Alat musik Calung : Sejarah, Jenis, Fungsi dan Cara Memainkan

Alat musik Calung – Calung adalah alat musik yang berkembang di wilayah Sunda, Jawa Barat dan juga di wilayah Banyumas, Jawa Tengah dimana alat musik ini terdiri dari susunan tabung bambu.

Lalu bagaimanakah sejarah dari alat musik Calung ini? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!


Sejarah dan Perkembangan Alat Musik Calung

Gambar Sejarah Dan Perkembangan Alat Musik Calung
Gambar Sejarah dan Perkembangan Alat Musik Calung
https://id.wikipedia.org

Apakah kalian tahu, ternyata pada zaman dahulu biasanya para pemuka memainkan sebuah alat musik tradisional pada saat senggang atau di ssla-sey pekerjaannya.

Hal ini dikarenakan alat musik bisa membantu mengusir burung dan juga hama lainnya yang ada di ladang, adapun alat musik yang digunakan adalah kekeprak atau alat musik yang terbuat dari belahan bambu.

Kekeprak merupakan alat musik yang dibunyikan dengan cara digerakkan dengan menggunakan air yang jatuh dari pancuran.

Kemudian alat tersebutlah yang berkembang menjadi calung, bahkan hingga saat ini sudah banyak sekali variasi bentuk dan juga jenis yang berbeda-beda, misalnya adalah calung gamelan, calung gambang dan juga calung jinjing.

Di wilayah Parung, Tasikmalaya mempunyai sebuah upacara yang disebut dengan tarawangsa, dimana pada upacara tersebutlah alat musik calung ini akan dikolaborasikan dengan menggunakan alat musik tarawangsa sebagai ritual penghormatan terhadap Dewi Sri.

Biasanya alat yang dipakai untuk upacara tersebut adalah calung jenis rantay. Lagu yang dibawakan pada saat upacara juga merupakan sebuah lagu yang berisikan pujian-pujian terhadap Dewi Sri.

Perpaduan dalam mengkomposisikan lagu, gending, guyonan dan juga lawakan merupakan sebuah garapan musik yang sangat digemari oleh seluruh lapisan dari masyarakat, terutama pada kesenian Jawa Barat.


Pengertian Alat musik Calung

Gambar Pengertian Alat Musik Calung
Gambar Pengertian Alat musik Calung
https://felderfans.com

Calung merupakan alat musik tradisional yang berasal dari wilayah Jawa Barat, dimana alat musik ini dibuat dengan menggunakan bahan bambu hitam atau awi Wulung yang merupakan bahasa dari daerahnya.

Awi Wulung merupakan salah satu jenis bambu yang banyak ditemukan di tanah Pasundan, khususnya di daerah Jawa Barat. Adapun ciri khas dari bambu ini adalah warnanya yang gelap dan bambu tersebut menjadi bahan utama dalam pembuatan alat musik calung.

Selain menggunakan bambu hitam, bambu putih ini juga sering digunakan untuk membuat kerajinan yang lainnya. Dimana pada awalnya calung merupakan sebuah prototipe atau purwarupa dari alat musik angklung.

Masyarakat yang ada di Jawa Barat ini ingin menciptakan suatu alat musik tradisional yang bisa menghasilkan tangga nada yang harmonis.

Satu musik calung bisa menghasilkan lebih dari 5 nada, dimana musik ini dimainkan dengan cara menabuh dan memukul batang dari ruas-ruas yang tersusun secara berurutan sesuai dengan tangga nada pentatonik, yakni da-mi-na-ti.

Di wilayah Pasundan sendiri calung sudah sangat berkembang pesat dikarenakan kekhasan suaranya yang bisa membuat masyarakat Jawa Barat merasa terhanyut dalam alunan musik calung.

Dimana musik calung ini sangat serasi dengan suasana yang ada di daerah Jawa Barat yang terkenal dan juga asri, bahkan masih kental dengan adat istiadatnya.


Jenis-Jenis Alat musik Calung

Di wilayah Sunda sendiri, alat musik calung ini mempunyai beragam jenis yang bisa digunakan. Sedangkan calung yang berada dari Banyumas ini hanya mempunyai satu macam yang dikenal dengan nama calung Banyumasan. Untuk lebih jelasnya yuk simak penjelasan di bawah ini!

