Alat Musik Bonang : Sejarah, Jenis, Fungsi dan Cara Memainkan

Alat Musik Bonang – Bonang merupakan alat musik pukul yang mempunyai bentuk mirip seperti gong kecil, dimana alat musik Bonang ini adalah alat musik tradisional dari Jawa Tengah.

Lalu apa sih sebenarnya sejarah dari alat musik Bonang ini? Yuk langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!


Sejarah dan Pengertian Alat Musik Bonang

Gambar Sejarah Dan Pengertian Alat Musik Bonang
Gambar Sejarah dan Pengertian Alat Musik Bonang
https://www.kibrispdr.org/

Bonang merupakan alat musik yang digunakan dalam gamelan Jawa. Dimana alat musik Bonang juga merupakan instrumen yang terkemuka di Degung Gamelan Sunda, dimana Bonang ini berbentuk seperti koleksi gong kecil (biasanya disebut dengan ceret atau pot) yang ditempatkan secara horizontal ke string dalam bingkai kayu atau rancak, baik itu secara satu atau dua baris lebar.

Semua ceret tersebut mempunyai bos pusat, tetapi di sekelilingnya yang mempunyai nada rendah ditandai dengan kepala datar, sedangkan untuk yang lebih tinggi ditandai dengan adanya lengkungan berjumlah satu.

Masing-masing tentunya sesuai untuk lapangan tertentu dalam skala yang juga sesuai, hal inilah yang menyebabkan adanya perbedaan antara Bonang pelog dan slendro.

Bonang biasanya dipukul dengan menggunakan alat pemukul berupa tongkat berlapis. Hal ini tentunya sama dengan cara memainkan gong di dalam gamelan, yakni kethuk, kempyang dan juga kenong.

Alat musik Bonang dibuat dengan menggunakan bahan perunggu yang dipalsukan, kemudian di las dan didinginkan lalu di palu besi, Bonang juga bisa menggunakan kombinasi dari logam.

Selain alat musik ini mempunyai bentuk yang mirip seperti ceret, tetapi untuk Bonang yang ekonomis yang dibuat dari besi di palu atau kuningan pelat dengan mengangkat bos ini sering ditemukan di desa gamelan, yakni dalam gamelan Suriname-gaya dan juga di beberapa gamelan Amerika.

Bonang tersebut mirip dengan reog Bali. Dimana di wilayah Jawa sendiri terdapat 3 jenis Bonang yang digunakan, yakni ada Panerus Bonang, dimana Bonang ini menggunakan ketel terkecil.

Barung Bonang yang mempunyai nada satu oktaf di bawah panerus, dan yang terakhir adalah Panembung Bonang yang merupakan nada rendah jika dibandingkan dengan jenis-jenis Bonang lainnya. Adapun bagian yang dimainkan oleh Bonang Barung dan Bonang Penerus ini lebih komplek jika  dibandingkan dengan banyak instrumen gamelan, sehingga secara umum jenis Bonang tersebut dianggap sebagai instrumen mengelaborasi.


Jenis-Jenis Alat Musik Bonang

Seperti pada penjelasan di atas, bahwa alat musik Bonang ini dibagi menjadi beberapa jenis. Dimana jenis-jenis tersedia dibedakan berdasarkan fungsi dan juga tinggi dari nadanya. Berikut ini penjelasan lengkapnya mengenai jenis-jenis alat musik Bonang!

  • Bonang Penerus

Gambar Bonang Panerus
Gambar Bonang Panerus
https://ki-demang.com

Bonang penerus merupakan alat musik yang mempunyai nada paling tinggi jika dibandingkan dengan jenis Bonang lainnya. Dimana Bonang ini memakai ketel dengan ukuran yang terkecil.

Alat musik Bonang ini juga mencangkul nada hingga dua oktaf dalam instrumen solo dengan nada tinggi tersebutlah biasanya Bonang penerus tidak digunakan untuk lagu-lagu tuntunan. Biasanya, Bonang panerus ini akan dimainkan secara bersamaan dengan Bonang barung pada lagu-lagu jalin.

  • Bonang Barung

Gambar Bonang Barung
Gambar Bonang Barung
https://mimo-international.com/

Bonang barung merupakan alat musik yang mempunyai ukuran oktaf sedang hingga tinggi. Dimana dalam permainan ansambel biasanya alat musik Bonang barung akan digunakan sebagai instrumen pembuka yang menuntun jalannya lagu.

Bonang barung ini juga bisa digunakan untuk mengantisipasi nada yang akan datang, seperti pada teknik lagu pipilan. Bonang jenis barung ini juga bisa dijadikan sebagai pembuka dan juga penuntun dalam gendhing.

  • Bonang Panembung

Gambar Bonang Panembung
Gambar Bonang Panembung
https://vetter.sites.grinnell.edu

Bonang panembung merupakan jenis Bonang yang mempunyai ukuran paling besar, dimana dengan ukuran tersebutlah Bonang jenis ini lebih mudah dibedakan jika dibandingkan dengan Bonang penerus dan Bonang barung.

