Alat Musik Harmonika : Contoh, Pengertian dan Cara Memainkan

Alat Musik Harmonika – Alat musik harmonika merupakan salah satu alat musik yang sudah mendunia, dimana alat musik ini berupa alat musik tiup yang berasal dari China.

Dimana harmonika merupakan salah satu keluarga dari alat musik tiup, lalu apa sih sebenarnya sejarah atau alat musik harmonika ini? Yuk, langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!


Sejarah dan Perkembangan Alat Musik Harmonika

Gambar Sejarah Dan Perkembangan Alat Musik Harmonika
Gambar Sejarah dan Perkembangan Alat Musik Harmonika
https://swgcharacterbuilder.com

Harmonika merupakan salah satu jenis alat musik tiup yang sumber bunyinya berupa pelat getar atau red yang dipasangkan pada piring pelat getar, dimana pada saat dilewati udara maka reed akan meresponnya dengan cara bergetar secara bolak-balik melalui lubang yang sudah dibuat pada reed plat dan bisa menghasilkan bunyi.

Lantas bagaimana sih sebenarnya perkembangan dari alat musik harmonika ini? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

  • Tahun 1821

Pada tahun 1821 ada seseorang yang bernama Christian Friedrich Buschmann, dimana beliaulah yang menemukan harmonika modern, yakni sebuah instrumen musik tiup sederhana yang terdiri dari plat-plat getar yang terbuat dari logam dengan susunan secara horizontal dan juga mempunyai bentuk model yang sederhana yang hanya menyediakan nada tiup kromatis.

Sehingga pada akhirnya model pertama dari Buschmann tersebut banyak dicontoh dan juga banyak dikembangkan menjadi bentuk yang lebih baik lagi. Hal ini bisa dilihat pada salah satu contoh harmonika buatan Richter yang merupakan desain awal dari sebuah harmonika modern.

  • Tahun 1826

Pada tahun 1826 Richter mengembangkan variasi harmonika dengan 10 lubang tetap dan juga 20 pelat getar dengan pemisahan fungsi pelat yang ditiup dan juga dihisap. Dimana pada akhirnya nada yang dibuat oleh Richter disebut sebagai nada diatonis dan juga merupakan nada standar dari musik harmonika.

  • Tahun 1847

Pada tahun 1847 keluarga dadi Seydel yakni Johan Christian dan Christian August Seydel yang sebelumnya merupakan keluarga dari penambangan yang berada di Sachsenberg-Georgenthal/Saxony memulai untuk mengembangkan usaha berupa pembuatan alat musik harmonika, hal ini dikarenakan kegiatan usaha penambangannya yang dihentikan.

Klingenthal yang berada di bawah kaki gunung Aschberg merupakan salah satu tempat dimana pabrik dari musik harmonika ini terletak, kemudian Seydel semakin meyakinkan diri sebagai pabrik atau tempat pembuatan harmonika di seluruh wilayah yang berada di Saxony.

  • Tahun 1857

Pada tahun 1857 pengrajin jam dari Jerman yang bernama Matthias Hohner telah memutuskan untuk menjadi produksi musik harmonika, sehingga bisnis dari musik harmonika resmi dimulai. Dimana berkat bantuan dari keluarganya, beliau bisa memproduksi 650 harmonika pada saat itu.

Pada tahun 1862 ini juga ia memperkenalkan harmonikanya ke wilayah Amerika’ Utara dan juga merupakan sebuah langkah yang bisa membawa pabrik Hohner menjadi salah satu produsen nomor satu untuk musik harmonika.

  • Tahun 1887

Pada tahun 1887 Hohner bisa memproduksi lebih dari 1 juta harmonika pada setiap tahunnya, dimana sekarang beliau sudah memproduksi hingga lebih dari 90 model harmonika dengan berbagai jenis, nada dan juga model.

