Alat Musik Kalimba : Contoh, Gambar, Fungsi dan Jenisnya

Alat Musik Kalimba

Alat Musik Kalimba – Tahukah kamu? Ternyata terdapat alat musik perkusi yang unik dan kaya akan manfaat, sebut saja alat musik Kalimba. Bagaimana menurutmu? Baru mendengar kamu mengenai alat musik itu?

Nah kebetulan, kali ini kita akan membahas bersama-sama mengenai alat musik Kalimba. Mulai dari apa itu sebenarnya alat musik Kalimba, dari mana asal-usul alat musik tersebut, bagaimana cara memainkannya, bahkan apa manfaat dari memainkan alat musik perkusi Kalimba.

Bagaimana? jika kamu tertarik mempelajari lebih jauh mengenai alat musik Kalimba, yuk segera scroll ke bawah dan simak penjelasan lengkapnya.


Pengertian Alat Musik Kalimba

Alat Musik Kalimba Copy 1
Alat Musik Kalimba
@www.pexels.com

Kalimba merupakan alat musik perkusi yang terdiri dari sebuah kotak suara dengan tuts-tuts logam yang menempel di bagian atas. Tuts-tuts ini dibuat berbeda-beda dengan tujuan agar mampu memberikan not-not yang berbeda pula.

Alat musik Kalimba biasa di tuning pada nada dasar C Mayor atau G Mayor. Alat musik Kalimba sendiri cukup beragam yang didasarkan pada jumlah tutsnya, beberapa ada yang berjumlah 8 tuts dan ada pula yang memiliki 17 tuts.

Alat musik Kalimba termasuk ke dalam alat melodi, sehingga dapat memainkan vokal utama dalam permainan musik.


Asal-usul dan Perkembangan Alat Musik Kalimba

Alat Musik Kalimba
Alat Musik Kalimba
@www.pixabay.com

Kalimba merupakan alat musik perkusi yang berasal dari Afrika Selatan. Kalimba sendiri merupakan alat musik versi modern dari alat musik tradisional yang dikenal dengan sebutan Mbira.

Alat musik Kalimba ini diperkenalkan ke seluruh dunia oleh Hugh Tracey. Kemudian akhirnya berhasil menyetel skala tangga nada Do-Re-Mi versi barat ke dalam alat musik Kalimba. Hal ini kemudian yang menjadikan Kalimba berbeda dengan Mbira.

Pada awal perkembangannya, alat musik Kalimba ini banyak dimainkan di Benua Eropa dan Amerika, kemudian seiring berkembangnya waktu tidak sedikit masyarakat Indonesia yang mulai mengenalnya dan memainkannya.


Karakteristik Alat Musik Kalimba

Tampilan Tuts Tuts Pada Alat Musik Kalimba
Tampilan Tuts-tuts pada Alat Musik Kalimba
@www.pixabay.com

Sama seperti alat musik jenis lainnya, Kalimba juga memiliki beberapa jenis dan model bentuknya. Bahan materialnya juga beraneka ragam, mulai dari kayu sampai akrilik. Penggunaan alat musik Kalimba kayu dipilih dengan alasan lebih ringan dan sederhana, sementara alat musik Kalimba akrilik dipilih dengan alasan Kalimba lebih aesthetic dan elegan model dan desainnya.

Seiring perkembangan zaman, Kalimba juga mengalami perkembangan dan inovasi dari segi jumlah tuts yang dimiliki alat musik Kalimba. Setidaknya sampai detik ini, Kalimba memiliki tuts dengan jumlah 8, 10,11, sampai 21 tuts. Pada masing-masing tuts tersebut telah dipasang petunjuk not angka agar memudahkan bagi para pemainnya.

Semakin banyak kunci, maka otomatis range nadanya juga semakin luas. Alat musik Kalimba dengan dilengkapi tuts yang banyak akan membuat kita lebih eksplorasi mengenai melodi yang lebih luas jangkauannya.


Cara Memainkan Alat Musik Kalimba

Cara Memainkan Alat Musik Kalimba
Cara Memainkan Alat Musik Kalimba
@www.pexels.com

Sebelum kita mahir dalam memainkan alat musik Kalimba, maka hendaknya kita harus mengenali terlebih dahulu komponen-komponen apa saja yang terdapat pada alat musik khas Afrika Selatan ini.

Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah jumlah kunci Kalimba, cara memegang alat musik Kalimba dengan baik dan benar, sampai bagaimana teknik-teknik dasar yang terdapat pada permainan Kalimba agar dapat menghasilkan harmonisasi nada yang indah.

