Cara Memulai Usaha Sampingan

bisnis sampingan yang menjanjikan

Usaha Sampingan – Saat ini kebutuhan akan sesuatu hal terus meningkat, sehingga membuat kebutuhan hidup tinggi, bahkan untuk para pekerja kantoran gaji masih dirasa kurang mencukupi. Apa lagi jika sudah membahas pelajar, mahasiswa ataupun ibu rumah tangga, pastinya juga membutuhkan dana tambahan.

Tidak ayal hal ini membuat banyak orang dari berbagai usia dan pekerjaan mulai memutar otak untuk membuka usaha sampingan. Tentu saja memerlukan beberapa persiapan yang harus dipahami dengan jelas.


Alasan Membuka Usaha Sampingan

Usaha Sampingan

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa kebutuhan akan sesuatu hal terus meningkat, hal ini tentu saja bukanlah alasan satu-satunya yang mendorong usaha ini dibangun.

Masing banyak lagi alasan lainnya yang perlu disadari sehingga mampu dimanfaatkan sebaik mungkin. Berikut alasan mengapa harus membuka usaha sampingan yang wajib dipahami:

  • Kemampuan unik melahirkan ide bagus. Banyak orang yang usahanya berakhir dengan gulung tikar karena tidak mampunya memikirkan ide bagus dan unik. Untuk itu jika merasa memiliki ide bagus haruslah langsung dimanfaatkan dan rancanglah strategi untuk memulai sebuah usaha. Perlu diketahui sebuah perusahaan sebelum menjadi besar, juga berawal dari sebuah usaha sampingan.
  • Segmentasi Pasar Yang Luas. Saat ini kemajuan teknologi sudah membuat banyak hal menjadi baik, salah satunya dalam menjalankan suatu usaha. Untuk itu jika merasa memiliki ide kreatif janganlah ragu untuk membuka usaha. Bentuklah sebuah perencanaan yang telah dipertimbangkan dengan baik sehingga laris di pasaran.
  • Banyaknya waktu luang. Pekerjaan utama terkadang tidaklah terlalu menyita waktu dan membuat banyak waktu luang yang sangat sayang jika tidak dimanfaatkan. Jika merasa memiliki waktu luas ada baiknya mencoba untuk membuka bisnis sampingan. Sehingga waktu akan jauh lebih bermanfaat dan uang tambahan bisa didapat.
  • Persiapan dini sebelum pensiun. Untuk yang memikirkan hari tua tidak ada salahnya memulai sebuah bisnis sampingan diluar rutinitas utama. Dimana saat pensiun nanti, usaha ini dapat dijadikan penyambung hidup ataupun sekedar aktivitas baru menemani masa tua.
  • Aktualisasi diri. Rasa jenuh terkadang akan membuat beberapa orang merasa bosan dan sudah tidak terlalu berminat dengan pekerjaan yang dijalankan saat ini. Aktualisasi diri sangatlah diperlukan, dimana membuka sebuah usaha sampingan sebagai pelampiasan akan kejenuhan. Ada baiknya jangan langsung memutuskan berhenti kerja, lihat terlebih dahulu apakah usaha berjalan lancar.

Baca Juga: usaha sampingan


Kelebihan Usaha Sampingan

Usaha Sampingan

Setelah mengetahui alasan mengapa harus membuka sebuah usaha disela-sela rutinitas sehari-hari, perlulah juga mengetahui kelebihan dari usaha tersebut. Dimana kelebihan inilah yang membuat banyak orang memilih menjalankan usaha sampingan. Berikut kelebihannya yang dapat dijadikan bahan pertimbangan:

