Usaha Dengan Modal Kecil

usaha dengan modal kecil

Usaha Dengan Modal Kecil – Banyaknya usaha yang berkembang dengan peluang besar mendorong pelaku usaha lain untuk membuka usahanya sendiri.

Seringkali hal yang menjadi kendala ketika hendak membuka usaha adalah modal yang diperlukan untuk menjalankan usaha tersebut. Padahal ada beberapa usaha dengan modal kecil yang menjanjikan karena dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar.


Ide Usaha Dengan Modal Kecil

Usaha Dengan Modal Kecil

Pada saat ini, banyak sekali usaha kecil menengah yang berkembang dengan pesat karena peluang usahanya yang menjanjikan. Meskipun hanya memiliki modal kecil, pelaku usaha baru tetap bisa menjalankan usahanya. Berikut beberapa ide usaha dengan modal kecil yang dapat dicoba oleh pelaku usaha baru yang masih bingung untuk memilih usaha yang akan dijalankan :

1. Membuka Usaha Jasa Menjahit

Usaha dengan modal kecil yang satu ini tentunya bisa dicoba oleh mereka yang memiliki keterampilan dalam menjahit pakaian. Pada saat ini jasa menjahit sangat diperlukan oleh masyarakat yang ingin menjahit pakaiannya dengan ukuran dan model tertentu yang tidak bisa didapatkan di toko pakaian. Tentunya ini diperlukan untuk membuat pakaian yang sesuai dengan ukuran tubuh dan selera pemakainya.

Selain itu jasa menjahit juga diperlukan oleh mereka yang ingin mengecilkan pakaian yang kebesaran atau hanya sekedar memasang atribut seperti kancing di pakaian yang dimiliki. Melihat peluang yang besar tentunya usaha jasa menjahit sangat menjanjikan. Modal yang diperlukan pun tidak besar sebab hanya memerlukan mesin jahit, benang, dan tentunya keterampilan.

2. Membuka Usaha Makanan

Usaha makanan adalah salah satu usaha yang pada saat ini sedang berkembang pesat salah satunya di Indonesia. Banyak kreasi makanan yang dijual di pasaran dengan kisaran harga yang bervariasi. Jika memiliki kemampuan memasak kreasi makanan yang uni, sehat, dan lezat tentunya usaha yang satu ini patut untuk dicoba.

Makanan yang dijual pun tidak harus selalu makanan berat dengan nasi, buah, dan sayur lengkap. Pelaku usaha dapat menjual makanan ringan ataupun minuman baru yang dapat menarik konsumen untuk membelinya. Bisa dikatakan usaha makanan merupakan salah satu usaha yang tidak akan mengalami kemunduran karena makanan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia.

3. Menjual Pulsa Elektrik

Usaha yang satu ini tentunya layak untuk dicoba karena penggunaan gadget yang terus berkembang. Modal yang diperlukan untuk membuka usaha ini pun tidaklah besar karena ada di kisaran Rp 100.000 – Rp 300.000. Selain itu, keuntungan yang didapat cukup besar dan usaha dapat dijalankan dimana saja dan kapan saja sehingga lebih fleksibel.

Menjual pulsa elektrik pun dapat dilakukan oleh siapa saja bahkan ibu rumah tangga dapat menjalankannya. Yang terpenting adalah keseriusan dan strategi pemasaran yang baik karena persaingan dengan usaha sejenis yang cukup ketat. Untuk memulainya, pelaku usaha hanya perlu mendaftarkan diri ke agen pulsa. Berikut tips yang dapat diterapkan jika ingin menjalankan usaha ini.

  • Mendaftar di distributor pulsa terpercaya untuk menjadi agen pulsa
  • Ketika menjual pulsa elektrik disarankan untuk tidak mengambil untung terlalu besar mengingat persaingan yang cukup ketat
  • Jangan memberikan bon pulsa jika ada pelanggan yang ingin mengambil pulsa
  • Melakukan promosi semenarik mungkin melalui media sosial ataupun media lain seperti brosur dan pamflet
  • Memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan untuk menghindari komplain dan perginya pelanggan

4. Membuka Les Privat

Les privat merupakan usaha yang dapat dijalankan dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal sama sekali. Dengan menjual kemampuan yang dimiliki orang lain tentunya bisa menjadi usaha yang menjanjikan. Usaha ini pun bisa dilakukan di rumah ataupun tempat lain sesuai kebutuhan guru dan murid yang bersangkutan.

