19+ Alat Musik Modern : Contoh, Gambar dan Cara Memainkan

Alat Musik Modern – Dalam kesenian musik, tak sedikit alat musik yang mengalami perkembangannya dari waktu ke waktu. Seperti beberapa alat musik tradisional yang kemudian diberi tambahan sentuhan agar tampak lebih elegan dan menghasilkan suara yang lebih indah, alat musik tersebut banyak dikenal dengan sebutan alat musik modern.

Nah, kali ini kita akan mengulik bersama-sama mengenai apa sih alat musik modern tersebut, dan bagaimana cara memainkan alat musik tersebut. Serta beberapa contoh alat musik yang tergabung ke dalam alat musik modern.

Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, mari kita scroll ke bawah dan simak artikel ini sampai tuntas ya.


Alat Musik Modern

Alat Musik Modern Drum
Alat Musik Modern Drum
www.pixabay.com

Kali ini kita akan membahas mengenai alat musik modern, dimana alat musik jenis ini merupakan alat musik hasil perkembangan dari beberapa jenis alat musik tradisional yang sudah ada sebelumnya.

Awalnya, alat musik tradisional identik dengan bahan material yang berasal dari alam atau hewan dan cenderung sederhana dalam permainannya. Lambat laun dengan perkembangan kesenian musik, sehingga tren alat musik semakin digemari dan mengalami banyak perkembangan dan inovasi terhadap alat musik tradisional tersebut.

Beberapa perkembangan biasa terjadi dengan menambahkan teknologi listrik, maupun bahan-bahan yang digunakan lebih mudah dijumpai dan mudah dibuat tentunya, seperti bahan sintetis maupun logam hasil pabrikan.


Jenis Alat Musik Modern

Berdasarkan cara memainkannya, alat musik modern dapat diklasifikasikan menjadi 5 kelompok alat musik. Adapun klasifikasi alat musik modern tersebut meliputi:

  1. Alat musik modern yang dimainkan dengan cara dipetik, seperti gitar akustik, gitar listrik, Harpa, dan lain sebagainya.
  2. Alat musik modern yang dimainkan dengan cara digesek, seperti Biola, Viola, Cello, dan Bass.
  3. Alat musik modern yang dimainkan dengan cara ditiup, seperti Saksofon, Terompet, Recorder, Harmonika, dan lain sejenisnya.
  4. Alat musik modern yang dimainkan dengan cara ditekan, seperti Piano, Keyboard, Akordeon, dan Organ.
  5. Alat musik modern yang dimainkan dengan cara dipukul, seperti Drum, Timpani, dan Bongo.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai kelima kelompok alat musik modern berdasarkan cara memainkannya.

Alat Musik Modern yang Dipetik

Berdasarkan cara memainkannya, alat musik modern dapat dimasukkan ke dalam klasifikasi alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Beberapa alat musik modern yang dapat dimainkan dengan cara dipetik meliputi alat musik Gitar Akustik, Gitar Listrik, Harpa, dan Banjo.

Alat Musik Gitar Akustik

Alat Musik Gitar
Alat Musik Gitar
www.pixabay.com

Alat musik Gitar merupakan alat musik modern yang juga cukup populer, bahkan hampir semua orang mengetahuinya. Sebagai alat musik modern, Gitar juga tergolong ke dalam alat musik harmonis yang sering dimainkan di berbagai pertunjukan pentas atau konser musik dengan berbagai genre maupun tema.

Alat musik Gitar ini bukan hanya berperan sebagai alat musik harmonis, melainkan juga kerap dimainkan sebagai alat musik melodis yakni dengan cara memetik dawainya satu demi satu dawai.

Alat musik Gitar ini dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni Gitar Akustik dan Gitar Listrik. Gitar ini biasa dibuat dengan bahan kayu yang dibalut dengan plywood dan beberapa ada juga yang dibuat menggunakan bahan sintetis.

