Usaha Modal Kecil

Usaha Modal Kecil

Usaha Modal Kecil – Memulai bisnis atau usaha bagi kebanyakan orang bukanlah hal yang mudah. Salah satu alasan klasik yang masih menjamur yaitu minim modal. Persepsi kebanyakan orang adalah usaha itu harus bermodalkan dana yang besar agar dapat menjadi usaha yang besar pula. Padahal usaha modal kecil juga memiliki banyak peluang sukses.

Menjadi pengusaha tidaklah menjadi cita-cita utama bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, bahkan anak-anak lebih diarahkan bercita-cita menjadi dokter, insinyur, dan sebagainya. Tentu saja semua profesi itu baik selama cara menjalakannya juga baik dan halal.


Mengapa Harus Membuka Usaha meski Bermodal Kecil?

Usaha Modal Kecil

Untuk memulai suatu hal, memerlukan motivasi yang kuat dan tujuan yang kuat. Memiliki tujuan yang jelas akan memudahkan seseorang melangkah tanpa peduli berbagai resiko. Bagi pelaku usaha atau calon pengusaha, perlu mengetahui mengapa harus merintis sejak dini. Berikut ulasannya:

1. Menjadi Bos untuk Diri Sendiri

Mengutip dari kata pengusaha sukses Bob Sadino yang mengatakan bahwa setinggi apapun pangkat seseorang, ia tetap pegawai. Sekecil apapun usaha yang dijalankan, tetap saja ia menjadi bosnya. Dengan memiliki usaha, tidak perlu terikat dengan apapun. Seorang pelaku usaha itu bebas menentukan arahnya sendiri.

Berbeda ketika menjadi pegawai yang harus patuh pada aturan dan terikat oleh apapun. Tapi bukan berarti menjadi pengusaha itu bisa melakukan seenaknya, maksudnya di sini adalah menjadi pengendali dari usaha yang dijalankan.

2. Pendapatan yang Tidak Terbatas

Berpenghasilan banyak tentu saja merupakan dambaan semua orang. Mengapa pendapatan lebih banyak? Hal itu dikarenakan bisnis yang dijalankan sendiri bisa meningkat dari strategi sendiri. Berbeda ketika menjadi pegawai, penghasilan cenderung stabil dan nyaris tidak cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Mungkin saja tidak setiap hari memperoleh penghasilan yang besar, tapi tetap saja pebisnis itu berpeluang besar mendapatkan penghasilan tidak terduga. Itulah sebabnya menjadi seorang pengusaha hanya sukses dijalankan oleh orang yang menyukai dan siap dengan tantangan.

3. Belajar Menjadi Pemimpin

Melalui ajang membuka usaha, seseorang dapat belajar menjadi pemimpin yang baik dan bertanggung jawab. Hal ini dikarenakan ia yang menentukan arah usaha yang digelutinya, sekaligus harus memikirkan nasib karyawannya. Pengalaman ini dapat meningkatkan kemampuan kepemimpinan dengan cepat.

Jadi, meskipun sebelumnya tidak berjiwa pemimpin tapi jika telah menjalankan sebuah usaha, lambat laun terbentuk karakter kepemimpinan yang lebih hebat. Apalagi jika sudah mulai merekrut banyak karyawan, itu akan lebih hebat lagi.

4. Dapat Menghidupi Orang Lain

Seorang pengusaha memberikan peluang kepada pengangguran untuk dipekerjakan. Dengan begitu, orang yang kebingungan mencari kerja bisa menjadi karyawan pada usaha yang dijalankan. Merekrut karyawan juga membuat pengusaha lebih mudah dalam bekerja.

Jadi, seorang pengusaha itu tidak hanya menguntungkan bagi diri sendiri tapi juga sangat bermanfaat bagi sekelilingnya. Meskipun hanya dengan modal kecil tapi tidak dipungkiri suatu saat akan menjadi terkenal dan besar.