  • Waktu fleksibel. Kelebihan dari usaha sampingan adalah dapat dikerjakan disela-sela waktu senggang. Dimana waktu yang dibutuhkan fleksibel dimana pelajar, mahasiswa, karyawan bahkan ibu rumah tangga dapat melakukannya. Semua itu karena saat ini sudah banyak hal membuat bisnis jauh lebih mudah untuk dijalankan.
  • Menjadi bos untuk diri sendiri. Untuk yang merasa jenuh diperintah atau merasa geram dengan perlakuan bos yang terkadang semena-mena menjalankan bisnis sampingan dapat dicoba. Dengan menjalankan bisnis sendiri tentunya tidak ada yang memerintah. Hanya diri sendirilah yang menjadi bos.
  • Peluang sukses cukup besar. Memilih membuka suatu usaha adalah hal yang patut dicoba karena saat ini kemajuan teknologi membuat suatu usaha mudah dijangkau oleh lebih banyak orang. Dimana  para penjual ataupun pembeli dapat dipertemukan dengan mudah hanya dengan bermodal smartphone. Memang saat ini peluang sukses akan suatu usaha lebih terbuka lebar.
  • Jenis usaha yang dapat Dipilih beranekaragam. Saat ini sudah banyak jenis usaha  yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan dan tentunya cocok untuk segala jenis usia dan pekerjaan. Hanya perlu memanfaatkan media masa untuk menjalankannya.
  • Dapat menambah Penghasilan Memang sebuah usaha yang dijalankan sendiri tentu saja membuat keuntungan dapat dirasakan sendiri, tidak seperti saat bekerja dengan orang lain. Memilih usaha sampingan untuk ditekuni tentu saja akan mampu menambah penghasilan. Jika sukses bahkan dapat juga menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Hambatan Dari Usaha Sampingan

Usaha Sampingan

Dibalik begitu banyak kelebihan yang ditawarkan oleh sebuah usaha sampingan tentu saja ada juga kekurangannya, dimana jika dibiarkan akan menjadi hambatan. Untuk itu ketahuilah terlebih dahulu hambatan-hambatannya, sehingga akan jauh lebih mudah pula untuk menghindarinya. Berikut hambatan-hambatan dari sebuah usaha yang dijalankan bersamaan dengan pekerjaan utama:

  • Salah dalam menentukan prioritas. Hal utama yang harus dipahami adalah sebuah usaha sampingan bukanlah prioritas jika masih menjalankan pekerjaan utama. Pekerjaan utama tetap harus diprioritaskan, jangan mudah tergoda dengan keinginan sukses sehingga membuat pekerjaan utama terbengkalai. Hal ini tentunya justru akan membuat kedua kegiatan tidak akan berjalan dengan baik.
  • Jangan salah menentukan kebutuhan. Bedakan sebuah bisnis yang dijalankan oleh perusahaan besar dan sebuah bisnis yang dijadikan sampingan. Jangan sampai salah menentukan kebutuhan, belilah semua hal yang memang sangat dibutuhkan serta kurangi hal yang tidak terlalu dibutuhkan. Contohnya jangan membeli komputer jika masih dapat menggunakan smartphone.
  • Pola pikir keliru. Memang benar saat ini peluang bisnis memang terbuka lebih lebar untuk sukses. Namun perlu juga diingat jangan sampai menimbulkan pola pikir yang keliru, produk atau jasa yang dijadikan usaha benar-benar harus dipikirkan. Apakah memang memiliki segmentasi pasar yang luas atau tidak, jangan asal-asalan.
  • Perencanaan bisnis tidak matang. Walaupun sebuah usaha sampingan, jangan pernah dianggap remeh. Sebuah perencanaan bisnis tetap harus dipikirkan dengan matang. Setidaknya buat rencana jangka pendek untuk usaha tersebut. Jangan terlalu santai hanya karena ini sebuah usaha kecil.
  • Tidak Dapat Membangun Sebuah Jaringan
  • Dalam sebuah bisnis hal utama yang terpenting kecuali modal dan kekreatifan adalah sebuah jaringan. Dimana jaringan tentunya akan mempermudah dalam kegiatan usaha seperti promosi ataupun menyetok barang. Untuk itu walaupun usaha kecil harus rajin menjalin silaturahmi dan mengikuti seminar usaha.

Tips Sukses Menjalankan Usaha Sampingan

Usaha Sampingan

Setelah memahami hal mengenai alasan, kelebihan dan hambatan dalam menjalankan sebuah usaha tentu saja tidaklah cukup untuk meraih sukses. Diperlukan beberapa hal agar usaha yang sebelumnya kecil dan hanya dijadikan sampingan berujung menjadi sukses. Berikut tips agar usaha sukses:

1. Fokus Dengan Satu Bisnis Terlebih Dahulu

Ingatlah bahwa dibalik usaha yang sedang dijalankan saat ini masih ada sebuah kewajiban, yaitu pekerjaan utama. Dimana walaupun nantinya usaha sudah berjalan sedikit lebih baik keprofesionalan harus tetap diutamakan. Untuk itu ada baiknya fokuslah terlebih dahulu dengan satu bisnis, jika merasa dapat menjalankan bisnis lainnya baru dilakukan.