Dimana musik ini bisa digunakan untuk memainkan berbagai macam gaya musik, dimulai dari musik pop, blues, rock, country, ska dan masih banyak lagi yang lainnya.


Pengertian Alat Musik Harmonika

Gambar Pengertian Alat Musik Harmonika
Gambar Pengertian Alat Musik Harmonika
https://www.materipelajaran.web.id/

Alat musik harmonika merupakan salah satu jenis alat musik tiup yang mempunyai bentuk berupa kotak dengan ukuran kecil, sederhana dan mudah apabila dibawa kemana-mana. Dimana alat musik ini mempunyai bunyi yang berbeda dari alat musik tiup yang lainnya.

Harmonika merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup, dimana sumber bunyinya berupa pelat getar atau reed yang dipasangkan pada piring pelat getar, dimana pada saat dilewati oleh udara maka reed akan merespon dengan cara bergetar secara bolak-balik melalui lubang yang sudah dibuat pada bagian reed plat sehingga bisa menghasilkan bunyi.

Harmonika berasal dari Negara China dimana alat musik tersebut diberi nama Sheng, instrumen tradisional China ini sudah digunakan sejak 5000 tahun yang lalu, yakni tepatnya pada sejak kekaisaran Nyu-Kwa. Alat musik harmonika dibuat dari bahan logam


Jenis-Jenis Alat Musik Harmonika

Alat musik harmonika ini bukan hanya terdiri dari satu jenis saja, melainkan terdiri dari berbagai jenis dengan bentuk dan fungsi yang berbeda-beda. Lalu apa saja sih jenis-jenis dari alat musik harmonika ini? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

  • Harmonika Yamada 24 Holes

Gambar Harmonika Yamada 24 Holes
Gambar Harmonika Yamada 24 Holes
https://www.blibli.com/

Harmonika Yamada 24 Holes merupakan jenis harmonika yang mempunyai lubang bersusun di atas dan bawah sebanyak 24 holes atau lubang.

Dimana jenis harmonika yamada ini cocok dengan anda yang ingin memainkan alat musik atau lagu dengan cara menekankan nada dengan bunyi vibrato yakni efek musik yang terdiri dari perubahan getar suara secara teratur.

Dimana apabila ingin memainkan nada vibrato ini, anda bisa melakukan dengan cara meniup atau menghisap pada lubang sambil menggesernya secara halus. Kemudian lubang yang dibunyikan secara bersamaan tersebut akan menghasilkan nada yang cukup banyak.

Sehingga apabila anda ingin menambahkan special sound effect pada iringan suatu musik atau grup band maka harmonika jenis inilah yang cocok digunakan untuk memperkaya suatu instrumen tersebut.

  • Golden Cup Chromatic JH-1040

Gambar Golden Cup Chromatic JH 1040
Gambar Golden Cup Chromatic JH-1040
https://www.bukalapak.com/

Golden Cup Chromatic JH-1040 merupakan jenis harmonika yang cocok digunakan untuk belajar memainkan alat musik tiup harmonika. Bukan hanya itu, harmonika jenis golden ini juga sangat pas digunakan untuk anda yang ingin memainkan nada minor yang berkualitas.

Hal ini dikarenakan salah satu kelebihan dari harmonika golden cup chromatic mempunyai nada minor dan juga nada mayor yang terbilang sempurna.

Bukan hanya itu, kelebihan lainnya yang ada di jenis alat musik harmonika ini adalah bisa mengatur aliran angin secara maksimal dengan cara menekan tombol yang ada pada sisi bagian yang ada di harmonika.

Tetapi, yang perlu diingat adalah anda juga harus bersungguh-sungguh untuk memperhatikan timing yang tepat untuk meniup, menghisap dan juga menggunakan tombol yang ada di alat musik harmonika ini. Dimana pada saat menggunakan musik harmonika jenis ini anda juga bisa memainkan nada kres dengan intonasi yang sempurna.