5. Hidup Menjadi Penuh Tantangan

Menekuni sebuah usaha memang tidak mudah, terdapat banyak resiko yang harus dihadapi dengan strategi jitu. Hal ini yang akan membuat hidup lebih berwarna dan penuh dengan tantangan. Tidak semua pengusaha mampu melewatinya, bahkan memilih berhenti setelah mengalami banyak kerugian. Tapi, pengusaha yang baik mampu melewatinya.

Baca Juga: peluang usaha untuk pelajar


Apa Yang Harus Dilakukan Dalam Menjalankan Usaha?

Usaha Modal Kecil

Menjadi pelaku usaha memang gampang-gampang susah. Tapi tidak sedikit orang yang takut terjun dan menggelutinya, lebih memilih profesi yang gajinya jelas. Berbeda dengan pelaku usaha yang katanya kadang untung besar, kadang pula tidak mendapatkan apa-apa. Tapi, hal itulah yang menjadi tantangan menarik bagi pelaku usaha. Berikut ini ada beberapa hal yang harus dilakukan ketikan menjalankan usaha :

1. Kreatif

Setiap orang wajib selalu meningkatkan kreatifitas agar tidak tertinggal jauh di belakang. Perkembangan zaman dan teknologi yang sangat cepat membutuhkan usahawan yang pandai menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan. Jika orang tersebut sama sekali  tidak kreatif, bisa jadi usahanya tidak akan bertahan lama.

2. Teliti

Salah satu faktor penting yang harus dimiliki dan dilakukan oleh seorang pengusaha adalah teliti. Ketelitian perlu dilakukan mulai dari proses pembuatan produk hingga mengontrol kualitas dan kondisi produk sebelum dijual. Hal ini akan mempengaruhi jumlah konsumen. Semakin baik pelayanannya maka semakin betah para pelanggannya.

3. Semangat

Apapun jenis pekerjaannya, tidak akan sukses tanpa semangat yang tinggi. Setelah memantapkan hati untuk menjalankan suatu usaha, harus terus berlanjut hingga benar-benar mencapai target. Tanpa semangat, bisnis yang dijalankan tidak akan berkembang sesuai harapan yang telah direncanakan jauh hari sebelumnya.


Tips Bisnis Modal Kecil Untung Besar Ala Susi Pudjiastuti

Usaha Modal Kecil

Siapa yang tidak kenal dengan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti? Seorang perempuan tangguh yang sukses di dunia bisnis bermodalkan Rp. 750.000. Dengan modal tersebut, ia mendirikan bisnis perikanan bahkan terlibat sendiri dalam memasarkan ikan ke banyak tempat. Sosok yang wajib dicontoh. Berikut tipsnya yang bisa dijalankan bagi para pengusaha :

1. Pintar Mengelola Uang

Meski hanya bermodal kecil, pelaku usaha harus tetap meluangkan waktu untuk mengatur dan mengevaluasi arus kas bisnis. Kemampuan mengelola uang harus dikuasai dan terus dipelajari agar pengeluaran terkendali.

Sebaiknya pula hindari mencampur uang pribadi dengan penghasilan usaha. Setiap saat harus selalu memastikan pengeluaran tidak lebih banyak dibandingkan dengan pemasukan setiap bulannya. Sesukses apapun seorang pengusaha jika tidak mampu mengelola keuangan pada akhirnya akan bangkrut juga.

2. Fokus

Sikap fokus merupakan kunci berbisnis bagi pemula. Apalagi yang menjadikan bisnis sebagai usaha sampingan, harus pandai membagi waktu agar tidak dijalani dengan setengah hati.

Dalam menekuni sebuah bisnis, harus siap dalam segala hal baik tenaga maupun pikiran. Meskipun usaha yang dibuka itu tidak menjadi pekerjaan utama, tetap saja memerlukan fokus untuk masa depan usaha yang dirintis.

