6+ Alat Musik Simbal : Contoh, Gambar, Fungsi dan Jenisnya

Alat Musik Simbal

Alat Musik Simbal – Jika membahas perihal alat musik pastilah tidak pernah habisnya, seperti yang akan kita bahas bersama kali ini, yaitu alat musik Simbal. Alat musik jenis ini tergolong ke dalam alat musik pukul dan identik dengan suaranya yang nyaring.

Tidak hanya itu, perjalanan sejarah alat musik Simbal juga tidak pernah habis dihantam pasang surut. Lebih-lebih terkait kegunaannya dalam kesenian musik yang terus menghibur para penikmatnya.

Alat musik Simbal juga terdiri dari beraneka ragam jenis, serta masing-masing memiliki keunikan lengkap dengan cara memainkannya. Bagaimana, kamu penasaran? Yuk, simak penjelasan lengkapnya pada artikel di bawah ini.


Alat Musik Simbal

Alat Musik Simbal
Alat Musik Simbal
@felderfans.com

Alat musik Simbal merupakan alat musik yang sudah banyak dimainkan sejak Zaman Kuno. Alat musik Simbal tergolong ke dalam alat musik perkusi yang dimainkan dengan cara dipukul. Selain itu, Simbal juga termasuk ke dalam alat musik dengan tempo cepat.

Para pembuat Simbal terkenal banyak yang berasal dari Turki. Alat musik ini masih banyak dibuat dengan mencampurkan bahan logam dengan rumus campuran tetap dan dijaga kerahasiaannya. Alat musik Simbal identik dengan instrumen Drum, dan Simbal kerap dimasukkan ke dalam Drum set.

Baca Juga: Alat Musik Siter

Sejarah Alat Musik Simbal

Sejarah Alat Musik Simbal
Sejarah Alat Musik Simbal
@hanyaberbagi.com

Pada tahun 1618, Simbal pertama kali dibuat pada tahun 1618 dengan nama Simbal Zildjian, penamaan tersebut disesuaikan dengan nama penciptanya yakni Avedis Zildjian. Ia adalah seorang alkimiawan yakni protosains yang menggabungkan unsur-unsur kimia, fisika, astrologi, seni, semiotika, metalurgi, kedokteran, mistisisme, dan agama dari negara Eropa yaitu Armenia.

Karena Avedis Zildjian seorang alkimiawan, ia berhasil menemukan cara mengubah sebuah logam menjadi sebuah logam emas. Avedis membuat logam dengan perpaduan aloi dari campuran tanah dan juga timah, tembaga, dan juga perak.

Dari bahan-bahan tersebut kemudian dibentuk menjadi lembaran logam. Kemudian logam tersebut dapat menciptakan suara musik tanpa mengalami pecah atau rusak saat dipukul. Juga sampai pada telinga seorang Sultan muda yang bernama Osman II dari negeri Utsmaniyah.

Kemudian, seorang Sultan muda tersebut dapat memberikan nama alat musik tersebut dengan nama Zildjian. Nama tersebut berasal dari bahasa Turki yang memiliki makna seorang anak dari Armenia.

Usaha Avedis Zildjian tidak sia-sia, bahkan ia berhasil mendapatkan izin dari Sultan Osman II tersebut untuk memulai kegiatan bisnisnya. Kemudian pada tahun 1623, ia memulai bisnisnya di pinggiran kota Konstantinopel yang bernama Psamatia.

Permulaan Debut Usaha Avedis Zildjian

Avedis Zildjian melakukan debut usahanya dengan baik sebagai permulaan, ia berhasil membuat atau memproduksi simbal untuk mehter adalah Marching band Utsmani yang dianggap berbagai marching band tertua di dunia militer.

Kelompok drumband atau marching band militer Utsmaniyah ini membeli simbal buatan Avedis Zildjian sebagai pelengkap instrumen dan berperan sebagai alat musik perkusi. Marching band ini digunakan sebagai pengiring musik peperangan dan juga musik kerajaan pada zaman itu.

