Alat Musik Tamborin : Gambar, Sejarah dan Cara Memainkan

Alat Musik Tamborin – Tamborin merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul, dimana diperkirakan alat musik tamborin sudah ada sejak pada abad ke-17.

Tapi sebenarnya bagaimana sejarah dan juga perkembangan dari alat musik tamborin terutama di Indonesia? Langsung saja yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!


Pengertian Alat Musik Tamborin

Gambar Alat Musik Tamborin
Gambar Alat Musik Tamborin
@http://encyclopedia.jakarta-tourism.go.id/

Alat musik tamborin merupakan alat musik perkusi, dimana cara memainkan alat musik ini juga beragam yakni bisa dengan cara ditabuh atau dipukul-pukul dan juga bisa dilakukan dengan cara digoyangkan. Alat musik ini bisa menghasilkan suara berupa gemericik serta rythem, dimana suara tersebut berasal dari tabuhan pada area membran yang ada pada tamborin tersebut.

Tubuh atau bagian badan dari alat musik ini dibuat dari bahan dasar kayu yang dibentuk secara melingkar atau bundar, kemudian membran juga dibuat dari bahan plastik atau bambu dengan menggunakan kulit binatang. Pada area pinggir yang ada pada badan instrumen tamborin dibuat dari kayu dan dilengkapi dengan menggunakan beberapa simbol yang melingkar.

Simbal-simbal tersebut dibuat dari bahan logam dengan ukuran yang relatif lebih kecil dan mempunyai bentuk bulat. Dimana nantinya simbal tersebutlah yang akan menghasilkan sebuah bunyi gemericik pada saat alat musik tersebut dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan.

Konon katanya, instrumen tamborin ini ditemukan di wilayah Eropa. Tetapi, ada juga di belahan dunia lainnya yang juga mempunyai alat musik dengan bentuk yang tidak jauh berbeda dari instrumen tamborin ini.

Misalnya adalah Diere, dimana alat musik tersebut ditemukan di negara China dan jiga Asia Tengah, atau bisa juga alat musik Daph yang berasal dari India, alat musik chil-chil yang berasal dari negara Peru dan juga alat musik Alyau yang berasal dari Greenland. Beberapa alat musik tersebutlah yang mempunyai bentuk menyerupai instrumen tamborin.

Tamborin merupakan alat musik yang pertama kali digunakan dalam alunan musik kelompok dari tentara turki yang bernama Janissaries. Kemudian pada sekitar tahun 1782, Mozart telah memasukkan unsur musik tamborin pada instrumen musik yang di aransement.


Sejarah Alat Musik Tamborin

Gambar Sejarah Alat Musik Tamborin
Gambar Sejarah Alat Musik Tamborin
@https://my-best.id

Alat musik tamborin merupakan alat musik yang diperkirakan sudah ada sejak zaman kuno, dimana pada zaman Roma kuno dan juga Yunani kuno alat musik ini digunakan untuk ritual pemujaan Dewi-Dewi, misalnya adalah Cyble, ISIS dan juga Astarte.

Kemudian pada abad ke-13 tentara salih telah membawa tamborin ke wilayah Eropa yang kemudian sering dimainkan oleh kaum wanita sebagai musik untuk mengiringi lagu dan juga tarian mereka.

Selama pada abad pertengahan, tamborin menjadi alat musik yang cukup unik digunakan di beberapa negara yang ada di Eropa, misalnya adalah Perancis, Spanyol dan juga Italia. Dimana di Indonesia sendiri, alat musik ini dikenal karena dibawa oleh orang Belanda yang pada saat itu terkena demam untuk membuat grup musik pribadi.

Grup musik tersebut sejenis musik kamar (Chamber Music) atau musik yang akan dimainkan dalam suatu ruangan atau tempat yang kecil dan juga biasanya hanya bisa dinikmati di dalam rumah.

Suara khas yang dihasilkan dari tamborin berupa perpaduan antara tabuhan dan juga gemerincing dimana suara tersebut juga masih bisa kita temui hingga saat ini. Misalnya bisa ditemukan dalam musik dangdut atau juga bisa ditemukan dalam ritual puji-pujian di gereja dan digunakan sebagai pengiring tarian tamborin.


