Alat Musik Pukul

Alat Musik Pukul

Alat Musik Pukul – Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti pernah mendengarkan sebuah lagu yang diiringi dengan musik. Dengan mendengar sebuah alunan musik, biasanya seseorang menjadi lebih semangat. Suara music tersebut berasal dari sebuah alat musik yang dimainkan.

Saat ini banyak sekali alat musik yang dimainkan dengan cara yang berbeda-beda seperti alat musik petik, alat musik gesek, alat musik tiup dan alat musik pukul. Untuk pembahasan kali ini akan membahas tentang alat musik yang dipukul.


Pengertian Alat Musik Pukul

Alat Musik Pukul

Alat musik adalah sebuah instrumen yang diciptakan dengan tujuan untuk menghasilkan alunan musik. Untuk lebih jelasnya alat musik bisa juga dikatakan sebagai sesuatu yang dapat menghasilkan alunan musik yang diatur dan diolah oleh seorang musisi.

Salah satu jenis alat musik yang berdasarkan cara memainkannya yaitu alat musik yang dipukul. Pengertian dari alat musik pukul adalah sebuah alat musik yang menghasilkan suara saat alat musik tersebut dipukul atau di tabuh. Alat musik yang dipukul ini dibagi menjadi 2 yaitu bernada tidak bernada.

Baca juga: Alat Musik Petik


Alat Musik Pukul Bernada

Alat Musik Pukul

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa alat musik yang dipukul terbagi menjadi 2 yaitu bernada dan tidak bernada. Untuk alat musik yang dipukul bernada adalah sebuah alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipukul, dan dari pukulan tersebut memunculkan bunyi yang teratur dan memiliki frekuensi tunggal tertentu. Contoh alat musik yang dipukul bernada adalah sebagai berikut

1. Kolintang

Alat musik kolintang merupakan alat musik yang dipukul dan berasal dari daerah Minahasa Sulawesi Utara. Kolintang adalah jenis alat musik perkusi yang terbuat dari kayu. Biasanya kayu yang dipakai dalam pembuatan kolintang adalah kayu lokal yang ringan namun kuat seperti kayu telur, kayu waru, kayu cempaka dan kayu wenuang.

2. Perangkat Gamelan

Alat musik ini biasanya menonjolkan gambang, gendang, gong, demung, saron dan peking. Semua alat musik tersebut dimainkan dengan cara dipukul. Gamelan merupakan satu kesatuan alat musik yang dibunyikan secara berdampingan. Kata gamelan berasal dari bahasa Jawa yaitu gamel yang mempunyai arti memukul atau menabuh.

3. Calung

Alat musik pukul yang satu ini terbuat dari bambu dan berkembang di daerah banyumas. Cara untuk memainkan alat musik ini adalah dipukul pada bagian ruas bambu yang tersusun berdasarkan tangga nada. Bambu yang digunakan untuk membuat calung biasanya menggunakan awi wulung (bambu hitam) atau bisa menggunakan awi temen (bambu ater yang berwarna hijau).

4. Xylophone

Alat musik ini masuk kedalam golongan perkusi yang berasal dari Slovakia. Xylophone ini berasal dari bahasa Yunani yaitu Xylo yang artinya kayu dan phone yang artinya suara. Alat musik ini terdiri dari susunan kayu dengan berbagai ukuran. Supaya menghasilkan suara, alat musik ini harus dipukul dengan alat pemukul khusus yang bernama malet.

Alat pukul malet ini ada yang terbuat dari kayu, plasik atau karet. Perlu diketahui bahwa setiap kayu pada alat musik ini menghasilkan nada tertentu. Kayu yang lebih panjang akan menimbulkan suara yang rendah, sedangkan kayu dengan batang yang lebih pendek akan menimbulkan suara yang pendek.

5. Vibraphone

Alat musik vibraphone ini biasanya sering disebut dengan nama vibraharp atau vibes. Vibraphone ini termasuk ke dalam golongan keluarga perkusi. Bentuk dari vibraphone ini mirip dengan alat musik xylophone. Alat musik ini terbuat dari batang-batang alumunium dan memiliki pedal seperti pada piano.

Saat pedalnya naik, batang alumunium tersebut menjadi tertahan dan menghasilkan suara yang pendek. Akan tetapi saat pedalnya turun maka suara yang dihasilkan akan menjadi tinggi. Vibraphone ini biasanya digunakan untuk mengiringi musik jazz.