Namun untuk menjalankan 3 kegiatan sekaligus tentu saja diperlukan sebuah fisik, pikiran dan juga dana yang cukup besar. Jangan sampai karena fokus terpecah dengan usaha yang banyak berakhir dengan mengabaikan kewajiban utama. Harus tetap mengutamakan profesi utama dan kewajiban awal. Maka dari itu pilihlah usaha yang dapat dijalankan bersamaan dengan pekerjaan utama.

2. Mulailah Usaha Dari Sekarang

Jika terlintas sebuah ide untuk menjalankan sebuah usaha jangan menunda-nunda untuk membuatnya menjadi sebuah usaha. Mendiamkan suatu ide terlalu lama akan membuat ide tidak unik lagi serta akan membuat peluang sukses melayang. Untuk itu jika ingin usaha sampingan sukses, jika memiliki ide langsung buatlah menjadi usaha. Tentu saja harus dicari dulu apakah ide tersebut berpeluang sukses atau tidak.

3. Harus Sesuaikan Kondisi Dan Juga Kemampuan

Menjalankan sebuah usaha tentu saja harus memperkirakan sebuah kondisi dan juga kemampuan. Dimana jika pekerjaan utama memiliki waktu luang di malam hari dan memiliki kemampuan membuat kue ada ada baiknya membuka jasa pembuatan kue. Jasa pembuatan kue tidak terlalu memakan waktu dibandingkan membuat sebuah toko kue.

Selain itu sebuah usaha yang dijalankan bersamaan dengan pekerjaan utama haruslah memikirkan apakah dana mencukupi. Kondisi finansial ini harus dipikirkan, jangan memaksakan diri membuat sebuah usaha jika tidak memiliki modal yang cukup. Hal ini jika dibiarkan justru akan membuat masalah baru dan berakhir merusak semua kegiatan yang dijalankan. Jangan hanya untuk membangun usaha sampai harus menghutang di bank.

4. Membuat Jadwal Ketat

Sebuah jadwal sangatlah dibutuhkan untuk mengatur waktu dan menjaga konsistensi sebuah kegiatan. Dimana dengan membuat sebuah jadwal yang ketat akan membantu dalam menentukan prioritas apa yang harus dikerjakan saat waktu ini. Sehingga waktu yang ada akan jauh lebih berguna dan tidak terbuang sia-sia.

Buatlah sebuah jadwal yang menerangkan pada hari apa dan pada pukul berapa pekerjaan utama akan senggang serta usaha sampingan dapat dijalankan dengan optimal. Dimana prioritas waktu akan dapat terlihat dengan jelas pada jadwal sehingga tidak salah langkah dan dapat mengerjakan mana yang harus diprioritaskan.

5. Rencana Bisnis Harus Matang Dipikirkan

Sebuah rencana tentunya akan membantu mengarahkan usaha yang dijalankan saat ini hingga dimasa depan nantinya. Tips untuk membuat usaha sukses tentunya adalah dengan membuat sebuah rencana dengan matang. Dimana buatlah sebuah rencana yang terukur dan sangat jelas. Sehingga usaha yang dijalankan akan terus maju dan tidak berakhir gulung tikar.

Rencana bisnis harus mencangkup dua hal, yaitu perhitungan mengenai profesionalitas pekerjaan utama dan juga kesuksesan usaha sampingan yang dijalankan. Dimana rencana tersebut akan membantu dalam menjalankan dua pekerjaan dalam satu waktu tanpa perlu ada yang dikorbankan.

6. Lakukan Promosi Usaha Secara Online Dan Juga Offline

Saat ini memang merupakan dunia dengan kegiatan online termasuk dalam menjalankan sebuah bisnis. Untuk itu dalam hal promosi ada baiknya manfaatkan teknologi yang ada dan lakukanlah secara online untuk menarik berbagai konsumen. Seperti yang diketahui teknologi online tidak memiliki batas, sehingga tentu saja akan membuat usaha akan jauh lebih mudah dikenal dan mendapatkan pelanggan.

Namun walaupun online begitu berpengaruh dan wajib digunakan, jangan pernah melupakan promosi secara offline juga. Sebuah bisnis baru tentu saja memerlukan sebuah kepercayaan orang terdekat dimana dapat dilakukan secara offline. Untuk itu gunakan promosi secara online dengan memanfaatkan media sosial. Namun juga lakukan promosi offline dengan melakukan pendekatan secara langsung.