Alat musik Kalimba ini dapat diibaratkan sebagai alat musik piano modern. Bahkan beberapa juga menyebutnya sebagai alat musik piano jempol. Hal ini dikarenakan Kalimba berupa alat musik yang dimainkan dengan menggunakan jari jempol tangan untuk menghasilkan nada.

Pada saat  memainkan alat musik Kalimba, kita harus menekan ujung tuts dengan menggunakan ujung kuku jempol tangan. Tidak dianjurkan menggunakan bagian telapak jempol tangan, hal ini dapat meredam suara yang dihasilkan Kalimba.

Di samping itu, sebelum memainkannya disarankan untuk melakukan tuning atau stem nada. Hal ini merupakan proses penyelarasan agar nada yang dihasilkan dalam permainan alat musik Kalimba tepat serta dapat membuat harmonisasi melodi yang baik dan indah.


Contoh Permainan Alat Musik Kalimba dengan 17 Nada

Dalam memainkan alat musik Kalimba dapat menggunakan kedua jempol tangan kanan dan kiri. Salah satu contoh permainan alat musik Kalimba dengan 17 nada atau key (3 oktaf) dapat dilakukan permainan musik Kalimba dengan membagi tuts menjadi dua bagian, yakni bagian kiri dan kanan.

Sehingga, untuk bagian jari jempol kiri dapat memainkan nada-nada D, F, A, C, E, G, B, D. Sementara untuk jari jempol kanan dapat memainkan nada-nada C, E,G, B, D, F, A, C, E. Pembagian nada ini dapat mempermudah dalam memainkan alat musik Kalimba.

Baca Juga: Alat Musik Kecapi

Manfaat Permainan Alat Musik Kalimba

Alat Musik Kalimba Copy 0
Alat Musik Kalimba
@www.pixabay.com

Dalam memainkan alat musik Kalimba tentunya akan mendapatkan banyak manfaat dan dampak positif bagi siapa saja. Beberapa manfaat dalam permainan alat musik Kalimba dapat ditunjukkan sebagai berikut.

Sebagai Ekspresi Diri

Musik sendiri dapat dijadikan sebagai media komunikasi emosional yang sangat kuat. Dan dengan bemusik mampu dijadikan salah satu cara sebagai media ekspresi diri.

Hal ini dikarenakan musik bukan hanya sekedar sekumpulan not dan melodi, namun bermusik juga seperti menyampaikan perasaan, emosi, atau cerita dari sang musisi kepada siapa saja yang mendengarkannya.

Dengan demikian, memainkan alat musik Kalimba mampu membantu mengekspresikan diri kita lebih baik lagi.

Melatih Konsentrasi Otak

Ternyata, dengan memainkan alat musik Kalimba secara teratur merupakan bentuk olahraga otak loh. Dengan bermain musik, kita dapat meningkatkan kemampuan otak dan menstimulasi fungsi kognitif.

Di samping itu, secara tidak langsung memainkan alat musik Kalimba juga melatih fokus dan konsentrasi kita ketika belajar membaca chord, menyeimbangkan nada, sampai mulai memainkan tuts Kalimba itu sendiri.

Mengasah Kreativitas dan Koordinasi

Seorang musisi biasanya memiliki koordinasi yang baik. Hal ini dikarenakan bermain musik Kalimba menuntut seseorang untuk memiliki koordinasi antara tangan dan mata yang tajam dan jeli.

Tidak hanya itu saja, dengan memainkan alat musik Kalimba akan mengasah kreativitas kita saat mulai dapat bermain alat musik Kalimba dengan baik dan benar.

Mengontrol Suasana Hati

Manfaat lainnya dari bermain musik adalah mampu mengurangi rasa sakit, depresi, sampai mampu meningkatkan kualitas tidur dengan baik. Dengan kita mendengarkan alunan musik yang dihasilkan alat musik Kalimba mampu membawa suasana hati kita mengikuti melodi yang kita hasilkan.


Penutup Alat Musik Kalimba

Itulah penjelasan lengkap mengenai alat musik Kalimba yang berhasil penulis sajikan buat kamu. Semoga tidak hanya membuat kita menambah wawasan baru namun juga semangat belajar bermusik alat musik Kalimba yang tentunya kaya akan manfaat dan dampak positif bagi kita.


Alat Musik Kalimba
sumber referensi:

@https://www.jakmall.com/blog/cara-memainkan-kalimba-untuk-pemula/
@https://www.jakartanotebook.com/blog/manfaat-bermain-musik-kalimba/
@https://www.viva.co.id/vstory/entertainment-vstory/1377838-mengenal-kalimba-alat-musik-khas-afrika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.