Alat Musik Harpa : Contoh, Gambar, Fungsi dan Jenisnya

Alat Musik Harpa

Alat Musik Harpa – Alat musik harpa merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari senar, dimana senar tersebut harus dipetik terlebih dahulu untuk mengeluarkan suara.

Alat musik ini juga mirip dengan alat musik tradisional yang berasal dari tanah Sunda, yakni musik kecapi. Lantas apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan alat musik harpa? Maka dari itu, untuk lebih jelasnya yuk, simak penjelasan di bawah ini!


Sejarah dan Perkembangan Alat Musik Harpa

Gambar Sejarah Dan Perkembangan Alat Musik Harpa
Gambar Sejarah dan Perkembangan Alat Musik Harpa
@https://www.alatmusik.id

Alat musik harpa merupakan alat musik yang sudah ada sejak zaman Mesir kuno atau sejak sekitar 5000 tahun yang lalu. Hal tersebut sudah dibuktikan dengan ditemukannya gambar orang Mesir kuno yang sedang memegang Harpa pada dinding makam yang berada di dekat sungai Nil.

Karena itulah, para ilmuwan menyatakan bahwa gambar tersebut telah diperkirakan sudah ada pada sejak 3000 SM. Musik harpa merupakan sebuah alat musik yang menyimbolkan tentang dewa atau malaikat bersayap yang memainkan alat musik ini.

Dimana apabila kalian berkunjung ke museum kuno atau bangunan yang mempunyai arsitektur Eropa klasik, maka tidak heran apabila kalian banyak menemukan sebuah lukisan atau gambar malaikat yang sedang memegang musik harpa.

Tapi apa sih sebenarnya hubungan antara musik harpa dan malaikat? Ternyata hal ini berhubungan dengan suara yang dihasilkan oleh harpa, karena musik harpa bisa menghasilkan suara yang indah hal itu lantas menggambarkan bahwa malaikat juga mempunyai suara yang indah.

Musik Harpa di Era Ancient Egypt (2500 SM)

Musik harpa pertama kali ditemukan di wilayah Mesir Kuno, tepatnya pada sekitar 3000 SM. Dimana pada saat awal ditemukannya, harpa mempunyai bentuk seperti busur yang bersudut dan mempunyai sedikit senar, hal ini dikarenakan alat musik ini dulunya tidak mempunyai kolom, sehingga senar yang ada pada harpa berjumlah sangat sedikit.

Irlandia Harpa (800 M)

Selanjutnya musik harpa sudah mengalami masa perkembangan pada saat ditemukan di wilayah Eropa Barat, tepatnya pada pertengahan abad ke-8 hingga pada abad ke-10 Masehi. Sehingga alat musik ini juga sudah mempunyai kerangka yang lebih modern, yakni dengan 10 hingga 11 senar

Harpa yang ditemukan di wilayah Irlandia ini mempunyai kotak suara berlubang, karena hal itulah suara dari instrumen ini terbilang cukup kuat.

Hal tersebut tentunya juga termasuk ke dalam modifikasi pada tiang depan yang melengkung dan juga leher yang lebih kuat serta menggunakan 39 hingga 36 senar kuningan.

Harpa Diatonik (1800 M)

Tetapi, yang perlu diketahui bahwa ada perbedaan antara harpa yang berasal dari Benua Eropa dan dari Irlandia. Dimana apabila diamati lebih teliti lagi.

Harpa Irlandia mempunyai tukang depan yang lebih tipis dan juga tidak terlalu melengkung, kemudian harpa juga mempunyai leher yang lebih ramping dan melengkung ke atas untuk memenuhi ujung tiangnya.

Sedangkan untuk harp diatonik atau yang disebut dengan harga Renaisans, pada umumnya hanya mempunyai senar dengan jumlah sebanyak 24 dan kemudian dipasang pada papan suara dengan brays (pasak kayu). 

Dimana seiring dengan perkembangan zaman pada akhir abad ke-17 harpa mempunyai badan yang kokoh dan pilar dengan yang lebih lurus.

Triple Strung Harp (1700 M)

Triple strung harpa merupakan jenis harpa yang ditemukan di wilayah Italia, tepatnya pada akhir abad ke-16 atau pada awal abad ke-17 dengan nama harpa rangkap tiga.

Dimana pada penemuan ini, harpa mempunyai kecapi dengan untaian ganda kemudian dilengkapi dengan dua buah senar yang disetel secara strategis, hal ini bertujuan agar pada saat harpa dimainkan dengan dua tangan maka pemainnya bisa lebih nyaman.