Gitar dilengkapi dengan enam senar yang terbuat bahan nilon maupun kawat yang disetel sampai menghasilkan harmonisasi nada yang indah. Kualitas senar dan kayu yang digunakan sangat mempengaruhi suara yang dihasilkan gitar akustic ini.

Pada Gitar Akustik ini memiliki senar gitar yang diatur sepanjang jembatan dan sadel tempat pengikat senar yang masuk ke dalam ruang dimana suara atau nada dihasilkan. Suara yang dihasilkan senar, kemudian masuk ke ruang nada atau resonator.

Gitar Akustik biasa dimainkan untuk mengiringi instrumen lagu-lagu daerah, seperti lagu daerah khas Solo yang menggunakan Fingerpicking Komprehensif.

Alat Musik Gitar Listrik

Alat Musik Gitar Listrik
Alat Musik Gitar Listrik
www.pixabay.com

Selain alat musik Gitar Akustik, terdapat pula alat musik Gitar Listrik yang juga tergolong ke dalam alat musik modern. Alat musik Gitar Listrik ini juga kerap dikenal dengan sebutan Gitar Elektrik.

Gitar jenis ini juga tidak kalah bagusnya dalam menghasilkan suara dengan Gitar jenis akustik. Suara yang dihasilkan Gitar listrik ini berasal dari getaran senar gitar yang kemudian mengenai kumparan yang ada pada bagian gitar elektrik atau gitar listrik.

Bagian badan Gitar listrik digunakan untuk mengeluarkan suara pada gitar kerap disebut dengan Pick up. Beberapa kondisi kadang sinyal yang dikeluarkan gitar elektrik atau gitar listrik dari pick upnya diubah secara elektronik dengan berbagai effect sebagai reverb.

Gitar listrik atau gitar elektrik ini tidak hanya banyak dijumpai di Indonesia, melainkan juga banyak dijumpai di berbagai negara bahkan negara-negara maju pun kerap memainkan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik ini.

Alat Musik Harpa

Alat Musik Harpa
Alat Musik Harpa
www.pixabay.com

Alat musik modern selanjutnya dikenal dengan sebutan Harpa. Sebagai alat musik paling tua di dunia, Harpa mengalami banyak revolusi. Misalnya, pada awal tahun 1500 SM, senar atau dawai harpa dibuat dari rambut atau serat tanaman yang dikaitkan.

Umumnya, harpa memiliki bentuk segitiga dan berwarna emas. Alat musik Harpa memiliki tiga bagian utama yaitu sound board, Neck dan String. Dawai Harpa juga dibuat dengan jumlah yang bervariasi, mulai dari 22 sampai 47 senar dalam satu Harpa.

Cara memainkan alat musik modern jenis ini cukup terbilang unik, yakni dengan cara salah satu tangan menekan senar dan tangan lainnya memetik senar Harpa tersebut. Beberapa Harpa juga dimainkan dengan cara kedua tangan memetik senar secara bersamaan seperti prinsip dasar memainkan Piano.

Alat Musik Banjo

Alat Musik Banjo
Alat Musik Banjo
haloedukasi.com

Alat musik modern selanjutnya berasal dari Amerika Selatan. Alat musik Banjo ini memiliki ukuran dan model semacam gitar hanya saja memiliki bentuk bulat pada bagian badannya. Alat musik modern jenis ini dibawa langsung oleh orang Afrika dan tergolong ke dalam alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik.

Alat Musik Modern yang Digesek

Selain dimainkan dengan cara dipetik, beberapa alat musik modern juga dapat dimainkan dengan cara digesek. Beberapa alat musik modern tersebut meliputi, alat musik Biola, Viola, Cello, dan Bass. Untuk lebih jelasnya dapat disimak penjelasan berikut ini.

Alat Musik Biola

Alat Musik Biola
Alat Musik Biola
www.pixabay.com

Alat musik modern yang tidak kalah populer dengan jenis lainnya adalah biola. Alat musik jenis ini memiliki 4 dawai (G-D-A-E) yang diatur berbeda satu sama lain dengan interval sempurna kelima. Untuk nada dasarnya yaitu dimulai dari nada G.  Mirip dengan alat musik gitar, biola juga merupakan alat musik harmonis berdawai.