7. Perluas Jaringan Pertemanan

Tips sukses menjalankan sebuah usaha tentu saja adalah dengan memperluas sebuah jaringan pertemanan. Dimana nantinya hal ini akan mempermudah dalam proses promosi. Untuk itu mulailah perluas jaringan pertemanan baik itu secara online ataupun offline. Sehingga proses promosi akan jauh lebih mudah dan mencari konsumen juga tidak akan terlalu sulit. Bahkan dengan memperluas jaringan pertemanan akan mempermudah juga dalam menentukan menginovasi usaha, menentukan strategi baru dan lainnya.

Untuk yang memiliki pekerjaan utama dengan melibatkan banyak orang seperti mahasiswa tentunya akan jauh lebih terbantu. Dimana teman-teman mahasiswa dapat dilakukan pendekatan untuk membeli dan juga membantu proses promosi. Namun walaupun begitu tetap harus memperluas jaringan pertemanan lagi. Dimana ikutilah komunitas usaha, seminar usaha ataupun kegiatan lainnya yang mengandung silaturahmi.

8. Pekerjaan Utama Harus Tetap Diprioritaskan

Tentu saja sulit untuk mengatur waktu, diri dalam 2 pekerjaan sekaligus. Namun untuk membuat sebuah usaha yang sukses jugalah harus mampu memprioritaskan hal yang terpenting dan utama. Dimana tentu saja hal terpenting tersebut adalah pekerjaan utama, namun walaupun memprioritaskan pekerjaan utama kedua pekerjaan harus dilakukan secara serius.

Skala prioritas harus direncanakan dengan baik, dimana jika seorang mahasiswa jika di kampus haruslah fokus dalam kegiatan kampusnya. Namun jika sudah dirumah usahakan pekerjaan kampus telah usah, sehingga dapat fokus pada pekerjaan sampingan yang dijalankan.

9. Jangan Pernah Berfikir Semua Mudah

Dalam menjalankan suatu usaha sebuah keoptimisan memang sangatlah penting dan harus selalu dijadikan acuan. Namun jangan sampai rasa optimis itu akhirnya membuat pikiran merasa mudah menjalankan apapun itu. Jangan pernah sepelekan sebuah usaha yang dijalankan walaupun sekecil apapun usaha tersebut. serta jangan pernah berfikir sebuah masalah tidak akan muncul dan semua masalah mudah dipecahkan.

Kemungkinan terburuk tentu saja dapat terjadi pada suatu bisnis, seperti anjloknya harga suatu produk saat akan dijual sedangkan saat pembelian harga produk cukup tinggi. Jika ingin mempertahankan bisnis haruslah memikirkan jalan keluarnya, jangan sampai satu masalah dianggap remeh akhirnya berakibat fatal. Dengan tidak menganggap remeh suatu permasalahan tentu saja akan membuat usaha berjalan jauh lebih lama.

Baca Juga: usaha rumahan


Peluang Usaha Sampingan Yang Dapat Dicoba

Usaha Sampingan

Setelah memahami berbagai hal mengenai usaha sampingan dan membuat diri merasa tertarik untuk secara serius membuat usaha sampingan. Hal berikutnya yaitu mencari peluang dan menjalankan dengan keyakinan pasti sukses. Dimana peluang usaha saat ini cukuplah banyak dan mungkin saja ada yang sesuai dengan keinginan atau ide yang terlintas. Berikut beberapa peluang usaha sampingan yang praktis dan dapat dicoba:

1. Menjadi Dropshipper

Untuk yang menginginkan usaha sampingan namun tidak memiliki modal dapat memilih menjalankan usaha dropshipper (Orang yang melakukan Dropship). Dimana Dropship merupakan sebuah bisnis yang tidak memerlukan stok barang, bahkan tanpa modal. Namun untuk menjalankan bisnis dengan sistem dropship haruslah melakukan kerja sama terlebih dahulu dengan supplier di sebuah situs jual beli online.

Lalu setelah itu usaha akan mudah dilakukan, dimana hanya perlu membantu melakukan promosi seolah-olah barang dagangan sendiri. Bahkan harga pun dapat ditentukan sesuai keinginan. Jika nanti ada konsumen yang tertarik dan membeli hanya perlu menghubungi pihak supplier dan barang akan dikirimkan langsung ke alamat konsumen. Praktis dan mudah bukan namun tetap menguntungkan tentunya.

2. Membuka Toko Online

Setelah merasa paham dengan sistem dropship yang dijelaskan di atas, tidak ada salahnya jika sudah memiliki modal dan konsumen cobalah membuka toko online sendiri. Dimana tidak menggunakan sistem dropship melainkan semua produk dikirim langsung tanpa perantara supplier dan mulailah menjadi reseller. Jadi yang perlu dilakukan adalah mensurvei secara menyeluruh dan cari supplier yang akan memberikan harga murah untuk reseller.

