26+ Alat Musik Tiup : Tradisional Hingga Modern Lainnya

Alat Musik Tiup – Alat musik dapat dimainkan dengan berbagai cara maupun teknik. Salah satu cara memainkan alat musik adalah dengan cara ditiup, cara permainan ini cukup sederhana dan kerap menimbulkan sebutan alat musik tiup.

Nah pada artikel ini kita akan membahas bersama-sama mengenai alat musik tiup, mulai dari pengertiannya, jenis-jenisnya, bahkan 27 contoh alat musik yang dapat menghasilkan bunyi dengan cara ditiup.

Semua itu telah terangkum pada artikel di bawah ini. Jadi, yuk segera scroll ke bawah dan simak penjelasan lengkapnya.


Alat Musik Tiup

Alat Musik Tiup
Alat Musik Tiup
@akcdn.detik.net.id

Berdasarkan sumber bunyinya, alat musik dibedakan menjadi tiga yakni alat musik tiup, pukul, dan petik. Alat musik tiup sendiri merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup untuk dapat menghasilkan suara.

Alat musik tiup ini dapat mengeluarkan suara atau bunyi karena adanya resonansi suara. Resonansi sendiri dapat dikatakan sebagai getaran yang terjadi karena adanya aksi pemicu berupa tiupan melalui rongga tabung alat musik tiup yang menghasilkan bunyi.


Macam Macam Alat Musik Tiup

Alat musik tiup yang dihasilkan sumber bunyi dari hembusan udara di rongga. Adapun contohnya adalah suling, trombon, organ, terompet. Untuk lebih jelasnya, dapat diamati pada penjelasan sebagai berikut:

No Alat Musik Tiup
1 Alat Musik Saluang
2 Alat Musik Puik-puik
3 Alat Musik Tahuri (Terompet Kerang)
4 Alat Musik Serunai
5 Alat Musik Bangsi Alas
6 Alat Musik Foy Doa
7 Alat Musik Pupuik Batang Padi
8 Alat Musik Pa’pompang (Pa’bas)
9 Alat Musik Suling Bambu
10 Alat Musik Terompet
11 Alat Musik Harmonika
12 Alat Musik Trombon
13 Alat Musik Piccolo
14 Alat Musik Oboe
15 Alat Musik Pianika
16 Alat Musik English Horn
17 Alat Musik Klarinet
18 Alat Musik Saksofon
19 Alat Musik Bassoon (Fagot)
20 Alat Musik Flute
21 Alat Musik Tuba
22 Alat Musik Recorder
23 Alat Musik Daegeum
24 Alat Musik Venu
25 Alat Musik Tumpong
26 Alat Musik Shakuhachi

Alat Musik Saluang

Alat Musik Saluang 
Alat Musik Saluang 
@orami.co.id

Alat musik tiup datang dari Sumatera Barat dan dikenal sebagai Saluang. Alat musik jenis ini telah menjadi alat musik ikonik khas Minangkabau. Cara memainkan alat musik khas Sumatera Barat ini yakni ditiup dan dimainkan lubangnya dengan jari-jari tangan untuk menghasilkan nada-nada yang indah.

Alat musik Saluang ini dibuat dari bahan potongan bambu pilihan dengan ukuran diameter 2- 3 cm dan panjang sekitar 70 sampai 90 cm. Alat musik tradisional ini memiliki bentuk seperti seruling, hanya saja pada alat musik Saluang ini memiliki bagian pangkal dan ujung yang bolong.

Alat musik Saluang biasa dimainkan dalam acara resmi maupun acara hiburan, mulai dari upacara adat, pentas seni, iring-iringan pengantin dan hiburan masyarakat. Di sisi lain, masyarakat Minang kerap menjadikan Saluang sebagai pelengkap instrumen musik mereka.

Saluang dibedakan menjadi beberapa jenis, dan di beberapa daerah memiliki jenisnya masing-masing. Beberapa diantaranya adalah Saluang Sirompak, Saluang Pauah, dan Saluang Darek.

