19+ Alat Musik Harmonis : Contoh, Gambar dan Cara Memainkan

Alat Musik Harmonis – Tahukah kamu apa saja jenis-jenis alat musik berdasarkan fungsinya? Jawabannya adalah alat musik melodis, alat musik ritmis, dan alat musik harmonis.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas bersama-sama mengenai alat musik harmonis. Mulai dari pengertian alat musik harmonis, jenis-jenis alat musiknya, dan bagaimana cara memainkannya.

Daripada dibuat semakin penasaran, yuk segera scroll ke bawah dan simak artikel lengkapnya di bawah ini.


Pengertian Alat Musik Harmonis

Alat Musik Harmonis
Alat Musik Harmonis
@www.pixabay.com

Harmoni dapat diartikan sebagai gabungan dari beberapa nada yang dimainkan secara bersamaan dan jadi sebuah satu kesatuan. Sehingga, alat musik Harmonis merupakan alat musik yang mampu menghasilkan tiga nada atau lebih secara bersamaan untuk menciptakan harmonisasi pada lagu.

Alat musik Harmonis ini dapat menghasilkan harmonisasi yang indah dalam sebuah lagu, karena jika dibandingkan dengan alat musik ritmis dan melodis, keduanya hanya memiliki satu nada bahkan tanpa nada.

Diketahui bahwa semua alat musik harmonis pasti juga termasuk ke dalam alat musik melodis. Akan tetapi tidak semua alat musik melodis termasuk ke dalam alat musik harmonis.

Ada berbagai jenis alat musik yang memiliki fungsi untuk menghasilkan harmoni. Di samping itu, cara memainkannya pun juga berbeda-beda, ada alat musik yang ditekan, ada juga yang dipetik, ada pula yang ditiup.


Ragam Jenis Alat Musik Harmonis

Alat musik harmonis sangat beraneka ragam. Alat musik jenis ini tidak hanya terdiri dari alat musik tradisional, melainkan juga banyak alat musik modern yang tergolong di dalam kategori alat musik harmonis.

Dengan demikian, mari kita simak penjelasan lengkap mengenai alat musik harmonis tradisional dan alat musik harmonis modern berikut ini.


Macam Macam Alat Musik Harmonis Tradisional

Jenis pertama adalah alat musik harmonis tradisional. Di Indonesia sendiri memiliki aneka ragam alat musik tradisional, dan beberapa di antaranya tergolong ke dalam alat musik harmonis.

Apa saja alat musik harmonis tradisional khas Indonesia? Untuk mengetahui jawaban lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan sebagai berikut.

No Alat Musik Harmonis Tradisional
1 Alat Musik Angklung
2 Alat Musik Bonang
3 Alat Musik Celempung dan Siter
4 Alat Musik Gambus
5 Alat Musik Kecapi
6 Alat Musik Kolintang
7 Alat Musik Rebab
8 Alat Musik Sampek
9 Alat Musik Sasando

Alat Musik Angklung

Alat Musik Angklung
Alat Musik Angklung
@www.99.co

Angklung adalah salah satu alat musik harmonis dan asalnya dari provinsi Jawa Barat. Alat musik jenis ini cukup populer di Indonesia bahkan ke Mancanegara.

Alat musik harmonis jenis ini menghasilkan bunyi dengan jenis idiofon. Bunyi jenis tersebut dihasilkan dari getaran antara bambu angklung. Dan cara menggunakannya cukup sederhana, yakni dengan cara menggetarkan dengan kedua tangan, maka bunyi harmoni akan terdengar.

Umumnya, alat musik Angklung ini dimainkan oleh banyak orang dan digetarkan secara bergantian sesuai dengan nada yang akan dibunyikan, karena pada dasarnya satu Angklung hanya memiliki satu buah nada saja.

Alat Musik Bonang

Alat Musik Bonang
Alat Musik Bonang
@id.wikipedia.org

Alat musik harmonis berikutnya diberi nama Bonang. Alat musik Gamelan jenis Bonang ini merupakan instrumen yang berupa gong kecil atau juga dikenal dengan sebutan ceret atau pot.

Setiap Ceret tersebut didesain dengan memiliki satu poros cembung atau disebut dengan pencon di bagian tengah atas. Bagian Pencon ini merupakan bagian pusat tempat pukul Bonang. Gong-gong kecil tersebut ditempatkan di atas string tali dalam bingkai kayu atau disebut dengan rancak.

Instrumen Bonang termasuk ke dalam keluarga alat musik pencon, yakni alat musik harmonis yang dibuat dari bahan logam dan berbentuk cekungan lengkap dengan poros cembungnya. Alat musik jenis ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tongkat pemukul khusus Pencon.