Membeli dengan sistem dropship jelas berbeda dengan sistem reseller. Dimana saat sistem dropship harga yang tertera adalah harga asli dari supplier dan tinggal menaikkan harga saja. Namun saat di sistem reseller, akan ada harga khusus yang diberikan supplier dimana tentunya jauh lebih murah. Sehingga harga jual kembali dapat dinaikkan sehingga keuntungan lebih besar.

3. Laundry Kiloan

Untuk para ibu rumah tangga yang menginginkan tambahan uang dapat membuka usaha laundry kiloan dirumah. Saat ini kebutuhan akan laundry kiloan memang terus meningkat. Hal tersebut karena saat ini banyak pekerja kantor, anak kos dan orang lainnya yang tidak sempat mencuci jauh lebih memilih menggunakan jasa Laundry kiloan. Cukup memanfaatkan teras rumah untuk awal mula menjalankan usaha ini, jika nanti berjalan lancar tentu membuka cabang di sebuah toko tidaklah mustahil.

Modal utama dalam menjalankan usaha ini hanya perlu mesin cuci, setrika, timbangan, dan kantung plastik saja. Semua kegiatan dalam usaha ini tidaklah terlalu menuntut waktu, dimana dapat dilakukan kapan saja dirumah. Jika mulai ramai dapat tambahkan kembali servis unggulan, dimana ada jasa antar jemput pakaian kotor.

4. Menjual Souvenir

Untuk yang memiliki bakat dan kekreatifan dalam membuat kerajinan tangan yang unik dan tentu saja berbeda dari souvenir umumnya dapat dimanfaatkan. Dimana dapat menjadikannya peluang usaha sampingan tidak memerlukan waktu terlalu lama untuk membuatnya. Tentu tidak akan mengganggu jam kerja dalam pekerjaan utama. Saat ini souvenir juga banyak dicari, dimana dapat digunakan untuk acara ataupun sekedar koleksi semata. Ini adalah peluang usaha yang patut dicoba.

Proses promosi dapat dilakukan dengan menggunakan souvenir pada diri sendiri terlebih dahulu. Serta biarkan orang-orang sekitar melihat dan jika memang unik serta menarik tentu saja akan dengan mudah menarik konsumen. Apa lagi jika yang memiliki pekerjaan utama dengan banyak orang seperti pegawai kantor ataupun mahasiswa. Tentu peluang sukses akan lebih mudah didapat karena jaringan pertemanan sudah banyak.

5. Menyediakan Jasa Pembuatan Kue

Saat ini kue cukuplah banyak dicari karena dibutuhkan dalam acara seperti, ulang tahun, syukuran atau acara lainnya. Untuk itu haruslah memiliki kemampuan dibidang pembuatan kue hal sehingga proses pembuatan akan berlangsung cepat. Serta rasa yang dihasilkan benar-benar enak sehingga konsumen akan setia. Untuk kue dapat dibuat saat waktu senggang seperti malam hari sepulang kerja atau siang sepulang kuliah.

Pastikan selalu update resep terbaru dan jenis kue terbaru. Sehingga dapat bersaing dan menyesuaikan diri dengan toko kue besar lainnya. Kunci utamanya adalah konsisten soal kualitas, jangan sampai mengecewakan konsumen. Salah jika berfikir menjual harga murah dengan kualitas buruk akan mampu menarik konsumen. Justru yang ada, pelanggan akan berangsur pergi.

6. Membuka Jasa Catering

Untuk yang memiliki hobi memasak dan merasa masakan tergolong dalam kategori enak, ada baiknya menyalurkan hobi tersebut dengan membuka jasa catering. Jangan terburu-buru mencari asisten memasak, pastikan terlebih dahulu jasa catering dikenal. Dimana dapat ditawarkan kepada teman-teman di kantor atau di kampus, barulah jika telah dikenal dan memiliki banyak pelanggan dapat menacari asisten memasak.

Saat ini sudah banyak contoh sukses jasa catering, tidak menutup kemungkinan hal itu akan terjadi pada usaha yang dijalankan ini. Untuk itu jaga selalu kepercayaan konsumen dengan selalu perhatikan kualitas makanan. Selain itu jaga juga kebersihan serta selalu berikan pelayanan ramah sehingga konsumen merasa terlayani dengan baik.