Ketika hendak menjalankan usaha ini hal yang perlu dilakukan adalah menyiapkan materi atau bahan ajar sesuai dengan kemampuan. Jangan sampai salah membuat materi terlebih materi yang disiapkan tidak sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Pastikan pelajari dan persiapkan materi tersebut sebelum memberikan pelajaran ke orang lain.

5. Membuka Warung

Barang-barang yang dijual di warung relatif lebih murah dibandingkan swalayan sehingga banyak masyarakat yang memilih untuk membeli barang yang diperlukan di warung. Melihat peluang yang cukup besar tentunya usaha ini bisa dijalankan. Namun, sebelum membuka warung ada baiknya untuk melihat modal yang dimiliki, lokasi yang akan dijadikan warung, dan tingkat persaingannya.

6. Membuka Jasa Percetakan

Bagi mereka yang memiliki keterampilan dan kreativitas untuk mengolah gambar dan desain, membuka jasa percetakan tentunya layak untuk dicoba. Pada saat ini kebutuhan masyarakat khususnya dibidang percetakan kian meningkat sehingga peluang usaha ini cukup besar. Modal yang diperlukan untuk membuka usaha ini pun tidak besar karena pelaku usaha dapat memanfaatkan situs-situs layanan online untuk menjual jasa yang dimiliki.

Ada beberapa situs online yang mempermudah pelaku usaha untuk menjual jasanya seperti Sribulancer.com, Projects.co.id, Ciptaloka.com, Sribu.com, blazbuz.com. Situs-situs online tersebut dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha yang tertarik di bidang desain dan ingin menjual usahanya. Karena persaingan yang cukup ketat, disarankan untuk menjual sesuatu yang unik dan menarik.

7. Membuka Jasa Laundry

Karena kesibukan yang dimiliki banyak orang yang memilih untuk mencuci bajunya pada jasa laundry. Usaha ini paling cocok dibuka dekat kampus atau kost-kostan karena biasanya banyak pelanggan yang membutuhkan jasa laundry. Berikut beberapa tips untuk menjalankan jasa laundry agar bisa menghasilkan keuntungan.

  • Memperhatikan target pasar yang dituju karena akan mempengaruhi jumlah pelanggan yang akan menggunakan jasa laundry yang ditawarkan
  • Melihat modal yang dimiliki baik dalam bentuk material atau non material
  • Memilih lokasi yang strategis untuk membuka usaha ini
  • Melakukan pemasaran dan promosi usaha yang dijalankan misalkan melalui brosur ataupun pamflet

Baca Juga: bisnis yang menguntungkan


Usaha Online Dengan Modal Kecil

Usaha Dengan Modal Kecil

Bisnis online merupakan usaha lain yang dapat dijalankan dengan modal kecil. Selain modalnya yang kecil, usaha ini juga dapat dilakukan di rumah karena hanya memerlukan internet dan tentunya keterampilan. Berikut beberapa bisnis online dengan modal kecil yang memiliki keuntungan menjanjikan.

1.  Affiliate Marketing

Bisnis afiliasi merupakan bisnis online dengan modal kecil yang menjanjikan. Hal ini dikarenakan pelaku usaha hanya perlu melakukan penjualan produk yang didapatkan dari pemilik produk atau vendor dan bisa mendapatkan komisi sekian persen dari produk yang dijual. Penjualan produk dilakukan di internet baik melalui email marketing, blog, ataupun sosial media.

Produk yang dijual di bisnis afiliasi ini pun beraneka ragam mulai dari yang berbentuk fisik, digital, ataupun membership. Vendor akan memberikan link produk yang harus dipromosikan dan pembelian dapat dilakukan melalui link tersebut. Jika ingin melakukan usaha ini, hal yang perlu dilakukan adalah melakukan promosi yang menarik. Beberapa program afiliasi lokal yaitu lazada.com, Blibli.com, Bhineka.com, ataupun Marketplace.

