Usaha Kecil Kecilan

Bisnis Waralaba

Usaha Kecil Kecilan – Memiliki gelar sarjana bukan jaminan bisa memberikan kesuksesan dalam bekerja. Apalagi jumlah lapangan pekerjaan tidak sebanding dengan jumlah sarjana yang ada di Indonesia. Dari pada menganggur, lebih baik memulai sebuah usaha kecil kecilan yang cukup menjanjikan. Banyak pengusaha besar yang memulai usahanya dari hal yang sangat kecil.

Namun, membuka sebuah usaha bukanlah hal yang dapat dilakukan dengan asal-asalan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha, agar modal dan tenaga yang dikeluarkan nantinya tidak akan sia-sia dan malah berbuah manis. Bisa jadi usaha yang dijalankan ini bisa menjadi lapangan pekerjaan bagi orang lain.


Kelebihan Membuka Usaha Kecil Kecilan

Usaha Kecil Kecilan

Usaha kecil kecilan yakni usaha atau bisnis yang dilakukan dengan modal minim. Banyak orang yang belum tertarik membuka bisnis ini karena belum tahu apa saja keuntungan yang dimilikinya. Berikut ini adalah beberapa keuntungan saat membuka usaha dengan modal kecil atau minimum.

1. Menambah Penghasilan

Tujuan setiap orang saat melakukan sebuah usaha atau bisnis adalah memperoleh keuntungan sebagai sumber penghasilan. Biasanya hasil keuntungan tersebut akan digunakan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun sebenarnya tujuan berbisnis bergantung kepada pelakunya dimana jika untuk orang dewasa atau yang sudah berumah tangga dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan dan pemasukan.

Berbeda halnya dengan remaja atau orang dewasa yang belum menikah bisa menjadikannya sebagai tambahan uang saku atau tabungan masa depan. Tentunya akan sangat bermanfaat bagi yang sedang kuliah dan tidak ingin membebani orangtua dengan hasil usahanya.

2. Modal Kecil

Untuk membuka sebuah usaha kecil kecilan tentunya tidak akan membutuhkan modal yang banyak. Justru modal tersebut dapat diambil dari hasil penyisihan  dari uang belanja atau uang saku. Sehingga bagi yang ingin memulai usaha ini tidak perlu meminjam uang modal dari bank yang akan menawarkan berbagai macam bunga yang sebenarnya tidak terlalu menguntungkan.

Dengan kecilnya modal yang harus dikeluarkan membuat usaha ini dapat dilakukan oleh siapa saja. Semakin kecilnya modal yang dikeluarkan tentunya produk yang akan dijadikan bisnis tidak akan dijual dalam harga yang mahal. Sehingga konsumen dari berbagai macam elemen akan mudah untuk membeli produk yang ditawarkan.

3. Tahan Banting

Dibandingkan usaha besar, usaha kecil lebih tahan banting saat terjadi krisis ekonomi dan moneter. Karena sistem yang dijalankan seperti modal usaha, keuntungan, manajemen, pengeluaran, cara kerja, dan lainnya sangat efektif, fleksibel, dan efisien. Oleh sebab itu usaha kecil dapat bertahan terus dan berkembang pesat meskipun perusahaan besar mengalami kebangkrutan.

Kerugian yang dialami oleh usaha kecil pun tidak akan terlalu membebani pelaku usaha ini karena modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Sehingga jika ada kerugian masih ditutupi oleh keuntungan hari itu atau hari-hari sebelumnya.

Baca Juga: bisnis properti


Tips Membuka Usaha Kecil Kecilan

Usaha Kecil Kecilan
Usaha Kecil Kecilan

Terkadang bisnis atau usaha yang dijalankan oleh seseorang tidak berjalan sesuai dengan keinginan. Adakalanya bisnis tersebut membawa keuntungan, tetapi terkadang mendatangkan kerugian. Jarang sekali yang bisa bertahan dengan usaha kecil seperti ini, namun tidak jarang  juga yang dapat sukses karenanya. Berikut ini merupakan beberapa tips jika ingin membuka usaha kecil kecilan.

1. Miliki Niat Dan Minat

Untuk mengerjakan sesuatu diperlukan sebuah niat yang mantap. Kebanyakan orang tidak sungguh-sungguh menjalankan sebuah usaha karena yang dipikirkannya hanyalah keuntungan yang akan didapatkan dari usaha. Padahal dalam menjalankan sebuah usaha pasti akan menemukan beberapa pasang surut seperti untung dan rugi.