Perkembangan Alat Musik Tamborin di Indonesia

Gambar Perkembangan Alat Musik Tamborin Di Indonesia
Gambar Perkembangan Alat Musik Tamborin di Indonesia
@https://www.alatmusik.id

Pada penjelasan diatas kita sudah membahas tentang sejarah alat musik tamborin, tapi apakah kalian sudah tahu, ternyata alat musik tamborin masuk ke Indonesia karena diperkenalkan oleh orang-orang Eropa yang datang ke Indonesia, terutamanya oleh orang Belanda yang datang ke negara Indonesia dengan tujuan untuk menjajah.

Dimana kemudian alat musik tersebut dikembangkan lagi oleh masyarakat pribumi sehingga dijadikan sebagai alat musik untuk hiburan. Hingga saat ini, tamborin menjadi alat musik yang semakin disukai oleh masyarakat, hal ini bisa dilihat dari berkembangnya alat musik yang juga digunakan untuk mengiringi musik-musik khas Indonesia, terutama adalah musik dangdut.

Tentunya hampir semua musik dangdut pasti tidak akan lepas dari alat musik tamborin di dalamnya. Sehingga hal ini bisa dapat membuktikan bahwa musik tamborin sudah sangat familiar dan juga sudah mendarah daging bagi orang Indonesia dan juga bisa dikatakan, bahwa instrumen tamborin sudah menjadi bagian dan juga ciri khas Indonesia yang tidak terpisahkan.


Fungsi Alat Musik Tamborin

Gambar Fungsi Alat Musik Tamborin
Gambar Fungsi Alat Musik Tamborin
@https://www.blibli.com/

Alat musik tamborin mempunyai bentuk yang tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan alat musik rebana, dimana alat musik tersebut digunakan untuk memuja Tuhan. Hal ini dikarenakan di dalam Al-Kitab sudah tertulis bahwa alat musik tamborin menjadi salah satu alat musik yang sering dimainkan untuk memuji tuhan.

Bukan hanya itu, di dalam Al-Kitab juga dijelaskan bahwa alat musik tamborin tidak pernah bisa lepas dari bagian kehidupan bangsa Israel. Sehingga bisa disimpulkan bahwa instrumen tamborin merupakan alat yang digunakan untuk menuju Tuhan melalui alunan musik yang dihasilkan oleh alat musik tersebut.

Di beberapa gereja juga bahkan ada yang menjalankan ritus peribadatan yang tidak pernah bisa lepas dari alat musik satu ini. Untuk penggunaan dari instrumen tamborin juga sudah tercatat digunakan di beberapa negara dimulai dari zaman dahulu, misalnya adalah Mesir, China, Mesopotamia, India, Yunani, Israel dan juga Roma.

Di wilayah Timur Tengah alat musik ini digunakan untuk memuja Dewi Astarte tepatnya pada masa-masa dahulu sebelum Masehi.

Di wilayah Babilonia yang sekarang sudah dikenal dengan nama Irak menggunakan alat musik ini dalam acara-acara yang bersifat gembira atau bahagia, misalnya adalah acara pernikahan atau untuk menyambut gerilyawan yang telah memenangkan perang dengan musuhnya.

Baca Juga: Alat Musik Tehyan

Cara Memainkan Alat Musik Tamborin

Gambar Cara Memainkan Alat Musik Tamborin
Gambar Cara Memainkan Alat Musik Tamborin
@https://www.orami.co.id

Alat musik tamborin merupakan alat musik yang mempunyai teknik permainan cukup mudah. Dimana berikut ini merupakan dua cara yang bisa digunakan untuk memainkan instrumen tamborin!

  1. Bisa dilakukan dengan memegang tamborin dengan tangan, kemudian tamborin ditabuh atau digoyang-goyangkan sehingga bisa menghasilkan sebuah bunyi.
  2. Bisa dilakukan dengan memasang tamborin dalam set bersama dengan drum dan juga simbal, kemudian dipukul dengan menggunakan stik drum.

Adapun teknik pukulan tamborin yang dimainkan dengan cara sambil dipegang dengan menggunakan tangan ini ternyata dibagi menjadi tiga teknik. Teknik tersebut diantaranya sebagai berikut!