7. Membuka warung sembako

Warung sembako merupakan peluang usaha sampingan yang sangat cocok dijalankan untuk ibu rumah tangga. Dimana membuka warung sembako tidak akan membuat was-was, semua itu karena jika ada bahan pokok yang tidak laku hari ini tidak masalah. Semua itu karena bahan pokok dapat dijual kembali keesokan harinya. Membuka warung sembako dapat memanfaatkan pekarangan rumah atau teras rumah.

Dimana tetangga yang ada adalah fokus utama dalam usaha warung sembako ini. Jika warung sembako terus meningkat kelarisannya tentu dapat juga ditambahkan dengan produk lainnya. Dimana dapat juga ditambahkan usaha jual gorengan atau sebagainya. Bahkan tidak menutup kemungkinan yang semulanya hanya warung kecil dapat menjadi sebuah toko besar.

8. Membuka Warung Makan

Membuka warung makan merupakan usaha sampingan yang dapat dicoba jika jasa catering telah memiliki banyak konsumen. Usaha ini juga akan jauh lebih cocok untuk dikerjakan ibu rumah tangga yang memang telah berpengalaman di dapur. Saat ini kebutuhan akan makanan yang sudah siap saji sangatlah tinggi. Terutama untuk yang memiliki tempat tinggal disekitar sekolah, pasar atau tempat keramaian lainnya.

9. Membuka Jasa Jahit

Saat ini jasa jahit memang cukuplah diperlukan, semua itu karena banyak orang jauh lebih menyukai model pakaian yang sesuai selera bukan yang sudah jadi di toko. Hal ini adalah alasan utama mengapa membuka jasa jahit dapat dijadikan usaha sampingan. Dimana tentu saja jangan terlalu mengambil orderan jahit berlimpah, sesuaikan semua itu sesuai dengan waktu dan juga keadaan.

Cukup pasang plang kecil di depan rumah yang menginformasikan bahwa telah membuka jasa jahit. Pasti dimulai dari tetangga-tetangga akan menggunakan jasa jahit dan jika bagus tentu akan semakin berkembang. Untuk itu kunci utamanya adalah memiliki keterampilan menjahit dan alat yang memadai.

10. Membuka Usaha Fotocopy Dan Print

Jika memiliki rumah dekat dengan sekolah, kampus ataupun kantor tidak ada salahnya mencoba menjalankan usaha Fotocopy dan Print ini. Tidak perlu memaksakan membuka setiap waktu, cukup buka pada waktu senggang setelah selesai mengerjakan pekerjaan utama. Saat ini kemajuan teknologi juga harus dimanfaatkan, dimana jasa prind dapat dilakukan dengan sistem pesanan. Dimana konsumen hanya perlu mengirim softcopynya saja dan hasilnya dapat diambil sesuai waktu yang disepakati.

Jika merasa menyewa mesin fotocopy terlalu mahal dapat juga memulainya dengan membeli printer dengan fitur tambahan yaitu scan ataupun fotocopy. Setelah itu cukup sediakan kertas dimana ukuran yang sering digunakan adalah A4, A3 dan A5.

11. Menjual Pulsa Elektrik

Menjual pulsa secara elektronik merupakan usaha sampingan yang dapat dikerjakan siapa saja, mulai dari karyawan kantor, mahasiswa hingga ibu rumah tangga. Dimana saat ini permintaan akan pulsa terkadang datang mendesak tanpa pemberitahuan. Dengan menjual pulsa elektronik peluang untuk suksesnya cukuplah besar, tidak perlu membuka konter cukup dengan memasang tulisan pemberitahuan menjual pulsa. Tentunya tetangga yang melihat akan membeli jika memang sedang membutuhkannya.

Modal untuk membeli pulsa pun cukuplah kecil namun peluang usahanya cukuplah besar. Jika nanti sudah semakin laris dapat ditambah dengan penjualan data internet dan membuka sebuah konter. Intinya tekun terlebih dahulu, jangan remehkan untung yang kecil.

Itulah beberapa hal yang harus diketahui mengenai usaha sampingan yang dapat meraih sukses. Dimana dengan memahami segala hal yang dijelaskan tentu saja akan membuat proses usaha menjadi lebih siap dimana dapat mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Namun haruslah ingat ini usaha bukan pekerjaan utama hanya sampingan, prioritas dan profesionalitas harus tetap dijaga.

Usaha Sampingan

Tinggalkan Balasan