2+ Alat Musik Tehyan / Konghayan : Gambar, Fungsi dan Jenisnya

Alat Musik Tehyan

Alat Musik Tehyan – Dalam kesenian musik khas Indonesia, terdapat salah satu alat musik yang memiliki peranan penting, sebut saja alat musik Tehyan. Alat musik tradisional khas Indonesia ini cukup unik dan perlu perhatian khusus sebab keberadaannya hampir sulit untuk ditemukan.

Tapi, kira-kira bagaimana ya sebenarnya alat musik Tehyan ini? Bagaimana ya bagian-bagiannya? Semua pertanyaan tersebut akan terjawab pada penjelasan selengkapnya di dalam artikel ini.

Tapi tidak hanya itu, kita juga akan membahas mengenai sejarah, keunikan, alat musik sejenis, serta teknik memainkan alat musik Tehyan ini. Jadi, yuk langsung saja scroll ke bawah dan simak penjelasan lengkapnya berikut ini.


Pengertian Alat Musik Tehyan

Alat Musik Tehyan
Alat Musik Tehyan
@tambahpinter.com

Alat musik Tehyan merupakan salah satu alat musik tradisional khas Betawi, Jakarta. Alat musik jenis ini mendapat pengaruh budaya dari etnis Tionghoa sehingga alat musik Tehyan identik dengan nada-nada tingginya.

Alat musik Tehyan dapat diartikan sebagai alat musik gesek. Dahulu, alat musik ini masuk ke Indonesia ketika zaman penjajahan bangsa Belanda pada abad ke-18. Pada saat itu, Tehyan kerap kali dimainkan pada pesta pernikahan, hari perayaan, sampai upacara pemakaman.

Baca Juga: Alat Musik Tifa

Sejarah Alat Musik Tehyan

Sejarah Alat Musik Tehyan
Sejarah Alat Musik Tehyan
@tse1.mm.bing.net

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Phoa, Kian Sioe, dalam orkestra Gambang, alat musik Tehyan merupakan hasil kesenian Tionghoa Peranakan di Jakarta. Gambang Kromong sendiri berawal dari kalangan masyarakat Batavia pada masa pemerintahan Kapitein der Chinezen Nie Hoe Kong (1736-1740 M).

Pada masa itu merupakan masa dimana menjelang terjadinya tragedi Pembantaian Angke atau Kali Merah pada tahun 1740. Berawal dari Batavia, kesenian Gambang Kromong ini sedemikian populer sampai menyebar ke kelompok etnis Tionghoa-Indonesia di area Benteng, Buitenzorg, Bekasssie atau sekarang dikenal Bekasi. Maka tidak heran jika alat musik Tehyan dahulu begitu populer sampai etnis Betawi pun sangat menggemarinya.


Keunikan Alat Musik Tehyan

Keunikan Alat Musik Tehyan
Keunikan Alat Musik Tehyan
@percepat.com

Keunikan alat musik Tehyan berupa bentuknya panjang dengan bagian bawahnya agak melebar. Jika diamati secara seksama, alat musik jenis ini memiliki bentuk yang mirip dengan postur badan manusia yang meliuk.

Alat musik Tehyan merupakan alat musik gesek yang dibuat dari bahan kayu jati dengan tabung resonansi dari batok kelapa. Alat musik Tehyan juga dilengkapi dengan senar. Jumlah senar yang melengkapi Tehyan sebanyak 2 senar.

Alat musik Tehyan ini memiliki nada dasar A yang kerap kali dipadu padankan dengan kesenian Gambang Kromong.


Alat Musik Gesek Khas Jakarta Sejenis Alat Musik Tehyan

Alat musik Tehyan adalah satu dari tiga jenis alat musik yang sama. Dua di antaranya adalah alat musik Sukong dan Kongahyan. Ketiga alat musik tersebut memiliki nada dasar yang berbeda-beda.

Untuk alat musik Sukong memiliki nada dasar G atau Bass, sementara Kongahyan memiliki nada dasar D atau melodi. Untuk lebih jelasnya dapat disimak sebagai berikut:

No
Alat Musik Gesek Khas Jakarta 
1 Alat Musik Sukong
2 Alat Musik Kongahyan

Baca Juga: Alat Musik Tiup

1. Alat Musik Sukong

Alat Musik Sukong
Alat Musik Sukong
@indonesiakaya.com

Alat musik tradisional DKI Jakarta yang berikutnya cukup unik, baik dilihat dari penamaannya maupun dari bentuknya. Nama alat musiknya adalah Sukong, yakni salah satu alat musik yang dapat ditemukan dalam kesenian Gambang Kromong khas Betawi.

Jika dilihat dari bentuknya, alat musik Sukong menyerupai bentuk alat musik Rebab yang berasal dari Arab. Cara memainkannya juga mirip dengan biola, yakni dengan digesek dengan alat khusus.

2. Alat Musik Kongahyan

Alat Musik Kongahyan
Alat Musik Kongahyan
@www.tambahpinter.com

Kongahyan juga merupakan alat musik tradisional DKI Jakarta yang menyerupai dengan Rebab dari beberapa daerah lainnya, seperti di Jawa, Bali, maupun Sunda. Kongahyan juga mirip dengan alat musik Tehyan yang juga dari Jakarta.

Meskipun mirip, namun keduanya berbeda. Bedanya dengan Rebab, alat musik Kongahyan memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan Rebab.

Alat musik jenis ini kerap dimainkan pada saat upacara atau pentas kebudayaan di beberapa daerah. Cara memainkannya sama seperti Rebab, Tehyan, maupun Sukong, yakni dengan cara digesek.


Cara Memainkan Alat Musik Tehyan

Cara Memainkan Alat Musik Tehyan
Cara Memainkan Alat Musik Tehyan
@tangerangnews.com

Alat musik Tehyan tergolong ke dalam alat musik langka, karena tak banyak yang bisa memainkannya. Untuk dapat memainkan alat musik yang hanya memiliki dua senar ini, maka para pemusik harus mempunyai keahlian dalam teknik menggesek pada bagian dawainya atau senarnya seperti memainkan alat musik Biola.

Dalam memainkan alat musik Tehyan harus disertai dengan perasaan menghayati agar nada yang dihasilkan semakin indah didengarkan. Inilah yang membuat alat musik Tehyan menjadi alat musik yang memiliki keunikan dan ciri khas yang berbeda dari alat musik yang lainnya.


Penutup Alat Musik Tehyan

Itulah penjelasan lengkap mengenai alat musik Tehyan yang berhasil penulis sajikan buat kamu. Semoga dengan artikel ini tidak hanya menambah wawasan kita melainkan juga semakin memupuk rasa bangga dan peduli dalam melestarikan alat musik Tehyan sebagai produk budaya Indonesia.


Alat Musik Tehyan
sumber referensi:

@https://id.wikipedia.org/wiki/Tehyan
@https://sudinpusarjakpus.jakarta.go.id/?p=10539
@https://megapolitan.kompas.com/read/2018/03/25/15234481/mengenal-tehyan-alat-musik-gesek-khas-betawi
@https://www.genpi.co/berita/6196/mengenal-tehyan-alat-musik-aseli-betawi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.