5+ Alat Musik Tradisional Gorontalo : Gambar dan Penjelasan

Alat Musik Tradisional Gorontalo – Gorontalo merupakan provinsi yang ada di pulau Sulawesi dan terbentuknya tepatnya pada sekitar tanggal 5 Desember 2002 dengan otonomi daerah di era reformasi.

Gorontalo juga mempunyai sebutan sebagai “Serambi Madinah” dimana provinsi ini juga mempunyai keanekaragaman kesenian baik itu tari-tarian, lagu daerah hingga alat musik tradisional Gorontalo.

Tapi, kali ini kita akan membahas tentang macam-macam alat musik tradisional Gorontalo. Untuk lebih jelasnya yuk simak penjelasan berikut ini!


Alat Musik Tradisional Gorontalo

Gambar Alat Musik Tradisional Gorontalo
Gambar Alat Musik Tradisional Gorontalo
https://www.liputan6.com/

Gorontalo merupakan provinsi yang mempunyai beragam kebudayaan lokal, dimana kebudayaan tersebut mempunyai keunikan atau ciri khas yang bisa membedakan dengan kebudayaan yang ada di daerah lainnya. Salah satunya adalah musik tradisional Gorontalo.

Musik tradisional tersebut biasanya digunakan sebagai musik hiburan atau musik yang dipakai untuk mengiringi berbagai macam acara, baik itu pernikahan atau upacara adat dari setiap wilayahnya.


Macam-Macam Alat Musik Tradisional Gorontalo

Seperti yang kita tahu, bahwa alat musik tradisional Gorontalo bukan hanya terdiri dari satu jenis saja, melainkan terdiri dari berbagai macam jenis dengan keunikannya masing-masing. Lantas apa saja sih alat musik yang ada di provinsi Gorontalo ini? Dari pada semakin penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

  • Alat Musik Tradisional Ganda (Gendang Gorontalo)

Gambar Alat Musik Tradisional Ganda (Gendang Gorontalo)
Gambar Alat Musik Tradisional Ganda (Gendang Gorontalo)
https://saajida1kalpar.blogspot.com/

Ganda merupakan alat musik tradisional Gorontalo berupa alat musik pukul seperti gendang. Alat musik ganda ini mempunyai bentuk yang lebih mirip dengan alat musik tifa yang berasal dari Papua, tetapi dengan ukuran yang jauh lebih kecil dan juga ramping.

Alat musik ganda Gorontalo ini mempunyai dua sisi yang dilapisi dengan menggunakan bahan kulit lembu dan juga sebuah batang kayu yang dibuatkan rongga udara pada bagian tengahnya.

Kulit lembu tersebut akan direntangkan pada kedua sisi lubang rongga kayu dan kemudian di pasak secara keliling dengan menggunakan pasak kayu. Alat musik tersebut cukup mudah mempelajarinya.

Cara memainkannya pun tidak memerlukan teknik khusus, dimana para pemain hanya membutuhkan kelihaian dan juga naluri pada saat memainkannya. Jika dibandingkan dengan gendang yang berasal dari Jawa, alat musik gandang ini juga mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil dan alat musik ganda juga termasuk kedalam jenis alat musik membranofon.

Ganda Gorontalo ini juga disebut sebagai instrumen yang wajib ada di setiap berbagai seni pertunjukan yang ada di daerah suku Gorontalo.

  • Alat Musik Tradisional Marwas atau Marawis Gorontalo

Gambar Alat Musik Tradisional Marwas Atau Marawis Gorontalo
Gambar Alat Musik Tradisional Marwas atau Marawis Gorontalo
https://gasbanter.com/

Marwas atau Marawis Gorontalo merupakan alat musik tradisional Gorontalo yang masih berkaitan dengan Islam. Dimana alat musik marwas ini mempunyai bentuk bulat dan pada setiap sisinya dilapisi dengan menggunakan kulit binatang yang direntangkan dengan menggunakan bantuan tali pengikat.

Alat musik marwas ini termasuk kedalam jenis alat musik pukul, dimana pemain akan memukul atau menepuk alat musik pada bagian membrannya. Alat musik Gorontalo ini juga termasuk kedalam jenis alat musik perkusi, hal ini dikarenakan alat musik akan kurang enak didengar apabila dimainkan secara individual atau tunggal.

Suara yang dihasilkan dari instrumen ini juga terbagi menjadi dua yakni, bunyi dung dan juga pak. Kedua bunyi tersebut merupakan hasil dari pukulan-pukulan para pemain yang berbeda.