Adapun apabila Bonang panembung ini dimainkan, maka Bonang akan menghasilkan nada oktaf yang paling rendah jika dibandingkan dengan jenis alat musik Bonang yang lainnya.


Fungsi Alat Musik Bonang

Gambar Fungsi Alat Musik Bonang
Gambar Fungsi Alat Musik Bonang
https://review.bukalapak.com

Alat musik Bonang biasanya identik dengan permainan musik tradisional, dimana biasanya alat musik ini akan dimainkan dalam beberapa acara adat atau kenegaraan.

Tapi apakah kalian tahu, ternyata ada beberapa fungsi lainnya yang ada di alat musik Bonang ini loh, langsung saja daripada terus penasaran yuk, simak penjelasan fungsi-fungsi dari musik Bonang di bawah ini!

  1. Bonang merupakan alat musik yang termasuk kedalam bagian dari gamelan Jawa dalam berbagai pertunjukan seni, seperti wayang kulit, wayang golek dan juga wayang orang.
  2. Bonang merupakan alat musik yang dimainkan secara bersamaan dengan gamelan untuk meramaikan acara pawai atau untuk perlombaan.
  3. Bonang bisa digunakan untuk upacara kenegaraan yang bersifat sakral (dimana dulunya Bonang juga digunakan sebagai pengiring pada saat perang dengan sebutan mardaga).
  4. Bonang digunakan untuk mengiringi acara adat tradisional seperti pada acara tertentu tujuh bulanan dan juga khitanan.

Cara Memainkan Alat Musik Bonang

Gambar Cara Memainkan Alat Musik Bonang
Gambar Cara Memainkan Alat Musik Bonang
https://felderfans.com/

Tentunya untuk memainkan alat musik Bonang tidak bisa dilakukan secara sambatan, dimana untuk memainkan alat musik Bonang ini membutuhkan beberapa langkah yang harus diperhatikan. Lalu apa saja langkah-langkahnya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

  1. Siapkan terlebih dahulu alat pemukul atau penabuh yang dibuat dari bahan kayu yang sudah dililitkan kain dan juga benang.
  2. Kemudian pegang alat pemukul di tangan kiri dan juga tangan kanan.
  3. Pukul musik Bonang pada bagian tengah penclok untuk menghasilkan nada atau bunyi yang tepat.
  4. Musik Bonang juga bisa dimainkan dengan memukul dua nada penclon bonang sekaligus.
  5. Gunakan teknik mipil, yakni dengan memukul nada satu persatu pada penclon Bonang.

Cara Membuat Alat Musik Bonang

Gambar Cara Membuat Alat Musik Bonang
Gambar Cara Membuat Alat Musik Bonang
https://www.dictio.id

Pada penjelasan diatas kita sudah mengetahui tentang sejarah, jenis-jenis, fungsi dan cara memainkannya. Tentunya tidak akan sempurna jika kita tidak mengetahui tentang cara membuat alat musik Bonang, lalu apa saja hal-hal yang harus diperhatikan? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

  1. Siapkan terlebih dahulu balok dengan ukuran yang sudah ditentukan, dimana balok tersebut akan dijadikan sebagai badan alat musik Bonang.
  2. Kemudian untuk bagian kaki dari musik Bonang akan menggunakan balok dengan ukuran yang lebih kecil sebanyak 4 buah.
  3. Empat balok kecil tersebut akan digunakan sebagai kaki, kemudian nantinya pasang dengan bagian badan bonang, yakni balok yang berukuran besar tadi.
  4. Kemudian siapkan bulatan dan juga silinder berjumlah 12 buah, dan gabungkan keduanya. Bagian tersebut digunakan sebagai piringan untuk musik Bonang ini.
  5. Kemudian buat 2 alat pemukul untuk musik Bonang. Adapun cara membuatnya adalah dengan cara menggabungkan dua bulatan dengan satu buat silinder yang mempunyai bentuk panjang dan juga pipih.
  6. Buat silinder dengan ukuran yang kecil dan juga besar, buat sebanyak dua buah. Dimana pada setiap alas silinder tersebut akan disatukan dengan dua bulatan.
  7. Satukan semua bagian badan dari musik Bonang, baik itu dari sisi kanan atau sisi kiri atas.

Penutup

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai alat musik bonang, dimulai dari sejarah, jenis, fungsi, cara memainkan dan juga cara membuatnya.

Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca sekalian dalam mengenali dan memahami tentang alat musik bonang dan semoga penjelasannya dapat dipahami dengan baik!


Alat Musik Bonang
sumber referensi:

https://tukangeetik.blogspot.com/2018/01/makalah-alat-musik-bonang.html
https://review.bukalapak.com/hobbies/alat-musik-bonang-114720
https://lagudaerah.id/bonang/-

Default image
FITRI
"Menulis menjadi sebuah solusi dalam menuangkan beban yang tak pernah tersampaikan lewat sebuah ucapan"

Leave a Reply

error: Content is protected !!