Terdapat 3 instrumen Bonang yang termasuk ke dalam alat musik Gamelan, di antaranya adalah Bonang Panembung, Bonang Barung, dan Bonang Penerus. Ketiga jenis Bonang tersebut didasarkan pada skala nada yang digunakan instrumen tersebut.

Alat Musik Celempung dan Siter

Alat Musik Celempung Dan Siter
Alat Musik Celempung dan Siter
@id.wikipedia.org

Celempung Siter adalah alat musik harmonis yang dimainkan dengan cara dipetik. Siter ini menyerupai Guzheng yang berasal dari China atau Sitar berasal dari India.

Alat musik Siter ini umumnya memiliki ukuran 20 x 50 cm. Siter biasa dibuat dari kayu jati dan dilengkapi dengan senar dengan jumlah 13 sampai 14 senar. Siter memiliki dua bagian sisi yang mengandung skala nada yang berbeda. Pada bagian sisi pertama disebut pelog dan bagian sisi yang lain disebut slendro.

Meskipun siter dan Celempung mirip dari segi bentuknya, namun keduanya berbeda dari segi jumlah senar yang dimilikinya. Alat musik Celempung hanya memiliki 11 senar sedangkan Siter 13 senar seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Di samping itu, nada yang dihasilkan Celempung dan Siter juga berbeda, yakni Celempung biasanya disetel satu oktaf dari alat musik Siter.

Alat Musik Gambus

Alat Musik Gambus
Alat Musik Gambus
@www.alatmusik.id

Alat musik Gambus sebenarnya adalah alat musik harmonis semacam mandolin yang berasal dari Timur Tengah. Setidaknya alat musik jenis memiliki 3 senar sampai 12 senar. Sebuah pertunjukan musik yang menggunakan alat musik utama berupa Gambus, maka dinamakan dengan Orkes Gambus atau disebut dengan Gambus saja.

Orkes Gambus biasa mengiringi tarian tradisional khas Melayu, seperti tari Zapin dan Tari Jepen yang semuanya dibawakan oleh pria untuk tari pergaulan. Lagu yang dibawakan ketika memainkan alat musik Gambus adalah dengan irama Timur Tengah serta temanya identik dengan tema keagamaan.

Dalam permainan alat musik harmonis jenis Gambus membutuhkan teknik penjarian. Teknik penjarian yang kerap dimainkan pada alat Gambus adalah tangga nada A minor yakni A-B-C-D-E-F-GIS-A.

Selain teknik penjarian, dalam memainkan alat musik Gambus juga dibutuhkan pelarasan oleh setiap pemusik. Pada alat musik harmonis Gambus dilakukan teknik pelarasan yang meliputi nada D untuk senar pertama atau senar paling bawah. Kemudian, nada A untuk senar kedua, nada E untuk senar ketiga, nada B untuk senar keempat.

  Alat Musik Gong : Contoh, Pengertian dan Cara Memainkan

Serta, nada E rendah untuk senar kelima atau senar paling atas. Akan tetapi, senar kelima merupakan senar tunggal yang berada paling atas sangat jarang dipakai untuk pengisian lagu-lagu.

Alat Musik Kecapi

Alat Musik Kecapi
Alat Musik Kecapi
www.99.co

Salah satu alat musik harmonis yang asalnya dari Sulawesi Barat adalah Kecapi. Alat musik kecapi sendiri merupakan alat musik yang unik dan khas. Pasalnya, alat musik ini semacam gitar namun memiliki bentuk persegi panjang.

Alat musik Kecapi merupakan alat musik yang tergolong alat musik kordofon, yakni alat musik yang dapat menghasilkan suara yang bervariasi dengan cara dipetik pada bagian senarnya dan diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan harmonisasi nada yang indah.

Alat Musik Kolintang

Alat Musik Kolintang
Alat Musik Kolintang
@www.percepat.com

Alat musik harmonis tradisional dan asalnya dari Sulawesi Utara dikenal dengan sebutan Kolintang. Alat musik harmonis jenis ini terbuat dari papan kayu yang dijajar dengan panjang dari paling pendek dan semakin memanjang di ujungnya.

Alat musik harmonis ini tergolong ke dalam alat musik idiofon. Dengan kata lain, alat musik Kolintang dari Sulawesi Utari ini dapat menghasilkan bunyi dengan variasi nada dengan cara dipukul dengan menggunakan pemukul khusus. Cara memukulnya juga dengan menggunakan 2 sampai 3 pemukul sekaligus secara bersamaan.