Dalam bahasa Indonesia, pemain Biola dikenal dengan sebutan violinist. Sementara orang yang membuat atau membenahi alat musik Biola disebut dengan luthier. Cara memainkan alat musik biola adalah dengan cara digesek dengan busur, serta dipetik dengan jari tangan kanan atau yang dikenal dengan teknik pizzicato.

Beberapa pemain pemula biasa memainkan senar biola dengan teknik pizzicato menggunakan jari tangan kanan, meskipun beberapa lainnya juga ada yang memetik dengan menggunakan tangan kiri.

Alat Musik Viola

Alat Musik Viola
Alat Musik Viola
www.pixabay.com

Contoh lain dari alat musik modern adalah alat musik Viola. Alat musik Viola masih termasuk ke dalam keluarga alat musik Biola. Cara memainkannya pun sama seperti memainkan biola, yakni digesek.

Alat musik modern jenis Viola ini memang memiliki bentuk yang sangat mirip dengan biola, baik dari bentuk maupun bahan yang digunakan untuk membuat Viola sama dengan biola. Hanya saja, ukuran Viola sedikit lebih besar dibandingkan biola.

Jika biola menghasilkan nada suara sopran atau tenor, sementara Cello atau Bass berada di nada suara bass, maka Viola sendiri menghasilkan suara tengah dengan nada alto. Ciri dari suara Viola adalah lambat dan dalam, serta nada yang lebih rendah dibandingkan alat musik biola.

Alat Musik Cello

Alat Musik Cello
Alat Musik Cello
www.pixabay.com

Cello juga merupakan alat musik modern yang masih termasuk ke dalam keluarga biola. Ukuran Cello lebih besar dari biola namun lebih kecil dibandingkan dengan bass. Alat musik Cello juga kerap dikenal dengan sebutan Violoncello.

Sebagian besar bahan dasar alat musik Cello adalah dari kayu dan dilengkapi dengan 4 dawai atau senar. Cara memainkan Cello adalah dengan cara diberdirikan tegak dengan diberi penahan logam di bagian bawahnya.

Pemain Cello biasanya posisi duduk dengan alat musik Cello berada di antara kedua kaki pemusik, serta menggesekkan busur melintang di atas dawai.

Alat Musik Bass/ Contra Bass

Alat Musik Bass
Alat Musik Bass
www.pixabay.com

Alat musik Bass juga merupakan alat musik modern biola yang memiliki ukuran paling besar. Dengan bentuknya yang besar, sehingga alat musik ini menghasilkan nada paling rendah dalam permainan musik orkestra modern.

Seperti biola pada umumnya, alat musik Bass ini dilengkapi dengan 4 dawai. Karena bentuknya begitu besar, sehingga Bass dimainkan dengan cara berdiri serta menyandarkan alat ini ke tubuh pemusik Bass.

Alat musik biola jenis ini biasa dimainkan dengan cara digesek maupun dipetik. Dalam permainan kesenian musik klasik yang cenderung menekankan pada sisi akustik, bass dimainkan dengan cara digesek.

Sementara pada musik modern, cenderung menekankan untuk menjaga tempo, maka Bass dimainkan dengan cara dipetik. Serta dalam kesenian musik tanah air, Bass ini banyak dimainkan dalam kesenian keroncong.

Alat Musik Modern yang Ditiup

Beberapa contoh di bawah merupakan alat musik modern yang masuk ke dalam klasifikasi dapat dimainkan dengan cara ditiup.

Alat musik modern yang ditiup tersebut di antaranya adalah alat musik Saksofon, Terompet, Recorder, dan Harmonika. Untuk mengetahui penjelasan mengenai alat musik modern yang ditiup dapat diamati sebagai berikut.

Alat Musik Saksofon

Alat Musik Saksofon
Alat Musik Saksofon
1.bp.blogspot.com

Alat musik modern jenis Saksofon ini baru diciptakan pada sekitar tahun 1840-an. Alat musik jenis ini diciptakan oleh seorang pemain Klarinet bernama Adolphe Sax yang merupakan warga negara Belgia.