4. Terus Berinovasi Dan Tahu Trend

Seorang pelaku bisnis yang baik harus terus berinovasi agar pelanggan betah dan tidak berpindah ke yang lain. Selain itu, harus tetap mengikuti perkembangan dunia yang berkaitan dengan usaha yang dijalankan. Sehingga bisa dengan mudah menyesuaikan.


Tips Memulai Usaha Meski dengan Modal Kecil

Usaha Modal Kecil

Sebelum memulai usaha, harus memaksimalkan dulu segala sesuatunya. Tidak hanya dari persiapan modal tapi juga mental. Banyak yang harus berakhir gulung tikar hanya karena persiapan yang tidak matang. Berikut ini tips memulai usaha meski dengan modal kecil

1. Cari Bidang Berdasarkan Minat

Membuka usaha tidak sekedar sesuai dengan kondisi lingkungan atau yang sedang trend. Tapi juga kenali diri sendiri terlebih dahulu, apakah sesuai dengan kesenangan atau minat yang dimiliki. Jika harus mempelajari dari nol sedangkan usaha yang dilakukan telah berjalan hanya akan membuat kewalahan.

Jadi, sebisa mungkin mendirikan usaha yang sesuai dengan bakat dan minat, minimal mengetahui seluk-beluknya. Cara ini akan lebih efektif, apalagi jika menjalankannya secara konsisten. Sesuatu yang dikerjakan sesuai minat akan memberikan hasil yang berbeda dibanding pekerjaan yang dituntut oleh hal tertentu.

2. Memulai Dari Skala Sederhana

Memulai usaha dari skala sederhana cenderung lebih cepat dikerjakan tanpa menunda karena tidak terlalu memikirkan banyak beban. Tapi perlu diingat bahwa memulai dari skala sederhana, maka penjualan pun akan terbatas. Usaha ini dapat dikembangkan secara bertahap sambil menyusun strategi yang tepat untuk berkembang.

3. Mulai Dari Pasar Yang Mudah Dijangkau

Memulai bisnis tidak harus meluas dan langsung menyebar ke banyak orang yang tidak dikenal. Cukup perkenalkan usaha yang dirintis kepada orang-orang terdekat lebih dulu, hal ini lebih bisa membantu berkembang karena mendapatkan konsumen yang terpercaya. Jadi, dahulukan memasarkannya kepada keluarga atau siapapun yang lebih mudah dijangkau.


Ide Usaha Modal Kecil

Usaha Modal Kecil

Tidak sedikit yang urung membuka usaha karena mengaku tidak memiliki banyak dana. Padahal, besar kecilnya modal tidak mempengaruhi kesuksesan sebuah usaha. Bagi yang ingin memulai usaha, tidak perlu berkecil hati jika uang di kantong masih terbatas. Cukup dengan strategi yang tepat dan optimis menjalankannya. Berikut ini peluang usaha modal keci l:

1. Menjual Menu Sarapan di Rumah

Banyaknya kesibukan di pagi hari bagi para pekerja membuatnya mencari yang instan saja. Ini akan menjadi peluang bagi yang ingin membuka usaha di rumah. Jenis usaha ini memang mudah dijalankan oleh siapa saja. Saat ini memang telah banyak berjejeran warung-warung makanan di pinggir jalan, tapi tidak ada salahnya mencoba dan menciptakan inovasi baru.

Usaha ini hanya membutuhkan modal sekitar 3 juta. Bagi yang memiliki jam kerja fleksibel di pagi hari, bisa juga menjadikannya usaha sampingan. Selain dana, hanya perlu bermodalkan pengetahuan memasak dengan cita rasa yang berbeda dari yang lainnya. Tidak perlu menyajikan menu sarapan yang rumit, cukup yang sederhana saja tapi memuaskan pelanggan.