  • Calung Rantay

Gambar Calung Rantay
Gambar Calung Rantay
https://www.auralarchipelago.com

Calung Rantay merupakan calung yang terdiri dari bilah-bilah bambu dengan jumlah 19 batang, dimana calung tersebut dipasang secara berurutan dengan menggunakan ikatan-ikatan tali kulit bambu, dimulai dari urutan terbesar kemudian terkecil.

Adapun jenis dari Cakung ini terdiri dari dua untaian, yakni Cakung rincik (anak) dan juga calung indung (induk). Calung rantay biasanya dimainkan dengan cara yakni memukul batang bambu atau wilahan dengan menggunakan bantuan alat pemukul dengan dua tangan sambil duduk sila.

Cakung ini berubah menjadi calung yang digunakan menjadi kesenian hiburan, dimana pada awalnya terjadi pada tahun 1960 dan dimainkan sebanyak 4 orang.

  • Calung Jinjing

Gambar Calung Jinjing
Gambar Calung Jinjing
https://www.suarawajarfm .com

Calung jinjing merupakan calung yang dibuat dengan menggunakan susunan bambu bernada yang disatukan dengan sebilah panir atau bambu kecil, dimana susunan tersebut terdiri dari lima atau tujuh buah bambu.

Calung jinjing ini dimainkan dengan cara posisi badan akan berdiri, kemudian tangan kiri digunakan untuk memegang calung sementara tangan kanan digunakan untuk memukul calung.

Calung jinjing ini mempunyai 4 bagian terpisah. Bagian-bagian tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Calung kingking, dimana Calung ini mempunyai 12 hingga 15 bilah bambu dan mempunyai urutan nada yang paling tinggi.
  2. Calung panepas merupakan calung yang mempunyai 5 bilah bambu, dimana untuk nada terendahnya dimulai dari kingking.
  3. Calung jongjrong merupakan calung yang mirip dengan panepas. Tetapi, nada yang dihasilkan dimulai dari nada terendah panepas.
  4. Calung gonggong merupakan calung yang mempunyai dua bilah bambu dan menghasilkan nada dengan suara terendah.
  • Calung Banyumas

Gambar Calung Banyumas
Gambar Calung Banyumas
https://www.ethnic-ina.com/

Calung Banyumas merupakan calung yang berasal dari Jawa Tengah, tepatnya berasal di wilayah Banyumas. Dimana calung Banyumas ini sudah sangat terkenal dan sudah menjadi bagian dari alat musik tradisional dari wilayah ini.

Calung Banyumas adalah sebuah seni pertunjukan yang mirip dengan gamelan Jawa Tengah. Dimana calung Banyumas terdiri dari dua nada yakni slendro dan juga pelog, adapun calung yang paling sering dimainkan adalah calung laras slendro.

Calung Banyumas juga sering dikenal dengan sebutan calung lengger. Hal ini dikarenakan calung tersebut digunakan sebagai pengiring tarian Lengger pada saat acara pernikahan, khitanan atau ritual adat.

Calung Banyumas juga terdiri dari beberapa gabungan instrumen musik lainnya, misalnya adalah gambang barung, gambang panerus, slenthem, kenong dan juga gong sebul.


Fungsi Alat Musik Calung

Gambar Fungsi Alat Musik Calung
Gambar Fungsi Alat Musik Calung
https://cdnt.orami.co.id/

Pada penjelasan diatas kita sudah menjelaskan tentang jenis-jenis dari alat musik calung, lalu bagaimana dengan fungsi dari musik calung ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

  • Digunakan Dalam Upacara Pertanian

Calung merupakan alat musik yang juga digunakan untuk pertanian. Dimana pembuatan dari musik calung dan juga memainkan alat musik ini juga terbilang tidak mudah, karena itulah alat musik ini juga menjadi salah satu alat musik yang akan dimainkan untuk upacara pertanian.

  • Digunakan Untuk Mencegah Bala

Apakah kalian tahu, ternyata calung juga disakralkan pada saat calung tersebut memainkan irama atau tembang lagu tertentu. Bahkan ada juga beberapa masyarakat yang masih mempercayai bahwa dengan memainkan alat musik ini, mereka akan terhindar dari mara bahaya atau bala.

