Alat Musik Idiophone : Contoh, Pengertian dan Cara Memainkan

Alat Musik Idiophone – Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa alat musik sangat beraneka ragam jenisnya. Berdasarkan sumbernya, alat musik dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok. Salah satunya adalah kelompok alat musik idiophone.

Lantas bagaimana sih kelompok alat musik idiophone ini? Instrumen jenis apa saja yang tergolong ke dalam alat musik idiophone? Dan bagaimana cara memainkan alat musik tersebut?

Daripada semakin dibuat penasaran, mari segera kita simak penjelasan lengkapnya pada artikel di bawah ini sampai tuntas.


Pengertian Alat Musik Idiophone

Alat Musik Idiophone
Alat Musik Idiophone
www.pixabay.com

Menurut klasifikasi Hornbostel-Sachs, alat musik diklasifikasikan dalam beberapa kategori. Sesuai dengan namanya, klasifikasi ini pertama kali dicetuskan oleh Erich Von Hornbostel dan Curt Sachs.

Keduanya menciptakan klasifikasi ini untuk menentukan bagaimana cara mengatur dengan baik alat musik yang sangat beraneka ragam dari seluruh penjuru dunia. Klasifikasi Hornbostel-Sachs ini berdasarkan pada bagaimana suara yang dihasilkan oleh tiap-tiap alat musik.

Menurut Erich von Hornbostel dan Curt Sachs, alat musik dapat dikelompokkan ke dalam 4 kategori utama yang meliputi aerophoneschordophonesmembranophones, dan terakhir idiophones.

Pada klasifikasi idiophone, alat musik diklasifikasikan berdasarkan bagaimana sumber suara diciptakan melalui getaran, namun tidak berasal dari senar atau membran alat musik.

Alat musik idiophone identik dengan alat musik yang menggunakan bahan material padat untuk menghasilkan getaran suara, serta suara akan dihasilkan jika instrumen dimainkan dengan cara dipukul dan beresonansi.

Bahan padat yang membentuk alat musik idiophone dari berbagai jenis bahan, kecuali senar dan membran/ drum. Dengan kata lain, instrumen apa pun yang mampu menghasilkan suara melalui resonansi dari instrumen berdawai dan membran tidak dikategorikan sebagai alat musik idiophone.


Jenis Alat Musik Idiophone

Alat musik idiophone cukup beraneka ragam, mulai dari alat musik tradisional maupun modern. Umumnya, alat musik jenis ini dibuat dari bahan padat berupa kayu, logam, maupun manik-manik.

Keberagaman alat musik idiophone dapat diketahui beberapa contoh di antaranya adalah alat musik Angklung, Kolintang, Saron, Bonang, Tamborin, Gong, Marakas, Metal Cabasa, Cowbell, Wood Block, Claves, Glockenspiel, Triangle, Hit Hat Cymbal, dan Guiro. Untuk lebih lengkapnya, mari kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Alat Musik Angklung

Alat Musik Angklung
Alat Musik Angklung
www.static-src.com

Alat musik idiophone yang pertama adalah alat musik Angklung. Alat musik jenis ini berasal dari suku Sunda, Jawa Barat. Alat musik tradisional ini dibuat dari bahan bambu.

Alat musik harmonis jenis ini menghasilkan bunyi dengan jenis idiophone. Bunyi jenis tersebut dihasilkan dari getaran antara bambu angklung. Dan cara menggunakannya cukup sederhana, yakni dengan cara menggetarkan dengan kedua tangan, maka bunyi harmoni akan terdengar.

Umumnya, alat musik Angklung ini dimainkan oleh banyak orang dan digetarkan secara bergantian sesuai dengan nada yang akan dibunyikan, karena pada dasarnya satu Angklung hanya memiliki satu buah nada saja.

Alat Musik Kolintang

Alat Musik Kolintang
Alat Musik Kolintang
www.percepat.com

Alat musik idiophone tradisional berikutnya adalah alat musik Kolintang. Alat musik tradisional jenis ini berasal dari Sulawesi Utara. Alat musik harmonis jenis ini terbuat dari papan kayu yang dijajar dengan panjang dari paling pendek dan semakin memanjang di ujungnya.

Alat musik harmonis ini tergolong ke dalam alat musik idiophone. Dengan kata lain, alat musik Kolintang dari Sulawesi Utari ini dapat menghasilkan bunyi dengan variasi nada dengan cara dipukul dengan menggunakan pemukul khusus. Cara memukulnya juga dengan menggunakan 2 sampai 3 pemukul sekaligus secara bersamaan.

Alat Musik Saron

Alat Musik Saron
Alat Musik Saron
id.wikipedia.org

Berdasarkan sumber bunyinya, alat musik Saron juga termasuk ke dalam alat musik idiophone. Saron sendiri merupakan salah satu instrumen Gamelan yang tergolong ke dalam keluarga balungan.

