digoreng dan kafein. Pilih makanan kaya protein dan jangan makan permen.

Kumpulan kata-kata yang bisa diucapkan saat membangunkan orang terkasih untuk sahur dan menjalankan ibadah puasa seperti “suasana ramadhan yang begitu indah, memberikan penerangan hati yang semakin cerah. Setiap perbuatan merupakan ibadah. Bersyukur kepada Allah SWT. Sebelum imsak tiba ada teguran selamat santap sahur”

“Silaturahmi yang dijalin dengan bertegur salam, berbagi ucapan suatu bentuk ibadah sebelum mati. Syukur yang dikirim dengan do’a yang tidak terukur. Malam-malam romantis bagaikan seribu bintang. Di sini hanya untuk menemani. Untuk wangi yang selalu tersaji dalam hati. Selamat sahur untuk seseorang yang spesial. Selamat menyambut pagi yang menghangatkan raga”

4. Kata Mutiara Berbuka Puasa Penuh Makna

Saat adzan maghrib dikumandangkan seluruh umat muslim yang menjalankan ibadah puasa akan berpuasa bersama dengan keluarga dan orang-orang terkasih. Setelah seharian menahan lapar dan dahaga kini saatnya melepas setiap lelah. Awali buka puasa dengan makan kurma dan banyak minum air putih. Karena berdasarkan Sunnah Nabi Muhammad SAW berbuka puasa dengan minum air putih dan tiga kurma yang banyak diikuti umatnya.

Namun tidak ada salahnya jika berbuka puasa dengan makanan lain yang menyehatkan. Saat berbuka puasa kebanyakan orang menyiapkan makanan yang disukai serta ada makanan penutup seperti buah atau jus segar. Berbuka puasa merupakan kewajiban yang dilakukan jika seseorang memakan waktu cukup lama tidak segera berbuka itu artinya tidak mensyukuri segala nikmat yang diberikan.

Ucapan berbuka puasa bisa diberikan kepada seseorang maupun bisa digunakan untuk status di media sosial. Banyak ucapan untuk berbuka puasa serta bisa memberikan doa yang dipanjatkan. Ucapan tersebut juga bisa menjadi suatu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT karena sudah diberikan kemudahan seta kelancaran dalam menjalankan segala ibadah.

Memberikan ucapan ramadhan dalam berbuka puasa merupakan suatu bentuk menyebarkan kebaikan. Seperti ini ucapan buka puasa “kebaikan itu banyak tetapi orang yang melaksanakan masih sedikit. Orang yang memberikan petunjuk pada kebaikan sama seperti yang melakukannya. Barang siapa dibukakan pintu kebaikan hendaknya memanfaatkan kesempatan tersebut. Selamat berbuka puasa semoga Allah menerima puasa yang sudah dijalani.”

Baca Juga: Ucapan Ulang Tahun Untuk Istri


Ucapan Ramadhan Kareem

Ucapan Ramadhan

Ucapan ramadhan biasa diberikan kepada sanak keluarga orang terkasih maupun teman. Semangat dalam melakukan segala kebaikan dan ibadah. Jangan lupa untuk siapkan jadwal imsak, berbuka maupun jadwal sholat. Banyak ucapan ramadhan yang bisa diberikan seperti ucapan puasa yang puitis, lucu maupun yang memotivasi. Berikut ini ucapan ramadhan kareem :

1. Ucapan Selamat Berpuasa Puitis

Memberikan ucapan selamat berpuasa kepada teman, sahabat atau keluarga yang sedang menjalankan puasa memberikan suatu kesan tersendiri. Namun, ucapan berpuasa tidak hanya diberikan pada bulan ramadhan saja karena selain bulan ramadhan ada juga yang melakukan puasa sunah seperti puasa senin kamis, puasa syawal ataupun puasa daud.

Ucapan selamat dapat memberikan semangat untuk menjalankan puasa dari fajar hingga matahari terbenam. Selain itu, ucapan puasa bisa menjadi doa untuk seseorang agar orang yang menjalankan puasa dilancarkan. Ucapan puasa yang diberikan juga bias hanya sekedar menghormati orang yang sedang berpuasa.

