Alat Musik Tifa : Contoh, Gambar, Penjelasan dan Cara Memainkan

Alat Musik Tifa – Dalam kesenian musik khas Indonesia, terdapat salah satu alat musik yang memiliki peranan penting, sebut saja alat musik Tifa Alat musik tradisional khas Indonesia ini cukup unik dan menawarkan suara-suara yang khas loh.

Tapi, kira-kira bagaimana ya sebenarnya alat musik Tifa ini? Bagaimana ya bagian-bagiannya? Semua pertanyaan tersebut akan terjawab pada penjelasan selengkapnya di dalam artikel ini.

Tapi tidak hanya itu, kita juga akan membahas mengenai bentuk, fungsi, serta teknik memainkan alat musik Tifa. Jadi, yuk langsung saja scroll ke bawah dan simak penjelasan lengkapnya berikut ini.


Pengertian Alat Musik Tifa

Alat Musik Tifa
Alat Musik Tifa
@www.id.wikipedia.org

Alat musik Tifa merupakan alat musik tradisional khas Indonesia bagian timur, khususnya Maluku dan Papua. Jika diamati secara sekilas, alat musik Tifa ini memiliki bentuk menyerupai Gendang dengan bahan material kayu yang dilubangi tengahnya.

Alat musik Tifa dari Maluku juga memiliki sebutan lainnya seperti Tahitoe atau Tihal yang dimainkan wilayah-wilayah Maluku Tengah. Sementara di Pulau Aru, Tifa memiliki nama lain yakni Titir.

Alat musik Tifa merupakan alat musik yang biasa dimainkan oleh suku Asmat. Kelompok suku ini dikenal dengan kemampuan dan kelihaiannya dalam memainkan alat musik Tifa. Bahkan, Tifa biasa dijadikan sebagai identitas kaum pria Asmat.

Baca Juga: Alat Musik Tiup

Sejarah Alat Musik Tifa

Sejarah Alat Musik Tifa
Sejarah Alat Musik Tifa
@kumparan.com

Pada dasarnya, Tifa ditemukan di Papua dan di Maluku. Akan tetapi ternyata orang Papua lebih menggemari dalam memainkan alat musik yang satu ini. Di sisi lain, terdapat perbedaan mencolok antara bentuk Tifa dari Papua dan Maluku.

Tifa dari Papua terdapat pegangan di sisinya, sementara Tifa dari Maluku hanya berbentuk tabung biasa yang tidak dilengkapi dengan pegangan.

Asal-usul Tifa tidak terlepas dari mitos-mitos yang ada di kalangan masyarakat pedalaman Papua. Diceritakan bahwa dahulu ada dua orang bersaudara asal Papua yang bernama Fraimun dan Sarenbeyar.

Keduanya pergi berpetualang meninggalkan desa mereka yang mengalami musibah dan tenggelam. Kemudian, mereka menetap di Wampemder, Biak Utara. Ketika sedang berburu di malam hari, kedua bersaudara ini menemukan pohon opsur, yakni pohon yang mengeluarkan suara di tengah hutan.

Keesokan harinya, mereka kembali mendatangi pohon tersebut untuk kedua kalinya. Mereka mencari tahu dimana suara itu berasal. Ternyata, mereka menemukan lebah madu, soa-soa, biawak, serta binatang lainnya yang menghuni pohon tersebut.

Akhirnya Fraimun dan Sarenbeyar memutuskan untuk menebang pohon tersebut. Kemudian, bagian tengahnya dibuang menggunakan besi panjang yang ujungnya sudah dibuat runcing tajam.

Bagian tengah pohon yang sudah dilubangi hingga menyerupai pipa kemudian dibakar supaya terlihat lebih rapi dan bagus.

Awalnya sang adik berniat untuk menutupi salah satu sisinya menggunakan kulit paha sang kakak, namun karena akan menyakiti sang kakak akhirnya mereka memutuskan untuk menggunakan kulit soa-soa sebagai penutupnya.

Cara menangkap soa-soa pun terbilang cukup unik. Mereka tidak menangkapnya begitu saja, tapi malah memanggil hewan tersebut menggunakan bahasa Biak mereka. “Hei, napiri Bo..”.

Entah mengapa hewan soa-soa tersebut seperti paham dan mengerti dan mendatangi keduanya begitu saja. Soa-soa pun mereka bunuh dan dikuliti untuk menutupi salah satu permukaan lubang kayu tersebut, dan hasilnya berupa alat musik tifa sebagaimana yang dikenal sampai sekarang.


Bentuk dan Desain Alat Musik Tifa

Bentuk Alat Musik Tifa
Bentuk Alat Musik Tifa
@www.orami.co.id

Di Maluku bagian Tengah, alat musik Tifa ini dimodifikasi dengan model berbentuk bulat pendek dengan anyaman ikatan tali rotan serta bidang pukul yang dibuat dari bahan kulit kambing. Alat musik Tifa ini juga cukup berbeda dengan alat musik Tifa di beberapa daerah lainnya, seperti di Maluku Tenggara.

Alat musik Tifa adalah alat musik yang dibuat dengan berbagai hiasan ukiran dengan motif khas pada bagian badannya. Secara umum, ukiran ini juga menggambarkan siapa pemilik dari alat musik Tifa dan bagaimana status sosialnya.


