7+ Alat Musik Recorder : Gambar, Sejarah dan Cara Memainkan

Alat Musik Recorder – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa alat musik Recorder cukup populer sebagai alat musik tiup. Tidak hanya bentuk dan permainannya yang cukup unik.

Melainkan penggunaannya juga sering kali dapat diamati dalam berbagai pertunjukan musik dan lebih-lebih kerap dijadikan media pendidikan musik di sekolah bukan?

Nah, kali ini kita akan belajar bersama mengenai alat musik Recorder tersebut, mulai dari pengertiannya, sejarahnya, jenis-jenisnya, bagaimana memilih alat musik Recorder yang sesuai kebutuhan, serta bagaimana cara memainkannya agar dapat menghasilkan suara dengan nada yang indah.

Semua itu telah terangkum pada artikel di bawah ini. Jadi jangan tunggu lama-lama, dan segera simak penjelasan lengkapnya sampai tuntas ya.


Pengertian Alat Musik Recorder

Pengertian Alat Musik Recorder
Pengertian Alat musik Recorder
@www.pixabay.com

Alat musik Recorder merupakan alat musik yang dapat menghasilkan suara melalui tekanan udara yang ditiup, hal ini mengindikasikan bahwa Recorder ini dimainkan dengan cara ditiup, bunyi-bunyi yang dihasilkan instrumen Recorder ini bersifat melodis. Dimana instrumen Recorder ini tidak dapat dimainkan sebagai chord secara tunggal atau tidak dapat menjadi pengiring.

Meskipun namanya Recorder, namun alat musik jenis ini tidak sesuai namanya. Justru secara umum alat musik Recorder ini merupakan instrumen yang berbentuk menyerupai Seruling. Recorder terbuat dari kayu dan bagian yang ditiupnya berbentuk seperti peluit atau corong tiup.

Alat musik Recorder ini termasuk ke dalam golongan instrumen melodis dan sumber instrumen ini dikenal dengan Aerophone karena suara yang dihasilkan Recorder berasal dari tekanan udara yang dihembuskan.

Alat musik Recorder atau juga sering kali disebut “seruling” itu kerap digunakan di dunia pendidikan, biasanya siswa akan diajak untuk memainkan sebuah lagu, baik lagu daerah atau lagu nasional.

Meskipun hampir sama, ada perbedaan antara keduanya, yakni pada Recorder terdapat lubang untuk ibu jari yang berlawanan dengan 7 lubang yang membuatnya unik, Recorder modern mungkin berbeda dengan adanya modifikasi, tetapi cara memainkannya sama saja.

Baca Juga: Alat Musik Ritmis

Sejarah Alat Musik Recorder

Sejarah Alat Musik Recorder
Sejarah Alat musik Recorder
@www.pixabay.com

Seperti alat musik pada umumnya, alat musik Recorder juga mengalami perjalanan sejarah yang apik, mulai dari asal-muasalnya sampai inovasi dan perkembangan telah banyak dilalui alat musik tiup ini. Adapun perjalanan sejarah alat musik Recorder dapat disimak sebagai berikut:

Abad Ke-14

Sejarah keberadaan Recorder tidak lepas dari instrumen Seruling yang merupakan salah satu instrumen tertua di dunia. Instrumen tiup bahwa telah tercatat dalam dokumen dari abad ke-14.

Dokumen tersebut menjelaskan bahwa Grove’s Dictionary menggunakan istilah Recorder dalam laporan yang berasal dari rumah keluarga Earl of Derby, kemudian diketahui sebagai Raja Henry IV, berlatih menggunakan instrumen yang diberi nama Fistula Nomine Recorder.

Abad Ke-18

Pada abad ke-18, instrumen tiup dikenal dengan nama Flauto. Sampai saat ini instrumen tup  juga sering kali dikenal dengan sebutan sebagai Flauto Traverso.

Pada awal perkembangannya, bentuk alat musik Recorder sangat sederhana dengan hanya enam buah lubang saja, tiap lubang akan menghasilkan suara berbeda.

Tahun 1670

Sejak tahun 1670, alat musik Recorder mengalami perkembangan dan inovasi berupa tambahan satu lubang dan memiliki kunci sampai dengan nada tujuh buah. Kemudian, sekitar tahun 1722, Quartz menambahkan lagi satu kunci untuk nada C#. Serta pada tahun 1762 Quartz menambahkan satu nada untuk kunci D#.

