18+ Alat Musik Tradisional Jawa Barat : Gambar dan Penjelasan

Alat Musik Tradisional Jawa Barat – Jawa Barat merupakan salah satu provinsi Indonesia yang mempunyai beragam kebudayaan yang sangat terkenal, baik itu kesenian, tari-tarian dan juga masih banyak yang lainnya.

Kesenian tersebut tentunya akan didampingi oleh sebuah alat musik yang khas, dimana alat musik tradisional Jawa Barat ini sangatlah beragam. Langsung saja simak penjelasan lengkapnya mengenali macam-macam alat musik tradisional Jawa Barat di bawah ini!


Alat Musik Tradisional Jawa Barat

Gambar Alat Musik Tradisional Jawa Barat
Gambar Alat Musik Tradisional Jawa Barat
http://bintangkecil .co/

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang mempunyai berbagai macam kebudayaan. Dimana kebudayaan tersebut tentunya mempunyai keunikan dan juga makna masing-masing.

Salah satunya adalah alat musik tradisional Jawa Barat yang ditinggalkan secara turun-temurun dan masih dijaga hingga saat ini. Biasanya alat musik tradisional tersebut dijadikan sebagai musik hiburan di waktu senggang hingga digunakan untuk mengiringi sebuah tarian atau upacara adat.


Macam-Macam Alat Musik Tradisional Jawa Barat

Seperti yang kita tahu, bahwa alat musik tradisional Jawa Barat bukan hanya terdiri dari satu jenis saja, melainkan terdiri dari berbagai macam jenis dengan keunikannya masing-masing. Lantas apa saja sih alat musik yang ada di provinsi Jawa Barat ini? Dari pada semakin penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

  • Alat Musik Tradisional Angklung

Gambar Alat Musik Tradisional Angklung
Gambar Alat Musik Tradisional Angklung
https://www.nesabamedia .com/

Angklung merupakan alat musik tradisional Jawa Barat yang termasuk kedalam jenis alat musik Multitonal (bernada ganda), dimana alat musik ini berkembang secara pesat pada masyarakat tradisional Sunda yang ada di Jawa Barat. Angklung terbuat dari bahan bambu dan dimainkan dengan cara digoyangkan.

Angklung dapat menghasilkan suara yang berasal dari benturan badan pipa bambu, sehingga suara yang dihasilkan berupa getaran suara dalam susunan nada 2, 3 hingga 4 dalam setiap ukurannya, baik itu besar maupun berukuran kecil. Alat musik angklung ini juga sudah tercatat sebagai karya agung warisan budaya lisan dan nonbendawi manusia dari UNESCO pada November tahun 2010.

  • Alat Musik Tradisional Suling

Gambar Alat Musik Tradisional Suling
Gambar Alat Musik Tradisional Suling
https://review.bukalapak.com/

Suling merupakan alat musik tradisional Jawa Barat yang dibuat dari bahan bambu. Dimana apabila dilihat secara sekilas, suling ibu mempunyai bentuk yang mirip dengan seruling pada umumnya.

Suling khas dari Jawa barat ini mempunyai 4 hingga 6 lubang di dalamnya, dimana lubang tersebut dapat menghasilkan suara yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan seruling-seruling yang ada di Indonesia. Seruling Sunda ini menghasilkan suara yang unik dengan suara tinggi yang menonjol, sehingga cocok dijadikan sebagai melodi dari sebuah lagu.

  • Alat Musik Tradisional Calung

Gambar Alat Musik Tradisional Calung
Gambar Alat Musik Tradisional Calung
https://upload.wikimedia.org/

Calung merupakan alat musik tradisional Jawa Barat yang dibuat dari bahan bambu. Alat musik calung ini biasanya akan dimainkan secara bersama-sama dengan alat musik khas Sunda yang lainnya.

Alat musik calung ini akan dimainkan dengan cara dipukul pada bagian batang bilahan atau tabung bambu, dimana tabung tersebut tersusun berdasarkan tangga nada (titi laras) pentatonis, yakni da, mi, na, ti, la. Adapun bambu yang digunakan untuk membuat alat musik calung ini adalah awi wulung (bambu hitam) dan huga awi temen (bambu putih).