Adapun cara memainkan senar pada harpa rangkaian tiga ini adalah dengan cara melewatkan satu hari diantara dua senar.

Pemain harus mampu mencapai nada kromatik gang sesuaikan dengan baris senar yang lainnya. Harpa pada rangkai tiga ini mempunyai tiga baris senar, dua baris terkuat akan diatur ke skala diatonik yang kemudian pada baris dalam diatur ke semi nada kromatik pada baris terluar.

Hal tersebut tentunya dilakukan agar nada yang dihasilkan dapat diulang lebih cepat dan juga lebih mudah dimainkan apabila nada digunakan untuk meningkatkan resonansi sebuah instrumen musik.

Double Action Pedal Harp (1810 M)

Tepat pada tahun 1810 M, double action harp atau harpa dengan pedal ganda telah dipatenkan. Dimana pada awalnya pedal yang berjumlah 7 ini dipatenkan menjadi dua, karena hal itulah kenapa harpa ini disebut dengan pedal ganda.

Pada setiap pedal yang ditekan pertama kali, maka secara tidak langsung disk yang ada pada bagian atas akan berputar sebagian dan juga akan menahan senar.

Hal inilah yang bisa mempertajam seminada, sedangkan untuk disk pada bagian bawah akan berputar sebagian tanpa perlu untuk menyentuh senar.


Pengertian Alat Musik Harpa

Gambar Pengertian Alat Musik Harpa
Gambar Pengertian Alat Musik Harpa
@https://shopee.co.id

Alat musik harpa merupakan salah satu jenis alat musik yang bisa menghasilkan suara pada saat bagian senarnya dipetik seperti pada alat musik gitar dan juga kecapi. Dimana dalam bahasa Inggris harpa ini disebut dengan harp.

Seperti pada penjelasan diatas, bahwa harpa merupakan sebuah alat musik yang disimbolkan bersamaan dengan kata dewa atau malaikat bersayap.

Dimana harpa mempunyai ukuran sekitar 0,5 hingga 1 meter. Instrumen ini pada umumnya mempunyai bentuk dasar segitiga dan mempunyai senar yang berwarna kuning keemasan.

Musik harpa ini juga bisa digunakan secara bersamaan dengan musik atau orkestra simfoni. Bahkan juga bisa digabungkan dengan menggunakan suara lainnya, seperti misalnya piano, harmonika, biola, saxophone dan masih banyak lagi jenis alat musik yang lainnya.

Harpa juga bisa dimainkan secara individu atau solo dengan menggunakan kaki atau tangan. Dimana alat musik ini mempunyai tiga bagian utama yang mempunyai ukuran, jenis berat dan juga bentuk yang sangat bervariasi.

Diantaranya adalah sebuah papan suara, senar dan juga leher. Dimana musik harpa ini juga merupakan sebuah instrumen yang konon katanya sudah tua dan sudah digunakan sejak pada zaman dahulu, yakni pada zaman Mesir Kuno.

Harpa elektrik atau harpa modern merupakan sebuah instrumen yang terbaru dan juga sudah lebih banyak digunakan di kalangan para pemusik saat ini.

Dimana pada umumnya harpa modern mempunyai bentuk triangular dengan 22 hingga 47 batang senar dan mempunyai ukuran dua kaki atau sekitar 60 cm hingga enam kaki atau sekitar 180 cm.

Alat musik harpa dimainkan dengan cara dipetik pada bagian senar atau dawainya yang terbentang. Dimana harpa ini mempunyai ukuran kecil dan bisa dimainkan dengan cara menggunakan selendang seperti dengan gitar, sedangkan untuk harga yang mempunyai ukuran besar bisa dimainkan dengan cara diletakkan di lantai.


Cara Memainkan Alat Musik Harpa Bagi Pemula

Gambar Cara Memainkan Alat Musik Harpa Bagi Pemula
Gambar Cara Memainkan Alat Musik Harpa Bagi Pemula
@encyclopedia.jakarta-tourism.go.id

Memainkan musik harpa juga tidak bisa secara sembarangan, melainkan ada beberapa langkah-langkah sederhana yang harus diperhatikan untuk belajar menggunakan alat musik ini. Lalu apa saja sih langkah-langkah memainkan alat musik harpa bagi para pemula? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Ketahui Perbedaan Jenis Alat Musik Harpa

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengetahui tentang perbedaan dari jenis alat musik harpa. Dimana terdapat dua jenis dasar harpa yakni dengan kecapi tuas dan juga dengan kecapi pedal.

