Alat Musik Ansambel

Alat Musik Ansambel – Apabila kita berbicara tentang Seni Budaya, tentunya pasti terdiri dari berbagai jenis kesenian, baik itu seni tari, seni musik dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tapi, kali ini kita akan membahas seni musik, dimana di dalam seni ini juga terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah alat musik ansambel. Yuk, simak penjelasan lengkap tentang alat musik ansambel di bawah ini!


Sejarah Alat Musik Ansambel

Gambar Sejarah Alat Musik Ansambel
Gambar Sejarah Alat Musik Ansambel
https://fungsi.co.id/

Ansambel berasal dari bahasa Perancis, yakni “Ensemble” yang mempunyai arti bersama-sama. Sehingga bisa diartikan bahwa musik ansambel adalah bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan berbagai macam alat musik tertentu untuk memainkan sebuah lagu dengan aransemen yang sederhana.

Alat musik ansambel ini dibuat dengan menggunakan bahan perunggu, dimana di wilayah Sumatera sendiri biasanya terdiri dari berbagai macam perlengkapan yang terdiri  dari empat hingga dua belas gong kecil, satu atau dua gong besar yang digantungkan, dua hingga sembilan kendang, satu alat tiup dan juga penyari dan gembreng.

Adapun jenis ansambel yang khas adalah Gondang sabangunan yang berasal dari Batak Toba, dimana alat musik ansambel ini masih digunakan dalam berbagai macam upacara agama parmalim.


Pengertian Alat Musik Ansambel

Gambar Pengertian Musik Ansambel
Gambar Pengertian Musik Ansambel
https://www.ayoksinau.com/

Alat musik ansambel adalah kelompok bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa macam alat musik dan memainkan lagu dengan menggunakan aransemen yang sederhana. Dimana biasanya musik ansambel ini sering dimainkan oleh banyak orang pada saat sedang belajar, hal ini dikarenakan musik ini dipercayai sebagai salah satu cara untuk menghindari stres pada waktu belajar.


Jenis-Jenis Alat Musik Ansambel

Alat musik Ansambel ini dikelompokkan menjadi 4 jenis. Dimana kelompok tersebut terdiri dari pengelompokan berdasarkan penyajiannya, berdasarkan fungsi dan perannya, berdasarkan sumber bunyinya dan yang terakhir berdasarkan cara memainkannya.

Lalu apa sih perbedaan dari setiap jenis tersebut? Yuk, daripada semakin penasaran, langsung saja simak ulasan lengkap beserta contohnya dibawah ini!

  • Musik Ansambel Berdasarkan Penyajiannya

Alat musik ansambel berdasarkan penyajiannya juga dibedakan menjadi beberapa jenis, berikut ini jenis-jenis alat musik berdasarkan penyajiannya!

  • Musik Ansambel Sejenis

Gambar Musik Ansambel Sejenis
Gambar Musik Ansambel Sejenis
https://www.gurupendidikan.co.id/

Musik ansambel sejenis adalah  bentuk penyajian musik ansambel dengan menggunakan alat musik sejenis, misalnya adalah alat musik gesek, ansambel untuk alat musik tiup, ansambel untuk alat musik gitar dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Musik Ansambel Campuran

Gambar Musik Ansambel Campuran
Gambar Musik Ansambel Campuran
https://www.belajarmusiku.com/

Musik ansambel campuran merupakan bentuk penyajian musik ansambel dengan menggunakan berbagai macam jenis alat musik. Misalnya adalah ansambel dalam Opera dan juga Gamelan.

  • Musik Ansambel Berdasarkan Peranan dan Fungsinya

Alat musik ansambel berdasarkan peranan dan fungsinya ini dikelompokkan lagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini jenis-jenis musik ansambel berdasarkan peranan dan fungsinya!

  • Ansambel Melodis

Gambar Ansambel Melodis
Gambar Ansambel Melodis
https://www.artikelmateri.com/

Musik ansambel melodis merupakan alat musik yang dimainkan dengan tujuan untuk menghasilkan rangkaian nada-nada yang menjadi melodi dari sebuah lagu. Dimana contoh yang ada dalam ansambel melodis ini adalah: piano, pianika, biola, terompet, tamborin, rekorder dan juga harmonika.

  • Ansambel Ritmis

Gambar Ansambel Ritmis
Gambar Ansambel Ritmis
https://www.gurupendidikan.co.id/

Musik ansambel ritmis merupakan alat musik yang dimainkan dengan tujuan untuk mengatur irama dari sebuah lagu. Contohnya adalah: tamborin, drum set, triangle, gong dan juga gendang

  • Ansambel Harmonis

Gambar Ansambel Harmonis
Gambar Ansambel Harmonis
https://i2.wp.com/www.silontong.com

Musik ansambel harmonis merupakan alat musik yang dimainkan dengan tujuan sebagai pemain melodi lagu dan juga untuk mengatur irama dari sebuah lagu. Contohnya adalah: piano, organ, keyboard, siter dan sasando.

  • Musik Ansambel Berdasarkan Sumber Bunyinya

Alat musik ansambel berdasarkan golongannya ini dikelompokkan lagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini jenis-jenis musik ansambel berdasarkan golongannya.

  • Alat Musik Aerophone

Gambar Alat Musik Aerophone
Gambar Alat Musik Aerophone
https://alatmusikyoys.netlify.app/

Alat musik Aerophone merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara, dimana biasanya jenis alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup. Contoh alat musik aerophone adalah: pianika, terompet, harmonika, recorder, seruling.

  • Alat Musik Membranofon

Gambar Alat Musik Membranofon
Gambar Alat Musik Membranofon
https://www.alatmusik.id/

Alat musik membranofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari selaput tipis, kulit, plastik atau mika. Membranofon merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditepuk atau pukul, contoh dari alat musik membranofon adalah: drum, kendang, ketipung, rebana dan tamborin.

