Alat Musik Kenong : Contoh, Gambar, Fungsi dan Jenisnya

Alat Musik Kenong

Alat Musik Kenong – Di dalam kesenian Gamelan, pastilah tidak asing dengan alat musik Kenong. Dimana alat musik tradisional khas Jawa cukup populer dan memiliki keunikan dari berbagai segi, baik dari segi suara maupun bentuknya.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas secara rinci mengenai apa sih pengertian alat musik Kenong, bagaimana keunikan alat musik tradisional Jawa ini, apa kegunaan dari alat musik berbentuk pencon tersebut, serta bagaimana cara memainkannya.

Daripada dibuat semakin penasaran, mari kita scroll ke bawah dan kita simak bersama-sama penjelasan lengkapnya pada artikel di bawah ini.


Pengertian Alat Musik Kenong

Alat Musik Kenong
Alat Musik Kenong
@id.wikipedia.org

Alat musik Kenong dapat diartikan sebagai alat musik tradisional khas Jawa yang dimainkan dengan cara dipukul pada bagian menonjol di bagian tengahnya.

Alat musik Kenong merupakan alat musik Gamelan yang tergolong ke dalam keluarga ‘pencon’, yang tergolong di dalamnya seperti gong, bonang, dan kethuk.

Di dalam telinga masyarakat Jawa, suara Kenong terdengar berbunyi ning-nong, maka tak heran jika penamaan alat musik tradisional ini dikenal sebagai Kenong. Dan di dalam kesenian Gamelan, suara Kenong mengisi di antara sela-sela suara instrumen Kempul.


Keunikan Alat Musik Kenong

Keunikan Alat Musik Kenong
Keunikan Alat Musik Kenong
@www.wajibbaca.com

Alat musik Kenong dapat dikatakan sebagai instrumen pencon dengan ukuran yang paling gemuk. Bentuknya menyerupai Bonang, hanya saja lebih gemuk. Sedangkan Gong memiliki bentuk yang besar dan lebar semacam lempengan piring raksasa.

Alat musik Kenong hampir juga serupa dengan alat musik Kethuk, hanya saja Kethuk memiliki ukuran lebih kecil dari pada Kenong, hal ini sehingga Kethuk memiliki nada yang lebih tinggi dibandingkan alat musik Kenong.

Kenong dibuat dari bahan logam sejenis kuningan, sehingga mampu menghasilkan dengungan. Jumlah dalam satu set Kenong dapat dibuat bervariasi, meskipun begitu rata-rata Kenong biasanya sekitar lebih dari 6 buah sampai 10 buah Kenong.

Instrumen jenis Kenong ini disusun pada pangkon yang berupa kayu serta dialasi dengan tali, sehingga tidak menghambat getaran kenong ketika ditabuh. Bentuk Kenong sendiri berukuran besar dan gemuk, sehingga menyebabkan alat musik. Kenong dapat menghasilkan nada suara yang rendah, tapi nyaring dengan timbre yang khas.

Baca Juga: Alat Musik Marakas

Kegunaan Alat Musik Kenong

Alat Musik Kenong Dalam Kesenian Gamelan
Alat Musik Kenong dalam Kesenian Gamelan
@blogkulo.com

Alat musik Kenong termasuk ke dalam alat musik harmonis yang mampu mengisi harmonisasi nada dalam permainan Gamelan. Selain itu, diyakini bahwa alat musik Kenong ini berperan sebagai pemangku irama dan pembatas kalimat dalam suatu gendhing.

Di samping itu, alat musik Kenong juga dapat dikatakan sebagai rangkaian instrumen yang saling mendukung di dalam memainkan ritmis jarak pendek dan ritmis jarak panjang.


Cara Memainkan Alat Musik Kenong

Cara Memainkan Alat Musik Kenong
Cara Memainkan Alat Musik Kenong
@cerdika.com

Alat musik Kenong dapat dimainkan dengan menggunakan stik kecil yang terbuat dari kayu dan bagian ujungnya dibalut dengan kain. Hal ini agar tidak merusak permukaan Kenong, serta mampu menghasilkan suara yang khas dari alat musik Kenong tersebut.

Bagian tengah yang menonjol adalah bagian dipukulnya alat musik tradisional Kenong. Dan bagian Kenong yang berongga adalah tempat yang dapat menghasilkan suara semacam logam yang berdengung.

Suara gema yang dihasilkan alat musik Kenong ini cukup bermacam-macam. Saat kita memukul kenong, suara ngung bisa terdengar panjang, maka dengan demikian kita harus meredamnya menggunakan tangan yang lain.

Permainan alat musik Kenong juga dapat digambarkan sebagai beat pokok dan sinkopasi. Di antara sinkopasi Kinong masih terdapat pukulan sinkopasi oleh instrumen Kempul. Permainan sinkopasi ini tidak akan menjadi aksen tertunda seperti pada kesenian musik Barat, sehingga penting sekali untuk tetap berada pada beat pada kalimat empat dan delapan birama di dalam gerakan musik yang cukup padat.


Penutup Alat Musik Kenong

Demikian penjelasan lengkap mengenai alat musik Kenong yang berhasil penulis rangkum buat kamu.

Semoga penjelasan ini tidak hanya menambah wawasan kita mengenai alat musik tradisional, melainkan juga mampu menambah rasa cinta kita terhadap budaya bangsa kita, bangsa Indonesia.


Alat Musik Kenong
sumber referensi:

@https://id.wikipedia.org/wiki/Kenong
@https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-alat-musik-tradisional-kenong/52630
@https://felderfans.com/cara-memainkan-alat-musik-kenong/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.