Kesuksesan produksi Avedis Zildjian meningkat, bahkan gereja-gereja di sekitar seperti gereja Yunani. Para tokoh Sufi dan para penari ini turut serta dalam mengenakan atau memakai simbal di jari jemari tangan mereka.

Dengan semua itu, Simbal mulai dikenal ke berbagai wilayah negara. Pada tahun 1850, Avedis II membuat atau menciptakan kapal sekunar yang memiliki ukuran panjang 25 kaki. Tujuan dari pembuatan kapal tersebut adalah untuk mengangkut Simbal-simbal yang dibuat di Konstantinopel dan dikirim ke London yang akan dipamerkan dalam sebuah pameran besar.

Selain itu, kegunaan lainnya adalah untuk memenuhi kebutuhan musisi-musisi ternama di Eropa. Kejayaan Avedis memang begitu luar biasa. Namun penurunan mulai terjadi sejak 1865 yang ditandai dengan kematian sang Avedis II.

Kerope II Mengambil Alih Perusahaan

Setelah kematian sang Avedis II, kemudian Kerope II menggantikan Avedis II dan mengambil alih perusahaan Avedis Zildjian. Kerope II masih memiliki hubungan saudara dengan Avedis II.

Bisnis pun berjalan, Kerope II memulai kembali perjalanan bisnis tersebut dengan mengenalkan alat musik Simbal yang disebut K Zildjian. Jenis ini yang kemudian banyak digunakan musisi genre klasik sampai detik ini.

Akan tetapi bisnis Simbal ini kembali mengalami ujian dengan kematian Kerope II pada tahun 1909 di kota Konstantinopel Turki.

Pada akhir abad ke-19, Aram Zildjian yang merupakan kepala keluarga memutuskan untuk lari atau kabur ke Bukares. Di sana Aram mendirikan sebuah pabrik yang merupakan pabrik kedua pembuatan instrumen Simbal.

Dan putri Kerope I yang bernama Victoria ditunjuk sebagai pengelola pabrik lama yang berada di Konstantinopel sampai sekitar tahun 1927 M. Kondisi ini terus berlanjut pada tahun 1910 Avedis II beserta keluarganya meninggalkan negara Turki, karena tidak stabilan hubungan Turki dan Armenia.

Keluarga Zildjian akhirnya memutuskan untuk menetap di negara di Amerika persis di daerah Boston, Massachusetts. Pada tahun 1928, Avedis II dan saudara yang bernama Puzant, dan paman dari Avedis II yaitu Aram Zildjian mulai membuat kembali Simbal di Quincy Massachusetts.

Avedis III merupakan seorang musisi yang mencari drummer jazz seperti Gene Krupa. Kemudian simbal yang ia kembangkan sebelumnya berhasil diadopsi oleh seorang musisi Swing dan menjadi cikal bakal drumset modern beserta teknik atau cara memainkannya.

Awal Mula Puncak Kesuksesan Usaha

Usaha keluarga Zildjian mulai menapaki puncak. Puncaknya ditandai dengan Simbal Zildjian yang dipakai oleh beberapa grup band ternama, seperti the Beatles dan Ringgo Star.

Pada tahun 1968, Avedis membagi pabrik atau unit produksinya menjadi dua bagian dengan membuka atau mendirikan pabrik Azco di Meductic. Dan pabrik kedua di negara Kanada yang diberi nama Brunswick.

Pada tahun 1975, perusahaan Zildjian Company mulai membuat atau menciptakan Simbal dengan seri terbaru, yakni seri K. Pada pabrik Azco, Simbal jenis ini dibuat sampai pada tahun 1979.

Empat tahun berselang pimpinan perusahaan Zildjian Company memutuskan untuk membuat Simbal seri K di pabrik Norwell, Amerika Serikat. Perpindahan itu dilandasi dengan resep produksinya yang harus diawasi dengan ketat.