  • Hohner Silver Star

Gambar Hohner Silver Star
Gambar Hohner Silver Star
https://www.bukalapak.com/

Hohner Silver Star merupakan harmonika yang mempunyai kelebihan dari segi bahan yang digunakan. Dimana harmonika silver star ini dibuat dengan menggunakan bahan hybrid yang optimal untuk bisa memainkan musik yang indah dengan nada rendah.

Jenis harmonika ini berbahan kuningan yang dipadukan atau ditambahkan dengan menggunakan plastic bomb pada bagian lubang harmonikanya. Karena hal itu lah, harmonika jenis ini bisa tetap optimal dalam berbagai kondisi cuaca, baik itu panas atau dingin.

Apabila anda menginginkan sebuah harmonika yang impresif dan musik yang bernada rendah. Maka harmonika jenis hohner silver star inilah yang bisa dijadikan salah satu pilihannya.

  • Hohner Marine Band Crossover

Gambar Hohner Marine Band Crossover
Gambar Hohner Marine Band Crossover
https://harmonicatabs .net/

Hohner Marine Band Crossover merupakan jenis harmonika yang mempunyai konstruksi mengagumkan dan juga nada yang dihasilkan sangat amat menawan. Keunggulan dari harmonika jenis ini adalah konsepnya yang menggunakan new high end.

Dimana apabila rata-rata produk harmonika hanya berupa kuningan logam, maka berbeda dengan jenis harmonika ini yang diselimuti dengan menggunakan pelitur. Oleh sebab itulah nada atau suara yang dihasilkan oleh harmonika jenis ini lebih terjamin dan juga lebih jernih.

Harmonika hohner band crossover merupakan jenis harmonika diatonik, yakni mempunyai tujuh not yang berbeda pada satu oktaf dengan nada dasar A. Harmonika jenis ini juga sangat cocok digunakan sebagai pengiring aliran musik yang mempunyai genre blues.

Bukan hanya blues, melainkan juga bisa digunakan dalam aliran musik gospel, sehingga nantinya musik bisa terdengar lebih indah apabila dipadukan dengan jenis harmonika ini. Hal tersebut dikarenakan harmonika jenis ini bisa menghasilkan suara dengan nada rendah yang bright dan juga crisp.

  • C. A. Seydel Söhne Session Steel

Gambar C. A. Seydel Söhne Session Steel
Gambar C. A. Seydel Söhne Session Steel
https://www.thomann.de/
  1. A. Seydel Sohne Session Steel merupakan jenis harmonika yang dibuat di negara yang mempunyai ibu kota Berlin, yakni negara Jerman. Dimana keunggulan dari harmonika buatan Jerman ini adalah dengan adanya beragam tuning yang berbunyi spesial. Hal ini bisa dilihat dari salah satu contohnya, yakni tuning dengan kunci nada dasar F.

Kelebihan lainnya yang ada di dalam harmonika jenis ini adalah bisa membunyikan mas tinggi yang cukup berkualitas. Harmonika jenis ini menggunakan desain berbentuk bulat ergonomis.

Hal ini dikarenakan desain tersebut bisa memberikan kenyamanan pada bibir atau mulut pemain pada saat meniupnya. Sedangkan pada bagian lain dari harmonika, yakni pada reed dibuat dari bahan baja yang tahan akan karat. Sehingga pemain tidak perlu melakukan perawatan secara ekstra untuk menjaga kejernihan dari suara harmonika jenis ini.

  • Suzuki Musical Instruments Folkmaster 1072

Gambar Suzuki Musical Instruments Folkmaster 1072
Gambar Suzuki Musical Instruments Folkmaster 1072
https://shopee.co.id/

Suzuki Musical Instruments Folkmaster 1072 merupakan jenis harmonika yang terbilang mempunyai harga cukup ekonomis. Dimana keunggulan dari jenis harmonika ini adalah mudah melakukan tone bending dan timbre (yakni warna nada atau kualitas nada) lembut mendayu.