Alat Musik Puik-puik

Alat Musik Puik Puik
Alat Musik Puik-puik
@www.percepat.com

Alat musik Puik-puik merupakan salah satu alat musik tiup yang berasal dari Sulawesi Selatan. Beberapa masyarakat juga menyebutnya sebagai Pui-pui. Alat musik tradisional ini biasa dimainkan dengan cara ditiup.

Alat musik Puik-puik biasa dibuat dari bahan kayu dan besi yang berbentuk kerucut memanjang, bagian pangkal dari alat musik ini dibuat dari lempeng logam dan dilengkapi dengan potongan daun lontar sebagai penghasil suara ketika Puik-puik ditiup.

Karena untuk menghasilkan bunyi yang khas, para pemain ini harus memainkan alat musik ini dengan teknik dan keahlian khusus. Karena jika meniup Puik-puik ini dengan sembarang, malah yang keluar justru suara aneh atau bahkan tidak keluar suara sama sekali.

Alat Musik Tahuri (Terompet Kerang)

Alat Musik Terompet Kerang
Alat Musik Terompet Kerang
@www.orami.co.id

Alat musik tiup selanjutnya diberi nama Tahuri, atau yang banyak dikenal dengan sebutan Terompet Kerang. Alat musik jenis ini merupakan alat musik tradisional khas Maluku.

Sesuai dengan namanya, alat musik jenis ini dibuat dari bahan kerang. Jenis kerang yang digunakan adalah kerang Triton atau Triton Shell, kerang ini memiliki bentuk yang berkualitas untuk digunakan sebagai alat musik tiup.

Kulit kerang yang dipilih berasal dari Saumlaki, Dobo, Kepulauan Aru dan Banda. Bagian Kerang diberi lubang sebagai tempat hembusan udara dengan bunyi monofon. Cara meniup alat musik Tahuri ini yakni seperti cara meniup terompet pada umumnya.

Bagi masyarakat Maluku, alat musik tradisional jenis Terompet Kerang ini dimainkan sebagai alat komunikasi. Selain sebagai alat komunikasi, tidak lupa juga Tahuri dimainkan sebagai alat musik untuk menghibur diri, dimana alat musik ini dimainkan secara bersamaan dengan alat musik tradisional lainnya seperti alat musik angklung.

Alat Musik Serunai

Alat Musik Serunai
Alat Musik Serunai
@www.pinhome.id

Alat musik Serunai atau juga dikenal dengan sebutan puput serunai tergolong ke dalam alat musik tiup khas Minangkabau, Sumatera Barat, Indonesia.

Alat musik Serunai ini memiliki bentuk yang unik dan khas, seperti yang tampak pada gambar di atas bahwa alat musik ini cukup unik meskipun memiliki permainan yang mirip dengan alat musik Suling. Selain bentuknya, hiasan yang tergambar pada badan Serunai juga menampilkan corak khas Minangkabau.

Alat Musik Bangsi Alas

Alat Musik Bangsi Alas
Alat Musik Bangsi Alas
@nazwaproduction.com

Alat musik tiup selanjutnya adalah Bangsi Alas. Alat musik jenis ini berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam. Bangsi ini dibuat dari bambu dengan panjang sekitar 40 cm dengan garis tengah sekitar 2,8 cm.

Pada bagian badan Bangsi terdapat 7 lubang yang dapat menghasilkan nada-nada yang berbeda-beda. Selain itu, Bangsi Alas juga dihiasi dengan ukiran khas Aceh.

Alat Musik Foy Doa

Alat Musik Foy Doa
Alat Musik Foy Doa
@blue.kumparan.com

Alat musik tiup selanjutnya datangnya dari Nusa Tenggara Timur, alat musik tersebut diberi nama Foy Doa. Alat musik ini sejenis suling yang berasal dari Pulau Flores, yakni tepatnya di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur.

Foy Doa dapat diartikan sebagai suling ganda yang dibuat dari bahan buluh atau bambu kecil yang gandeng dua atau lebih. Dengan kata lain, Foy Doa biasanya terdiri dari dua buah suling atau lebih yang digandeng.

Dalam permainannya, alat musik Foy Doa biasa dimainkan secara bersama-sama oleh anak-anak atau muda-mudi dalam permainan tradisional khas NTT.