2. Jasa Laundry

Zaman sekarang merupakan zaman serba praktis, tidak hanya wanita laki-laki single saja yang terkadang menjadi pelanggan. Tapi juga para perempuan yang memang merupakan wanita karir. Mencuci pakaian sepertinya terlalu menyita waktu sehingga membutuhkan jasa yang bisa menjadikan semua cucian beres.

Hal ini membuka peluang lebih besar untuk usaha dengan modal kecil. Hanya memerlukan mesin cuci, pengering, detergen, pewangi, timbangan, setrika dan plastik. Keuntungan yang didapat lumayan menguntungkan. Apalagi memilih tempat yang memang didominasi oleh mahasiswa atau pekerja.

Modal yang dibutuhkan berkisar 6 juta. Dengan demikian, bisa meraup keuntungan 15 sampai 25 persen per kilo. Cukup menggiurkan.

3. Jasa Cuci Motor/Mobil

Memiliki kendaraan motor atau mobil sepertinya menjadi sebuah keharusan. Mengingat ada banyak hal yang harus dikunjungi, bahkan ke tempat kerja atau kampus saja perlu kendaraan. Karena itulah semakin banyak yang memiliki kendaraan, peluang besar bagi yang ingin membuka usaha.

Memilih tempat yang tepat bisa menjadikan usaha jasa cuci motor dan mobil dapat menguntungkan.  Usaha ini bisa dimulai di rumah sendiri jika memang merupakan tempat yang cukup ramai. Segala sesuatunya memerlukan modal 2 juta, mulai dari pompa air hingga peralatan pembersih atau semir.

4. Usaha Fotocopy Dan Printer

Ide usaha ini cocok bagi yang berada di area kantor atau sekolah. Jika berada di tempat yang tepat dan strategis, usaha ini akan memberikan keuntungan yang banyak. Mengingat saat ini anak sekolahan atau mahasiswa sangat membutuhkan untuk pemenuhan tugas. Tidak perlu memasang harga yang mahal agar pelanggan tidak berpindah tempat.

Usaha ini memerlukan modal 2 juga untuk membeli printer yang sudah memiliki fitur fotokopi dan scanning. Alangkah baiknya jika sekaligus melayani jasa jilid buku.

5. Membuka Usaha jasa Menjahit

Tidak semua pakaian yang tersedia di toko diminati oleh semua orang. Khususnya wanita yang gemuk atau terlalu kurus akan kesulitan mencari pakaian yang cocok. Ada pula yang ingin membuat pakaian yang sama dalam jumlah banyak. Yang menjadi sasaran adalah jasa penjahit.

Bagi yang memiliki bakat di dunia fashion dan pintar menjalankan mesin jahit, usaha ini bisa menjadi pilihan meski dengan modal minim. Cukup dengan kreatifitas tinggi, serta mampu mendesain model-model trendi. Tidak perlu ragu dalam menjalankan usaha ini disebabkan banyaknya saingan, setiap orang memiliki keahlian yang berbeda.

Baca Juga: usaha sampingan


Ide Peluang Usaha Online Modal Kecil

Usaha Modal Kecil

Canggihnya teknologi zaman sekarang memberi banyak peluang dan memudahkan berbagai hal. Kehadiran ponsel pintar yang serba canggih tidak hanya bisa sms dan telpon saja, tapi lebih dari itu. Salah satunya membuka usaha online, mengingat sekarang ini serba online. Jadi, tidak ada salahnya memilih ide usaha online dengan modal kecil berikut ini.

1. Bisnis Afiliasi

Model bisnis ini sangat gampang dilakukan, tidak harus memiliki produk untuk dijual tapi dapat menjual produk orang lain. Pekerjaannya sederhana, cukup memasarkan produk di akun sosial media. Dengan begitu bisa mendapatkan bonus sesuai kesepakatan dengan pemilik barang. Barang yang dipasarkan pun bermacam-macam, mulai dari produk berbentuk fisik maupun digital.

Tidak perlu mengurus produk atau sibuk packing untuk kemudian dikirim ke pemesan, cukup dengan promosi saja tanpa kenal batas waktu.