Jika seseorang benar-benar niat menjalankan usaha, ia akan siap dalam mempersiapkan manajemen atau pengelolaan dan memiliki strategi saat mengalami kerugian. Saat mengalami kerugian pun tidak akan cepat putus asa, dan berusaha untuk mengolah kembali usahanya agar dapat bertahan.

Selain niat, minat juga dibutuhkan untuk membuka sebuah usaha. Menekuni sesuatu yang  diminati akan lebih berpengaruh daripada tidak. Seseorang akan lebih menikmati pekerjaan yang diminatinya meskipun akan ditemukan kesulitan atau kerugian nantinya dibandingkan dengan menekuni yang bukan menjadi minatnya. Oleh karena itu, minat dan niat akan saling berpengaruh dalam usaha yang dijalankan seseorang.

2. Lakukan Pengelolaan Keuangan Yang Baik

Dalam sebuah usaha pasti akan ada proses perputaran uang setiap harinya. Dimulai dari modal yang terpakai, produk yang terjual, hingga keuntungan yang diperoleh. Proses ini akan terus terjadi setiap hari dan membutuhkan yang namanya pengelolaan.

Dengan melakukan pengelolaan yang baik, seseorang akan benar-benar tahu jumlah modal yang dikeluarkan setiap harinya, berapa produk yang harus terjual, dan berapa keuntungan yang akan didapatkan. Berbeda halnya dengan yang tidak melakukan pengelolaan keuangan dalam menjalankan usaha kecil kecilan.

Bisa saja uang modal terpakai begitu saja bahkan mungkin tidak tahu modal yang dikeluarkan hari ini lebih banyak atau lebih sedikit dibandingkan kemarin. Yang lebih parahnya adalah jika uang hasil penjualan yang belum bersih atau belum dipotong dari modal dipakai untuk kepentingan pribadi. Jika hal tersebut terus berlangsung, bisa dipastikan usahanya tidak akan berlangsung lama.

3. Menentukan Jenis Usaha

Dalam menjalankan sebuah usaha kecil kecilan dibutuhkan kejelian dalam menentukan jenis usaha apa yang akan dilakukan ke depannya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menganalisa usaha apa yang paling berpotensi dan sesuai dengan minat dan ketertarikan pelaku usaha.

Jangan sampai usaha yang dijalankan hanya didasarkan atas meniru usaha orang lain saja, karena belum tentu sukses bagi orang lain dapat berlaku demikian juga untuk kita. Jangan lupa juga minat konsumen atau pembeli lebih penting dan berpengaruh bagi kelangsungan sebuah usaha.

Jika seseorang menjalankan usaha hanya berdasarkan meniru orang lain, belum tentu usaha tersebut akan sukses di tempat yang akan dijadikan usaha nanti. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah strategi dalam sebuah usaha yang unik, kreatif, sesuai anggaran, sesuai dengan minat dan kebutuhan masyarakat.

4. Jangan Berpikiran Hutang

Pebisnis pasti ingin usaha yang ditekuninya dapat berhasil tanpa ada hambatan dan kerugian. Sehingga banyak dari sekian pebisnis kecil yang datang ke bank untuk mendapatkan pinjaman usaha agar usahanya dapat segera besar. Padahal modal besar belum tentu dapat membawa keuntungan yang besar pula. Hal yang paling berpengaruh dalam sebuah usaha adalah minat yang sudah dibahas di poin sebelumnya.

Banyak kasus, sebuah toko besar yang baru saja dibuka harus mengalami gulung tikar dua bulan kemudian karena kurangnya minat masyarakat untuk membeli produknya. Jadi, sebagus dan sebesar apapun toko yang dimiliki tidak akan berpengaruh terhadap keberhasilan usaha seseorang. Ada baiknya usaha yang baru dijalankan menggunakan modal sendiri.

Dan pebisnis kecil ini harus sabar dalam menekuni usahanya agar modal dan keuntungan dapat dipelajari secara bertahap. Sehingga jika ada kerugian pun dapat ditangani oleh sendiri tanpa harus berhubungan dengan bank. Jika memang usaha tersebut sudah stabil dan ingin diperbesar bisa mengajukan pinjaman, namun tetap harus mempersiapkan beberapa kemungkinan yang akan terjadi nantinya.