Alat musik tradisional Foy Doa biasa dimainkan dengan cara ditiup secara lembut, sembari jari-jari tangan kanan dan kiri membuka dan menutup lubang-lubang nada untuk menghasilkan nada yang indah.

Foy Doa kerap menghasilkan dua jenis nada, yakni nada-nada tunggal dan nada-nada ganda. Alat musik jenis ini biasa dimainkan bersama syair-syair dengan tema kehidupan.

Pada awal perkembangannya, alat musik Foy Doa biasa dimainkan secara pribadi, namun sejak tahun 1958 para musisi daerah setempat mulai memadukan dengan beberapa alat musik tradisional lainnya, seperti Sowito, Thobo, Foy Pay, Laba Dera, dan Laba Toka.

Alat Musik Pupuik Batang Padi

Alat Musik Pupuik Batang Padi 
Alat Musik Pupuik Batang Padi 
@www.pinhome.id

Alat musik tiup selanjutnya adalah Pupuik Batang Padi. Alat musik jenis ini berasal dari Sumatera Barat. Sesuai dengan namanya, alat musik jenis ini terbuat dari batang padi yang sudah tua atau telah berbuku.

  5+ Alat Musik Kecapi : Contoh, Gambar dan Cara Memainkan

Di beberapa daerah Sumatera Barat, Pupuik adalah sebutan untuk alat musik “Peluit”, alat musik tradisional Sumatera Barat yang satu ini awalnya banyak ditemukan di Agam, Sumbar.

Cara membuat dan memainkan Pupuik juga cukup sederhana, hanya perlu memecahkan bagian pangkal batang padi (yang berbulu), hasil pecahan tersebut akan menghasilkan suara ketika ditiup.

Alat Musik Pa’pompang (Pa’bas)

Alat Musik Pa’pompang
Alat Musik Pa’pompang
@www.percepat.com

Alat musik tradisional Pa’pompang merupakan salah satu jenis alat musik tiup tradisional Sulawesi Selatan. Alat musik tradisional ini berasal dari tanah Toraja, Sulawesi Selatan.

Beberapa masyarakat juga mengenalnya dengan sebutan Pa’bas. Nama Pa’bas disematkan ini dikarenakan suara yang dihasilkan cenderung bersifat bass.

Alat musik Pa’pompang ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan alat musik Angklung dari Jawa. Akan tetapi dalam permainannya, kedua alat musik ini sangatlah berbeda. Jika alat musik angklung dimainkan dengan cara digetarkan, sementara alat musik Pa’pompang ini dimainkan dengan cara ditiup.

Alat musik tradisional Pa’pompang ini dapat mengeluarkan jangkauan nada dua setengah oktaf dalam tangga nada. Alat musik jenis ini biasa dimainkan oleh semua kalangan masyarakat, baik dari usia anak-anak sampai orang dewasa.

Dalam permainannya, alat musik Pa’pompang biasa dimainkan secara beramai-ramai, yakni mencapai 25 sampai 35 orang pada upacara-upacara khusus dan peringatan hari besar orang-orang Toraja, sehingga akan terlihat sangat meriah dan memukau.

Alat Musik Suling Bambu

Alat Musik Suling
Alat Musik Suling
@www.alatmusik.id

Suling merupakan salah satu alat musik tradisional yang tergolong ke dalam keluarga alat musik tiup kayu atau beberapa juga dibuat dari bahan bambu. Suara alat musik Suling identik dengan merdu dan bisa dipadu padankan dengan permainan alat musik jenis lainnya.

Terdapat berbagai jenis alat musik Suling, baik itu Suling tradisional maupun alat musik Suling modern. Bahkan beberapa Suling modern dibedakan untuk pelajar atau untuk profesional sebagai pemainnya.

Untuk para pelajar, biasanya Suling dibuat dari bahan nikel perak atau logam yang dilapisi perak. Sementara untuk para profesional, Suling modern yang dimainkan dibuat dari bahan emas perak atau juga bisa kombinasi dari campuran keduanya.