Tahun 1760

Selanjutnya, pada tahun 1760, Florio menambahkan satu nada G# dan terus dilakukan perkembangan dan inovasi terkait alat musik Recorder sampai saat ini.


Macam Macam Alat Musik Recorder

Jenis Jenis Alat Musik Recorder
Jenis-jenis Alat Musik Recorder
@recorderclass.files.wordpress.com

Alat musik Recorder cukup beragam. Berdasarkan nadanya, alat musik Recorder dapat dibedakan menjadi 7 jenis. Ketujuh jenis tersebut meliputi alat musik Recorder Bass, Alto, Tenor, Sopran, Treble, Piccolo, dan Flute Konser. Adapun penjelasan lengkap mengenai ketujuh jenis alat musik Recorder dapat disimak sebagai berikut:

No Alat Musik Recorder
1 Alat Musik Recorder Bass
2 Alat Musik Recorder Alto
3 Alat Musik Recorder Tenor
4 Alat Musik Recorder Soprano
5 Alat Musik Recorder Treble
6 Alat Musik Recorder Piccolo
7 Alat Musik Recorder Konser Flute

Alat Musik Recorder Bass

Alat Musik Recorder Bass
Alat Musik Recorder Bass
@review.bukalapak.com

Alat musik Recorder jenis pertama adalah Recorder Bass. Recorder Bass merupakan Recorder yang memiliki nada C. Jika dilihat dari segi ukurannya, alat musik jenis ini merupakan alat musik Recorder yang berukuran paling besar dibandingkan jenis lainnya.

Kegunaan Recorder Bass ini yakni dimainkan sebagai pengatur ritme nada golongan rendah. Nada Bass sendiri berada pada dua oktaf di bawah jenis Recorder Konser Flute.

Alat Musik Recorder Alto

Alat Musik Recorder Alto
Alat Musik Recorder Alto
@my-best.id

Alat musik Recorder selanjutnya adalah Recorder Alto. Alat musik jenis ini memiliki nada G. Alat musik Recorder sendiri dapat dimainkan dengan teknik jari yang sama persis dengan Recorder jenis Konser.

Dari segi bentuk tabungnya, alat musik Recorder Alto ini mirip dengan bentuk tabung Bass. Alat musik tiup ini dirancang khusus untuk kebutuhan musik ansambel flute.

Alat Musik Recorder Tenor

Alat Musik Recorder Tenor
Alat Musik Recorder Tenor
@review.bukalapak.com

Selanjutnya adalah musik Recorder jenis Tenor. Alat musik jenis ini berada pada nada B. Alat musik tiup ini juga kerap dikenal sebagai suling d’amor, sebutan ini berasal dari kekayaan serta kelembutan nada yang dihasilkan dari jenis tenor ini, sehingga alat musik Recorder ini dapat menghasilkan emosi cinta bagi para pendengarnya.

Alat Musik Recorder Soprano

Alat Musik Recorder Sopran
Alat musik Recorder Sopran
@my-best.id

Alat musik Recorder selanjutnya adalah alat musik Recorder jenis Soprano. Instrumen jenis ini memiliki nada E. Soprano sendiri dapat dikatakan sebagai kombinasi dari Piccolo dan Konser Flute.

Dari segi ukurannya, Soprano memiliki ukuran lebih panjang sekitar 4 inch dari instrumen Piccolo, namun lebih pendek dibandingkan Recorder Konser. Beberapa orang dapat memainkan Soprano karena ukuran dan bentuknya pas dan mudah dimainkan.

Baca Juga: Alat Musik Saluang

Alat Musik Recorder Treble

Alat Musik Recorder Treble
Alat Musik Recorder Treble
@review.bukalapak.com

Berikutnya adalah alat musik Recorder Treble. Alat musik tiup ini berada pada nada G. Treble merupakan jenis Recorder yang paling jarang ditemukan.

Alat musik Recorder Treble ini memiliki rentang nada lebih tinggi dibandingkan Recorder jenis Konser, oleh karena itu Treble biasanya hanya digunakan sebagai instrumen pelengkap di beberapa pertunjukan musik Jazz.

Alat Musik Recorder Piccolo

Alat Musik Recorder Piccolo
Alat Musik Recorder Piccolo
@review.bukalapak.com

Instrumen Recorder selanjutnya adalah alat musik Recorder Piccolo. Recorder jenis ini berada pada nada C. Recorder jenis Piccolo ini merupakan Suling terkecil di antara Seruling modern jenis lainnya.