Dimana pada umumnya, alat musik ini sering memainkan lagu berupa puja-puji kepada Sang Maha Pencipta. Alat musik marwas ini juga diyakini sudah menjadi alat musik tradisional Gorontalo yang diadopsi dari kebudayaan timur yang datang secara bersamaan dengan para pedagang di masa dahulu.

  • Alat Musik Tradisional Gambusi atau Gambus Gorontalo

Gambar Alat Musik Tradisional Gambusi Atau Gambus Gorontalo
Gambar Alat Musik Tradisional Gambusi atau Gambus Gorontalo
http://wadaya.rey1024.com/

Gambusi atau Gambus Gorontalo merupakan alat musik tradisional Gorontalo yang identik dengan kebudayaan Melayu. Dimana alat musik ini terdiri dari 9 dawai yang bisa menghasilkan nada khas dan juga cocok apabila digunakan untuk kebudayaan lokal.

Adapun cara memainkannya juga cukup dengan dipetik seperti memainkan alat musik gitar. Biasanya alat musik ini tidak dimainkan secara individu, melainkan dimainkan secara bersama-sama dengan alat musik tradisional lainnya seperti rebana wahulo dan alat musik tradisional Gorontalo yang lainnya.

  • Alat Musik Tradisional Wahulo

Gambar Alat Musik Tradisional Wahulo
Gambar Alat Musik Tradisional Wahulo
https://infopublik.id/

Wahulla merupakan alat musik tradisional Gorontalo yang mempunyai bentuk mirip dengan alat musik rebana. Dimana cara membedakannya yakni dengan cara melihat dari segi bentuknya saja, karena wahulla mempunyai bentuk yang sedikit lebih besar dan juga susunan tali pengikutnya dibuat dengan menggunakan bahan rotan.

Alat musik wahulo dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan satu tangan, sedangkan tangan yang lainnya digunakan untuk memegang alat musik tersebut. Alat musik wahulla ini juga memerlukan keahlian atau teknik dan lagu tersendiri pada saat memainkannya.

  • Alat Musik Tradisional Polopalo

Gambar Alat Musik Tradisional Polopalo
Gambar Alat Musik Tradisional Polopalo
http://adat-tradisional.blogspot.com/

Polopalo merupakan alat musik tradisional Gorontalo yang dibuat dengan menggunakan bahan bambu. Dimana alat musik ubi mempunyai bentuk mirip seperti garpu gala raksasa.

Adapun cara memainkan alat musik ini yakni dengan cara dipukul ke bagian anggota tubuh, yakni pada lutut. Seiring dengan perkembangan zaman, maka alat musik ini dimodifikasi sehingga bisa menjadi lebih sempurna.

Salah satunya adalah ditambahkan sebuah alat pemukul yang terbuat dari kayu dan dilapisi dengan menggunakan karet, hal ini bertujuan untuk mempermudah dan juga membantu dalam proses memainkan alat musik ini.

Bukan hanya itu, alat pemukul tersebut juga bertujuan supaya para pemain tidak merasakan sakit pada tubuhnya dan supaya alat musik bisa menghasilkan nada yang lebih nyaring.

Alat musik tradisional polopalo ini termasuk ke dalam jenis idiofon atau kelompok alat musik yang menghasilkan bunyi dari badannya sendiri, atau bisa diartikan bahwa alat musik polopalo dipukul atau mendapatkan pukulan. Sehingga suara yang dihasilkan berasal dari proses bergetarnya seluruh tubuh dari alat musik tersebut.

Pada zaman dahulu, alat musik polopalo digunakan untuk mengusir burung hantu yang memakan padi para petani. Dimana petani juga menggunakan alat musik ini sebagai bandul kalung sapi dan juga penggulung benang yang digunakan oleh kaum perempuan.


Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam dari alat musik tradisional Gorontalo. Dimana Gorontalo ini ternyata masih mempunyai banyak alat musik tradisional yang masih dijaga hingga saat ini.

Semoga penjelasan pada artikel ini bisa membantu para pembaca dalam mengenal dan mempelajari berbagai macam alat musik tradisional yang ada di Indonesia dan semoga bisa dipahami dengan baik!


Alat Musik Tradisional Gorontalo
sumber referensi:

https://tambahpinter.com/alat-musik-gorontalo/
https://cakbagus.net/alat-musik-tradisional-gorontalo/
https://gasbanter.com/alat-musik-tradisional-gorontalo/

Default image
FITRI
"Menulis menjadi sebuah solusi dalam menuangkan beban yang tak pernah tersampaikan lewat sebuah ucapan"

Leave a Reply

error: Content is protected !!