Alat Musik Terompet

Alat Musik Terompet
Alat Musik Terompet
@www.alatmusik.id

Terompet sendiri merupakan alat musik tiup yang terbuat dari logam. Terompet tergolong ke dalam tingkatan tertinggi di antara Trombon, Tuba, Saksofon, Bariton, French Horn, Euphonium, yakni berada di pitch Bb.

Alat musik aerophone jenis Terompet ini hanya memiliki 3 tombol dalam memainkannya. Para pemusik yang memainkan Terompet sering kali menyesuaikan embouchure untuk mendapatkan nada paling berbeda.

Alat Musik Harmonika

Alat Musik Harmonika
Alat Musik Harmonika
@www.alatmusik.id

Harmonika merupakan alat musik tiup. Selain itu, Harmonika juga kerap dimainkan dengan cara dihisap lubangnya guna menghasilkan bunyi. Harmonika juga tergolong ke dalam alat musik aerophone.

Menurut sejarahnya, Harmonika merupakan alat musik tradisional China yang dikenal dengan sebutan Sheng. Alat musik aerophone jenis ini sudah dikenal dan dimainkan kira-kira sejak 5099 tahun lalu, yakni pada masa Kekaisaran Nyu Kwa.

Alat Musik Trombon

Alat Musik Trombon
Alat Musik Trombon
@www.alatmusik.id

Trombon juga merupakan alat musik tiup. Suara yang dihasilkan dari alat musik ini berasal dari getaran bibir seperti pada jenis suara alat musik logam lainnya. Selain itu Trombon juga termasuk alat musik aerophone.

Diberi nama Trombon yang merupakan asal kata Tromba atau Trumpet dan one dalam bahasa Italia. Akhiran one ini diartikan sebagai besar. Sehingga Trombon dapat diartikan sebagai Terompet Besar. Para pemain alat musik jenis dikenal dengan sebutan Trombonis.

Trombon merupakan alat musik tiup yang tidak memiliki katup sebagai pengatur nada, sehingga ketika trombonis mengatur nada dengan menggunakan perangkat slide yang terdiri dari 4 bagian.

Dua bagian tabung dalam paralel dan statis, ujungnya dibuat lebih tebal, serta dua tabung luar dibuat dapat bergerak ke depan dan ke belakang untuk mengatur nada yang dihasilkan Trombon.

Pada saat memainkannya, Trombon diletakkan pada bahu kiri pemain, kemudian slide digerakkan menggunakan tangan pemain. Dengan bentuk yang sedemikian rupa membuat Trombon dapat menghasilkan bunyi yang lebih rendah dibandingkan terompet.

Cara memainkannya juga Akordeon digendong dan dipegang dengan kedua tangan. Satu tangan difungsikan sebagai pengatur suara, sementara tangan yang lain untuk mengatur nada.

Alat Musik Piccolo

Alat Musik Piccolo
Alat Musik Piccolo
@www.tambahpinter.com

Alat musik Piccolo merupakan tergolong ke dalam keluarga alat musik Flute. Akan tetapi, Piccolo sendiri cenderung dimainkan pada komposisi Marching Band.

Alat musik aerophone jenis ini memiliki bentuk yang lebih kecil dibandingkan dengan Flute. Nama alat musik ini diambil dari bahasa Italia, yakni Flauto Piccolo yang berarti “Flute kecil”.

Piccolo dimainkan secara horizontal dan memiliki pitch suara lebih tinggi sebesar 1 oktaf dari Flute pada umumnya.

Saat ini, Piccolo lebih banyak dimainkan untuk melengkapi instrumen musik di lingkungan militer. Akan tetapi sejarah Piccolo menceritakan bahwa alat musik jenis ini sudah mulai digunakan dalam permainan orkestra pada akhir abad ke-18.

Alat Musik Oboe

Alat Musik Oboe
Alat Musik Oboe
@www.tambahpinter.com

Alat musik tiup selanjutnya adalah alat musik Oboe. Alat musik Oboe ini sudah ada sejak abad ke-17, alat musik ini muncul dan dimainkan sebagai alat musik khas Eropa. Oboe juga termasuk ke dalam alat musik aerophone.

Diberi nama Oboe, kata ini diambil dari bahasa Perancis Hautbois yang memiliki arti high wood. Kata ini merujuk pada alunan suara yang dihasilkan dari alat musik Oboe ini.