5. Rajin Promosi

Unsur terpenting dalam menjalankan usaha adalah melakukan promosi. Banyak usaha kecil kecilan seperti toko atau warung yang tidak bisa mendapatkan pelanggan karena tidak tahu bahwa orang tersebut sedang membuka usaha. Atau mungkin orang lain tidak mengetahui lokasi usaha yang dijalankan orang tersebut.

Oleh karena itu penting untuk melakukan promosi meskipun hanya dari mulut ke mulut. Dengan begitu informasi usaha yang dijalankan akan lebih mudah tersebar dan terdengar hingga ke telinga orang lain. Selain itu penggunaan media sosial yang sedang digemari masyarakat saat ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi.

Dengan begitu, selain dapat membangun hubungan yang baik melakukan promosi dengan media sosial juga dapat membuat usaha yang sedang dijalani dapat dikenal oleh orang banyak.

6. Jaga Kualitas

Kualitas juga menjadi salah satu faktor yang penting dalam menjalankan sebuah usaha kecil kecilan. Baik itu kualitas harga, produk, hingga layanan akan mempengaruhi banyak atau sedikitnya pelanggan yang akan menyukai usaha tersebut. Semakin baik pelayanan yang diberikan, harga yang sesuai, dan kualitas produk yang terjaga akan membangun kepercayaan masyarakat untuk terus membeli atau memakai jasa kita.

Namun, ada kalanya kondisi dan situasi yang tidak dapat diprediksi membuat laju perekonomian menjadi lambat. Hal ini biasanya akan berpengaruh bagi pebisnis kecil yang tidak memiliki keuntungan cukup besar, tetapi harus melakukan produksi setiap harinya. Untuk mengatasi hal tersebut, kebanyakan pebisnis kecil akan mengurangi kuantitas dan kualitas produknya agar harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal.

Dengan begitu kepuasan pelanggan akan berkurang dan yang lebih parah bisa memilih pengusaha lain yang menyediakan produk yang lebih baik meskipun agak mahal. Oleh sebab itu kualitas produk, kestabilan harga dan pelayanan akan mempengaruhi ketertarikan pelanggan.

7. Fokus

Fokus akan mempengaruhi keberhasilan atau kesuksesan seseorang dalam mengerjakan sesuatu. Orang yang terfokus pada satu hal akan mencurahkan segala perhatian dan pemikirannya hanya pada pada hal tersebut. Sehingga hasil yang didapatkan nantinya akan lebih maksimal dan memuaskan.

Hal ini berlaku juga untuk yang sedang memulai usaha kecil kecilan. Pemula atau yang sudah pernah mencoba bisnis sebelumnya harus jeli mencari peluang dan menyusun strategi penjualan yang baik. Terkadang rasa kurang puas akan hasil dari sebuah usaha, membuat pengusaha atau pebisnis kecil ini mencari peluang usaha lain.

Mengurus sebuah usaha kecil saja belum tentu dapat ditangani, apalagi jika harus mengurus dua atau lebih usaha sekaligus. Ada baiknya jika seorang pebisnis atau pengusaha terfokus dahulu terhadap usaha yang sedang ditekuninya. Jika sudah mendapatkan pengetahuan dan strategi yang benar-benar matang baru bisa menambah usaha lainnya.

8. Miliki Kejujuran

Agar usaha kecil kecilan yang akan dijalankan dapat terus berkembang hingga sukses perlu dibangun dengan sebuah kejujuran. Orang yang dapat jujur dengan dirinya sendiri pasti dapat bersikap jujur pula terhadap orang lain.

Kepercayaan pelanggan terhadap usaha yang kita jalani salah satunya dibangun oleh sikap jujur pengusaha ataupun karyawannya. Sedikit saja pelanggan ditipu atau dibohongi soal kualitas dan harga, bisa dipastikan tidak akan ada lagi pelanggan yang mau bertahan membeli produk di tempat kita.

Oleh karena itu, penting untuk menanamkan kejujuran pada diri sendiri maupun terhadap keberlangsungan usaha. Mungkin dengan berbuat curang dapat memberikan keuntungan yang lebih besar, namun semua itu tidak akan bertahan lama. Setelah itu dampak yang akan diterima bisa saja usaha yang sudah dirintis dengan susah payah malah menjadi bangkrut.

