Alat Musik Kastanyet : Contoh, Pengertian dan Cara Memainkan

Alat Musik Kastanyet – Alat musik kastanyet merupakan alat musik perkusi yang namanya berasal dari nama castaina dalam bahasa Spanyol, dimana nama tersebut mempunyai arti kasta atau chestnut.

Alat musik ini mempunyai bentuk seperti cangkang kerang yang dibuat kayu. Tapi apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan alat musik kastanyet ini? dan bagaimana cara memainkan alat musik ini? Maka dari itu, yuk simak penjelasan berikut ini!


Pengertian Alat Musik Kastanyet

Gambar Pengertian Alat Musik Kastanyet
Gambar Pengertian Alat Musik Kastanyet
https://www.orami.co.id/

Alat musik kastanyet merupakan sebuah alat musik yang terdiri dari sepasang serutan kayu cekung atau gading. Dimana alat musik ini dimainkan dengan cara menggesekkan ibu jari dengan kastanyet disertai dengan tarian dari spanyol.

Sebenarnya kastanyet dulunya merupakan sebuah alat musik yang digunakan oleh orang-orang Fenisia, yakni suku bangsa yang berada di negara-negara sekitar Mediterania, seperti misalnya Yunani, Turki, Italia dan juga Spanyol. Dimana seiring dengan perkembangan zaman, alat musik kastanyet ini lebih sering dimainkan oleh masyarakat dari Spanyol dan juga menjadi salah satu warisan budaya dari negara ini.

Kastanyet di wilayah Spanyol sendiri juga sering dimainkan secara bersama-sama dengan gitar akustik sebagai pengiring tarian Flamenco. Dimana tarian tersebut mempunyai ciri khas berupa pola-pola ritmik dengan hentakan kaki dari penarinya.

Hentakan tersebut bisa berupa hentakan tunik, hentakan ujung kaki dan juga hentakan dari seluruh telapak kaki. Pada umumnya alat musik ini biasanya dipegang dan juga dimainkan secara langsung oleh penari wanita.


Ciri dan Karakteristik Alat Musik Kastanyet

Gambar Ciri Dan Karakteristik Alat Musik Kastanyet
Gambar Ciri dan Karakteristik Alat Musik Kastanyet
https://workamerica.co/

Alat musik kastanyet tradisional pada umumnya dibuat dari bahan kayu. Adapun kayu yang digunakan harus kayu yang keras, seperti misalnya kayu delima, Rosewood, Ebony atau oak. Kemudian kayu diolah hingga menjadi bentuk sepasang kepingan, seperti bentuk cangkang kerang.

Dimana kepingan kayu tersebut juga dilubangi dan diberi sebuah tali dengan warna merah. Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak sekali variasi dari kastanyet.

Alat musik ini selain dibuat dari bahan kayu, tetapi ada juga kastanyet yang dibuat dari bahan plastik, gading, marmer, kaca hingga terbuat dari aluminium.

Untuk kastanyet yang dibuat dari bahan plastik biasanya khusus digunakan oleh anak-anak, sedangkan untuk kastanyet yang dibuat dari bahan kayu akan dimainkan oleh para pemain profesional. Kastanyet juga mempunyai berbagai macam ukuran, dimana ukuran tersebut disesuaikan dengan setiap ukuran tangan manusia.


Bagian-Bagian Pada Alat Musik Kastanyet

Gambar Bagian Bagian Pada Alat Musik Kastanyet
Gambar Bagian-Bagian Pada Alat Musik Kastanyet
https://www.silontong.com/

Musik kastanyet juga terdiri dari beberapa macam bagian-bagian yang mempunyai fungsi berbeda-beda. Lantas apa saja sih bagian-bagian dari musik kastanyet ini? Yuk simak penjelasan berikut ini!

  • Orejillas (Ears)

Orijillas merupakan bagian dari telinga kastanyet yang berbentuk seperti tonjolan kecil yang ada pada setiap sisinya. Tonjolan ini digunakan sebagai penstabil posisi yang ada di bawah ibu jari pada saat alat musik ini dimainkan.

  • Puente (Bridge)

Puente merupakan bagian atas dari musik kastanyet termasuk telinga dan juga lubang yang digunakan untuk benang.

  • Concha (Shell)

Concha merupakan bagian utama dari musik kastanyet yang mempunyai bentuk seperti cangkang kerang, dimana terjadi perkusi.

  • Labios (Lips)

Labios merupakan bagian yang berada di tepi kastanyet. Dimana bagian ini bisa menghasilkan suara pada saat dipukul.

  • Corazon (Heart)

Corazon merupakan bagian berupa cekungan yang ada pada kastanyet. Dimana kedalaman dari cekungan tersebut juga termasuk kedalam salah satu faktor penentu apabila kastanyet dimainkan.