Armand melakukan kerja sama dengan rekan-rekannya yang lain, seperti Elvin Jones dan Tony Williams untuk meluncurkan kembali seri K. Pada tahun 2003, Armand meninggal dunia. Kemudian resep aloi Zildjian diteruskan atau diturunkan kepada putrinya yang bernama Craigie dan Debbie.

Kedua putri Armand tersebut harus menjalankan bisnis keluarga dari pabrik yang berada di Norwell Massachusetts. Di samping itu, produksi Simbal Avedis Zildjian Company juga turut memproduksi atau membuat produk-produk yang termasuk ke dalam drumset, seperti stick drum dan aneka aksesoris lainnya. Produk-produk baru tersebut disambut baik oleh para musisi yang memang menunggu inovasi dari Avedis Zildjian Company.


Kegunaan Alat Musik Simbal

Alat Musik Simbal Pada Drum Set
Alat Musik Simbal pada Drum Set
@www.haloedukasi.com

Alat musik Simbal memiliki kegunaan yang cukup beragam. Seperti sebagai koreografi, harmonisasi indah, patokan masuk ke dalam sebuah lagu, untuk mengatur jalannya irama, untuk mengatur tempo, dan pengarah irama lagu. Terkait penjelasan mengenai kegunaan alat musik Simbal dapat disimak di bawah ini.

Koreografi

Salah satu kegunaan dari alat musik Simbal adalah sebagai alat musik koreografi. Keberadaan Simbal mampu menambah kesan instrumen semakin bagus dan sempurna. Meskipun bentuknya sederhana, melainkan memberikan peranan yang sangat penting dalam koreografi musik.

Harmonisasi yang Indah

Selain sebagai koreografi musik, alat musik Simbal juga biasa dimainkan sebagai pemberi harmonisasi. Dengan keberadaan alat musik Simbal ini dijamin harmonisasi yang indah dan sempurna.

Meski begitu, tidak banyak yang memahami bahwa Simbal ini mampu membuat harmonisasi yang indah. Namun tidak berlaku jika pemusik tersebut seorang musisi handal sebab ia sudah tak asing lagi dengan harmonisasi yang dihasilkan dari alat musik Simbal.

Patokan Masuk ke dalam Sebuah Lagu Tertentu

Alat musik Simbal juga memiliki peranan pada bagian-bagian tertentu lagu, seperti tanda masuknya reff, intro, dan juga verse, serta bagian-bagian lainnya. Banyak dari musisi-musisi ternama menggunakan Simbal sebagai patokan dari nada di dalam suatu musik yang dimainkan.

Mengatur Jalannya Irama

Kegunaan lainnya alat musik Simbal adalah mengatur jalannya irama. Alat musik Simbal dapat menjaga irama musik dengan baik, bahkan Simbal dapat menjaga irama musik dengan berbagai genre lagu. Sehingga tidak sedikit yang menyebut bahwa Simbal merupakan salah satu aransemen musik terbaik.

Mengatur Tempo

Setiap permainan musik juga dibutuhkan tempo. Keberadaan tempo ini menjadi salah satu komponen yang penting dalam sebuah karya musik. Tempo berguna sebagai pengatur cepat atau lambatnya musik tersebut dimainkan.

Simbal ini dapat dimainkan sebagai pengatur tempo yang mudah dimainkan. Tidak hanya itu, biasanya Simbal juga akan difungsikan sebagai pengatur ketukan musik tersebut.

Pengarah Irama Lagu

Kegunaan alat musik Simbal selanjutnya adalah pengarah irama musik. Irama lagu juga menjadi bagian yang sangat penting untuk menciptakan kenyamanan untuk dinikmati para pendengarnya.

Dengan keberadaan alat musik Simbal ini setiap lagu atau musik dapat diarahkan nadanya dengan mudah, sehingga dari situ semua instrumen musik memiliki intonasi bunyi yang sesuai dengan genre.


Macam Macam Alat Musik Simbal

Alat musik Simbal cukup beraneka ragam, mulai dari ukuran, bentuk, hingga permukaannya. Beberapa jenis alat musik Simbal di antaranya adalah Hit-hat Simbal, Ride Simbal, Crash Simbal, Chinese Simbal, Splash Simbal, dan Ozone Simbal.