6. Bellyra

Alat musik ini merupakan alat musik melodi pada drum band. Bellyra ini terdiri dari beberapa bilah logam dan pada setiap logamnya dapat menghasilkan nada tersendiri. Alat musik pukul ini digunakan untuk memainkan nada-nada melodi, yaitu nada pada lagu yang dimainkan oleh drum band. Sehingga para penonton dapat mengetahui lagu apa yang sedang dibawakan.

7. Glockenspiel

Alat musik ini merupakan instrumen perkusi yang terdiri atas satu set kunci yang ditata secara teratur dalam mode keyboard piano. Tampilan dari alat musik ini hampir sama seperti gambang, jika gambang terbuat dari batang kayu sedangkan glockenspiel terbuat dari logam.

Baca juga: Alat Musik Sunda


Alat Musik Pukul Tidak Bernada

Alat Musik Pukul

Jenis alat musik yang dipukul akan tetapi tidak bernada juga disebut dengan alat musik ritmis. Alat musik yang dipukul tidak bernada ini digunakan untuk keteraturan irama lagu. Biasanya untuk memainkan alat yang tidak bernada ini dilakukan dengan cara dipukul menggunakan alat atau bisa juga dengan tangan. Berikut adalah beberapa alat musik pukul tak bernada

1. Rebana

Alat musik ini seperti gendang akan tetapi berbentuk bundar dan pipih. Rebana memiliki bingkai yang terbuat dari kayu yang berbentuk lingkaran. Kemudian pada bagan tengahnya terbuat dari kulit kambing. Biasanya rebana digunakan dalam musik seperti kasidah dan gambus. Untuk memainkan alat musik ini adalah dengan cara dipukul menggunakan telapak tangan.

2. Ketipung

Salah satu alat musik tradisional Negara Indonesia yang hampir menyerupai gendang, akan tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil. Alat musik pukul yang satu ini terbuat dari kayu yang di bubut yang tengahnya di beri lubang dengan ukuran sekitar 20 cm sampai 40 cm. Ketipung menghasilkan musik keroncong, musik dangdut dan musik melayu.

3. Tamborin

Alat musik tamborin ini biasanya digunakan untuk mengiringi lagu dengan irama yang riang. Tamborin berbentuk lingkaran yang pada setiap sisi-sisinya terdapat bulatan logam-logam tipis yang dipasang secara rangkap. Perlu diketahui bahwa tamborin ada juga yang dilengkapi dengan kulit.

4. Simbal

Perlu diketahui bahwa alat musik pukul simbal ini sudah dimainkan sejak zaman kuno. Simbal termasuk ke dalam keluarga perkusi. Alat musik simbal yang sudah terkenal dapat menghasilkan suara yang bagus adalah dari Turki. Dalam pembuatan simbal ini menggunakan campuran logam dengan campuran yang dirahasiakan hingga sekarang.

5. Timpani

Alat musik ini juga biasa disebut dengan kettledrum. Timpani merupakan alat musik sejenis drum yang masuk kedalam keluarga perkusi. Alat musik ini terdiri dari kulit yang dibentangkan di atas mangkok besar yang terbuat dari tembaga. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan memukul bagian kulitnya dengan menggunakan stik timpani atau timpani mallet.

6. Triangle

Alat musik triangle ini memiliki bentuk segitiga dan menghasilkan musik yang tidak bernada. Triangle ini memiliki irama bunyi yang dapat mengiringi lagu-lagu yang dimainkan. Tinggi rendahnya bunyi yang dihasilkan oleh alat musik ini tergantung dari bahan pembuat triangle ini. Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan dipukul menggunakan stik yang terbuat dari logam.

Itu tadi merupakan penjelasan tentang macam-macam alat musik pukul yang banyak digunakan untuk memainkan musik saat ini. Fungsi dari alat musik tersebut adalah untuk mengiringi sebuah lagu agar lagu tersebut menjadi lebih hidup. Selain itu alat musik juga dapat digunakan untuk mengiringi tari-tarian.

Alat Musik Pukul

Alat Musik Jawa Barat

Ayu Utami
3 min read

Alat Musik Harmonis

Ayu Utami
3 min read

Alat Musik Jawa Timur

Ayu Utami
3 min read

One Reply to “Alat Musik Pukul”

Tinggalkan Balasan