Alat Musik Rebab

Alat Musik Rebab
Alat Musik Rebab
@www.caraprofesor.id

Alat musik harmonis salah satunya berupa alat musik Rebab. Alat musik jenis ini berasal dari jazirah Arab dan menyebar luas sampai ke beberapa daerah di Indonesia.

Rebab merupakan alat musik harmonis tradisional yang berbentuk bulat yang dibuat dari bahan kayu serta dilapisi dengan membran dari kulit domba. Alat musik Rebab biasanya dilengkapi dengan 1 sampai 3 dawai secara musikal yang menghasilkan nada yang harmonis.

Dalam kesenian musik gamelan, instrumen Rebab memiliki peranan penting, yakni berperan sebagai penyelaras melodi dasar dari sebuah tembang yang didendangkan. Hal ini didukung dengan suara yang dihasilkan khas dan sangat nyaring.

Alat Musik Sampek

Alat Musik Sampek
Alat Musik Sampek
@www.gasbanter.com

Alat musik harmonis tradisional dari Indonesia selanjutnya adalah alat Sampek. Alat musik petik ini tergolong ke dalam alat musik tradisional yang berasal dari suku Dayak.

Alat musik Sampek umumnya dibuat dari bahan-bahan alami, seperti kayu ulin, kayu kapur, atau kayu arrow. Alat musik petik ini dilengkapi dengan 3 sampai 6 dawai. Alat musik jenis ini juga dilengkapi dengan hiasan khas Dayak.

Selain penampakannya yang indah, alat musik Sampek cukup dikenal sebab bunyi yang dihasilkannya sangat indah penuh dengan harmonisasi nada yang beragam. Cara memainkannya adalah dengan cara memetik dua sampai tiga dawainya secara bersamaan.

Alat Musik Sasando

Alat Musik Sasando
Alat Musik Sasando
@www.99.co

Alat musik harmonis selanjutnya adalah Sasando. Alat musik harmonis jenis ini merupakan alat musik tradisional yang berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Meski menjadi alat musik tradisional, dewasa ini beberapa jenis alat musik Sasando dapat dijumpai dalam bentuk elektrik.

Alat musik Sasando memiliki bentuk yang unik dan mampu menghasilkan harmoni nada yang khas. Berdasarkan jumlahnya dawai yang dimilikinya, Sasando dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Beberapa di antaranya adalah Sasando Engkel dengan 28 dawai, Sasando Dobel dengan 56-84 Dawai, dan lain sebagainya.

Cara memainkan Sasando ini dengan cara memetik dua sampai tiga dawainya secara bersamaan, sehingga nadanya juga membentuk harmonisasi yang indah.


Macam macam Alat Musik Harmonis Modern

Selain alat musik harmonis tradisional khas Indonesia, juga terdapat alat musik harmonis modern yang tidak kalah menarik dan menghasilkan nada-nada indah.

Bahkan dewasa ini, alat musik harmonis modern mengalami banyak sekali perkembangan dan inovasi sehingga mampu menghasilkan nada-nada yang luar biasa.

Nah, kita akan membahas bersama mengenai beberapa jenis instrumen musik yang tergolong ke dalam alat musik harmonis modern. Apa saja jenis-jenis alat musik harmonis modern? Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

No Alat Musik Harmonis Modern
1 Alat Musik Biola
2 Alat Musik Cello
3 Alat Musik Gitar
4 Alat Musik Harmonika
5 Alat Musik Harpa
6 Alat Musik Keyboard (Kibor)
7 Alat Musik Pianika
8 Alat Musik Recorder
9 Alat Musik Saksofon
10 Alat Musik Viola

Alat Musik Biola

Alat Musik Biola
Alat Musik Biola
@www.hanyaberbagi.com

Alat musik harmonis yang cukup populer adalah biola. Alat musik jenis ini memiliki 4 dawai (G-D-A-E) yang diatur berbeda satu sama lain dengan interval sempurna kelima. Untuk nada dasarnya yaitu dimulai dari nada G.  Mirip dengan alat musik gitar, biola juga merupakan alat musik melodis berdawai.

Dalam bahasa Indonesia, pemain Biola dikenal dengan sebutan violinist. Sementara orang yang membuat atau membenahi alat musik Biola disebut dengan luthier. Cara memainkan alat musik biola adalah dengan cara digesek dengan busur, serta dipetik dengan jari tangan kanan atau yang dikenal dengan teknik pizzicato.