Apabila alat musik ini dibunyikan maka harmonika ini bisa menghasilkan suara timbre dengan tone yang mellow. Dimana harmonika jenis ini sangat direkomendasikan untuk seseorang yang ingin membeli harmonika pertamanya.

Hal ini dikarenakan harmonika jenis ini mempunyai kunci dasar C yang merupakan kunci dasar yang digunakan untuk pemain harmonika awam. Jenis harmonika ini juga minim Kan perawatan dan body dari harmonika ini juga mempunyai pelindung anti air.

  • Suzuki Winner Tremolo 16 Harmonica – C

Gambar Suzuki Winner Tremolo 16 Harmonica – C
Gambar Suzuki Winner Tremolo 16 Harmonica – C
https://theharmonicacompany .com/

Suzuki Winner Tremolo 16 Harmonica-C mempunyai kelebihan yakni pemain bisa belajar bunyi vibrato tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu banyak. Harmonika jenis ini dibuat dari bahan dasar plastik yang kuat dan juga tahan air.

Harmonika jenis ini didesain bukan hanya untuk pemula saja, melainkan juga bisa digunakan untuk anda yang intermediates. Harmonika jenis ini mempunyai 16 lubang yang bisa menghasilkan bunyi atau suara dengan nada dasar C.

Harmonika jenis ini juga merupakan salah satu jenis produk yang paling terjangkau atau murah. Tetapi, jangan khawatir dengan kualitasnya yang tidak perlu dikhawatirkan.

  • Swan 10/40 Chromatic Harmonica, Round Mouthpiece

40 Chromatic Harmonica, Round Mouthpiece
Gambar Swan 10/40 Chromatic Harmonica, Round Mouthpiece
https://hanyaberbagi.com

Swan 10/40 Chromatic Harmonica, Round Mouthpiece merupakan harmonika yang bukan hanya mempunyai genre musik jazz, folk, country, rock dan juga blues. Dimana terdapat 10 Giles atau lubang yang ada pada mouthpiece yang dipadukan dengan pengguna dari tombol slide yang bisa menghasilkan empat puluh nada dengan berbagai variasi dan juga terdengar merdu.

Harmonika jenis ini juga bisa dijadikan pilihan apabila anda yang ingin belajar memainkan alat musik harmonika dengan nada minor tetapi tidak mempunyai cukup biaya.

Hal ini dikarenakan harmonika jenis ini mempunyai harga yang terbilang cukup terjangkau dengan kualitas yang cukup baik, sehingga tidak perlu diragukan lagi apabila ingin membeli harmonika jenis ini.

  • Lee Oskar Harmonicas “Major Diatonic Harmonica”

Gambar Lee Oskar Harmonicas “Major Diatonic Harmonica”
Gambar Lee Oskar Harmonicas “Major Diatonic Harmonica”
https://www.amazon.com/

Lee Oskar Harmonica “Major Diatonic Harmonica” merupakan jenis harmonika yang sangat cocok dijadikan pilihan untuk memainkan gaya permainan melodies dengan fluid sesuai dengan ciri khas anda.

Dimana harmonika dengan jenis ini mempunyai dua teknik permainannya, yakni first position dan juga second position. Posisi yang pertama atau straight harp sangat cocok digunakan untuk permainan harmonika dengan gaya simple melodies.

Sedangkan untuk cross harp adalah gaya fluid yang digunakan untuk mengiringi komposisi dari grup band. Harmonika jenis ini juga sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin belajar berbagai macam-macam gaya bermain harmonika.

  • Suzuki Musical Instruments Airwave Harmonica

Gambar Suzuki Musical Instruments Airwave Harmonica
Gambar Suzuki Musical Instruments Airwave Harmonica
https://www.harmonica .com/

Suzuki Musical Instruments Airwave Harmonica merupakan jenis harmonika dengan lubang besar, dimana lubang tersebut akan memudahkan anak kecil untuk membunyikan harmonika pertamanya. Harmonika jenis suzuki musical instruments airwave ini merupakan jenis harmonika yang mempunyai lubang angin dengan ukuran yang cukup besar.