Calung bukan hanya digunakan sebagai alat musik saja, melainkan calung juga merupakan sebutan dari salah satu seni pertunjukan khas dari Sunda. Calung terdiri dari dua jenis, yakni ada calung rantay dan juga calung jinjing.

  • Alat Musik Tradisional Kecapi

Gambar Alat Musik Tradisional Kecapi
Gambar Alat Musik Tradisional Kecapi
https://i0.wp.com/www.silontong.com

Kecapi merupakan alat musik tradisional Jawa Barat berupa alat musik petik. Dimana alat musik kecapi ini mempunyai bentuk kotak kayu yang diatasnya terdapat susunan senar atau dawai.

Kotak kayu pada kecapi tersebut berguna untuk resonator. Alat musik kecapi dimainkan dengan cara memetik senar yang ada, dimana nantinya senar tersebut akan menghasilkan suara yang indah.

Kecapi Sunda ini mempunyai dua jenis, yakni ada kecapi Indung dan juga kecapi Rincik. Dimana kecapi Indung merupakan kecapi yang terdiri dari 18 hingga 20 senar, dimana senat tersebut akan digunakan sebagai pengatur tempo lagu.

Sedangkan untuk kecapi rincik biasanya akan dimainkan dengan cara mengisi ruang antar nada dengan menggunakan frekuensi tinggi.

  • Alat Musik Tradisional Rebab

Gambar Alat Musik Tradisional Rebab
Gambar Alat Musik Tradisional Rebab
https://review.bukalapak.com/

Rebab merupakan alat musik tradisional Jawa Barat yang diyakini sudah ada sejak abad ke-9 Masehi. Dimana alat musik ini dulunya dibawa oleh para pedagang timur yang sedang berkunjung ke Indonesia.

Rebab merupakan alat musik gesek yang mempunyai bentuk mirip dengan biola. Dimana alat musik ini dibuat dengan menggunakan bahan kayu yang bagus dan juga akan ditambahkan beberapa dawai, dawai tersebut berguna sebagai penghias untuk menghasilkan irama yang indah.

Pada zaman dahulu, rebab dibuat dengan menggunakan bahan tembaga dan terdapat tiga senar yang melekat. Dimana alat musik rebab dimainkan dengan cara pemain harus menggesek senar seperti pada saat memainkan biola.

  • Alat Musik Tradisional Toleat

Gambar Alat Musik Tradisional Toleat
Gambar Alat Musik Tradisional Toleat
https://www.ipmksjogja.org/

Toleat merupakan alat musik tradisional Jawa Barat berupa alat musik tiup khas dari wilayah Subang. Alat musik ini biasanya dimainkan oleh para penggembala yang ada di daerah Pantura.

Pada awalnya alat musik ini dibuat dengan menggunakan bahan jerami. Tetapi karena perkembangan zaman maka alat musik ini dibuat dari bahan bambu tamiang, hal tersebut dikarenakan bambu ini mempunyai kualitas dan juga bambu dapat bertahan lama.

Alat musik toleat ini mempunyai delapan lubang nada dasar slendro, dimana lubang tersebut dapat menghasilkan suara yang sangat unik dan juga khas, mirip dengan suara saxophone. Alat musik toleat ini mempunyai bentuk yang mirip dengan seruling, tapi toleat mempunyai Rut yang dibuat dengan menggunakan bahan kayu berenuk.

Biasanya alat musik toleat juga dikombinasikan dengan memainkan beberapa jenis alat musik lainnya, baik itu kecapi, kendang bahkan juga bisa digunakan secara bersama-sama dengan alat-alat musik modern, seperti keyboard.

  • Alat Musik Tradisional Tarawangsa

Gambar Alat Musik Tradisional Tarawangsa
Gambar Alat Musik Tradisional Tarawangsa
https://www.coldeja.com/

Tarawangsa merupakan alat musik tradisional Jawa Barat yang dimainkan dengan cara digesek. Dimana alat musik ini jauh lebih tua jika dibandingkan dengan alat musik rebab.