Beberapa pemain pemula biasa memainkan senar biola dengan teknik pizzicato menggunakan jari tangan kanan, meskipun beberapa lainnya juga ada yang memetik dengan menggunakan tangan kiri.

Baca Juga: Alat Musik Harpa

Alat Musik Cello

Alat Musik Cello
Alat Musik Cello
@www.pixabay.com

Cello juga merupakan alat musik harmonis yang masih termasuk ke dalam keluarga biola. Ukuran Cello lebih besar dari biola namun lebih kecil dibandingkan dengan bass. Alat musik Cello juga kerap dikenal dengan sebutan Violoncello.

Sebagian besar bahan dasar alat musik Cello adalah dari kayu dan dilengkapi dengan 4 dawai atau senar. Cara memainkan Cello adalah dengan cara diberdirikan tegak dengan diberi penahan logam di bagian bawahnya.

Pemain Cello biasanya posisi duduk dengan alat musik Cello berada di antara kedua kaki pemusik, serta menggesekkan busur melintang di atas dawai.

Alat Musik Gitar

Alat Musik Gitar
Alat Musik Gitar
@www.pixabay.com

Alat musik Gitar merupakan alat musik yang juga cukup populer, bahkan hampir semua orang mengetahuinya. Gitar juga tergolong ke dalam alat musik harmonis yang sering dimainkan di berbagai pertunjukan pentas atau konser musik dengan berbagai genre maupun tema.

  Alat Musik Kenong : Contoh, Gambar dan Cara Memainkan

Alat musik Gitar ini bukan hanya berperan sebagai alat musik harmonis, melainkan juga kerap dimainkan sebagai alat musik melodis yakni dengan cara memetik dawainya satu demi satu dawai.

Alat musik Gitar ini dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni Gitar Akustik dan Gitar Listrik. Gitar ini biasa dibuat dengan bahan kayu yang dibalut dengan plywood dan beberapa ada juga yang dibuat menggunakan bahan sintetis.

Gitar dilengkapi dengan enam senar yang terbuat bahan nilon maupun kawat yang disetel sampai menghasilkan harmonisasi nada yang indah.

Alat Musik Harmonika

Alat Musik Harmonika
Alat Musik Harmonika
@www.alatmusik.id

Salah satu contoh alat musik harmonis adalah alat musik harmonika. Alat musik jenis ini biasa dimainkan dengan cara ditiup atau dihisap menggunakan mulut. Alat musik Harmonika dilengkapi ruas lubang pada bagian sampingnya, ruas-ruas tersebut saling berhimpitan sehingga dibutuhkan keahlian dalam memainkan alat musik harmonis ini.

Harmonika kerap kali dimainkan dalam satu grup band pada genre musik seperti, musik Country, Solo, Ansambel, dan grup musik jenis lainnya.

Alat Musik Harpa

Alat Musik Harpa
Alat Musik Harpa
@www.pixabay.com

Alat musik harmonis selanjutnya dikenal dengan sebutan Harpa. Sebagai alat musik paling tua di dunia, Harpa mengalami banyak revolusi. Misalnya, pada awal tahun 1500 SM, senar atau dawai harpa dibuat dari rambut atau serat tanaman yang dikaitkan.

Umumnya, harpa memiliki bentuk segitiga dan berwarna emas. Alat musik Harpa memiliki tiga bagian utama yaitu sound board, Neck dan String. Dawai Harpa juga dibuat dengan jumlah yang bervariasi, mulai dari 22 sampai 47 senar dalam satu Harpa.

Cara memainkan alat musik harmonis jenis ini cukup terbilang unik, yakni dengan cara salah satu tangan menekan senar dan tangan lainnya memetik senar Harpa tersebut. Beberapa Harpa juga dimainkan dengan cara kedua tangan memetik senar secara bersamaan seperti prinsip dasar memainkan Piano.

Alat Musik Keyboard (Kibor)

Alat Musik Keyboard
Alat Musik Keyboard
@a.ipricegroup.com

Keyboard atau juga dikenal Kibol merupakan alat musik harmonis modern yang kerap kali dimainkan di berbagai acara hiburan musik. Alat musik jenis ini sebenarnya mirip dengan piano, baik dari segi bentuk maupun dari segi tangga nada yang dimiliki setiap tutsnya.

Pada tuts putih keyboard juga sama dengan tuts Piano, yakni tangga nada mayor yang meliputi C-D-E-F-G-A-B atau Do-Re-Mi-So-La-Si. Dan untuk tuts hitam dari alat musik Keyboard merupakan nada yang dinaikkan (#) atau diturunkan (b) setengah dari tuts putih.