  1. Teknik standar, teknik ini merupakan cara memukul instrumen tamborin dengan tangan atau memukul tamborin pada bagian yang ditabuh sehingga bisa menghasilkan sebuah bunyi.
  2. Teknik thumb-roll, teknik ini dilakukan dengan ibu jari atau jari lainnya akan menekan tepian yang ada pada tamborin, hal ini dilakukan dengan tangan lain digunakan untuk menggetarkan tamborin. Teknik tersebut tentunya membutuhkan pengalaman, latihan dan juga keterampilan sehingga bisa menghasilkan suara yang sesuai, beberapa pemain tamborin juga menggunakan tambourine beeswax pada saat menggunakan teknik ini.
  3. Teknik shake-roll merupakan teknik yang dilakukan dengan cara menggoyangkan atau menggetarkan tangan yang memegang instrumen dengan tempo yang cukup cepat untuk membunyikan kepingan logam atau jingles pada tamborin.

Cara Membuat Alat Musik Tamborin

Gambar Cara Membuat Alat Musik Tamborin
Gambar Cara Membuat Alat Musik Tamborin
@https://i.ytimg.com/

Hal yang perlu kalian tahu dalam alat musik tamborin nih, selain cara memainkannya yang cukup mudah, ternyata pembuatan alat musik tamborin juga bisa dibilang cukup mudah.

Hal ini dikarenakan tidak banyak bahan yang perlu dipersiapkan, dimana bahan yang dipersiapkan hanya berupa bingkai kayu bundar yang dilapisi dengan menggunakan membran berbahan kulit sapi.

Kemudian pada bingkai kayu tersebut akan diberi beberapa lubang-lubang. Pada lubang-lubang tersebut akan diisikan semacam lempengan logam yang berukuran tipis dan kemudian dipasang secara rangkap, sehingga alat musik bisa mengeluarkan suara gemericik pada saat dimainkan.


Fakta-Fakta Menarik tentang Alat Musik Tamborin

Gambar Fakta Fakta Menarik Tentang Alat Musik Tamborin
Gambar Fakta-Fakta Menarik tentang Alat Musik Tamborin
@https://www.orami.co.id/

Pada penjelasan diatas, kita sudah mengulas dari segi sejarah, perkembangan, fungsi, cara memainkan dan juga cara membuatnya. Tapi, tentunya yang tidak boleh ketinggalan adalah fakta-fakta dari alat musik tamborin yang juga cukup menarik untuk dibahas loh, penasaran? Yuk simak penjelasan berikut ini!

  1. Tamborin adalah alat musik yang bisa dimainkan dalam beragama genre musik, baik itu rock and roll, klasik, marching band, musik pop dan juga musik dengan genre lainnya. Dimana di negara Indonesia sendiri alat musik ini sering digunakan dalam musik dangdut.
  2. Komposer dari musik klasik Wolfgang Amadeus Mozart ternyata juga pernah menggunakan tamborin dalam komposisi musiknya.
  3. Banyak vokalis band ternama dunia yang juga memainkan tamborin sambil bernyanyi, misalnya ada Jim Morrison, Freddie Mercury, Mick Jagger hingga pengantin Indonesia Ariel Noah. Dimana Drummer band U2, Larry Mullen juga memasang tamborin dalam set drumnya loh.
  4. Tamborin merupakan alat musik yang cukup mudah dipelajari, sehingga sering digunakan untuk mengajarkan berbagai utama kepada anak-anak atau hanya digunakan sebagai hiburan saja.
  5. Tamborin juga sering dimainkan secara bersama-sama dengan alat musik lainnya, misalnya adalah drum, gitar akustik dan juga kastanyet.

Penutup

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai alat musik tamborin, dimulai dari pengertian, sejarah, perkembangannya di Indonesia, fungsi, cara memainkan, cara membuat dan berbagai macam fakta-fakta menariknya.

Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca sekalian dalam mengenali dan memahami tentang alat musik tamborin dan semoga penjelasannya dapat dipahami dengan baik!


Alat Musik Tamborin
sumber referensi:

@https://hariannusantara.com/26911/fungsi-alat-musik-tamborin/
@https://www.alatmusik.id/sejarah/Alat-Musik-Tamborin/
@https://www.orami.co.id/magazine/alat-musik-tamborin/

Tinggalkan komentar