Oboe merupakan salah satu alat musik tiup yang menghasilkan suara melengking tinggi dan jernih. Dalam permainan musik orkestra, Oboe berperan sebagai pengambilan nada atau tuning. Bunyi yang terdengar jelas, sehingga membuat suara khas Oboe ini mudah didengar.

Alat Musik Pianika

Alat Musik Pianika
Alat Musik Pianika
@www.tambahpinter.com

Pianika atau melodika merupakan alat musik tiup yang dimainkan dengan cara ditiup melalui corong atau pipa lentur yang terhubung ke mulut pemain. Umumnya, alat musik aerophone jenis ini digunakan sebagai media pendidikan kesenian musik di sekolah.

Seperti keyboard, alat musik pianika ini memiliki bilah-bilah keyboard sampai sekitar 3 oktaf. Pianika dapat dimainkan sebagai melodi utama, ritme sederhana dan dapat juga sebagai pengiring lagu.

Cara memainkannya adalah dengan tangan kiri memegang pianika, kemudian tangan kanan menekan bilah keyboard untuk memainkan melodi lagu, serta mulut meniupnya untuk menghasilkan bunyi.

Alat Musik English Horn

Alat Musik English Horn
Alat Musik English Horn
@www.gasbanter.com

Alat musik tiup selanjutnya diberi nama English Horn. Meskipun namanya merujuk pada bahasa Inggris, namun alat musik ini justru berkaitan erat dengan Oboe, yakni menggunakan buluh ganda dan dimainkan dengan cara yang sama seperti alat musik Oboe.

Alat musik English Horn ini memiliki ukuran lebih panjang dari Oboe dan tabungnya sedikit lebih besar. Di bagian ujung bawahnya, terdapat bagian terbuka yang berbentuk lonceng bundar. Lonceng bundar ini akan memberikan dampak suara yang lebih hangat dan lebih utuh.

Karena ukurannya lebih besar dari Oboe, maka alat musik aerophone jenis ini memiliki jangkauan nada yang lebih rendah daripada Oboe. Dalam beberapa permainan kesenian musik, pemain Oboe juga akan memainkan English Horn.

  Alat Musik Gong : Contoh, Pengertian dan Cara Memainkan

Alat Musik Klarinet

Alat Musik Klarinet
Alat Musik Klarinet
@www.tambahpinter.com

Klarinet sendiri merupakan alat musik ini tergolong ke dalam varian dari Terompet. Nama Klarinet sendiri berasal dari bahasa Italia Clarino yang berarti Terompet yang ditambahkan akhiran et serta dimaknai sebagai terompet kecil.

Seperti alat musik tiup lainnya, klarinet membutuhkan permainan tiupan dengan satu tarikan nafas agar dapat menghasilkan bunyi sesuai dengan yang diharapkan. Klarinet sendiri dibedakan dalam banyak jenis dan beberapa di antaranya sudah tergolong langka, sementara yang umum dimainkan adalah Klarinet jenis Soprano nada B.

Alat Musik Saksofon

Alat Musik Saksofon
Alat Musik Saksofon
@1.bp.blogspot.com

Alat musik tiup jenis saksofon ini baru diciptakan pada sekitar tahun 1840-an. Alat musik jenis ini diciptakan oleh seorang pemain Klarinet bernama Adolphe Sax yang merupakan warga negara Belgia.

Alat musik yang terbuat dari bahan logam ini sempat terhambat perkembangannya, karena terikat hak paten yang dimiliki sang penemu alat musik ini. Setelah hak paten habis, penyempurnaan banyak dilakukan meskipun tidak banyak mengubah desain awal alat musik aerophone jenis ini.

Dahulu, Saksofon banyak digunakan dalam orkestra dan band militer. Dan sekarang ini Saksofon lebih menjadi instrumen populer seperti jazz. Saksofon memiliki beragam jenis, salah satu di antaranya yang paling umum dimainkan adalah alat musik Soprano, Alto, Tenor, dan Bariton.