Alat Musik Pianika

Alat Musik Pianika
Alat Musik Pianika
@www.tambahpinter.com

Alat musik Pianika merupakan alat musik tiup sejenis harmonika yang dilengkapi bilah-bilah keyboard yang luasnya kurang lebih tiga oktaf. Sama seperti keyboard, alat musik pianika juga termasuk ke dalam alat musik harmonis.

Alat musik pianika memiliki tangga nada mayor yang meliputi C-D-E-F-G-A-B atau Do-Re-Mi-So-La-Si yang ditunjukkan pada tuts putih. Serta tuts hitam dari Pianika merupakan nada kromatik atau nada yang dinaikkan (#) atau diturunkan (b) setengah dari tuts putih Pianika.

Cara memainkan Pianika adalah dengan cara tangan kiri memegang pianika, kemudian tangan kanan menekan bilah keyboard untuk memainkan melodi lagu, serta mulut meniupnya untuk menghasilkan bunyi.

Alat Musik Recorder

Alat Musik Recorder
Alat Musik Recorder
@www.tambahpinter.com

Alat musik harmonis selanjutnya adalah alat musik Recorder. Alat musik jenis ini cukup populer sebab alat musik Recorder banyak dijadikan sebagai media pembelajaran seni musik di beberapa strata pendidikan, baik tingkat Sekolah Dasar maupun Sekolah Lanjutan.

Recorder sendiri merupakan alat musik yang tergolong ke dalam satu keluarga dari Flute. Cara memainkan alat musik Recorder ini adalah dengan cara meniupnya dari ujung pangkal Recorder sembari membuka dan menutup lubang pada Recorder sesuai pola nada yang sudah ditentukan.

Alat musik jenis ini dibedakan menjadi beberapa jenis, yang meliputi Treble, Tenor, dan Bass. Bahan yang digunakan untuk membuat sebuah Recorder adalah kayu, namun seiring dengan perkembangan zaman saat ini Recorder cenderung dibuat dari bahan plastik.

Alat Musik Saksofon

Alat Musik Saksofon
Alat Musik Saksofon
@1.bp.blogspot.com

Alat musik harmonis jenis saksofon ini baru diciptakan pada sekitar tahun 1840-an. Alat musik jenis ini diciptakan oleh seorang pemain Klarinet bernama Adolphe Sax yang merupakan warga negara Belgia.

Alat musik yang terbuat dari bahan logam ini sempat terhambat perkembangannya, karena terikat hak paten yang dimiliki sang penemu alat musik ini. Setelah hak paten habis, penyempurnaan banyak dilakukan meskipun tidak banyak mengubah desain awal alat musik aerophone jenis ini.

Dahulu, Saksofon banyak digunakan dalam orkestra dan band militer. Dan sekarang ini Saksofon lebih menjadi instrumen populer seperti jazz. Saksofon memiliki beragam jenis, salah satu di antaranya yang paling umum dimainkan adalah alat musik Soprano, Alto, Tenor, dan Bariton.

Alat Musik Viola

Alat Musik Viola
Alat Musik Viola
@www.pixabay.com

Contoh lain dari alat musik harmonis adalah alat musik Viola. Alat musik Viola masih termasuk ke dalam keluarga alat musik Biola. Cara memainkannya pun sama seperti memainkan biola, yakni digesek.

Alat musik jenis Viola ini memang memiliki bentuk yang sangat mirip dengan biola, baik dari bentuk maupun bahan yang digunakan untuk membuat Viola sama dengan biola. Hanya saja, ukuran Viola sedikit lebih besar dibandingkan biola.

Jika biola menghasilkan nada suara sopran atau tenor, sementara Cello atau Bass berada di nada suara bass, maka Viola sendiri menghasilkan suara tengah dengan nada alto. Ciri dari suara Viola adalah lambat dan dalam, serta nada yang lebih rendah dibandingkan alat musik biola.


Penutup

Demikian penjelasan mengenai alat musik harmonis lengkap dengan beberapa contoh alat musik yang termasuk di dalamnya.

Bahkan alat musik jenis harmonis ini masih banyak dijumpai selain yang sudah disebutkan di atas masih banyak alat musik harmonis lainnya.

Jadi, yuk terus belajar bersama mengenai ragam kesenian musik di halaman lainnya, agar semakin kaya pengetahuan dan wawasan kita.


Alat Musik Harmonis
sumber referensi:

@https://percepat.com/alat-musik-harmonis/
@https://kids.grid.id/read/472576066/pengertian-alat-musik-harmonis-fungsi-contoh-dan-cara-memainkan?page=all