Bahan Alat Musik Tifa

Bahan Alat Musik Tifa
Bahan Alat Musik Tifa
@www.orami.co.id

Alat musik tradisional Maluku ini memiliki bentuk yang menyerupai Gendang dengan dilengkapi lapisan membran pukul. Alat musik tradisional Maluku dan Maluku Utara ini dibuat dari bahan kayu, rotan, dan kulit hewan.

Kayu yang dipilih adalah kayu Linggua karena bahan ini termasuk jenis kayu yang memiliki kualitas yang sangat baik, tebal, dan kuat. Beberapa ada yang menyebutkan bahwa Tifa dibuat dari bahan kayu Susu khas Papua. Jenis kayu ini hanya dapat ditemukan di hutan belantara yang kemudian dibuat menjadi Tifa melalui serangkaian proses pembuatan khusus.

Alat musik Tifa ini dilengkapi dengan alat pemukul yang dibuat dari Gaba-gaba atau pelepah dahan sagu. Alat musik tradisional Tifa ini memiliki bunyi yang hampir mirip dengan alat musik perkusi jenis lainnya, namun alat musik ini dimodifikasi dengan karakter masyarakat setempat.

Kulit hewan yang biasa digunakan adalah kulit biawak soa-soa atau rusa. Kulit tersebut diikat pada bagian atas Tifa dengan rotan secara melingkar agar badan kayu dengan kulitnya menyatu.


Fungsi Alat Musik Tifa

Fungsi Alat Musik Tifa
Fungsi Alat Musik Tifa
@www.orami.co.id

Alat musik Tifa khas Maluku ini biasa dimainkan pada saat upacara keagamaan umat Kristiani. Namun, sejak terjadinya kerusuhan Ambon pecah pada tahun 2000 silam, masyarakat Maluku mulai melakukan kombinasi alat musik tradisional ini dengan kesenian yang bernuansa Islami.

Dari dahulu sampai sekarang, alat musik tradisional Tifa ini juga berperan sebagai alat komunikasi masyarakat, sebagai pengiring gerakan tarian daerah seperti tari Cakalele, sebagai pengiring pertandingan perahu belang atau Arumbai, serta pengiring kesenian musik daerah khas Maluku.

Alat musik Tifa biasa dimainkan untuk mengiringi tarian perang dan beberapa tarian daerah lainnya seperti tari Lenso dari Maluku yang diiringi juga dengan alat musik Totobuang, tarian tradisional Suku Asmat dan tari Gatsi.

Tifa juga merupakan alat musik wajib dalam setiap upacara adat atau ritual yang diselenggarakan oleh masyarakat Papua dan Maluku. Tifa merupakan alat musik ritmis yang dapat menentukan dan menghasilkan bunyi tabuhan yang bisa membuat suasana ritual menjadi lebih hikmat dan menghayati.

Tifa juga menjadi alat musik wajib dimainkan saat ada perempuan adat yang hamil, melahirkan, saat anak beranjak dewasa, dan saat seorang yang meninggal dunia.

Seiring berkembangnya waktu, berbagai kreasi dalam memainkan alat musik tifa juga sering dilakukan dalam berbagai pertunjukan. Hal ini dilakukan agar pertunjukan musik tifa bisa semakin menarik. Hal ini dibuktikan dengan Tifa tidak hanya dikenal di Indonesia saja tetapi juga sudah terkenal ke mancanegara.


Cara Memainkan Alat Musik Tifa

Cara Memainkan Alat Musik Tifa
Cara Memainkan Alat Musik Tifa
@www.nesabamedia.com

Para pria biasa memainkan alat musik Tifa dengan cara menabuh atau memukulnya sehingga suara yang dihasilkan layaknya suara gendang.

Penabuh Tifa dan alat musik lainnya dalam upacara adat hanya boleh dimainkan oleh para lelaki dewasa mereka. Ini dikarenakan mereka dianggap sebagai sosok pemimpin yang kuat dan pantas memainkan musik ritual.

Tidak sembarang orang boleh memainkan tifa dalam ritual, ada serangkaian prosedur yang harus dilakukan untuk mendapatkan izin dari tetua adat maupun masyarakat sekitar.

Sampai saat ini, para perempuan adat masih dilarang untuk memainkan alat musik khas Maluku ini. Peraturan ini sudah berlaku secara turun temurun dan terus dijaga oleh masyarakat setempat.

Akan tetapi, peraturan adat tidak berlaku jika tifa dimainkan sebagai alat musik biasa dalam pertunjukan musik atau acara budaya lainnya.


Penutup

Demikian penjelasan mengenai alat musik Tifa yang berhasil penulis sajikan buat kamu. Semoga dengan penjelasan singkat ini mampu menambah wawasan kita mengenai alat musik tradisional khas Indonesia, serta semakin menumbuhkan rasa cinta kita terhadap budaya bangsa Indonesia.


Alat Musik Tifa
sumber referensi:

@https://id.wikipedia.org/wiki/Tifa
@https://www.orami.co.id/magazine/alat-musik-tifa/
@https://kumparan.com/berita-update/sejarah-fungsi-dan-cara-memainkan-alat-musik-tifa-1wOOrCpKcCF/full

Tinggalkan komentar