Usaha Tanpa Modal

usaha tanpa modal

Usaha Tanpa Modal – Membuka usaha tanpa modal apakah bisa? Sebenarnya bisa-bisa saja apalagi jika ada dukungan teknologi seperti sekarang ini. Meskipun begitu tidak adanya masih banyak dijadikan alasan orang takut untuk membuka usaha sendiri. Padahal stigma itu salah besar.

Ada usaha yang butuh modal yang minim sekali bahkan 0 rupiah. Karena selain modal uang, sebenarnya ada hal-hal lain yang bisa digunakan sebagai modal membuka usaha. Simak uraiannya selengkapnya serta jenis usaha apa saja yang bisa dikatakan tanpa modal bisa dilakukan di bawah ini.


Alasan Orang Enggan Untuk Mulai Membuka Usaha

Usaha Tanpa Modal

Hingga saat ini masih banyak orang yang terlalu takut untuk memulai membuka sebuah usaha. Ada beragam alasan yang mendasari mereka, padahal membuka usaha sendiri sebenarnya lebih berpeluang meraih kesuksesan. Apa saja alasan banyak orang cenderung tidak berani memulai sebuah usaha, simak uraian berikut ini

  • Terlalu takut dengan ketidakpastian. Sudah banyak diketahui jika dunia bisnis memang penuh dengan ketidakpastian. Kebanyakan orang jika mendengar kata bisnis yang terbayang justru bukan indahnya kesuksesan. Malah berpikir tentang kebangkrutan yang belum pasti terjadi, laba sedikit, atau sulitnya pemasaran. Inilah pemikiran yang keliru.
  • Bingung harus memulai dari mana. Ini juga kadang menjadi alasan orang takut untuk memulai buka usaha. Bisa karena merasa kurang pengetahuan seputar bisnis, tidak ada yang memberi arahan, dan sebagainya. Padahal saat ini banyak sekali informasi bisnis yang bisa didapat.
  • Meragukan kemampuan diri sendiri. Banyak orang juga merasa tidak bisa melakukan sesuatu, padahal dirinya sebenarnya punya kemampuan lebih. Mereka cenderung berpikir akan merasa malu jika bisnis yang dibuka akhirnya gagal. Padahal saat gagal itu, bisa menjadi dorongan agar belajar lebih banyak lagi sehingga jadi sukses.
  • Sudah aman dengan zona nyaman. Beberapa orang juga terlalu malas untuk keluar dari zona nyamannya. Mereka merasa sudah cukup dengan pendapatannya saat ini dari pekerjaannya. Akhirnya ketika ada peluang datang untuk berbisnis, malah kurang tertarik. Mereka khawatir waktu mereka terkuras untuk menekuni bisnis tersebut.
  • Alasan tidak punya modal. Ini merupakan alasan yang paling sering diutarakan orang mengapa tidak mau memulai membuka usaha. Padahal banyak bentuk usaha yang menggunakan modal minim sampai hampir tidak butuh modal uang. Apa ada usaha tanpa modal? Simak uraiannya pada penjelasan selanjutnya.

Baca Juga: usaha dengan modal kecil


Mungkinkan Membuka Usaha Tanpa Modal?

Usaha Tanpa Modal

Sebenarnya modal usaha itu tidak melulu berupa aset berwujud, seperti uang, gedung, dan lain-lain. Walaupun masyarakat sudah cenderung tersugesti tentang hal tersebut. Usaha memang tidak mungkin tidak butuh sama sekali modal. Yang benar adalah tidak selalu berupa aset berwujud. Ada aset tidak berwujud yang bisa digunakan untuk modal usaha seperti

Keahlian (skill) atau Pendidikan

Dalam bisnis atau usaha memang memiliki sisi keunikan, yaitu kurang mementingkan gelar akademis atau pendidikan para pelakunya. Namun yang terpenting dan menjadi utama adalah keahlian. Ini juga mungkin bisa dijadikan penyebab mengapa kalangan pengusaha sukses jarang sekali ada yang berpendidikan tinggi sebelumnya.

Tidak jarang juga banyak dari mereka tidak punya gelar akademis walaupun sukses luar biasa. Hal ini karena gelar tidak begitu penting dalam menjalankan usaha atau dalam lingkup kewirausahaan. Selain itu, seseorang yang berpendidikan tinggi dianggap lebih malu dan enggan untuk melakukan promosi. Padahal promosi ini sangat mempengaruhi kesuksesan usaha yang dibuat.