Baca Juga: usaha rumahan yang menjanjikan


Inspirasi Usaha Kecil Kecilan Yang Dapat Ditiru

Usaha Kecil Kecilan

Niat membuka usaha sudah ada, modal pun sudah disiapkan, namun masih bingung menentukan bisnis atau usaha apa yang akan dijalankan. Ada banyak keuntungan yang menjanjikan dari menjalankan usaha kecil. Selain itu setiap usaha pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri bergantung kepada siapa yang ingin menjalankannya. Berikut ini adalah beberapa inspirasi usaha kecil kecilan yang mudah untuk ditiru.

1. Bisnis Pulsa

Di era yang serba digital ini tidak mungkin orang yang tidak melakukan komunikasi dengan gadget seperti handphone. Untuk dapat berkomunikasi lewat sms atau telepon pasti membutuhkan pulsa. Bertukar pesan lewat sms pun sudah dikatakan ketinggalan jaman, semenjak munculnya aplikasi chat atau messenger. Meskipun fungsi pulsa sudah tergantikan dengan kuota, keberadaan pulsa masih dibutuhkan oleh masyarakat.

Contohnya untuk menambahkan masa berlaku kartu SIM, melakukan transaksi pembelian kuota dengan pulsa, dan juga untuk berkomunikasi disaat jaringan internet sedang tidak berfungsi. Jangan khawatir jika bisnis pulsa hanya akan laku di kota kota besar, karena di desa pun sudah mulai banyak yang menggunakan handphone. Bukan hanya pekerja kantoran, tetapi juga petani hingga pedagang di pasar.

Terkadang orang malas untuk membeli pulsa langsung ke konter dan inilah peluang usaha yang dapat diambil. Bisnis pulsa tidak memerlukan modal yang besar, hanya saja butuh kesabaran pelaku bisnis ini karena akan sering bolak balik konter. Saldo pulsa akan cepat habis dan pastinya akan membuat pelaku bisnis ini sering datang ke konter untuk mengisi kembali saldonya.

Satu hal yang harus diingat adalah harus dibuat pembukuan keuangan. Karena bisa saja uang untuk usaha pulsa ini terpakai untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Jika di awal usaha sudah berani menggunakan uang usaha untuk kebutuhan pribadi, bisa dipastikan usaha tersebut tidak akan berlangsung lama.

2. Usaha Fotokopi & Print

Usaha kecil kecilan yang satu ini sangat cocok dilakukan untuk yang tinggal di daerah dekat Sekolah, perkantoran, dan universitas. Di Indonesia, jasa fotokopi masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama yang bekerja di kantor-kantor dan juga sekolah. Menjelang tahun ajaran baru, sekolah membutuhkan data-data penting siswanya seperti akta, KK, atau KTP orangtua untuk diarsipkan.

Selain itu yang bekerja di kantor-kantor pun seperti Guru akan selalu membutuhkan jasa fotokopi. Salah satunya juga untuk memfotokopi berkas-berkas penting yang kadang dipinta oleh pemerintah setiap tahunnya. Oleh sebab itu, tidak ada jasa fotokopi yang kekurangan pelanggan.

Target selanjutnya adalah mahasiswa yang biasanya akan selalu dituntut dengan setumpuk tugas setiap harinya. Kebanyakan mahasiswa berasal dari kota lain yang jarang memiliki printer di kamar kosnya. Untuk itu jasa print dan fotokopi akan selalu dibutuhkan oleh mahasiswa.

Untuk melakukan usaha ini tidaklah membutuhkan mesin fotokopi dengan harga jutaan rupiah, tetapi cukup dengan memiliki printer yang bisa melakukan scan sekaligus. Agar pelanggan banyak yang datang ke tempat usaha ini, jangan sampai memasang harga lebih mahal dibandingkan tempat lain. Selain itu sediakan jasa tambahan seperti penjilidan agar lebih terasa praktis bagi pelanggan.

3. Aksesoris Wanita

Wanita sangat menyukai hal-hal yang berbau keindahan dan kecantikan. Maka tak heran jika banyak sekali benda-benda yang diciptakan untuk wanita seperti aksesoris. Hal ini dapat dijadikan peluang usaha kecil kecilan yang cukup menarik dan menjanjikan.