Alat musik yang terbuat dari bahan logam ini sempat terhambat perkembangannya, karena terikat hak paten yang dimiliki sang penemu alat musik ini. Setelah hak paten habis, penyempurnaan banyak dilakukan meskipun tidak banyak mengubah desain awal alat musik aerophone jenis ini.

Dahulu, Saksofon banyak digunakan dalam orkestra dan band militer. Dan sekarang ini Saksofon lebih menjadi instrumen populer seperti jazz. Saksofon memiliki beragam jenis, salah satu di antaranya yang paling umum dimainkan adalah alat musik Soprano, Alto, Tenor, dan Bariton.

Alat Musik Terompet

Alat Musik Terompet
Alat Musik Terompet
www.alatmusik.id

Terompet sendiri merupakan alat musik tiup yang terbuat dari logam. Terompet tergolong ke dalam tingkatan tertinggi di antara Trombon, Tuba, Saksofon, Bariton, French Horn, Euphonium, yakni berada di pitch Bb.

Alat musik modern jenis Terompet ini hanya memiliki 3 tombol dalam memainkannya. Para pemusik yang memainkan Terompet sering kali menyesuaikan embouchure untuk mendapatkan nada paling berbeda.

Terompet juga memiliki beberapa macam. Terompet yang lazim digunakan adalah Terompet jenis Bb, meskipun Terompet dengan nada dasar lainnya juga banyak dijumpai dalam permainannya.

Terompet C merupakan alat musik modern yang paling lazim dimainkan dalam orkestra Amerika. Terompet jenis ini memiliki bentuk yang lebih kecil dengan ciri khas bunyi yang dihasilkan lebih cerah dan lebih hidup dibandingkan Terompet jenis Bb.

Sebagai alat musik modern, Terompet tergolong alat musik yang mudah untuk dimainkan. Hal ini disebabkan alat musik jenis ini bisa dimainkan oleh semua orang dengan mengetahui teknik dasarnya, yakni dengan menggunakan teknik pernapasan kuat dan panjang.

Biasanya dalam teknik ini agak sulit dimainkan oleh para perokok, karena napasnya lebih pendek dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Jadi, jika seseorang yang hendak menekuni permainan alat musik aerophone jenis Terompet ini mungkin sebaiknya dapat menghindari merokok agar napasnya lebih panjang.

Alat Musik Recorder

Alat Musik Recorder
Alat Musik Recorder
www.tambahpinter.com

Alat musik modern selanjutnya adalah alat musik Recorder. Alat musik jenis ini cukup populer sebab alat musik Recorder banyak dijadikan sebagai media pembelajaran seni musik di beberapa strata pendidikan, baik tingkat Sekolah Dasar maupun Sekolah Lanjutan.

Recorder sendiri merupakan alat musik yang tergolong ke dalam satu keluarga dari Flute. Cara memainkan alat musik Recorder ini adalah dengan cara meniupnya dari ujung pangkal Recorder sembari membuka dan menutup lubang pada Recorder sesuai pola nada yang sudah ditentukan.

Alat musik modern jenis ini dibedakan menjadi beberapa jenis, yang meliputi Treble, Tenor, dan Bass. Bahan yang digunakan untuk membuat sebuah Recorder adalah kayu, namun seiring dengan perkembangan zaman saat ini Recorder cenderung dibuat dari bahan plastik.

Alat Musik Harmonika

Alat Musik Harmonika
Alat Musik Harmonika
www.alatmusik.id

Salah satu contoh alat musik modern adalah alat musik harmonika. Alat musik jenis ini biasa dimainkan dengan cara ditiup atau dihisap menggunakan mulut. Alat musik Harmonika dilengkapi ruas lubang pada bagian sampingnya, ruas-ruas tersebut saling berhimpitan sehingga dibutuhkan keahlian dalam memainkan alat musik harmonis ini.