Meskipun ukurannya terbilang paling kecil, namun Piccolo juga memiliki oktaf nada tertinggi dibandingkan jenis Suling modern lainnya.

Alat Musik Recorder Konser Flute

Alat Musik Recorder Konser Flute
Alat Musik Recorder Konser Flute
@review.bukalapak.com

Alat musik Recorder yang terakhir adalah Recorder Konser Flute. Recorder jenis ini berada pada nada C. Flute memang termasuk instrumen walaupun flute sendiri memiliki banyak macam turunan jenis tersendiri.

Akan tetapi pada awal penciptaannya, Flute Konser ini dibuat dengan desain sama dengan Suling dan tentunya dengan nada yang memiliki ukuran yang berbeda-beda.


Cara Memilih Recorder

Cara Memilih Alat Musik Recorder
Cara Memilih Alat musik Recorder
@my-best.id

Sebelum memainkan REcorder, hendaknya kita memperhatikan bagaimana cara memilih dan membeli Recorder agar dapat membantu dalam permainannya ke depannya nanti.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memainkan Recorder adalah dengan memilih tipe Recorder berdasarkan kebutuhan rentang nadanya, memilih tipe Recorder, material Recorder, dan tentunya aksesoris tambahan berupa tingkat pembersih dan bagan jari.

Adapun penjelasan lengkap mengenai cara memilih alat musik Recorder dapat disimak berikut ini.

Pilih tipe Recorder berdasarkan rentang nadanya

Menurut rentang nada yang dihasilkan, alat musik Recorder terbagi ke dalam berbagai jenis. Dua di antaranya merupakan instrumen yang cukup populer adalah Recorder Sopran dan Alto.

Sesuai namanya, Recorder ini dapat menghasilkan nada-nada tinggi. Recorder tipe ini direkomendasikan bagi kamu yang ingin menikmati nada-nada indah selayaknya kicauan burung kecil dan bersuara tinggi.

Sebaliknya, pada Recorder Alto udara yang beresonansi sedemikian rupa sehingga menghasilkan nada-nada rendah. Recorder jenis Alto ini direkomendasikan bagi kamu yang ingin memainkan lagu-lagu balada dengan suara yang sederhana dan indah.

Sebenarnya terdapat beberapa jenis lainnya yang sudah disebutkan di atas sebagai pedoman dalam memilih tipe Recorder yang dibutuhkan dalam permainannya.

Selain itu, semakin sempit rentang nada yang dihasilkan, maka ukuran Recorder akan tampak semakin besar. Sehingga penting sekali untuk memperhatikan dan mempertimbangkan juga ukurannya jika Anda ingin membawa Recorder tersebut.

Pilih tipe Baroque yang bersuara stabil

Terdapat dua macam tipe Recorder yang banyak ditemukan, yakni tipe Baroque (British) dan tipe German. Biasanya kedua tipe ini sudah tertulis di badan Recorder dengan tanda “G” untuk tipe German dan tanda “E” untuk tipe Recorder Baroque.

Perlu diketahui bahwa sebagian besar non-sopran Recorder merupakan tipe Baroque. Alat musik Recorder tipe ini dapat menghasilkan suara yang stabil dan layak digunakan untuk berbagai pertunjukan.

Hal ini dikarenakan Recorder tipe Baroque merupakan tipe yang dibuat dari bahan kayu berkualitas, sehingga tipe ini menjadi pilihan terbaik untuk memainkan Recorder dalam jangka panjang.

Pilih tipe German yang mudah dimainkan

Berbeda dengan Recorder tipe Baroque, alat musik Recorder tipe German ini lebih diperuntukkan bagi para pemusik Recorder yang masih baru pertama kali belajar bermain Recorder.

Karena tipe German ini lebih mudah dipahami oleh para pemula, maka tidaklah heran jika tipe German lebih banyak dimainkan sebagai media pembelajaran alat musik di sekolah.

Pilih material Recorder berdasarkan nada dan metode perawatannya

Material bahan untuk membuat Recorder umumnya adalah kayu dan resin. Kelebihan Recorder kayu adalah suara yang dihasilkan terkesan hangat, lembut, dan kaya.

Selain itu Recorder kayu memiliki kekurangan yakni bahan kayu merupakan bahan yang rentan terhadap perubahan suhu mendadak, sehingga dibutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang baik.