Pendidikan tinggi juga dinilai membuat seseorang makin sempit dalam berimajinasi. Padahal hal ini justru bahaya, karena bisa membuat kehilangan keberanian terutama untuk memulai hal-hal yang baru. Jadi berusahalah untuk mencari keahlian apa sebenarnya yang ada pada diri. Tentunya keahlian untuk membuat sesuatu dari nol hingga menjadi barang bernilai.

Waktu

Ada lagi yang bisa dimanfaatkan sebagai modal selain uang, gedung dan lain-lain. Ini mungkin bisa dimiliki oleh setiap orang. Yang terpenting bisa memanfaatkannya secara optimal.

Modal tersebut adalah waktu. Ya, modal waktu sangat dibutuhkan oleh seorang pengusaha. Waktu yang cukup luas ini digunakan untuk mengurusi bisnis yang akan dijalankan. Jika tidak ada waktu yang cukup banyak, atau cuma ingin mengisi waktu luang mungkin untuk mencapai sukses juga tidak bisa sebentar.

Terapkan untuk tidak mengatakan “bisnis sampingan” dan menggantinya dengan “pekerjaan sampingan”. Menggunakan istilah “pekerjaan sampingan” akan membuat lebih semangat untuk meluangkan waktu mengurus usaha yang dibuat.

Tenaga

Nah ini lah paling bisa dijadikan modal usaha selain uang dan aset berwujud lainnya. Selama seseorang masih punya tenaga dan kemauan, pasti bisa mulai memulai usaha. Usaha jenis apapun pasti butuh tenaga. Bidang kuliner, seni, jasa, dagang, apapun jika tidak ada tenaga usaha pun tidak bisa berjalan.

Jadi, memang istilah usaha tanpa modal sebenarnya tidak sesempit yang dipikirkan orang-orang. Usaha tanpa modal sama sekali, memang kelihatannya mustahil. Namun jika dimengerti ulang jika modal usaha maksudnya uang, memang usaha tanpa modal uang masih mungkin. Selama masih ada 3 hal diatas, memulai sebuah usaha bukan hal yang tidak mungkin.

Baca Juga: bisnis yang menguntungkan


Jenis Usaha Tanpa Modal

Usaha Tanpa Modal

Nah sudah dijelaskan diatas sebenarnya masih mungkin membuka usaha tanpa modal. Namun maksudnya yaitu penggunaan modal yang minim. Didukung dengan salah satu dari 3 jenis modal tidak berwujud tadi (tenaga, keahlian dan waktu). Lalu apa saja jenis usaha yang bisa dilakukan dengan cara seperti ini, berikut ulasan selengkapnya

1. Keahlian Marketing Bisa Menjadi Broker

Modal uang minim, namun punya keahlian marketing yang bagus. Mengapa tidak mencoba menjadi broker. Menjadi seorang broker hanya diperlukan kemampuan yang bagus dalam hal melobi orang lain dan teknik marketing yang mumpuni.

Cobalah dengan membantu menjualkan aset teman-teman atau orang terdekat yang butuh bantuan. Misalnya mobil, tanah, rumah dan lain-lain. Jika berhasil komisi yang didapatkan cukup lumayan. Tentu sebanding dengan modal yang dikeluarkan yang sangat minim atau bahkan tidak sama sekali keluar uang.

2. Punya Banyak Waktu Luang, Pertimbangkan Menjadi Reseller Atau Dropshipper

Punya sedikit modal uang, namun punya cukup banyak waktu luang?. Coba mulai usaha reseller atau dropshipper. Bentuk usaha seperti ini hanya butuh smartphone dan jaringan internet saja kok. Caranya tinggal cari supplier barang yang paling terpercaya setelah menentukan produk apa yang ingin dijual.

Jadi konsepnya hanya tinggal mencari calon pembeli lewat online (bisa lewat medsos). Setelah ketemu, tinggal hubungi supplier untuk menyiapkan apa yang diinginkan pembeli. Jangan lupa untuk memberikan selisih harga yang nantinya akan menjadi keuntungan usaha. Yang paling penting disini hanya sediakan banyak waktu terutama untuk melayani pembeli.

Karena mungkin ada pembeli yang tidak suka menunggu lama saat ingin bertanya sesuatu tentang produk yang dijual. Sebenarnya reseller offline pun bisa dilakukan. Misalnya menjualkan kue kering lebaran buatan tetangga pada teman, sahabat atau rekan kantor. Ini juga merupakan salah satu bentuk usaha reseller tanpa modal uang.

3. Keahlian Menulis Untuk Memulai Usaha Penulis Konten

Bila kebetulan senang menulis, mungkin bisa dicoba untuk menggeluti usaha tanpa modal seperti ini. Makin bagus jika punya keahlian seperti paham betul tentang tata cara menulis yang baik. Mungkin yang diperlukan hanya komputer, internet dan kemauan untuk lebih banyak mencari referensi agar tulisan yang dibuat makin sempurna dan berkualitas.