2. Online Shop

Memiliki toko online bukan lagi hal yang sulit. Tidak hanya bagi yang membuka usaha dari nol, tapi kebanyakan juga yang sudah memiliki toko offline kemudian ingin menambah pelanggan. Tidak harus memiliki produk, cukup bekerja sama dengan pemilik produk yang mau barangnya dipasarkan.

3. Menjual Jasa Web Developer

Ada banyak hal yang bisa dijual secara online, salah satunya website/blog. Tidak semua orang memiliki keahlian ini sehingga sangat potensial dijalankan. Semakin hari pengguna blog semakin tinggi, baik untuk keperluan pribadi ataupun bisnis. Jadi sangat menguntungkan jika memulai usaha ini sekarang.

Tidak sekedar membuat website, harus terlebih dahulu mempelajari dasar-dasar pembuatannya agar lebih bermutu.


Ide Usaha Sampingan dengan Modal Kecil

Usaha Modal Kecil

Memiliki satu pekerjaan memang sudah cukup memenuhi kebutuhan makan sehari-hari, tapi tidak bisa dipungkiri sifat kurang puas manusia. Adanya penghasilan tambahan di luar pekerjaan pokok memberikan daya tarik tersendiri. Tentu saja lebih bebas membeli apa saja yang diinginkan. Bagi yang ingin memiliki usaha sampingan tapi minim modal, bisa mencoba jenis usaha berikut:

1. Jual Jajanan Pasar

Bagi yang memiliki hobi memasak, tidak ada salahnya membuka usaha membuat jajanan favorit masa kini. Misalnya pastel, risol, dan sebagainya. Tidak memerlukan modal besar, jika buatannya enak pasti untungnya berlipat-lipat. Selain itu, jenis usaha ini juga tergolong mudah dilakukan.

2. Toko Kelontong

Jualan snack, kopi, roti, air minum di rumah sendiri juga bisa menjadi pilihan bagi yang ingin membuka usaha sampingan. Berbekal modal 3 juta-an sudah cukup untuk membuka toko kelontong. Jika sudah mendapat keuntungan banyak, bisa mengembangkan usahanya jadi jualan sembako.

3. Reseller Pakaian

Usaha sampingan ini cocok dilakukan oleh mahasiswa yang biasanya punya waktu cukup fleksibel. Berbagai jenis pakaian yang bisa dijajakan ke sesama teman, tentu saja membuka peluang besar untuk mendapatkan penghasilan tambahan di sela jam sibuk.

Tidak hanya dijual secara offline tapi juga online, dengan begitu pemasarannya akan semakin meluas. Jika mengerjakannya secara konsisten dan sudah dikenal publik, saatnya membuka toko atau brand sendiri. Bukankah menakjubkan seorang mahasiswa memiliki usaha sendiri, bahkan dirintis sebelum sarjana.

4. Usaha Kerajinan Tangan

Bagi yang memiliki kreatifitas tinggi, bisa menggunakan bakatnya dalam mendapatkan penghasilan tambahan. Usaha kerajinan tangan juga termasuk jenis usaha yang bermodal kecil. Bisa memilih bahan yang lebih mudah dijangkau.

Usaha sampingan ini mungkin masih pada skala sederhana. Tapi jika berhasil membuat karya yang unik, tentu saja lambat laun akan menjadi besar dan terkenal. Ada banyak pengrajin yang kini terkenal hingga mancanegara hanya dari usaha kecil tapi si luar dugaan manusia pada umumnya.

5. Menjual Gorengan

Tidak sedikit orang yang sukses dari menjual gorengan. Memang terdengar remeh karena saat ini penjual gorengan hampir membanjiri sudut-sudut tempat. Tapi lagi-lagi tentang kreatifitas, setiap orang mempunyai cara sendiri untuk meracik resep. Barangkali bisa menciptakan jenis gorengan yang belum ada di tanah air.