Untuk lebih jelasnya, dapat disimak penjelasan mengenai beberapa jenis alat musik Simbal di bawah ini.

No Alat Musik Simbal
1 Alat Musik Hit Hat Simbal
2 Alat Musik Ride Simbal
3 Alat Musik Crash Simbal
4 Alat Musik Chinese Simbal
5 Alat Musik Splash Simbal
6 Alat Musik Ozone Simbal

1. Alat Musik Hit Hat Simbal

Alat Musik Hit Hat Simbal
Alat Musik Hit Hat Simbal
@ae01.alicdn.com

Alat musik Simbal yang pertama dikenal dengan sebutan Hit Hat Simbal. Alat musik jenis ini merupakan alat musik berupa dua lempeng Simbal dengan ukuran sama besar yang dijadikan satu dengan kedua ujungnya saling berhadapan.

Dalam permainannya, instrumen pukul jenis ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik pemukul. Alat musik Hit Hat Simbal ini berperan sebagai pengatur tempo dalam sebuah lagu yang dimainkan.

Alat musik jenis ini termasuk ke dalam komponen musik dalam Orkestra yang mampu menghasilkan nuansa yang menggelegar. Alat musik pukul tak bernada ini terbuat dari logam perunggu. Semakin besar ukuran bagian instrumen Simbal yang digunakan maka suaranya akan semakin tebal dan rendah.

Baca Juga: Alat Musik Suling

2. Alat Musik Ride Simbal

Alat Musik Ride Simbal
Alat Musik Ride Simbal
@hanyaberbagi.com

Jenis kedua dari alat musik Simbal adalah Ride Simbal. Keunggulan dari Simbal jenis ini adalah memiliki ukuran yang paling tebal dibandingkan dengan jenis timbal lainnya. Alat musik jenis ini digunakan untuk membantu pemain drum set untuk menjaga tempo permainan musiknya.

Ride Simbal biasanya terletak di bagian kanan pemain Simbal, atau berada di sebelah bass drum. Perihal ukurannya, Ride Simbal memiliki ukuran yang standar yakni berukuran 20 inch. Adapun Simbal yang berukuran di bawah 20 inch, maka Simbal tersebut dapat tergolong ke dalam Crash atau Ride.

3. Alat Musik Crash Simbal

Alat Musik Splash Simbal
Alat Musik Crash Simbal
@hanyaberbagi.com

Jenis ketiga dari alat musik Simbal dikenal dengan sebutan Simbal Crash. Jenis simbal ini cenderung memiliki ukuran yang kecil dan pendek jika dibandingkan dengan jenis Simbal yang lainnya.

Dalam permainannya, Crash Simbal memiliki peranan penting di dalam drum set. Crash Simbal membantu sang pemusik untuk melakukan improvisasi aneka suara dari drum setnya.

Ukuran Simbal Crash yang paling kecil atau paling rendah adalah 14 inch. Sementara Simbal yang berukuran di bawah 14 inch dapat disebut dengan Splash Simbal. Akan tetapi, jenis Crash Simbal ini juga dapat dibuat dengan ukuran 24 inch, tentunya ukuran ini disesuaikan dengan kebutuhan para pemain drum set.

4. Alat Musik Chinese Simbal

Alat Musik Chinese Simbal
Alat Musik Chinese Simbal
@hanyaberbagi.com

Alat musik Simbal jenis selanjutnya adalah Chinese Simbal. Sesuai namanya, alat musik Simbal ini diciptakan karena adanya pengaruh budaya dari China.

Alat musik Chinese Simbal ini memiliki kemiripan dengan Simbal jenis Crash. Keduanya mirip dari segi kegunaannya, yakni sama-sama dimainkan dalam sebuah drum set.