Alat Musik Bassoon (Fagot)

Alat Musik Bassoon
Alat Musik Bassoon
@www.tambahpinter.com

Bassoon atau juga dikenal dengan sebutan Fagot ini merupakan alat musik tiup yang cukup unik. Pasalnya alat musik jenis ini sekilas tampak seperti memiliki bentuk yang terdiri dari 2 buah alat tiup yang dilipat menjadi satu.

Bassoon mulai dikembangkan pada abad ke-18. Pada saat awal perkembangannya, Bassoon hanya memiliki 4 buah kunci. Kemudian dalam perkembangannya pada abad ke-19, seorang pemimpin Marching Band Militer asal Jerman yang bernama Carl Almenrader mengembangkan Bassoon menjadi alat musik modern, yakni ditambahkan kunci menjadi 6 sampai 8 kunci.

Sejak periode masa 1930-an, Bassoon sering dimainkan dalam komposisi orkestra. Hal ini didukung dengan karakter suara yang dihasilkan oleh alat musik tersebut yang khas karena bentuk desain dan bahannya yang masih alami, yakni dari kayu.

Alat Musik Flute

Alat Musik Flute
Alat Musik Flute
@www.alatmusik.id

Flute juga merupakan alat musik tiup yang memiliki karakter bunyi yang lembut. Dengan demikian, tidak heran jika alat musik Flute ini dapat dipadu padankan dengan instrumen musik jenis lainnya.

Alat musik Flute ini dibuat dari bahan logam, untuk kategori profesional di era modern ini Flute banyak dibuat dari bahan perak bahkan emas, tidak jarang juga dibuat dengan kombinasi dari kedua bahan tersebut.

Sementara untuk para pemain pemula atau pelajar, mereka cenderung menggunakan Flute yang terbuat dari campuran nikel dan perak, atau logam sejenisnya yang kemudian dilapisi dengan perak.

Dalam permainannya, Flute sendiri diperuntukkan dalam permainan nada tinggi dengan cara meniup secara berdampingan ke kiri maupun ke kanan.

Alat Musik Tuba

Alat Musik Tuba
Alat Musik Tuba
@www.galerimusikindonesia.com

Tuba merupakan salah satu jenis alat musik tiup yang pertama kali muncul dan dimainkan sejak abad ke-19 di Eropa. Tuba menjadi alat musik tiup dengan ukuran yang paling besar di antara alat musik tiup jenis lainnya. Dengan demikian suara yang dihasilkan berupa nada paling rendah.

Alat musik Tuba tergolong ke dalam terompet tombol yang terdiri dari 3 tombol sebagai pengatur nada yang dihasilkan Tuba. Dengan demikian, alat musik Tuba dimainkan dengan cara meniup serta mengkombinasikan tombol yang ditekan dengan tekanan bibir pemain.

Berdasarkan ukuran dan tinggi nada yang dihasilkannya, alat musik aerophone Tuba ini dibedakan menjadi beberapa jenis, yang meliputi contra bass tuba, bass tuba, tenor tuba dan subcontrabass tuba.

Alat Musik Recorder

Alat Musik Recorder
Alat Musik Recorder
@www.tambahpinter.com

Alat musik tiup selanjutnya adalah alat musik Recorder. Alat musik jenis ini cukup populer sebab alat musik Recorder banyak dijadikan sebagai media pembelajaran seni musik di beberapa strata pendidikan, baik tingkat Sekolah Dasar maupun Sekolah Lanjutan.

Recorder sendiri merupakan alat musik yang tergolong ke dalam satu keluarga dari Flute. Cara memainkan alat musik Recorder ini adalah dengan cara meniupnya dari ujung pangkal Recorder sembari membuka dan menutup lubang pada Recorder sesuai pola nada yang sudah ditentukan.

Alat musik jenis ini dibedakan menjadi beberapa jenis, yang meliputi Treble, Tenor, dan Bass. Bahan yang digunakan untuk membuat sebuah Recorder adalah kayu, namun seiring dengan perkembangan zaman saat ini Recorder cenderung dibuat dari bahan plastik.

Alat Musik Daegeum

Alat Musik Daegeum
Alat Musik Daegeum
@4.bp.blogspot.com

Daegeum merupakan salah satu alat musik tiup. Alat musik jenis ini dapat banyak dijumpai di Korea. Daegeum sendiri dibuat dari bambu yang dimainkan dengan cara ditiup seperti alat musik Flute.

