Alat Musik Modern

Alat Musik Modern

Alat Musik Modern – Banyak yang belum mengetahui bahwa saat ini yang kita pakai untuk bermain musik adalah alat musik modern. Alat musik yang sudah berinovasi dari yang sebelumnya.

Perkembangan zaman membuat alat musik juga semakin berevolusi menjadi benda pengiring musik terbaik yang diciptakan manusia tentunya dengan kecanggihan yang ada saat ini. Dengan didukung dengan alat musik modern yang canggih alunan nada yang disampaikan juga akan lebih terasa didalam jiwa.


Alat Musik Modern Gitar

Alat Musik Modern

Perkembangan alat musik sangat pesat dari yang alat musik versi lama hingga saat ini sangat banyak alat musik yang sudah berevolusi menjadi alat musik yang keren dan nikmat dipandang mata.

Saat ini alat musik modern sudah banyak kita jumpai. Gitar menjadi salah satu alat musik modern yang paling pesat perkembangannya, berikut adalah beberapa alat musik modern gitar yang harus diketahui :

1. Gitar Akustik

Gitar Akustik adalah jenis gitar yang biasanya digunakan untuk penampilan yang sederhana. Suara yang dihasilkan dari gitar ini dihasilkan dari senar dan beresonansi terhadap kayu badan gitar.

Gitar akustik ini terbuat dari kayu yang bagus dan berkualitas karena untuk gitar akustik pemilihan kayu akan berpengaruh terhadap nada yang akan keluar dari gitar akustik. Untuk memainkannya gitar akustik tidak memerlukan peralatan elektronik, bisa dimainkan biasa dan sederhana.

2. Gitar Elektrik/Listrik

Gitar elektrik/listirk berbeda dengan gitar akustik untuk mengahsilkan suara gitar elektrik harus tersambung lebih dulu dengan arus listrik untuk menciptakan nada. Dengatambahan alat berupa loud speaker akan membuat suara gitar keluar lebih keras.

Suara gitar listrik dihasilkan dari petikan senar yang mengenai kumparan badan gitar atau biasa disebut pick up. Gitar elektrik biasa digunakan untuk penampilan show pemusik rock untuk memperindah alunan nada dan lagu yang dimainkan.

Baca juga: Alat Musik Jawa Barat


Alat Musik Modern Tiup

Alat Musik Modern

Alat musik modern tiup adalah alat musik yang pemakaiannya ditiup. Sangat banyak sekali alat musik modern tiup yang sering kita jumpai. Bahkan kita pernah memainkannya, berikut adalah alat musik modern tiup yang perlu kita ketahui , diantaranya :

1. Terompet

Alat musik terompet adalah alat musik yang cara memainkannya ditiup. Alat musik ini terbuat dari logam da nada beberapa pitch. Terompet hamper sama kegunaannya dengan alat musik lainnya, namun terompet memiliki tiga buah tombol. Pemain terompet harus pintar memainkannya untuk mendapatkan hasil nada yang diinginkan.

2. Saxophone

Hamper sama dengan terompet. Saxophone dibuat oleh adolphesak dan disitulah alat musik ini pertama kali hadir dan nama yang diambil terinspirasi dari si pembuat saxophone ini. Cara memainkannya ditiup namun saxophone memiliki bentuk yang berbeda dari terompet.

Bentuknya lebih melengkung dan memiliki banyak tombol untuk menghasilkan nada. Saxophone biasanya digunakan untuk mengiringi musik jazz dan juga digunakan untuk acara seremonial pengiring group musik besar. Banyak merk saxophone yang terkenal yaitu Yamaha, LA sax, Lincoln dan Subaru. Pemain saxophone biasanya disebut sexfonis.

3. Harmonika

Harmonika adalah yang berikutnya alat musik modern ini sama cara memainkannya dengan alat musik yang ditiup lainnya. Namun harmonica memiliki bentuk yang kecil dari ukuran alat musik modern tiup lainnya dan persegi panjang.

Cara memainkannya dengan cara menghisap dan meniupkan udara ke rongga harmonika dan menggerakkan jari tangan ke kanan dan ke kiri untuk menghasilkan suara yang bagus. Harmonika berasal dari Negara tiongkok pada ke kaisaran Nyu-kwa. Pada era modern harmonika diperbarui oleh Buchman.

Dari pembaharuan ini harmonika semakin canggih seiring dengan modifikasi yang dilakukan. Kini harmonika memiliki 90 tipe yang berbeda dan bisa digunakan untuk mengiringi musik apa saja tetunya dengan suara yang berbeda.