1. Jenis Harpa Paling Umum

Harpa Celtic merupakan jenis harpa yang wajib diketahui. Dimana harpa jenis ini sudah sering diputar atau dimainkan dalam berbagai pertunjukan, baik itu konser film atau televisi, sehingga bagi kalian yang ingin memainkan atau ingin ahli dalam memainkan lagu klasik, jazz atau pop maka harpa jenis inilah yang cocok untuk digunakan.

Baca Juga: Alat Musik Kalimba

2. Jenis Harpa Pedal

Harpa pedal merupakan jenis harpa yang jauh lebih komplek dan sulit untuk dimainkan dibandingkan dengan jenis harpa celtic. Dimana harpa jenis pedal ini harus membutuhkan perubahan kunci secara cepat.

Biasanya harpa pedal akan dimainkan dalam berbagai perbaikan seperti orkestra dan juga harpa ini terkenal dengan harganya yang cenderung lebih mahal.

Dimana apabila kalian ingin bermain pada suatu pagelaran seperti orkestra, maka mulailah latihan dengan harpa tuas dan dilanjutkan dengan belajar harpa pedal apabila kalian sudah mendapatkan kenyamanan dalam bermain musik harpa.

Memahami Tuas Harpa

Apabila kalian sudah mengetahui berbagai jenis harpa yang cocok untuk dipelajari, maka langkah selanjutnya adalah dengan mencari tahu bagaimana sih cara mempelajari tuas dari harpa. Untuk pemula sendiri kamu bisa menaikkan nada atau menurunkan titik pada yang ada pada setiap senar.

Dimana melalui cara inilah kamu bisa menyetel harpa dengan cukup mudah. Tetapi, yang perlu diingat bahwa cara ini tidak bisa dilakukan dengan harpa jenis kecapi tuas, hal ini dikarenakan jenis tersebut membutuhkan kunci pas serta perlu untuk menyetel ulang pada beberapa senar terlebih dahulu sebelum menemukan suara yang tepat.

Mempelajari Dasar-Dasar Memainkan Harpa

Setelah berhasil atau bisa memahami tuas harpa, maka langkah selanjutnya adalah dengan mempelajari berbagai macam dasar-dasar dalam memainkan harpa. Dimana bagian yang paling terpenting adalah bagaimana cara memegang harpa dengan benar.

Carilah kursi yang nyaman tetapi tidak bergerak terlebih dahulu. Kemudian tempatkan lengan pada sudut 90 derajat dari badan, sehingga nantinya kamu bisa dengan mudah memainkan senar harpa pada bagian tengahnya.

Selanjutnya miringkan harpa dsn setandarkan ke bahu kanan, sehingga kamu bisa merasakan keseimbangan yang pas. Kamu juga harus memiringkan musik harpa sedikit ke samping, sehingga sabar bisa terlihat lebih jelas.

Adapun hal yang perlu diingat bahwa memainkan atau memulai belajar musik harpa tentunya membutuhkan waktu dan juga kesabaran yang cukup tinggi.

Hal ini dikarenakan harpa termasuk kedalam jenis alat musik yang sulit dipelajari, apalagi bagi para pemula yang masih belum mengetahui tentang langkah-langkah dasar memainkan musik ini.


Bagian Pokok Alat Musik Harpa

Gambar Bagian Pokok Alat Musik Harpa
Gambar Bagian Pokok Alat Musik Harpa
@https://aprilpanjaitan.files.wordpress.com

Apabila dilihat dari berat, bentuk dan juga ukurannya, musik harpa mempunyai berbagai macam variasi, tetapi tetap bahwa alat musik ini mempunyai 3 bagian. Berikut ini merupakan bagian-bagian pokok dari alat musik harpa!

  1. Sound Board (Papan Suara)
  2. Neck (Leher)
  3. String (Senar)

Kemudian untuk harpa modern biasanya mempunyai bentuk triangular. Bahkan ada juga variasi yang mempunyai tinggi dari 60 cm hingga 180 cm dengan senar yang ada berjumlah 22 hingga 37 buah senar.


Penutup Alat Musik Harpa

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai alat musik harpa, dimulai dari sejarah, pengertian, cara memainkan dan bagian pokoknya.

Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca sekalian dalam mengenali dan memahami tentang alat musik harpa dan semoga penjelasannya dapat dipahami dengan baik!


Alat Musik Harpa
sumber referensi:

@https://id-velopedia.velo.com/mengenal-sejarah-dan-pengertian-alat-musik-harpa/
@https://id-velopedia.velo.com/cara-memainkan-harpa-bagi-pemula/
@https://felderfans.com/alat-musik-harpa/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.