14+ Alat Musik Tradisional Bali : Contoh, Gambar dan Penjelasan

Alat Musik Tradisional Bali – Bali mempunyai beragam budaya yang sangat eksotis dan juga mempunyai nilai-nilai kultur budaya sehingga bisa menarik perhatian dari para wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Dewata ini.

Kebudayaan tersebut mempunyai kesan Hindu yang sangat kental, hal ini bisa dilihat dari arsitektur bangunan, upacara keagamaan, tarian tradisional hingga alat musik tradisional Bali.

Kali ini, kita akan membahas tentang alat musik tradisional Bali. Yuk langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!


Alat Musik Tradisional Bali

Gambar Alat Musik Tradisional Bali
Gambar Alat Musik Tradisional Bali
@https://i0.wp.com/www.silontong.com

Seperti yang sudah kita tahu, bahwa Bali mempunyai beragam kesenian yang diwariskan dari satu generasi ke generasi yang lainnya. Salah satu kesenian tersebut adalah alat musik tradisional Bali yang sudah muncul sejak zaman Bali kuno, yakni pada abad ke-8 hingga ke-14 Masehi.

Alat musik tradisional ini pada umumnya tersebar di berbagai daerah kota Denpasar, yakni dimulai dari Denpasar Timur, Denpasar Barat, Denpasar Utara hingga Denpasar Selatan. Dimana alat musik tertua di Bali ini meliputi angklung, gender wayang, gambang  yang sudah diperkirakan sejak tahun 913 Masehi.


Macam Macam Alat Musik Tradisional Bali

Seperti yang kita tahu, bahwa alat musik tradisional Bali bukan hanya terdiri dari satu jenis saja, melainkan terdiri dari berbagai macam jenis dengan keunikannya masing-masing.

Lantas apa saja sih alat musik yang ada di Pulau Dewata Bali ini? Dari pada semakin penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

No Alat Musik Tradisional Bali
1 Alat Musik Tradisional Rindik
2 Alat Musik Tradisional Ceng-ceng
3 Alat Musik Tradisional Gangsa
4 Alat Musik Tradisional Gerantang
5 Alat Musik Tradisional Gamelan Bali
6 Alat Musik Tradisional Genggong Bali
7 Alat Musik Tradisional Gender
8 Alat Musik Tradisional Gong Bali
9 Alat Musik Tradisional Suling Gambuh
10 Alat Musik Tradisional Guntang
11 Alat Musik Tradisional Kendang Bali
12 Alat Musik Tradisional Rebana Bali
13 Alat Musik Tradisional Calung Bungbung
14 Alat Musik Tradisional Pereret Pengasih-asih
  • Alat Musik Tradisional Rindik

Gambar Alat Musik Tradisional Rindik
Gambar Alat Musik Tradisional Rindik
@https://www.goodnewsfromindonesia.id/

Rindik merupakan alat musik tradisional Bali yang dibuat dengan menggunakan bahan berupa susunan bambu. Dimana alat musik rindik ini mempunyai lima nada dasar yang ada pada bilah bambu, adapun cara memainkan alat musik ini dilakukan dengan menggunakan alat pemukul khusus.

Rindik berasal dari bahasa Jawa kuno yang ditata dengan rapi dan diberi sedikit celah pada bagiannya. Alat musik pada umumnya dimainkan oleh 2 hingga 5 orang yang mempunyai peran masing-masing.

Pada awalnya alat musik rindik dimainkan dengan tujuan untuk menghibur para petani yang bekerja di sawah. Alat musik ini juga dapat digunakan sebagai alat musik pengiring hiburan rakyat yakni joged bumbung.

Joged bumbung merupakan tarian yang termasuk kedalam jenis hiburan rakyat. Hingga saat ini alat musik tindik sering digunakan untuk pelengkap pada saat acara pernikahan dan juga penyambutan para tamu penting.

  • Alat Musik Tradisional Ceng-ceng

Gambar Alat Musik Tradisional Ceng Ceng
Gambar Alat Musik Tradisional Ceng-ceng
@https://cerdika.com/

Ceng-ceng merupakan alat musik tradisional Bali yang mempunyai bentuk seperti tempurung kura-kura dan mempunyai nilai magis atau mistis pada kalangan masyarakat Bali. Dimana alat musik ceng-ceng juga menjadi elemen penting dalam ansambel gamelan baku dan juga membuat alat musik berbeda dari gamelan lainnya.