Alat musik tarawangsa bisa dijumpai di berbagai daerah yang ada di Jawa Barat dan juga di Banten, diantaranya adalah di daerah Rancakalong (Sumedang), Cibalong dan Cipatujah (Tasikmalaya), Banjaran (Bandung), dan juga Kanekes (Banten).

Tarawangsa mempunyai dua dawai, tapi hanya satu dawai saja yang dimainkan dengan cara digesek. Sedangkan dawai yang satunya akan dimainkan dengan cara dipetik dengan menggunakan jari telunjuk yang ada di tangan kiri. Alat musik ini juga biasanya akan dimainkan secara bersama-sama dengan alat musik jentreng.

  • Alat Musik Tradisional Genggong Subang

Gambar Alat Musik Tradisional Genggong Subang
Gambar Alat Musik Tradisional Genggong Subang
http://www.gspradio.com/

Genggong Subang merupakan alat musik tradisional Jawa Barat khas dari Kabupaten Subang, Jawa Barat. Dimana nama dari alat musik “genggong” yang berasal dari sebuah nama rawa atau ranca Genggong.

Tapi, istilah genggong sebenarnya lebih merujuk pada nama dari sebuah kesenian atau hiburan untuk rakyat yang terdiri dari berbagai macam alat-alat musik tradisional. Kesenian tersebut biasanya akan ditampilkan guna merayakan hari-hari besar seperti hari kemerdekaan.

  • Alat Musik Tradisional Jentreng

Gambar Alat Musik Tradisional Jentreng
Gambar Alat Musik Tradisional Jentreng
https://www.yuksinau.id/

Jentreng merupakan alat musik tradisional Jawa Barat yang dimainkan dengan cara dipetik. Dimana alat musik ini mempunyai bentuk yang mirip dengan alat musik kecapi, tapi alat musik jentreng mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil dan hanya mempunyai 7 senar saja.

Jentreng ini biasanya dibuat dengan menggunakan bahan kayu kembang kenanga atau dengan menggunakan kayu nangka. Dimana alat musik ini juga tidak jauh berbeda dengan alat musik tarawangsa.

Hal tersebut dikarenakan kedua alat musik ini memang sering dikolaborasikan dalam berbagai macam kesenian yang dikenal juga dengan kesenian jentreng dan juga tarawangsa.

  • Alat Musik Tradisional Karinding

Gambar Alat Musik Tradisional Karinding
Gambar Alat Musik Tradisional Karinding
https://djarumcoklat.com/

Karinding merupakan alat musik tradisional Jawa Barat yang berasal dari berbagai daerah, diantaranya adalah Citamiang, Pasir Mukti, Tasikmalaya, Malangbong (Garut), dan juga Cikalong Kulon (Cianjur). Alat musik karinding merupakan alat musik yang dibuat dengan menggunakan bahan pelepah bambu atau pelepah pohon aren.

Tetapi, karena pohon palem saat ini sudah susah untuk dijangkau, maka kebanyakan orang Sunda akan menggunakan bambu sebagai pengganti untuk membuat alat musik karinding. Karinding ini akan digunakan sesuai dengan bahan yang dipilih dari orang Sunda.

Misalnya adalah karinding yang dibuat dengan menggunakan bahan bambu, maka biasanya alat musik ini sebaiknya dimainkan oleh seorang laki-laki. Sedangkan karinding yang dibuat dengan menggunakan pelepah dari pohon aren biasanya hanya boleh digunakan oleh para kaum wanita.

Adapun cara memainkan alat musik karinding adalah dengan cara meniup sehingga nantinya akan terdengar nada yang bagus. Untuk memainkan alat musik ini juga harus dibutuhkan sebuah kombinasi yang baik antara tiupan dan juga penekanan agar suara yang dihasilkan lebih harmonis.