2.  Online Shop

Usaha online shop yang makin diminati oleh masyarakat tentunya memiliki peluang tersendiri bagi pelaku usaha yang ingin memulai bisnis ini. Barang yang dijual di online shop tentunya dilakukan melalui internet sehingga transaksi berlangsung disana. Pelaku usaha hanya perlu bergabung dengan supplier ataupun produsen yang menawarkan sistem reseller produk yang ingin dijual di online shop yang dimiliki.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuka usaha ini yaitu membuka toko online yang tutorialnya dapat dengan mudah ditemukan di internet. Selanjutnya, pelaku usaha perlu mencari produsen produk yang memberikan layanan reseller sehingga harga yang didapat bisa jauh lebih murah. Produk yang didapatkan dari produsen tersebut kemudian bisa dijual dan dipromosikan melalui online shop yang dimiliki.

3. Jasa Web Developer

Web developer merupakan orang yang membuat website atau blog profesional yang memiliki peluang usaha yang sangat potensial. Untuk menjual jasa web developer hal yang diperlukan tentunya adalah kemampuan untuk membuat blog ataupun website yang unik dan menarik. Karena potensi yang dimilikinya tentunya usaha ini layak untuk dicoba.

4. Jasa Penerjemah

Jika menguasai bahasa asing, menjual jasa penerjemah tentunya patut untuk dicoba. Selain tidak memerlukan modal, penghasilan yang akan didapat pun cukup besar. Sebagai penerjemah, biasanya dokumen yang harus diterjemahkan sesuai dengan permintaan pemesan seperti skripsi, tesis, jurnal, ataupun dokumen lainnya. Jika tertarik, pekerjaan sebagai jasa penerjemah dapat dicari di Freelance.com atau Sribulancer.com.

5.  Bisnis Multi Level Marketing Online

MLM atau Multi Level Marketing merupakan salah satu usaha yang dapat dijalankan secara online sehingga tidak menyita waktu dan tenaga. Peluang usaha MLM online ini cukup besar asalkan memiliki sistem yang baik dan tentunya mau bekerja keras. Oleh sebab itu, pastikan MLM online yang diikuti memiliki sistem dan produk yang baik dan menguntungkan.

Baca Juga: bisnis waralaba


Tips Membuka Usaha Dengan Modal Kecil Agar Untung

Usaha Dengan Modal Kecil

Setiap usaha tentunya memiliki kemungkinan untuk gagal hingga akhirnya gulung tikar. Ada beberapa faktor penyebab suatu usaha gagal diantaranya rencana bisnis yang tidak matang, tidak dijalankan dengan sepenuh hati, promosi yang kurang, dan memilih untuk bersikap pasif. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar usaha yang dijalankan bisa untung.

1. Membuat Perencanaan Yang Matang

Perencanaan merupakan hal penting yang perlu di buat sekalipun oleh usaha kecil. Di dalamnya berisi tujuan yang akan dicapai dan strategi yang dilakukan selama menjalankan usaha. Tujuan yang dimaksud disini mencakup tujuan jangka pendek maupun jangka panjang dari usaha yang dijalankan. Dengan adanya tujuan yang jelas, usaha yang dijalankan tentunya lebih terarah dan fokus akan apa yang ingin dicapai.

2. Mengelola Uang Dengan Baik

Meskipun usaha kecil, mengatur dan mengevaluasi arus kas bisnis setiap bulannya tentu diperlukan. Arus kas ini dibuat untuk mengetahui bagaimana pendapatan dan pengeluaran uang selama menjalankan usaha. Uang yang didapat tentunya harus dikelola dengan baik agar bisa menguntungkan.

3. Melakukan Inovasi dan Membangun Jaringan

Untuk mengikuti permintaan pasar yang harus dilakukan adalah dengan terus melakukan inovasi. Inovasi yang dibuat tentunya dapat memuaskan kebutuhan konsumen sehingga dapat meningkatkan peluang usaha. Selain inovasi, membangun jaringan perlu dilakukan agar usaha yang dijalankan tidak kalah dari usaha lain. Jaringan disini bisa berupa pelanggan ataupun mitra bisnis yang dapat membantu mengembangkan usaha yang dijalankan.

Demikianlah informasi mengenai ide usaha dengan modal kecil yang menguntungkan. Meskipun usaha kecil, perencanaan yang matang diperlukan untuk menjalankan suatu usaha. Buatlah suatu inovasi baru agar usaha yang dijalankan tidak kalah saing dengan usaha sejenis.

Usaha Dengan Modal Kecil

Tinggalkan Balasan