4. Klarinet

Klarinet memiliki bentuk seperti terompet namun ukurannya yang kecil. Untuk klarinet berasal dari bahasa italia yang dibagi menjadi dua bagian yaitu “et” yang artinya kecil dan “clarion” yang artinya terompet. Cara memainkannya ditiup dengan beberapa reed. Istilah bagi pemain klarinet biasanya disebut klarinetis.

Baca juga: Alat Musik Harmonis


Alat Musik Modern Piano

Alat Musik Modern

Piano adalah alat musik yang berikutnya. Jumlah tuts yang ada pada piano lebih banyak dan juga ukuran piano lebih banyak. Meskipun cara memainkannya sama namun piano biasanya digunakan di kegiatan yang sifatnya seremonial dan besar. Karena piano mampu menghasilkan nada yang mendayu-dayu dan membuat kita nyaman mendengarkannya.

Alat musik modern ini sering kita lihat. Alat musik piano akan menghasilkan alunan nada yang indah di pertunjukan mahakarya pemusik ataupun acara formal, berikut adalah beberapa jenis alat musik piano yang perlu kita ketahui diantaranya :

1. Grand Piano

Piano yang ini disebut Grand Piano. Biasa kita temukan ketika melihat pertunjukan musik. Piano ini sering digunakan oleh pemusik hebat untuk mengiringi musik yang dimainkan. Instrument yang dihasilkan jika menggunakan piano ini akan lebih indah.

Piano ini memiliki kotak akustik yang ditidurkan, dengan deretan senar-senar akustik yang ditidurkan. Merk yang paling eksekutif dari piano ini adalah Steinway namun jika di Indonesia kita sering menemukan merk piano ini dengan merk Yamaha. Harga piano ini sama dengan harga satu mobil mewah sekitar 400 juta.

2. Upright Piano

Piano yang berikutnya adalah upright piano. Jenis piano ini adalah akustik dengan 88 tuts beserta senar. Yang membedakan dengan grand piano adalah kotak akustiknya terletak dibagian luar sehingga menghemat tempat. Bagi kita yang ingin bermain piano namun ingin menghemat tempat, upright piano menjadi pilihan tepat untuk kita.

3. Digital Piano

Digital piano adalah yang selanjutnya. Rentang nada yang sama dengan piano sepanjang 88 nada. Model tuts nya masih menggunakan tipe grand-hammer, atau efek yang kita rasakan dari bermain piano ini sedikit berat, seperti mengetukkan palu ke senar-senar nada.

4. Keyboard

Hampir sama dengan piano namun bedanya keyboard bisa memainkan suara alat musik yang lainnya seperti gitar, drum, biola. Memainkan keyboard juga harus menyambungkannya dengan aliran listrik jika tidak ada aliran listrik maka keyboard tidak akan bisa dimainkan. Berbeda dengan piano yang tanpa aliran listrik sudah bisa dimainkan.

5. Organ

Organ merupakan alat musik yang hampir sama seperti keyboard. Nada yang dihasilkan dari organ adalah dari tiupan udara yang masuk ke sejumlah pipa yang ada di organ tersebut. Masuknya udara ke dalam organ inilah yang akan mengatur nada yang akan kita keluarkan.


Alat Musik Modern Biola

Alat Musik Modern

Selanjutnya adalah biola. Alat musik modern yang satu ini juga biasanya sering digunakan untuk bermain musik. Biola merupakan tipe alat musik dawai yang cara memainkannya digesek. Nada yang dihasilkan biola sangat nikmat untuk didengarkan dan bahkan sanggup menghipnotis jutaan orang yang mendengarkan alunan biola yang dimainkan.


Alat Musik Modern Drum

Alat Musik Modern

Drum adalah alat musik modern selanjutnya. Tipe alat musik ini adalah perkusi yang cara memainkannya harus dipukul. Drum sering digunakan ketika bermain musik dalam hal ini drum adalah alat musik yang mampu mengatur tempo jalannya permainan musik seperti apa.

Bisa dikatakan bahwa drum adalah jantung permainan musik, karena drum tidak terpengaruh dengan tempo alat musik lain. Melainkan dari drum semua tempo nada diatur. Adapun itulah beberapa informasi seputar alat musik modern paling popular dikalangan masyarakat.

Dengan menggunakan alat musik modern nada yang akan dihasilkan ketika bermain musik akan lebih nikmat didengarkan. Perkembangan zaman telah membantu kita untuk semakin mencintai seni dalam bermusik. Oleh karena itu tidak ada salahnya bagi kita untuk mencobanya.

Alat Musik Modern

Alat Musik Jawa Barat

Ayu Utami
3 min read

Alat Musik Harmonis

Ayu Utami
3 min read

Alat Musik Jawa Timur

Ayu Utami
3 min read

Tinggalkan Balasan