Usaha Modal Kecil Di Desa Terpencil

Usaha Modal Kecil

Peluang usaha di pedesaan merupakan program yang sedang ingin dikembangkan pemerintah. Mengingat di desa menjadi lokasi yang unik dan kaya akan sumber daya alam. Ada banyak desa terpencil yang menjadi tujuan wisata meski jangkauannya sangat sulit. Hal ini cukup menjadi peluang untuk mengembangkan usaha. Berikut ini beberapa ide usaha di desa terpencil

1. Usaha Pembuatan Makanan Kecil

Ada beragam jenis makanan yang bisa dibuat dari bahan potensi lokal. Jika di daerah setempat didominasi oleh tanaman pisang, bisa membuat kripik pisang dengan cita rasa yang berbeda. Meski dengan modal kecil, bisa dipastikan akan dapat meraup keuntungan yang banyak jika bekerja sama dengan penduduk setempat untuk memasarkan.

2. Membangun Usaha Bersama

Ada banyak jenis usaha yang bisa dilakukan bersama-sama warga setempat atau anggota komunitas. Keunggulan dari cara ini adalah dapat memperoleh dana dari masing-masing anggota komunitas sehingga tidak terlalu membebani. Contoh usaha yang dapat dilakukan adalah petani kelapa sawit. Hal ini memudahkan pembagian tugas, misalnya bertani, membeli pupuk, menyediakan bibit, dan lain sebagainya.

3. Mengelola Wisata

Bagi pedesaan yang memiliki pesona wisata yang indah, hal ini menjadi kesempatan bagi warganya untuk bekerja sama mengembangkan tempat wisata. Tempat wisata akan lebih terorganisir jika membentuk kelompok yang dapat memajukan desa. Tidak memerlukan dana yang besar, secara bertahap akan mendapatkan banyak keuntungan.

4. Membuat Aksesoris

Hampir semua tempat memiliki penduduk yang berbakat dalam berkarya atau membuat aksesoris unik. Bahan yang digunakan bisa memanfaatkan potensi alam setempat. Seperti yang dilakukan masyarakat Dayak yang membuat aksesoris dari manik-manik khas Kalimantan.

Hal yang sama bisa dilakukan dengan berbagai bahan, misalnya kayu, kulit, kain dan sebagainya. Di Bantul, banyak kerajinan yang terbuat dari kulit-kulit sisa pabrik tas. Harganya terbilang mahal karena keunikannya yang memukau. Hal ini bisa menjadi inspirasi bagi yang ingin membuka usaha meski dengan modal kecil.


Tips Membuka Tempat Usaha Dengan Modal Kecil

Usaha Modal Kecil

Membuka usaha memerlukan tempat yang bisa digunakan. Hal ini juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Namun membangun tempat terkadang menjadi kendala bagi kebanyakan pelaku usaha karena minimnya modal yang dimiliki. Tips di bawah ini dapat dilakukan jika ingin membuka tempat usaha tapi dengan modal pas-pasan.

1. Bergabung Dengan Pelaku Usaha Lain

Tidak ada salahnya mengajak pelaku usaha yang lain untuk bekerja sama dan menyewa tempat strategis. Dapat pula mengajak yang memiliki target konsumen yang sama. Hal ini akan meringankan beban pengusaha jika menginginkan tempat khusus namun memiliki modal sedikit.

2. Bekerja Sama Dengan Pemilik Tempat

Cara lain yang lebih efektif adalah mengajak bekerja sama dengan pemilik tempat. Dengan cara ini, mungkin saja dapat mendapatkan tempat tanpa biaya apapun jika pemilik berminat melakukan sistem bagi hasil. Hal ini akan menguntungkan kedua belah pihak.

Setelah usaha yang dirintis mulai berkembang dan mendapatkan banyak keuntungan, sudah bisa membangun tempat sendiri. Tidak masalah jika harus menumpang dulu, sesuatu yang besar memang berawal dari hal sederhana yang dikerjakan secara konsisten.