  • Alat Musik Kordofon

Gambar Alat Musik Kordofon
Gambar Alat Musik Kordofon
https://blog.elevenia.co.id/

Alat musik kordofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari senar, tali, kawat, dawai dan dimainkan dengan cara digesek atau bisa juga dengan cara dipetik. Contoh dari alat musik kordofon adalah: biola, harpa, gitar, rebab, mandolin dan kecapi.

  • Alat Musik Idiofon

Gambar Alat Musik Idiofon
Gambar Alat Musik Idiofon
https://byhedi.files.wordpress.com/

Alat musik idiofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari bahan dasarnya pada saat dimainkan, contoh alat musik idiofon ini adalah angklung, gong dan juga kolintang.

  • Alat Musik Elektrofon

Gambar Alat Musik Elektrofon
Gambar Alat Musik Elektrofon
https://hai.grid.id

Alat musik elektrofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari listrik. Dimana contoh dari musik elektrofon ini adalah organ listrik dan juga gitar listrik.

  • Musik Ansambel Berdasarkan Cara Memainkan

Alat musik ansambel berdasarkan cara memainkannya ini dikelompokkan lagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini merupakan jenis-jenis musik ansambel berdasarkan cara memainkannya.

  • Alat Musik Pukul

Gambar Alat Musik Pukul
Gambar Alat Musik Pukul
https://www.haibunda.com/

Contoh dari musik ansambel yang dimainkan dengan cara dipukul ini adalah drum, bongo, gendang, saron, kolintang dan juga cymbal.

  • Alat Musik Petik

Gambar Alat Musik Petik
Gambar Alat Musik Petik
https://www.orami.co.id/

Contoh dari musik ansambel yang dimainkan dengan cara dipetik ini adalah gitar, harpa dan juga kecapi.

  • Alat Musik Tiup

Gambar Alat Musik Tiup
Gambar Alat Musik Tiup
https://www.republika.co.id/

Contoh dari musik ansambel yang dimainkan dengan cara ditiup ini adalah recorder, pianika, flute, terompet, saxophone, seruling, dan juga klarinet.

  • Alat Musik Digoyangkan/Digetarkan

Gambar Alat Musik Digoyangkan Atau Digetarkan
Gambar Alat Musik Digoyangkan atau Digetarkan
https://bobo.grid.id/

Contoh dari musik ansambel yang dimainkan dengan cara digoyangkan atau digetarkan ini adalah angklung dan ringbell.

  • Alat Musik Gesek

Gambar Alat Musik Gesek
Gambar Alat Musik Gesek
http://rekwebreza.blogspot.com/

Contoh dari musik ansambel yang dimainkan dengan cara digesek ini adalah biola, rebab dan juga cello.

  • Alat Musik Ditekan

Gambar Alat Musik Ditekan
Gambar Alat Musik Ditekan
https://blue.kumparan.com/

Contoh dari musik ansambel yang dimainkan dengan cara ditekan ini adalah piano dan juga organ.


Fungsi Alat Musik Ansambel

Gambar Fungsi Alat Musik Ansambel
Gambar Fungsi Alat Musik Ansambel
https://asset.kompas.com/

Alat musik ansambel ini juga mempunyai beberapa macam fungsi-fungsi menurut Susetyo (2007). Berikut ini fungsi-fungsinya!

  1. Digunakan sebagai sarana ritual. Misalnya adalah di wilayah Bali, dimana musik ansambel ini dimainkan untuk mengiringi upacara atau digunakan untuk mengiringi acara keagamaan yang ada di gereja.
  2. Digunakan sebagai ungkapan pribadi yang pada umumnya berupa hiburan untuk diri sendiri. Hal ini berarti musik ansambel bisa memberikan hiburan baik itu untuk diri sendiri atau untuk orang lain yang sedang menonton pertunjukan tersebut.
  3. Digunakan sebagai presentasi estetis, yakni digunakan untuk memenuhi kebutuhan estetika dan juga untuk berekspresi serta untuk apresiasi sebuah seni.

Cara Memainkan Alat Musik Ansambel

Gambar Cara Memainkan Alat Musik Ansambel
Gambar Cara Memainkan Alat Musik Ansambel
https://kids.grid.id/

Adapun menurut Hartoyo (1994) ada beberapa hal yang harus diperhatikan apabila ingin memainkan alat musik ansambel. Berikut ini merupakan hal-hal yang harus diperhatikan tersebut!

  1. Perhatikan aransemen dari lagu.
  2. Perhatikan tentang kedisiplinan pada saat bermain dari masing-masing pemainnya.
  3. Perhatikan kemahiran atau kemampuan dari masing-masing para pemain.
  4. Perhatikan tentang keseimbangan yang dihasilkan dari masing-masing bunyi instrumen.
  5. Berlatihlah secara disiplin dan juga berulang-ulang.

Penutup

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai alat musik ansambel, dimulai dari sejarah, jenis, fungsi dan cara memainkannya. Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca sekalian dalam mengenali dan memahami tentang alat musik ansambel dan semoga penjelasannya dapat dipahami dengan baik!


Alat Musik Ansambel
sumber referensi:

https://dosenpendidikan.co.id/ansambel/
https://pendidikan%20.co.id/pengertian-musik-ansambel/
https://hedisasrawan.blogspot%20.com/2019/07/musik-ansambel-artikel-lengkap.html-

Default image
FITRI
"Menulis menjadi sebuah solusi dalam menuangkan beban yang tak pernah tersampaikan lewat sebuah ucapan"

Leave a Reply

error: Content is protected !!