Alat musik jenis ini digunakan sebagai alat musik tradisional Korea. Dan seiring perkembangannya, Daegeum digunakan sebagai instrumen musik kontemporer.

Alat musik Daegeum memiliki kembaran, meskipun dengan ukuran yang lebih kecil yaitu Junggeum dan Sogeum. Dan saat ketiga instrumen ini dimainkan bersamaan maka disebut sebagai samjuk yang diartikan sebagai “tiga bambu”.

Alat Musik Venu

Alat Musik Venu
Alat Musik Venu
@2.bp.blogspot.com

Alat musik Venu juga merupakan alat musik tiup. Venu adalah alat musik tiup tradisional khas India.

Alat musik jenis Venu dibuat dari bambu yang dilubangi dan dimainkan secara menyamping maupun horizontal. Bila dilihat secara sekilas, alat musik Venu memiliki bentuk yang menyerupai Seruling khas Indonesia.

Di India, alat musik Venu adalah alat musik yang memiliki peranan penting dalam sebuah komposisi pertunjukan seni klasik India yang dikenal dengan sebutan Natya Shastra.

Alat musik jenis ini juga banyak digambarkan oleh Dewa Hindu yang bernama Krishna. Hal ini dapat diamati dalam karya seni berupa patung atau lukisan yang menggambarkan Dewa Krishna sedang memainkan Venu.

Alat Musik Tumpong

Alat Musik Tumpong
Alat Musik Tumpong
@www.como-funciona.com

Selanjutnya adalah Tumpong, alat musik tiup ini merupakan alat musik tradisional khas Filipina. Alat musik jenis ini dibuat dari bahan bambu yang dilubangi, serta untuk menghasilkan suaranya adalah dengan cara ditiup dari bagian atas Tumpong.

Sekilas, alat musik Tumpong memang menyerupai alat musik Seruling khas Indonesia. Hal ini merupakan perwujudan bahwa budaya dan aspek-aspek di dalamnya saling berakulturasi dan menyebar di beberapa daerah sekitar.

Di negara Filipina, alat musik Tumpong ini kerap kali dimainkan oleh masyarakat setempat di kala sore hari, yakni pada saat para anggota keluarga berkumpul dan bersantai bersama.

Alat Musik Shakuhachi

Alat Musik Shakuhachi
Alat Musik Shakuhachi
@www.tambahpinter.com

Yang terakhir adalah Shakuhachi. Dari namanya saja sudah dapat ditebak, bahwa alat musik tiup ini merupakan alat musik yang berasal dari negeri sakura, Jepang. Akat tetapi, menurut cerita sejarah, Shakuhachi memiliki asal usul berasal dari negeri tirai bambu China pada abad ke-8.

Alat musik jenis ini merupakan alat musik yang terbuat dari bambu serta dilengkapi dengan 4 lubang untuk menghasilkan irama nada yang khas. Tak lupa juga satu buah lubang yang diperuntukkan bagi ibu jari.

Nama Shakuhachi memang diambil dari bahasa Jepang, Shaku adalah penggambaran ukuran dari instrumen ini yakni memiliki satu shaku dengan ukuran panjang 30 cm, dan hachi ini menggambarkan ukuran 3 cm.

Akan tetapi, seiring perkembangan zaman, alat musik Shakuhachi ini dibuat ke dalam berbagai ukuran dan panjang. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan variasi nada yang beragam.


Penutup

Nah itulah penjelasan lengkap mengenai alat musik tiup yang berhasil penulis tulis buat kamu. mulai dari pengertian, cara memainkan, kegunaan, sampai beragam contoh alat musik yang unik dan modern. Semoga setelah menyimak penjelasan di atas, dapat mengenalkan kita semua mengenai keragaman alat musik tiup.


Alat Musik Tiup
sumber referensi:

@https://katadata.co.id/intan/berita/6183ce90e10bb/15-daftar-alat-musik-tiup-tradisional-hingga-modern
@https://tambahpinter.com/alat-musik-tiup/