Untuk menjalankan bisnis aksesoris ini bisa dilakukan dengan dua cara yakni menjadi reseller dari toko toko besar, atau membuat sendiri kemudian dijual. Cara yang pertama yakni menjadi reseller diperuntukkan bagi yang tidak memiliki keahlian khusus dalam membuat aksesoris. Pilihan barangnya yang beraneka ragam membuat pengusaha ini bisa bebas memilih jenis aksesoris apa yang akan dijualnya.

Cara yang kedua yakni membuat sendiri aksesoris dengan menggunakan benda-benda yang mudah ditemukan seperti kain perca, benang, kain flanel, mute mute dan lainnya. Membuat aksesoris sendiri akan menuntut kreatifitas pengusaha ini membuat benda yang unik dan menarik sehingga menarik minat pembeli.

Beberapa contoh benda yang dapat dijadikan sebagai aksesoris adalah gelang, bando, bros, jepit rambut, syal, dan kalung. Dengan membuat sendiri aksesoris yang akan dijual tentunya akan tidak akan memerlukan modal yang banyak. Hanya saja membutuhkan kesabaran dan kreatifitas pengusaha dalam membuat produknya sendiri.

4. Katering Rumahan

Usaha kecil kecilan berikutnya adalah menjalankan usaha katering rumahan. Usaha ini memang cukup menjanjikan karena semakin banyaknya kegiatan yang melibatkan banyak orang seperti rapat, training dan gathering. Di jaman yang serba praktis ini membuat orang yang sudah kelelahan dengan pekerjaan mereka, malas untuk membuat konsumsi sendiri.

Selain itu beberapa pesta-pesta besar seperti pernikahan, ulang tahun, khitanan, akan membutuhkan penyediaan konsumsi dalam jumlah yang besar. Terkadang ada yang kesulitan memasak di tempat mereka karena tempatnya yang kecil atau tidak terlalu besar. Oleh karena itu lebih simpel dan praktis jika untuk menjamu tamu yang datang dengan membeli jasa katering.

Perkiraan modal paling kecilnya sekitar 3 juta namun perputaran modal akan cepat kembali dan keuntungan pun akan mudah didapatkan. Hanya saja dibutuhkan keahlian memasak yang baik sehingga masakan yang dibuat nantinya akan dinikmati oleh pelanggan.

Jika reputasi masakan sebuah katering sangat bagus, informasi mengenai katering pun akan cepat menyebar dari mulut ke mulut. Tamu yang datang dan merasa cocok dengan masakannya pasti akan bertanya kepada tuan rumah memakai jasa katering siapa. Oleh sebab itu, hal terpenting adalah menjaga mutu dan kualitas dari masakan.

5. Pertamini Atau Pom Mini

Usaha kecil kecilan selanjutnya adalah pertamini atau pom mini yang sedang marak di Indonesia dalam beberapa tahun ini. Usaha ini akan cocok dilakukan di daerah yang tidak memiliki banyak SPBU sehingga membuat masyarakat sekitar kadang malas datang langsung ke SPBU.

Orang di pedesaan biasanya akan sering melalui jalan desa dibandingkan jalan raya yang sering dilalui kendaraan. Terkadang saat bahan bakar kendaraannya habis, orang tersebut akan malas datang ke SPBU yang jaraknya cukup jauh. Dahulu banyak yang menjual bahan bakar rumahan namun dalam wadah botol-botol. Dan orang tersebut akan memilih membeli bahan bakar di rumah-rumah warga seperti ini.

Saat ini bermunculan dispenser khusus bahan bakar yang sering disebut sebagai pertamini atau pom mini. Bentuknya yang mirip seperti dispenser di SPBU lebih terasa praktis dan menarik. Selain itu jumlah bahan bakar yang dijual lebih banyak jika dibandingkan dengan di botol botol.

Untuk memulai usaha pertamini atau pom mini ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama yakni pilih tempat yang sekiranya jauh dari SPBU sehingga menarik minat orang-orang yang ada disekitar untuk membeli di tempat kita. Kedua, jangan mematok harga yang lebih tinggi daripada harga di SPBU karena masih banyak orang menyukai hal yang lebih hemat.

6. Usaha Pakaian

Pakaian menjadi kebutuhan utama manusia karena dapat melindungi tubuh dari sengatan terik matahari. Selain itu sudah menjadi budaya orang Indonesia untuk menutup aurat sehingga peran pakaian sangat penting. Tingginya kebutuhan manusia terhadap pakaian ini menjadi peluang untuk yang ingin membuka usaha kecil kecilan.