Harmonika kerap kali dimainkan dalam satu grup band pada genre musik seperti, musik Country, Solo, Ansambel, dan grup musik jenis lainnya.

Alat Musik Modern yang Ditekan

Alat musik modern juga identik dengan dimainkan dengan cara ditekan. Karena alat musik tekan cenderung memiliki konsep yang tidak sederhana, meskipun cara memainkannya lebih sederhana yakni dengan cara ditekan.

Beberapa contoh alat musik modern yang ditekan yakni alat musik Piano, Keyboard, Akordion, dan Organ. Untuk mengetahui lebih jelasnya dapat diamati penjelasan sebagai berikut.

Alat Musik Piano

Alat Musik Piano
Alat Musik Piano
www.pixabay.com

Alat musik modern yang dimainkan dengan ditekan dikenal dengan sebutan piano atau pianoforte. Para pemain piano disebut dengan pianis.

Meski ditekan, alat musik Piano juga dilengkapi dengan dawai yang dimainkan dengan cara menekan tuts-tuts pada bagian papan piano. Bahkan dengan menekan tuts ini lama, maka akan mendengungkan nada musik dengan periode waktu yang lama juga.

Piano juga dapat dibedakan menjadi dua, yakni piano akustik dan piano elektronik. Alat musik Piano akustik dilengkapi dengan senar yang dipukul oleh hammer, sehingga dapat menghasilkan bunyi.

Sementara piano elektronik dilengkapi papan elektronik untuk menghasilkan bunyi yang serupa dengan bunyi yang dihasilkan piano akustik.

Alat Musik Keyboard

Alat Musik Keyboard
Alat Musik Keyboard
a.ipricegroup.com

Keyboard atau juga dikenal Kibol merupakan alat musik modern yang kerap kali dimainkan dengan cara ditekan tuts-tutsnya di berbagai acara hiburan musik. Alat musik jenis ini sebenarnya mirip dengan piano, baik dari segi bentuk maupun dari segi tangga nada yang dimiliki setiap tutsnya.

Pada tuts putih keyboard juga sama dengan tuts Piano, yakni tangga nada mayor yang meliputi C-D-E-F-G-A-B atau Do-Re-Mi-So-La-Si. Dan untuk tuts hitam dari alat musik Keyboard merupakan nada yang dinaikkan (#) atau diturunkan (b) setengah dari tuts putih.

Alat Musik Akordeon

Alat Musik Akordeon
Alat Musik Akordeon
www.lagudaerah.id

Alat musik Akordeon merupakan salah satu alat musik modern. Alat musik ini mirip dengan piano, karena memiliki tuts berwarna hitam dan putih. Namun keduanya berbeda dari segi cara memainkannya.

Piano dimainkan dengan menekan tuts berwarna hitam atau putih. Namun, untuk Akordeon tidak sekedar menekan tutsnya, melainkan dengan mengatur alunan suara dan nada secara bersamaan.

Cara memainkannya juga Akordeon digendong dan dipegang dengan kedua tangan. Satu tangan difungsikan sebagai pengatur suara, sementara tangan yang lain untuk mengatur nada.

Akordeon sendiri memiliki beragam jenis yang meliputi akordeon berwarna, akordeon concertinas, akordeon diatonis, dan akordeon piano. Di antara beberapa jenis tersebut, Akordeon diatonis merupakan alat musik paling populer sebab rentang nada yang dimiliki paling luas. Sehingga tidak heran jika alat musik jenis ini dimainkan dalam kesenian musik kontemporer, jazz, dan sebagainya.

Alat Musik Organ

Alat Musik Organ
Alat Musik Organ
www.tambahpinter.com

Alat musik modern yang juga dimainkan dengan cara ditekan dikenal dengan sebutan Organ. Cara memainkan organ ini adalah dengan cara menekan tuts, sehingga menghasilkan suara yang unik dan khas organ.

Pada awal sejarah terciptanya, suara organ dihasilkan dari pipa-pipa yang dipasang di alat musik modern tersebut. Namun, seiring perkembangan zaman, organ diproduksi dengan model organ elektronik.