Alat musik ceng-ceng dapat menghasilkan efek suara yang dinamis apabila dimainkan secara bersama-sama dengan alat musik lainnya dalam berbagai pertunjukan gamelan Bali. Hal ini dikarenakan suara yang dikeluarkan merupakan hasil dari perpaduan delapan buah logam bundar yang diadu satu dengan lainnya.

Ceng-ceng merupakan alat musik yang terbuat dari bahan logam berbentuk bundar. Dimana alat musik ini terdiri dari enam buah logam bundar pada bagian bawahnya dan juga dua logam bundar pada bagian atasnya.

Adapun cara memainkan alat musik ini dengan cara membenturkan logam pada bagian atas logam dan juga pada logam bagian bawah.

  • Alat Musik Tradisional Gangsa

Gambar Alat Musik Tradisional Gangsa
Gambar Alat Musik Tradisional Gangsa
@https://review.bukalapak.com/

Gangsa merupakan alat musik tradisional Bali yang tergabung dalam sebuah ansambel atau barungan gamelan yang bilahnya dibuat dengan menggunakan bahan perunggu.  Dimana barungan gamelan mempunyai beragam jenis yakni semara pegulingan, gong kebyar, gong gede, gambang dan masih banyak yang lainnya.

Perbedaan dari masing-masing alat musik tersebut terletak pada fungsi yang berbeda-beda. Dimana ada yang digunakan sebagai jalinan pukulan, penentu matra-matra lagu dan masih banyak lagi yang lainnya.

  Alat Musik Triangle : Gambar, Penjelasan dan Cara Memainkan

Misalnya gamelan gamang yang hanya mempunyai dua tangguh gangsa jongkok dan digunakan sebagai pemegang melodi, sedangkan pada gong gede mempunyai 8 tangguh gangsa jongkok dan juga 12 gangsa gantung.

  • Alat Musik Tradisional Gerantang

Gambar Alat Musik Tradisional Gerantang
Gambar Alat Musik Tradisional Gerantang
@https://i0.wp.com/failfaire.org

Gerantang merupakan alat musik tradisional Bali yang terbuat dari susunan bilah bambu. Dalam tradisi masyarakat Bali, alat musik gerantang biasanya digunakan dalam berbagai kesenian gamelan atau angklung Bali.

Alat musik garantang juga digunakan dengan menggunakan satu pasang alat pemukul khusus. Adapun alat musik ini mempunyai bentuk yang mirip dengan alat musik gambang dari Jawa, tapi bilah yang ada pada garantang dibuat dengan menggunakan bahan bambu.

Garantang juga digunakan dalam kesenian cupak gerantang. Cupak gerantang merupakan kisah tentang dua orang kakak beradik yang menggambarkan dua sifat manusia yang berlawanan, yakni cupak dan juga garantang.

Garangang akan menggambarkan sifat baik dari manusia, dan cupak menggambarkan sifat buruk dari manusia.

  • Alat Musik Tradisional Gamelan Bali

Gambar Alat Musik Tradisional Gamelan Bali
Gambar Alat Musik Tradisional Gamelan Bali
@https://review.bukalapak.com/

Gamelan Bali merupakan alat musik tradisional Bali berupa ansambel yang terdiri dari berbagai macam alat-alat musik lainnya seperti gong, gambang, kendang, kempul, bonang dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dimana secara umum gamelan ini tersebar dalam berbagai daerah yang ada Indonesia, seperti Madura, Bali, hingga Nusa Tenggara dan tentunya mempunyai ciri khas di setiap masing-masing daerahnya.

Gamelan Bali biasanya digunakan oleh masyarakat Bali dalam berbagai acara adat dan juga ritual keagamaan yang ada di Bali. Dimana ada sekitar 25 jenis gamelan yang berkembang di berbagai pedesaan, ada yang terbuat dari bambu dan ada yang terbuat dari logam.

  • Alat Musik Tradisional Genggong Bali

Gambar Alat Musik Tradisional Genggong Bali
Gambar Alat Musik Tradisional Genggong Bali
@https://1001indonesia .net/

Genggong Bali merupakan alat musik tradisional Bali yang mempunyai karakter suara dan cara memainkan yang cukup unik. Dimana alat musik ini dapat menghasilkan nada apabila genggong dibunyikan dengan cara mengulum pada bagian yang disebut dengan “palayah”.