Ada banyak ucapan puasa yang indah dan puitis seperti  “saat bulan puasa, ketika matahari terbit nafsu pun mulai ditahan. Saat matahari terbenam tandanya pelepas lapar dan dahaga seharian melakukan ibadah. Ibadah puasa dijalani dengan hati ikhlas agar kelak tidak ada penyesalan. Semua amalan diterima dan doa-doa dikabulkan. Selamat menjalankan ibadah puasa semoga dilancarkan hingga menyambut hari nan fitri”

“Matahari berdzikir pepohonan memuji segala keagungan-Mu. Nafas merupakan tasbi dan tidur dijadikan ibadah. Bagi orang-orang yang berpuasa rajin membaca al-qur’an akan mendapat pahala yang berlipat ganda. Segala amalan baik ditingkatkan dan tetap dijalankan setelah bulan puasa selesai. Selamat menunaikan ibadah puasa penuh berkah”

2. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kumpulan kata selamat menunaikan ibadah puasa sangat banyak sekali yang bisa diberikan kepada sesorang. Pesan yang menyentuh hati dan niat beribadah serta melakukan segala kebaikan dari setelah sahur hingga berbuka puasa. Di bawah ini ucapan selamat menunaikan ibadah puasa yang bagus.

“Kerinduan yang ditunggu oleh umat Islam karena di bulan ini merupakan bulan penuh ampunan dan Allah memberikan kebaikan. Seperti pintu surga yang terbuka dan ditutupnya pintu neraka. Setan-setan dibelenggu sehingga tidak bisa menggoda umat manusia yang sedang menjalankan ibadah puasa. Serta puncaknya diturunkan Al-Qur’an pada malam seribu malam yaitu malam lailatul qodar. Semoga senantiasa mampu untuk menjalankan ibadah dan menanam kebaikan”

“Siapa yang tak rindu bulan ramadhan? Bulan yang penuh keberkahan banyak ditunggu oleh umat Islam. Merindukan semua ibadah seperti shalat tarawih dan tadarus Al-Qur’an yang dilakukan sebulan penuh. Bulan ramadhan selalu memberi kebahagiaan serta keistimewaan. Suatu harapan semoga setiap orang juga merasakan keistimewaan di bulan ini’

Baca Juga: Ucapan Kelahiran Bayi

3. Ucapan Ramadhan Lucu

Selain mempersiapkan diri untuk menyambut bulan suci ramadhan. Tak ada salahnya memberikan ucapan ramadhan lucu untuk bisa menghibur dan bentuk semangat menyongsong bulan ramadhan. Selamat ucapan ramadhan lucu ini bisa dikirimkan kepada rekan untuk menyambut ramadhan dengan hati riang gembira dan penuh senyum.

“Selamat datang berada di pesawat ramadhan air dengan tujuan idul fitri. Informasi penting disampaikan sesuai dengan aturan Al-Qur’an. Kita akan terbang pada permukaan haus dan lapar selama 30 hari. Jangan lupa untuk kenakan sabuk puasa, sandarkan sholat, buka jendela amalan dan tutup meja dosa”

4. Ucapan Ramadhan yang Memotivasi

Bulan ramadhan salah satu bulan yang paling mulia diantara  bulan yang lain. Segala ibadah yang dilaksanakan pada bulan ramadhan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Itulah sebabnya banyak umat manusia yan berlomba-lomba meningkatkan ibadahnya. Berbagai kebiasaan berubah pada saat bulan puasa mulai dari sahur bersama, buka bersama, tarawih bersama maupun tadarus Al-Qur’an bersama. Di bulan ini selain kebiasaan juga merupakan kewajiban.

“Awal bulan ramadhan merupakan rahmat, saat pertengahan bulan ramadhan suatu bentuk keampunan dan penghujung bulan ramadhan kebebasan dari api neraka.” Kata-kata tersebut dapat disimpulkan bahwa bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh keberkahan. Apalagi jika berhasil menemui malam lailatul qodar yang bisa dimanfaatkan untuk beribadah dengan sungguh-sungguh.

“Bulan puasa merupakan bulan mulia, sebagai pembentuk iman dan taqwa, siapa yang siap untuk berlaga maka surga akan menyambutnya”. Maksud dari kata tersebut siapa yang berlomba-lomba untuk mencari kebaikan maka surga akan didapat. Ada saja godaan yang mengganggu saat menjalankan ibadah puasa, tarawaih maupun membaca al-qur’an. Namun jika mampu melalui semua dengan sebaik-baiknya maka akan mendapat pahala berlipat ganda dan tidak sia-sia.

Itulah beberapa kata motivasi untuk memberikan ucapan ramadhan. Menyambut bulan ini yang penuh berkah juga merupakan suatu kebaikan dan akan mendapat pahala. Ditemukan bulan ramadhan merupakan kesempatan emas yang bisa digunakan untuk memperbaiki segala amalan dan memohon ampun kepada Allah SWT.

Ucapan Ramadhan

Ucapan Pernikahan

Kartika Aryani
10 min read

Contoh Motto Hidup

Kartika Aryani
10 min read

Ucapan Menyambut Ramadhan

Miftahul
6 min read

Tinggalkan Balasan