Balungan merupakan jenis alat musik Gamelan yang berupa bilahan atau wilahan logam yang berjumlah 6 atau 7 (1 oktaf). Wilahan logam tersebut ditempatkan pada sebilah kayu yang juga berfungsi sebagai resonator suara yang dihasilkan Saron.

Di dalam satu set Gamelan, terdapat setidaknya 4 Saron yang semuanya memiliki jenis laras atau tangga nada pelog atau slendro. Alat musik Saron ini menghasilkan nada 1 oktaf lebih tinggi dibandingkan Demung, tapi ukuran Saron lebih kecil dibandingkan Demung.

Pada teknik permainan Saron, tangan kanan memukul bilahan logam dengan tabuh khusus. Sementara tangan kiri menahan bilahan yang dipukul tangan kanan, hal ini dilakukan untuk menghilangkan dengungan yang tersisa. Teknik tersebut dikenal dengan sebutan memathet atau memencet.

Alat Musik Bonang

Alat Musik Bonang
Alat Musik Bonang
id.wikipedia.org

Alat musik idiophone berikutnya diberi nama Bonang. Alat musik Gamelan jenis Bonang ini merupakan instrumen yang berupa gong kecil atau juga dikenal dengan sebutan ceret atau pot.

Setiap Ceret tersebut didesain dengan memiliki satu poros cembung atau disebut dengan pencon di bagian tengah atas. Bagian Pencon ini merupakan bagian pusat tempat pukul Bonang. Gong-gong kecil tersebut ditempatkan di atas string tali dalam bingkai kayu atau disebut dengan rancak.

Instrumen Bonang termasuk ke dalam keluarga alat musik pencon, yakni alat musik harmonis yang dibuat dari bahan logam dan berbentuk cekungan lengkap dengan poros cembungnya. Alat musik jenis ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tongkat pemukul khusus Pencon.

Terdapat 3 instrumen Bonang yang termasuk ke dalam alat musik Gamelan, di antaranya adalah Bonang Panembung, Bonang Barung, dan Bonang Penerus. Ketiga jenis Bonang tersebut didasarkan pada skala nada yang digunakan instrumen tersebut.

Alat Musik Tamborin

Alat Musik Tamborin
Alat Musik Tamborin
encyclopedia.jakarta-tourism.go.id

Alat musik idiophone selanjutnya adalah Tamborin. Tamborin sendiri merupakan alat musik tradisional khas Betawi, DKI Jakarta. Alat musik tradisional Tamborin ini akan menghasilkan suara ketika dimainkan dengan cara digoyangkan.

Goyangan pada Tamborin tersebut akan membuat piringan-piringan kecil yang berada di pinggir-pinggir Tamborin saling berbenturan sehingga menghasilkan suara. Di Indonesia, alat musik tradisional Tamborin ini kerap kali dimainkan dalam kesenian Qasidahan.

Alat Musik Gong

Alat Musik Gong
Alat Musik Gong
id.wikipedia.org

Berdasarkan suara yang dihasilkannya, Gong juga merupakan alat musik idiophone. Gong yang terdapat di dalam ansambel Gamelan meliputi dua macam, yakni Gong Ageng atau Gong Besar dan Gong Suwukan atau Gong Siyem.

Gong sendiri merupakan alat musik tradisional dari Vietnam yang juga populer di Asia Tenggara dan Asia Timur. Gong dibuat dari bahan leburan logam, semacam perunggu dengan tembaga yang kemudian dibentuk sedemikian rupa sehingga berbentuk seperti piring raksasa lengkap dengan poros cembung di bagian tengahnya.

Alat Musik Marakas

Alat Musik Marakas
Alat Musik Marakas
www.alatmusik.id

Alat musik Marakas merupakan alat musik yang banyak berkembang di Amerika Latin. Marakas tradisional biasa dibuat dengan menggunakan labu yang di dalamnya diisi dengan menggunakan biji-bijian.

Marakas biasa dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan sesuai dengan irama lagu yang diinginkan.

Alat Musik Metal Cabasa

Alat Musik Metal Cabasa
Alat Musik Metal Cabasa
images.tokopedia.net

Alat musik idiophone selanjutnya adalah alat musik Metal Casaba. Alat musik ini dibuat dari bahan kayu serta diisi dengan manik-manik. Alat musik ini mirip dengan alat musik Marakas.

Cara memainkan alat musik Metal Casaba adalah dengan cara digoyangkan serta diputar-putar. Sehingga, manik-manik akan menghasilkan suara khasnya.

Alat Musik Cowbell

Alat Musik Cowbell
Alat Musik Cowbell
sc02.alicdn.com

Alat musik idiophone selanjutnya diberi nama Cowbell. Dinamakan Cowbell karena pada awalnya alat musik ini digunakan sebagai penanda dari hewan ternak. Umumnya, Cowbell diletakkan pada leher sapi dengan tujuan agar para penggembala mudah menemukan sapinya ketika digembala di padang rumput.