Kebutuhan setiap orang pun berbeda sehingga jenis pakaian yang dibutuhkan pun akan berbeda baik bagi laki-laki dan perempuan, dewasa dan anak-anak, hingga pekerjaan. Selain itu model pakaian akan terus bermunculan menyesuaikan dengan perkembangan jaman yang semakin modern dan selalu berubah-ubah.

Untuk melakukan usaha pakaian ini tidak perlu modal yang banyak, karena dengan harga 3 juta saja kita sudah bisa membeli beberapa potong pakaian. Namun, sebelum membeli pakaian pastikan dulu model pakaian seperti apa yang akan disukai oleh masyarakat yang tinggal disekitar kita.

Agar untung yang didapatkan bisa lebih banyak, disarankan untuk membeli pakaian di toko toko besar atau toko grosiran yang akan memberikan harga lebih miring untuk yang akan berjualan. Selain itu, promosi dari mulut ke mulut atau lewat media sosial juga akan sangat mempengaruhi kesuksesan bisnis ini.

7. Usaha Make Up dan Skin Care

Lagi-lagi kebutuhan wanita lebih banyak dibandingkan laki-laki. Selain pakaian dan aksesoris, wanita membutuhkan make up dan skin care untuk menunjang penampilan mereka. Jaman sekarang, wanita sudah mengerti dan paham mengenai kesehatan kulit wajah dan juga produk yang baik untuk make up.

Apalagi mulai bermunculan perusahaan-perusahaan kosmetik dan skin care yang gencar melakukan promosi dan dijadikan ladang bisnis. Kebanyakan pengusaha kecil mempromosikan produk make up atau skin care tersebut ke media sosial mereka dan membuka jasa jual perlengkapan make up dan skin care merk terkemuka.

Untuk menjalankan usaha ini tidak memerlukan modal yang cukup besar. Dengan bisnis makep up dan skin care online, kita bisa dengan bebas mempromosikan merk tertentu yang bisa menarik minat pelanggan. Jika ada yang tertarik, kita hanya perlu membayar di awal ke toko yang telah kita pesan dan setelah barang datang kita akan mendapatkan uang modal dan untung dari pelanggan.

Karena media sosial menjadi satu-satunya media yang digunakan sebagai lahan promosi, maka sebagai pengusaha harus sering melakukan promosi. Promosi setiap hari tidak akan membuat pelanggan kabur, justru akan semakin menarik ketertarikan pembeli.

8. Suvenir Pernikahan

Usaha kecil kecilan selanjutnya adalah suvenir pernikahan. Mengingat pernikahan adalah kegiatan yang paling sering terjadi di sekitar kita. Apalagi dekat dengan hari-hari besar seperti setelah lebaran atau menjelang liburan.

Hal yang paling penting saat pernikahan salah satunya adalah suvenir. Suvenir bisa menjadi bentuk berbagi kebahagiaan pengantin saat menikah kepada tamu undangan yang datang. Saat ini suvenir sudah semakin beragam dimulai dari yang mewah hingga sederhana.

Contoh suvenir yang biasanya dipilih pengantin biasanya bros, gantungan kunci, kipas, dan lainnya. Benda-benda tersebut tergolong mudah untuk dibuat sendiri dan akan mendatangkan untung yang lumayan banyak. Namun usaha jenis ini akan menuntut kreatifitas pembuat atau pengusahanya untuk membuat bentuk dan jenis yang unik dan menarik.

Hal yang paling penting adalah untuk menjaga kualitas dari bentuk dan keunikan suvenir. Selain itu promosi juga dibutuhkan agar bisnis suveni ini dapat dikenal banyak orang.

Itulah informasi mengenai usaha kecil kecilan dimulai dari keuntungan dari memulai usaha ini, tips memulai usaha kecil dan inspirasi usaha yang dapat di tiru. Tidak ada yang tidak mungkin jika kita ingin berusaha. Untung dan rugi pasti akan kita temui dalam melakukan sebuah bisnis atau usaha. Oleh sebab itu, mulailah usaha kecil kecilan dari sekarang karena kesuksesan tidak akan menunggu kita.

Usaha Kecil Kecilan

Tinggalkan Balasan