Bahan yang digunakan pada jenis harmonika ini juga dibuat dengan menggunakan plastik. Sehingga sangat cocok digunakan untuk anak-anak atau bisa digunakan oleh segala lapisan umur.

Hal tersebut dikarenakan harmonika jenis ini tidak mengandung unsur-unsur logam, sehingga tidak berbahaya meskipun digunakan oleh kaum anak-anak. Meskipun harmonika ini dibuat dari bahan plastik, maka jangan diragukan dari segi suaranya, dimana suara yang dihasilkan juga tidak kalah merdu jika dibandingkan dengan jenis-jenis harmonika yang lainnya.

Cara Memainkan Alat Musik Harmonika

Gambar Cara Memainkan Alat Musik Harmonika
Gambar Cara Memainkan Alat Musik Harmonika
https://www.kompasiana.com/

Memainkan alat musik harmonika juga tidak bisa secara sembarangan, melainkan terdapat beberapa cara atau teknik khusus dalam memainkannya. Lantas apa saja atau bagaimana cara memainkan alat musik harmonika? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

  • Memilih Jenis Harmonika Sesuai Dengan Kebutuhan

Yang pertama adalah pilihlah terlebih dahulu jenis harmonika yang akan digunakan, tentunya harus sesuai dengan kebutuhannya ya. Hal ini bertujuan agar anda bisa menemukan kenyamanan pada saat bermain musik harmonika.

Sehingga pastikan bahwa instrumen harmonika yang sudah anda pilih sudah sesuai dengan kebutuhan. Apabila anda baru memainkan atau baru mempelajari musik harmonika ini, maka disarankan Anda menggunakan harmonika dengan jenis golden cup chromatic JH-1040.

  • Cara Memegang Alat Musik Harmonika

Tentunya setelah menemukan harmonika yang dipilih, maka langkah selanjutnya adalah belajar untuk memegang alat musik ini, dimana musik harmonika mempunyai beragam gaya dalam memegangnya. Semua itu tergantung pada kecocokan dari setiap pemain dari musik harmonika itu sendiri.

Tetapi untuk anda kaum pemula, maka sebaiknya anda menggunakan teknik memegang harmonika yang cukup mudah. Karena dengan itulah anda tidak akan menemukan kesulitan pada saat bermain musik harmonika untuk yang pertama kalinya.

  • Teknik Meniup Harmonika Dengan Benar

Kemudian yang terakhir adalah belajar untuk meniup musik harmonika dengan benar. Dimana untuk memainkan alat musik ini anda bisa melakukan latihan meniup dan juga mengambil udara.

Berikut ini merupakan beberapa list nada yang bisa digunakan sebagai latihan harmonika, dimana anda bisa melakukan latihan setiap hari sampai anda benar-benar mulai terbiasa.

Do – Re – Mi – Fa – So – La – Si – Do. Dengan catatan atau note C = Tiup; E = Sedot; G = Tiup; C = Sedot; C = Tiup; E = Sedot; G = Tiup; C = Sedot.


Penutup

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai alat musik harmonika, dimulai dari sejarah, pengertian, jenis-jenis dan cara memainkannya. Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca sekalian dalam mengenali dan memahami tentang alat musik harmonika dan semoga penjelasannya dapat dipahami dengan baik!


Alat Musik Harmonika
sumber referensi:

https://felderfans.com/alat-musik-harmonika/
https://hanyaberbagi.com/alat-musik-harmonika/

Default image
FITRI
"Menulis menjadi sebuah solusi dalam menuangkan beban yang tak pernah tersampaikan lewat sebuah ucapan"

Leave a Reply

error: Content is protected !!