Dalam bahasa Indonesia, Cowbell dapat diartikan sebagai lonceng sapi. Lama-kelamaan alat ini berkembang menjadi alat musik. Alat musik Cowbell ini biasa dimainkan pada kesenian Salsa, yakni dengan cara memukul sisi luarnya dengan menggunakan tongkat yang terbuat dari kayu.

Alat Musik Wood Block

Alat Musik Wood Block
Alat Musik Wood Block
www.alatmusik.id

Wood Block juga merupakan alat musik idiophone. Sesuai namanya, alat musik Wood Block dibuat dari bahan kayu berbentuk sebidang balok, yang dimainkan dengan cara dipukul permukaannya menggunakan tongkat pemukul yang juga terbuat dari kayu yang dibentuk dengan ujungnya bundar.

Ketika dipukul, maka Wood Block akan menghasilkan bunyi yang sangat khas dan unik, sehingga alat musik ini kerap dimainkan dalam berbagai pertunjukan kesenian musik.

Alat Musik Claves

Alat Musik Claves
Alat Musik Claves
cdn.britannica.com

Alat musik idiophone berikutnya adalah Claves. Alat musik khas ini juga terbuat dari kayu yang dibentuk seperti balok persegi panjang.

Claves ini biasanya terdiri dari dua alat, sehingga cara memainkannya dengan saling membenturkan kedua alat musik tersebut. Ketika kedua Claves tersebut dibenturkan, maka akan menyebabkan getaran, kemudian menghasilkan bunyi yang khas.

Alat Musik Glockenspiel

Alat Musik Glockenspiel
Alat Musik Glockenspiel
images.tokopedia.net

Glockenspiel juga merupakan alat musik idiophone. Alat musik jenis ini tergolong ke dalam alat musik modern yang bentuknya sekilas mirip dengan alat musik tradisional Kolintang.

Alat musik Glockenspiel sendiri memiliki bilah-bilah nada yang dibuat dengan menggunakan bahan logam baja, sehingga dapat menghasilkan bunyi yang nyaring dan khas. Cara memainkan Glockenspiel sendiri adalah dengan cara dipukul menggunakan stik khusus.

Alat Musik Triangle

Alat Musik Triangle
Alat Musik Triangle
encyclopedia.jakarta-tourism.go.id

Selanjutnya, alat musik idiophone juga berupa alat musik Triangle. Sesuai namanya, alat musik jenis ini juga berbentuk menyerupai bentuk segitiga. Alat musik Triangle dibuat dari logam yang berasal dari baja atau tembaga.

Alat musik idiophone ini mampu menghasilkan suara ketika Triangle dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tongkat besi. Untuk menghasilkan suara yang jernih, maka Triangle ini biasa digantung dan diikat dengan menggunakan kawat atau nilon.

Beberapa Triangle juga dipegang dengan menggunakan tangan. Cara memukulnya juga membutuhkan teknik khusus, yakni harus memukulnya pada bagian luarnya atau pada sisi bagian dalamnya.

Alat Musik Hit Hat Cymbal

Alat Musik Hit Hat Cymbal
Alat Musik Hit Hat Cymbal
ae01.alicdn.com

Alat musik idiophone berikutnya dikenal dengan sebutan Hit Hat Cymbal. Alat musik jenis ini merupakan alat musik berupa dua lempeng Cymbal dengan ukuran sama besar yang dijadikan satu dengan kedua ujungnya saling berhadapan.

Dalam permainannya, instrumen idiophone jenis ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik pemukul. Alat musik Hit Hat Cymbal ini berperan sebagai pengatur tempo dalam sebuah lagu yang dimainkan.

Alat Musik Guiro

Alat Musik Guiro
Alat Musik Guiro
sc04.alicdn.com

Guiro juga merupakan alat musik idiophone. Alat musik jenis ini memiliki bentuk lonjong yang biasa dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul berupa stik. Dengan pukul stik tersebut, sehingga akan menghasilkan getaran yang selanjutnya akan menimbulkan bunyi yang khas dari Guiro tersebut.


Penutup

Demikian penjelasan lengkap mengenai alat musik idiophone lengkap dengan beberapa contoh alat musiknya. Semoga dengan membaca artikel ini tidak hanya menambah wawasan kita, melainkan juga menambah keingintahuan kita untuk terus semangat belajar dan bertumbuh setiap harinya


Alat Musik Idiophone
sumber referensi:

https://www.orami.co.id/magazine/alat-musik-idiophone/
https://www.alatmusik.id/musik/Alat-Musik-Idiophone/
https://www.kompas.com/skola/read/2021/07/15/124051669/alat-musik-idiophone-pengertian-dan-contohnya

Default image
SHEYLA
"Merengkuh makna, mengurai rasa, menempuh asa dengan rangkaian tulisan bermakna."

Leave a Reply

error: Content is protected !!