Sementara perbedaan dari keduanya tampak dari bentuk dan ukuran kedua Simbal tersebut. Bentuk Simbal Chinese ini memiliki Simbal yang posisinya dibalik. Bagi mereka yang masih awam, barangkali akan beranggapan jika Simbal ini dipasang dalam kondisi terbalik.

Di samping itu, ukuran dari jenis Chinese Simbal ini tergolong beragam, yakni mulai dari 8 inch sampai 20 inch. Setiap ukuran dari Simbal jenis ini memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Karena ukuran tersebut akan mempengaruhi suara yang berbeda pula pada saat dipukul.

5. Alat Musik Splash Simbal

Alat Musik Crash Simbal
Alat Musik Splash Simbal
@hanyaberbagi.com

Jenis selanjutnya dikenal dengan sebutan Splash Simbal. Simbal jenis ini memiliki fungsi yang sama dengan Chinese Simbal dan Crash Simbal, yakni sebagai pelengkap drum set. Hanya saja Splash Simbal ini memiliki ukuran yang relatif kecil dan rendah ketimbang jenis Simbal lainnya, seperti Crash Simbal.

Splash Simbal memiliki beraneka ragam ukuran, mulai dari 6 inch, 8 inch, dan juga 10 inch. Bahkan tidak sedikit para pemusik menggunakan Splash Simbal dengan ukuran 12 inch.

6. Alat Musik Ozone Simbal

Alat Musik Ozone Simbal
Alat Musik Ozone Simbal
@hanyaberbagi.com

Alat musik Simbal yang berikutnya adalah Ozone Simbal. Alat musik jenis ini tak jauh berbeda fungsinya dengan Simbal Crash pada umumnya, hanya saja perbedaan dari keduanya adalah dari segi bentuknya dan sekaligus ukurannya.

Jika Simbal ini diberi nama Ozone karena memiliki bentuk permukaan yang berlubang atau bolong-bolong. Di samping itu, jenis Simbal ini memiliki karakter sound. Ciri khas dari kedua Simbal ini cukup berkarakter. Pemakaian alat musik jenis ini disesuaikan dengan selera atau kebutuhan seorang pemusik drum set.


Merek Simbal Ternama

Alat Musik Simbal Copy 0
Alat Musik Simbal
@hanyaberbagi.com

Simbal dibuat dengan pabrik produksi khusus alat musik. Nah, beberapa merek yang memproduksi Simbal ternama adalah sebagai berikut:

  1. Avedis Zildjian Company
  2. İstanbul Agop
  3. Istanbul cymbals
  4. Italian Bellotti Cymbals
  5. Meinl
  6. Orion Cymbals
  7. Paiste
  8. Rolling
  9. Sabian
  10. Stagg
  11. UFIP
  12. Wuhan
  13. Yamaha


Cara Memainkan Alat Musik Simbal

Cara Memainkan Alat Musik Simbal
Cara Memainkan Alat Musik Simbal
@encyclopedia.jakarta-tourism.go.id

Alat musik Simbal biasa menghasilkan suara yang cenderung sangat keras. Semakin keras Simbal dipukul, maka akan semakin keras juga suara yang dihasilkan. Bahkan saking semangatnya, alat musik Simbal juga kerap rusak jika terlalu keras dipukulnya.

Cara memainkan alat musik Simbal terdiri dari dua cara, yakni saling diadu antara Simbal satu dengan Simbal yang lainnya, atau juga dapat dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik yang umumnya terbuat dari bahan kayu.


Penutup Alat Musik Simbal

Demikian penjelasan mengenai alat musik Simbal yang dapat kami tulis buat kamu. Bagi kau para pecinta musik, jangan pernah lelah mempelajari setiap instrumen maupun teknik-teknik pendukungnya ya. Semoga bermanfaat.


Alat Musik Simbal
sumber referensi:

@https://id.wikipedia.org/wiki/Simbal
@http://encyclopedia.jakarta-tourism.go.id/post/simbal–seni-musik?lang=id
@https://felderfans.com/cara-memainkan-alat-musik-simbal/
@https://hanyaberbagi.com/alat-musik-simbal/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.