Untuk Recorder berbahan resin itu memiliki keunggulan dalam hal ketahanan dan dari segi perawatannya yang relatif mudah. Bahan ini dapat dicuci menggunakan air, sehingga direkomendasikan untuk dimainkan oleh anak-anak.

Hanya saja, Recorder resin juga memiliki kekurangan berupa nadanya yang tidak sekaya Recorder dengan bahan kayu. Sehingga dapat diperhatikan dalam pemilihan Recorder yang benar-benar sesuai kebutuhan.

Pilih Recorder yang dilengkapi tongkat pembersih dan bagan jari

Umumnya, orang yang baru saja menggunakan Recorder biasanya tidak memahami dasar-dasar penggunaannya, seperti cara membunyikan nada dan bagaimana metode perawatannya.

Dalam hal ini tentu lebih mudah jika Recorder diberi aksesoris tambahan berupa lengkungan bagan jari dan stik pembersih Recorder. Oleh karena itu, sebaiknya periksa aksesoris tersebut sebelum akan membeli alat musik Recorder.

Ada juga aksesori lainnya yang mungkin kamu sukai, misalnya case, kaitan jari, dan pelumas untuk digunakan pada sambungan. Aksesoris tersebut memang bisa dibeli secara terpisah.

Namun, alat musik Recorder yang sudah dilengkapi aksesori seperti ini biasanya lebih menguntungkan dalam hal harga. Dengan begitu, siapa saja yang akan membelinya dapat mempertimbangkan dan memilih aksesori-aksesori yang mana yang lebih dibutuhkan.


Cara Memainkan Alat Musik Recorder

Cara Memainkan Alat Musik Recorder
Cara Memainkan Alat musik Recorder
@www.pixabay.com

Alat musik Recorder dapat dimainkan dengan cara ditiup pada bagian corong tiupnya. Rentang nada yang dihasilkan instrumen ini berbeda-beda, selain itu Recorder juga bukan dari golongan instrumen ritmis. Akan tetapi melodis dapat dimainkan secara individu ataupun kelompok.

Beberapa hal yang harus diketahui mengenai Recorder yakni sebagai berikut:

  1. Pada umumnya fungsi Recorder digunakan untuk pendidikan musik di sekolah.
  2. Recorder termasuk ke dalam jenis musik melodis yang sumber suaranya berasal dari tekanan udara.
  3. Recorder yang sering dimainkan yaitu jenis sopran, soprano, dan alto.
  4. Di setiap sekolah, biasanya diajarkan cara memainkan recorder dengan lagu nasional.
  5. Recorder dikenal sebagai jenis alat musik melodis, bukan ritmis atau pengiring.

Dewasa ini Recorder yang banyak dimainkan adalah jenis Recorder alto, soprano, tenor, dan bass. Dalam perkembangannya, bahan dasar untuk membuat instrumen ini yaitu dengan gading dan kayu.

Semakin mahir dalam memainkan Recorder, maka semakin sabar juga ketika mengambil nada. Setelah mengetahui dan memahami nada dasar dari Recorder, selanjutnya akan belajar teknik yang sedikit efisien seperti not tinggi, not rendah, dan lain sebagainya.

Terdapat beragam teknik dan cara memainkan alat musik Recorder dan ada beberapa hal yang seharusnya diperhatikan ketika bermain Recorder, yaitu:

  1. Tangan kiri memegang Recorder pada bagian atas, sedangkan tangan kanan memegang pada bagian bawah.
  2. Untuk menghasilkan nada tinggi, lubang oktaf Recorder ditutup ibu  jari tangan kiri dan dibuka 1/2 atau 3/4.
  3. Posisi kepala lurus tegak dan bahu dibuat santai dan tenang.
  4. Posisi siku terangkat, tidak menyentuh badan dan dada membusung ke depan.
  5. Meniup dengan udara seperlunya, jangan meniup dengan berlebihan.
  6. Dan jangan terlalu memasukkan Recorder ke dalam mulut.

Penutup

Demikian penjelasan lengkap mengenai alat musik Recorder yang berhasil penulis sajikan buat kamu. Semoga semakin menambah wawasan kita dan terus mengembangkan minat kita dalam bermain musik demi menjaga kelestarian instrumen Recorder ini.


Alat Musik Recorder
sumber referensi:

@https://review.bukalapak.com/hobbies/7-jenis-alat-musik-suling-recorder-yang-wajib-kamu-tahu-73384
@https://felderfans.com/alat-musik-recorder/
@https://my-best.id/38138

Tinggalkan komentar