3. Mencari Tempat Di Lokasi Non Strategis

Biasanya tempat yang letaknya tidak strategis lebih murah dibandingkan dengan tempat lainnya. Hal ini karena mempengaruhi konsumen. Tapi, dengan menggunakan kemajuan teknologi bisa saja mendatangkan konsumen secara mudah.

Selain itu, usaha yang sudah terkenal secara luas tidak akan mempengaruhi tempat berjualan. Berada di luar jangkauan pun akan tetap dikejar pelanggan jika memang bisnisnya sudah maju. Jadi, tempat strategis lambat laun tidak terlalu memegang peranan penting.


Penyebab Usaha Modal Kecil Berakhir Gulung Tikar

Usaha Modal Kecil

Tidak bisa dipungkiri resiko dalam menjalankan suatu usaha. Di balik banyaknya yang sukses hingga titik akhir, ada pula yang harus gulung tikar. Usaha apapun itu, pasti memiliki tantangan dan resiko. Yang terpenting adalah bagaimana memperbaiki. Ada beberapa penyebab usaha dengan modal kecil bisa gulung tikar:

1. Rencana Bisnis Yang Tidak Matang

Perencanaan yang baik akan memudahkan dalam mengembangkan usaha. Dengan begitu, ada tujuan yang hendak dicapai sehingga berjalan dengan teratur. Usaha apapun itu, besar atau kecil memang wajib memiliki rencana jangka pendek dan jangan panjang. Harus pula menjalankan banyak strategi untuk menggapai apa yang hendak dicapai.

Pengusaha akan sangat mudah bangkrut ketika menjalankan seenaknya saja dan tidak memiliki tujuan yang jelas, sekedar jalan tapi tidak menentukan arah yang sebenarnya.

2. Tidak Dijalani Dengan Sepenuh Hati

Banyak pengusaha yang merintis bisnisnya dengan semangat menggebu di awal-awal saja. Setelah tiba di pertengahan, dia cenderung bosan sehingga bisnis berjalan tidak dengan sepenuh hati. Hal ini berbahaya karena bisa mengancam nasib usaha sendiri.

Penyebab ini banyak terjadi di kalangan pengusaha skala  kecil sehingga sulit berkembang. Jadi, sebelum memulai merintis suatu bisnis harus benar-benar memantapkan hati.

3. Kurang Promosi

Dalam berbisnis, pemasaran adalah hal yang sangat penting bahkan terbilang wajib. Apa guna memiliki barang yang berkualitas tinggi jika tidak banyak yang mengenal dan mengetahui.

Khusus di era modern, sangat disayangkan jika teknologi tidak digunakan untuk meraup rupiah dan memudahkan pengusaha. Sebagai langkah awal, mempromosikan produk di sosial media dan lingkungan sekitar sangat penting agar usaha yang dirintis bisa terkenal.

4. Bersikap Pasif

Kemampuan membangun jaringan sangat penting bagi pengusaha, hal ini lambat laun akan mempengaruhi usaha sendiri. Pengusaha mustahil memiliki banyak pelanggan jika hanya duduk, diam, menunggu. Sangat dianjurkan berinteraksi di berbagai kalangan. Selain mendatangkan pelanggan, juga mendapatkan banyak ilmu sebagai bekal menjalankan usaha.

Demikianlah ulasan tentang usaha modal kecil yang bisa dirintis sendiri, apapun profesinya. Membuka usaha kecil atau  besar sangat bagus di era milenial sekarang. Mengingat dan melihat kondisi yang menjadikan para pebisnis semakin di depan dengan berbagai cara kreatif masing-masing. Tidak memerlukan bakat untuk menjadi pengusaha sukses, cukup dengan semangat kerja yang tinggi.

Usaha Modal Kecil

Tinggalkan Balasan