Alat Musik Modern yang Dipukul

Alat musik modern juga dapat dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik modern jenis ini biasa identik dengan alat musik perkusi.

Beberapa contoh instrumen yang tergolong ke dalam alat musik modern dipukul meliputi alat musik Drum, Timpani, dan Bongo. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai alat musik modern yang dimainkan dengan cara dipukul.

Alat Musik Drum

Alat Musik Drum
Alat Musik Drum
haloedukasi.com

Drum merupakan alat musik modern perkusi yang memiliki banyak kegunaan utama dalam berbagai macam permainan musik. Salah satunya, Drum dimainkan sebagai menentukan dan mengatur tempo musik ketika dimainkan. Tidak heran jika Drum dikenal sebagai jantung dari segala permainan alat musik.

Di dalam instrumen Drum terdapat selongsong atau shell yang mana bagian ini meurpakan bagian pembentuk dari sebuah Drum. Shell yang digunakan sangat mempengaruhi suara yang akan dihasilkan Drum.

Umumnya, shell ini terbuat adari besi yang memiliki karakter suara yang tajam dan attack yang sangat kuat, sementara karakter-karakter suara lainnya yang terbuat dari kayu lebih identik dengan suara hangat.

Di samping itu, instrumen Drum juga memiliki berbagai macam raga yang meliputi ashiko, abu rukawa, bougarabou, cajon, chenda, conga, dhol, davul, dunun, taiko, tablo, timbales, timpani, djembe, dan mridangam, snare drum, bass drum, tom-tom, floor tom, hi-hat, ride cymbal, crash cymbal, chinese, splash, cymbal, tiang dan pedal hi-hat, pedal bass/kick, bangku/stool, dan lain sebagainya.

Alat Musik Timpani

Alat Musik Timpani
Alat Musik Timpani
haloedukasi.com

Alat musik modern selanjutnya dikenal dengan sebutan alat musik Timpani. Alat musik jenis ini memiliki bentuk semacam Kendang, hanya saja memiliki penyangga seperti rongga di bagian bawahnya.

Alat musik Timpani ini termasuk ke dalam golongan alat musik perkusi, atau juga termasuk ke dalam klasfikasi alat musik membranofon, yakni instrumen yang dimainkan dengan cara dipukul pada bagian permukaan membrannya.

Alat Musik Bongo

Alat Musik Bongo
Alat Musik Bongo
haloedukasi.com

Alat musik Bongo juga merupakan alat musik modern perkusi. Alat musik Bongo juga tergolong ke dalam alat musik idiophone. Alat musik modern jenis ini berasal dari daerah Cuba.

Alat musik Bongo memiliki bentuk yang menyerupai dengan alat musik tradisional Kendang yang juga sama-sama dimainkan dengan cara dipukul. Di Indonesia, alat musik Bongo banyak dimainkan dalam musik dangdut, namun sebagaimana dijelaskan dalam kamus musik, orang lebih banyak mengenalnya sebagai Ketipung.


Penutup

Demikian penjelasan lengkap mengenai alat musik modern yang dibedakan berdasarkan cara memainkannya. Berbagai jenis instrumen yang tergabung ke dalam alat musik modern ini tidak hanya menambah aneka ragam jenis alat musik, melainkan juga menambahkan harmonisasi lagu yang semakin kompleks dan indah.

Semoga dengan penjelasan ini tidak hanya menambah wawasan kita, melainkan juga semakin menambah kreativitas kita dengan mengenal beragam kesenian musik di belahan penjuru dunia.


Alat Musik Modern
sumber referensi:

https://notepam.com/alat-musik-modern/
https://moondoggiesmusic.com/alat-musik-modern/#gsc.tab=0
https://haloedukasi.com/alat-musik-modern

Default image
SHEYLA
"Merengkuh makna, mengurai rasa, menempuh asa dengan rangkaian tulisan bermakna."

Leave a Reply

error: Content is protected !!