  • Punto (Point)

Punto merupakan area yang berada pada bagian bawah dalam arah vertikal dari musik kastanyet.


Cara Memainkan Alat Musik Kastanyet

Gambar Cara Memainkan Alat Musik Kastanyet
Gambar Cara Memainkan Alat Musik Kastanyet
https://www.infokekinian.com/

Alat musik kastanyet merupakan salah satu alat musik yang cukup mudah untuk dimainkan, bahkan oleh anak-anak juga. Dimana sebelum memainkan juga tentunya perlu diketahui beberapa tips untuk menghasilkan suara atau bunyi yang berbeda-beda.

Alat musik ini bisa menghasilkan suara yang lebih tinggi atau disebut dengan hembra, maksudnya disini adalah perempuan jika dalam bahasa Spanyol.

Sedangkan untuk penghasil suara yang lebih rendah disebut dengan macho atau laki-laki dalam bahasa Spanyol. Lantas bagaimana sih tips-tips untuk memainkan alat musik ini? Yuk simak penjelasan berikut ini!

  1. Sebelum memulai untuk bermain kastanyet, maka pilihlah terlebih dahulu kastanyet yang mempunyai ukuran pas ditangan, hal ini bertujuan agar alat musik mudah dibunyikan.
  2. Gunakan kastanyet bersuara tinggi (hembra) bisa diletakkan di tangan kanan, kemudian untuk kastanyet yang mempunyai nada rendah (macho) bisa diletakkan di tangan kiri.
  3. Kemudian tes kekencangan tali yang ada pada kastanyet. Apabila tali terlalu longgar, maka akan menyebabkan suara yang dihasilkan kurang jernih. Bukan hanya itu, apabila tali ini tidak terpasang dengan baik, maka sangat memungkinkan kastanyet bisa jatuh dari tangan pada saat dimainkan.
  4. Coba bunyikan alat musik hembra dengan cara mengetuk pada bagian atas kastanyet, dimulai dari jari kelingking, jadi manis dan juga sisa jadi yang lainnya, lakukan sampai bisa mencapai jari telunjuk. Kemudian bunyikan kastanyet macho untuk menghasilkan ritme suara, adapun cara membunyikannya adalah dengan menggunakan jari tengah dan juga jari manis untuk mengetuk pada bagian atas kastanyet.
  5. Lakukan secara berulang untuk membunyikan kastanyet dengan dua teknik tersebut secara bergantian sampai anda bisa menemukan ritme yang tepat. Dimana alat musik ini juga bisa dimainkan dengan cara saling dibenturkan untuk menghasilkan suara yang berbeda.

Fungsi Alat Musik Kastanyet

Gambar Fungsi Alat Musik Kastanyet
Gambar Fungsi Alat Musik Kastanyet
https://i0.wp.com/nurfasta.com

Alat musik kastanyet juga mempunyai beberapa fungsi-fungsi. Dimana fungsi-fungsi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut!

  1. Koreografi, dimana kastanyet merupakan alat musik yang digunakan untuk pengiring koreografi. Dimana apabila alat musik ini dimainkan pada suatu lagu atau musik, maka koreografi akan lebih sempurna.
  2. Digunakan sebagai pengiring lagu yang mempunyai melodi, dimana biasanya alat musik ini juga bisa digunakan sebagai pengiring drama musikal atau film.
  3. Kastanyet bisa menghasilkan sebuah harmonisasi yang indah.
  4. Digunakan sebagai patokan untuk masuk ke dalam sebuah lagu tertentu, misalnya intro, verse, reff, outro dan masih banyak lagi yang lainnya.
  5. Digunakan sebagai pengatur jalannya irama.
  6. Kastanyet digunakan sebagai pengatur tempo.
  7. Kastanyet bisa juga digunakan sebagai pengarah irama lagu.

Penutup

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai alat musik kastanyet, dimulai dari pengertian, ciri dan juga karakteristik, bagian-bagian, cara memainkan dan juga fungsinya.

Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca sekalian dalam mengenali dan memahami tentang alat musik kastanyet dan semoga penjelasannya dapat dipahami dengan baik!


Alat Musik Kastanyet
sumber referensi:

https://www.orami.co.id/magazine/alat-musik-kastanyet/
https://edmodo.id/kastanyet/#Fungsi_Alat_Musik_Kastanyet
https://www.alatmusik.id/musik/Alat-Musik-Kastanyet/

Default image
FITRI
"Menulis menjadi sebuah solusi dalam menuangkan beban yang tak pernah tersampaikan lewat sebuah ucapan"

Leave a Reply

error: Content is protected !!