Tangan kiri pemain akan menggenggam ujung akar yang ada di sebelah kiri, sedangkan tangan kanan digunakan untuk memegang tangkai bambu yang terhubung dengan tali benang. Adapun cara memainkan alat musik ini dengan cara memanfaatkan rongga mulut yang digunakan untuk membunyikan genggong sebagai resonator.

  • Alat Musik Tradisional Gender

Gambar Alat Musik Tradisional Gender
Gambar Alat Musik Tradisional Gender
@https://www.alatmusik.id/

Gender merupakan alat musik tradisional Bali yang termasuk kedalam jenis instrumen pukul. Dimana bentuk alat musik gender ini juga mempunyai bentuk seperti gangsa, yakni terdiri dari bilahan-bilahan yang disusun berdasarkan urutan tinggi rendahnya nada.

Adapun cara untuk membedakan gender dan juga gangsa yakni, terletak pada panggul atau alat pemukul yang digunakan. Gangsa biasanya hanya dimainkan dengan menggunakan satu panggul saja, sedangkan gender akan menggunakan dua panggul pada saat memainkanya.

Sedangkan cara membedakan dari segi bentuk adalah, panggul gangsa mempunyai bentuk seperti Pali yang pada ujungnya atasnya mempunyai bentuk kecil dan tangkai yang pilih karena dibuat dengan menggunakan bahan bambu.

Sedangkan untuk panggul gender mempunyai bentuk bundar pipih, dibuat dari bahan kayu yang tidak begitu keras dan juga tangkainya dibuat dengan menggunakan bahan kayu bundar yang mempunyai panjang sekitar sejengkal.

  • Alat Musik Tradisional Gong Bali

Gambar Alat Musik Tradisional Gong Bali
Gambar Alat Musik Tradisional Gong Bali
@https://i2.wp.com/www.nesabamedia.com

Gong Bali merupakan alat musik tradisional Bali yang dikenal juga dengan sebutan gong kebyar. Dimana alat musik ini juga termasuk kedalam jenis instrumen gamelan yang ada di daerah Bali.

Secara fisiknya, gong kebyar mempunyai bentuk sebagai penyederhanaan dari alat musik gong gede. Alat musik gong kebyar ini mempunyai 5 tangga nada dasar yang diberi nama laras pelog, diantaranya adalah nding, ndong, ndeng, ndung, dan juga ndang

  • Alat Musik Tradisional Suling Gambuh

Gambar Alat Musik Tradisional Suling Gambuh
Gambar Alat Musik Tradisional Suling Gambuh
@https://www.99.co/

Suling gambuh merupakan alat musik tradisional Bali yang sejenis dengan alat musik seruling. Tetapi suling gambuh mempunyai bentuk yang lebih besar dan juga panjang.

Pada badan suling gambuh ini terdapat 6 buah lubang nada dan juga sebuah lubang tiup pada bagian ujungnya. Suling gambuh biasanya dimainkan secara diagonal, karena alat musik ini panjang, maka biasanya bagian ujung seruling harus disandarkan di lantai.

  30+ Alat Musik Petik : Contoh, Gambar dan Cara Memainkan

Suling gambuh ini juga merupakan bagian dari ansambel gamelan gambuh. Dimana dalam kesenian gamelan gambuh tersebut terdapat tiga buah sulung gambuh yang dijadikan sebagai inti gamelan dan digunakan untuk memainkan melodi.

Bukan hanya itu, gamelan gambuh juga dilengkapi dengan beberapa alat musik rebab, sepasang gendang kecil, ceng-ceng ricik, gong kecil dan juga sejumlah alat musik perkusi lainnya.

  • Alat Musik Tradisional Guntang

Gambar Alat Musik Tradisional Guntang
Gambar Alat Musik Tradisional Guntang
@https://www.yuksinau.id/

Guntang merupakan alat musik tradisional Bali yang digunakan untuk mengiringi kesenian tari arja. Alat musik guntang merupakan alat musik pokok yang sangat penting, dimana alat musik ini akan dimainkan secara berdampingan dengan berbagai macam alat musik lainnya, seperti suling, kendang, klenang dan juga ceng-ceng.

Apabila alat musik guntang dipukul, maka suara yang dihasilkan tidak mempunyai nada-nada tertentu, seperti pada instrumen yang lainnya.

Baik Laras pelog maupun Laras slendro, hal ini dikarenakan barungan gambelan geguntangan melodinya dikendalikan oleh suling, sedangkan guntang memegang mat dan juga penanda akhir dari sebuah lagu.