  • Digunakan Sebagai Media Penghibur

Calung merupakan alat musik yang pada dulunya digunakan sebagai alat musik upacara, tetapi karena seiring dengan perkembangan zaman, maka alat musik ini sudah berubah menjadi kesenian lokal yang bisa menghibur para masyarakat sekitar.


Cara Memainkan Alat Musik Calung

Gambar Cara Memainkan Alat Musik Calung
Gambar Cara Memainkan Alat Musik Calung
https://www.alatmusik.id/

Apabila angklung dimainkan dengan cara digoyangkan, maka berbeda halnya dengan calung. Calung merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara memukul pada bilahnya atau ruas bambu yang tersusun sesuai dengan laras pentatonik da-mi-na-ti-la yang digunakan untuk masyarakat Sunda dan ji-ro-lu-ma-nem yang digunakan untuk masyarakat Banyumas.

Calung rantay dan juga calung gambang biasanya dimainkan dengan cara yang sama, yakni dengan menggunakan bantuan dari dua buah alat pemukul. Alat pemukul tersebut akan dipegang dengan menggunakan sebelah tangan kanan dan juga sebelah kiri.

Sedangkan untuk permainannya sendiri tergantung kepada keterampilan dari masing-masing pemainnya dalam membawakan sebuah melodi-melodi lagu. Sedangkan calung jinjing biasanya akan dimainkan dengan 4 orang pemain, hal ini sesuai dengan jumlah dari bagian-bagian yang ada pada calung tersebut.

Setiap calung jinjing akan dimainkan dengan menggunakan bantuan satu buah alat pukul. Tangan sebelah kiri akan digunakan untuk memegang calung, sedangkan untuk tangan sebelah kanan digunakan untuk memegang alat pemukul.

Keempat calung jinjing tersebut biasanya dimainkan secara bersama-sama tergantung pada fungsi dari masing-masing bagiannya. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah utama dan juga melodi yang sangat indah, sehingga diperlukannya sebuah kerjasama yang baik antara para pemainnya.


Cara Membuat Alat Musik Calung

Gambar Cara Membuat Alat Musik Calung
Gambar Cara Membuat Alat Musik Calung
https://jabar.tribunnews.com

Pada penjelasan diatas kita sudah membahas alat musik calung secara lengkap, dimana tentunya tidak akan lengkap jika kita juga tidak membahas tentang cara membuat musik calung. Langsung saja yuk simak proses pembuatan musik calung di bawah ini!

  1. Pemilahan bambu, dimana bambu yang digunakan juga tidaklah sembarangan, melainkan calung dibuat dengan menggunakan bambu yang berkualitas baik, seperti bambu wulung. Selanjutnya apabila bambu tersebut sudah ditebang, maka bambu akan dikeringkan dengan tujuan agar bambu semakin kuat dan semakin berkualitas.
  2. Proses selanjutnya adalah dilakukan penyeteman, yakni penyesuaian nada dengan cara memotong bambu yang sudah disesuaikan dengan tangga nada yang akan digunakan, baik itu pelog atau slendro.
  3. Kemudian lakukan perakitan yakni penyusunan pada sebuah tongkat yang dipisahkan dengan sebuah bambu, fungsinya adalah digunakan sebagai pegangan calung.
  4. Tahap yang terakhir adalah pembuatan tongkat pemukul, dimana seperti yang sudah kita tahu untuk memainkan alat musik calung maka dibutuhkan bantuan berupa alat pemukul. Tongkat tersebut dibuat dengan menggunakan bahan kayu di mana pada bagian ujungnya dilapisi dengan menggunakan sebuah karet.

Penutup

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai alat musik calung, dimulai dari sejarah, jenis, fungsi, cara memainkan dan juga cara membuatnya. Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca sekalian dalam mengenali dan memahami tentang alat musik calung dan semoga penjelasannya dapat dipahami dengan baik!


Alat musik Calung
sumber referensi:

https://www.orami.co.id/magazine/alat-musik-calung/
https://www.alatmusik.id/musik/Alat-Musik-Calung/
https://felderfans.com/alat-musik-calung/#Fungsi_Alat_Musik_Calung

Default image
FITRI
"Menulis menjadi sebuah solusi dalam menuangkan beban yang tak pernah tersampaikan lewat sebuah ucapan"

Leave a Reply

error: Content is protected !!