Usaha seperti ini cukup menjanjikan. Apalagi jaman teknologi yang makin bertambah pesat seperti saat ini. Perkembangan internet semakin membuat banyak situs-situs bisnis membutuhkan tenaga penulis konten untuk mengisi website mereka. Memang pendapatan usaha model seperti ini tidak cukup banyak. Namun jika cukup produktif, bukan tidak mungkin untuk memperoleh jutaan rupiah.

4. Usaha Modal Minim Dengan Menjadi Blogger

Jangan salah, usaha blogger juga bisa menghasilkan keuntungan berlipat jika pandai menjalankan dengan tepat. Apalagi bisnis seperti ini termasuk minim modal. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan agar mendapatkan uang dari aktivitas blogger. Diantaranya menjadi publisher adsense, bisa juga menyewakan ruang iklan atau paid review.

Yang harus dilakukan adalah usahakan setiap hari untuk melakukan update konten yang menarik. Ini akan membuat traffic pengunjung blog akan meningkat. Tentu saja akan berpengaruh pada seberapa besar pendapatan yang kemungkinan akan didapatkan. Jika seandainya kurang bisa berhasil di awal bulan pertama, sebaiknya tidak langsung patah semangat.

Hal ini karena memang beberapa blogger sukses malah meraih penghasilan fantastis dari aktivitas bloggernya setelah melewati tahun pertama. Menjalani bisnis menjadi seorang blogger yang diutamakan adalah membuat konten berkualitas, memahami teknik optimasi blog serta mengerti tata cara pemasarannya.

5. Menjual Jasa, Salah Satu Bentuk Usaha Tanpa Modal

Ketika sudah bingung mau usaha apa saat benar-benar kurang modal? Cobalah untuk menjual jasa di internet. Jasa yang ditawarkan pasti berkaitan dengan keahlian yang dimiliki. Ini lah yang menjadi modal untuk memulai usaha tersebut. Bukan modal dalam bentuk uang atau aset berwujud lainnya.

Misalnya keahlian yang dimiliki seperti membuat website. Bisa dengan menjual template website pada orang-orang yang membutuhkan jasa ini. Jasa les privat juga bisa dicoba. Mungkin punya keahlian dalam bidang ilmu pengetahuan. Coba buka jasa les privat online. Walaupun usaha les privat ini sedikit membutuhkan skill pendidikan yang cukup mumpuni.

6. Hobi Online, Cobalah Membuka Jasa Pencari Tiket Murah

Hobi online ternyata bisa dimanfaatkan sebagai lahan bisnis nyaris tanpa modal. Hanya perlu PC, smartphone serta internet hobi online pun dapat menjadi uang. Salah satu caranya yaitu dengan membuka jasa pencari tiket murah. Sering online pasti lebih banyak tahu informasi seputar tiket murah atau promo.

Bisnis seperti ini sangat mudah dilakukan. Bahkan tanpa bertatap muka dengan konsumen. Setelah transaksi terjadi, tinggal kirimkan link tiket murah pada konsumen tersebut. Jika dihitung selain paket internet, sama sekali tidak mengeluarkan biaya lain kan?.

7. Punya Keahlian Bahasa Asing, Bisa Buka Usaha Translator Online

Lagi-lagi yang punya keahlian (modal tak berwujud) bisa dijadikan modal untuk membuka usaha. Salah satunya yaitu menjadi translator. Bahkan bisnis seperti ini bisa dilakukan dengan online tanpa tatap muka dengan pelanggan.

Coba tawarkan jasa translate ke internet, mungkin saja banyak yang ingin bekerja sama. Misalnya mahasiswa yang kurang paham tentang thesis yang kebanyakan bahasa inggris, dan masih banyak lagi. Bahkan jika ingin lebih banyak mengambil keuntungan, bisa bekerja sama dengan lembaga pendidikan terkait. Dijamin keuntungan yang didapatkan tidak bisa dianggap remeh.

Itulah sedikit uraian seputar usaha tanpa modal. Jadi sebenarnya tidak mungkin sebuah bisnis atau usaha tidak membutuhkan modal sedikit pun. Tidak melulu soal uang, bahkan tenaga, waktu dan keahlian pun bisa dikategorikan sebagai modal. Yang lebih mungkin terjadi adalah usaha dengan modal yang minim namun nyaris tanpa modal.

Usaha Tanpa Modal

Tinggalkan Balasan