  • Alat Musik Tradisional Kendang Bali

Gambar Alat Musik Tradisional Kendang Bali
Gambar Alat Musik Tradisional Kendang Bali
@https://republikseo.net/

Kendang Bali merupakan alat musik tradisional Bali yang berkaitan erat dengan seni karawitan. Dimana alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul.

Dalam sebuah barungan gamelan, kendang ini mempunyai peran yang sangat penting. Dimana dalam acara pertunjukkan alat musik klasik Bali, kendang ini akan dimainkan secara berpasangan dengan alat musik kendang wadon dan juga kendang lanang.

Alat musik kendang ini akan dimainkan dengan cara dipukul tanpa menggunakan alat bantuan pemukul khusus, atau dipukul secara langsung dengan menggunakan tangan.

  • Alat Musik Tradisional Rebana Bali

Gambar Alat Musik Tradisional Rebana Bali
Gambar Alat Musik Tradisional Rebana Bali
@https://i1.wp.com/kreativv.com/

Rebana Bali merupakan alat musik tradisional Bali yang identik dengan kesenian Islam. Dimana alat musik ini terdiri dari sejenis kendang yang mempunyai bentuk seperti payung dan hanya mempunyai satu mulut atau tukub.

Alat musik rebana ini dimainkan dengan cara dipukul dalam posisi vertikal, dengan tutup menghadap ke samping kanan. Para pemain akan duduk dengan posisi bersila, kemudian tangan kiri digunakan untuk memegang badan rebana.

Sedangkan telapak tangan digunakan untuk memukul muka rebana, dimana rebana ini akan dipukul pada bagian tepinya, bukan pada bagian tengah dari alat musik tersebut.

  • Alat Musik Tradisional Calung Bungbung

Gambar Alat Musik Tradisional Calung Bungbung
Gambar Alat Musik Tradisional Calung Bungbung
@https://www.yuksinau.id/

Calung Bungbung merupakan alat musik tradisional Bali yang dibuat dengan menggunakan bahan bambu gomong. Dimana bambu tersebut mempunyai ukiran yang panjang dan mempunyai diameter lebar, biasanya pada setiap bambu tersebut berdiri sendiri.

Pada awalnya calung bungbung dimainkan pada saat malam hari, tepatnya pada saat bulan purnama, hal ini dikarenakan alat musik ini dipercaya dapat menghibur Dewi Sri agar sang dewi berkenan untuk melindungi padi dari serangan hama. Tetapi, seiring perkembangan zaman, alat ini juga sering digunakan dalam berbagai seni pertunjukan untuk menyambut para tamu.

  • Alat Musik Tradisional Pereret Pengasih-asih

Gambar Alat Musik Tradisional Pereret Pengasih Asih
Gambar Alat Musik Tradisional Pereret Pengasih-asih
@http://isnaini.student.budiluhur.blog/

Pereret pengasih-asih merupakan alat musik tradisional Bali sejenis terompet yang dibuat dengan menggunakan bahan kayu dan diukir sehingga menjadi bentuk seperti terompet. Pengasih-asih adalah sebuah guna-guna atau pelet dimana alat musik ini berupa alat musik tiup yang berasal dari kabupaten Jembrana, Bali.

Pereret pengasih-asih merupakan alat musik yang sering digunakan oleh para perjaka untuk mengguna-guna seorang gadis yang dicintainya. Dimana cara kerja alat musik ini yakni dengan cara memainkannya di saat malam hari, tepatnya di atas pohon yang tinggi.

Sehingga nantinya suara yang dihasilkan sayup-sayup terdengar hingga jarak lebih dari satu kilometer. Sebelum digunakan alat musik ini harus diisi terlebih dahulu dengan dunga kekuatan gaib oleh Jero Balian atau dukun, yakni dengan cara memberi sesajen sakral dan dipersembahkan kepada Sanghyang Pasupati.


Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam dari alat musik tradisional Bali dimana Bali ini ternyata masih mempunyai banyak alat musik tradisional yang masih dijaga hingga saat ini.

Semoga penjelasan pada artikel ini bisa membantu para pembaca dalam mengenal dan mempelajari berbagai macam alat musik tradisional yang ada di Indonesia dan semoga bisa dipahami dengan baik!


Alat Musik Tradisional Bali
sumber referensi:

@https://review.bukalapak.com/hobbies/alat-musik-bali-111958
@https://gasbanter.com/alat-musik-tradisional-bali/
@https://www.mantabz.com/alat-musik-tradisional-khas-bali