  • Alat Musik Tradisional Bangbaraan

Gambar Alat Musik Tradisional Bangbaraan
Gambar Alat Musik Tradisional Bangbaraan
https://v-images2.antarafoto.com/

Bangbaraan merupakan alat musik tradisional Jawa Barat warisan dari Kerajaan Sukapura. Dimana alat musik ini dibuat dengan menggunakan bahan bambu dan pada zaman dahulu biasanya digunakan oleh anak-anak untuk menggembala kerbau.

Bangbaraan mempunyai bentuk yang mirip dengan bilah angklung. Dengan salah satu ujung ruas alat ini akan diraut, sehingga akan mempunyai dua sisi, sedangkan pada ujung lainnya juga akan dibuat menjadi satu lubang lagi.

Alat musik ini juga dapat menghasilkan suara yang mirip dengan suara alat musik karinding. Hal ini dikarenakan memang kedua alat musik ini mempunyai kesamaan, tapi terdapat pula perbedaan, yakni pada alat musik karinding biasanya akan membutuhkan alat bantu sound system’ agar suara bisa terdengar dengan jelas.

  • Alat Musik Tradisional Kohkol

Gambar Alat Musik Tradisional Kohkol
Gambar Alat Musik Tradisional Kohkol
https://budaya-indonesia.org/

Kohkol merupakan alat musik tradisional Jawa Barat yang mirip dengan alat musik kentongan. Dimana alat musik Kohkol ini pada awalnya hanya digunakan sebagai alat komunikasi untuk memberikan tanda-tanda tertentu kepada masyarakat sekitar.

Tap, seiring dengan perkembangan zaman, alat musik kohkol juga memunculkan variasi baru yang disebut dengan renteng, yakni beberapa buah kohkol yang mempunyai ukuran berbeda-beda dan disusun sehingga bisa membentuk sebuah tangga nada. Alat musik kohkol akan dimainkan dengan menggunakan sepasang alat pemukul.

  • Alat Musik Tradisional Cacaian

Gambar Alat Musik Tradisional Cacaian
Gambar Alat Musik Tradisional Cacaian
https://i0.wp.com/tambahpinter.com

Cacaian merupakan alat musik tradisional Jawa Barat yang juga mempunyai bentuk cukup unik. Dimana alat musik ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dan dapat menghasilkan suara yang ramai, tapi tidak berisik di telinga.

Alat musik tersebut akan menghasilkan suara yang menenangkan seperti halnya dengan suara gemericik air. Adapun cara memainkan alat musik cacian yakni dengan cara membolak-balikkan batang alat musik sehingga akan menimbulkan suara.

  • Alat Musik Tradisional Kendang

Gambar Alat Musik Tradisional Kendang
Gambar Alat Musik Tradisional Kendang
https://www.alatmusik.id/

Kendang merupakan alat musik tradisional Jawa Barat yang dimainkan dengan cara dipukul. Dimana kendang ini membutuhkan kekuatan dan juga tempo pukulan agar pementasan dapat berjalan dengan baik.

Alat musik kendang ini biasanya dibuat dengan menggunakan bahan cempepak, kayu kelapa atau menggunakan kayu nangka yang kemudian akan dilapisi dengan menggunakan kulit hewan, seperti kulit kambing atau kulit kerbau.

  • Alat Musik Tradisional Celempung

Gambar Alat Musik Tradisional Celempung
Gambar Alat Musik Tradisional Celempung
https://www.orbitmetro.com/

Celempung merupakan alat musik tradisional Jawa Barat yang dibuat dengan menggunakan kulit bambu dan juga biasanya akan dimainkan dengan cara dipukul. Adapun alat musik celempung ini juga bisa dimainkan dengan menggunakan dua cara.

Cara yang pertama adalah dengan dipukul, yakni kedua alur sembulu akan dipukul secara bergantian, hal tersebut tergantung dengan ritme dan suara yang diinginkan. Sedangkan cara yang kedua adalah dengan diolah, yakni tangan kiri akan mengatur besar kecilnya suara yang diinginkan.

Apabila lubang celempung ini dibuka secara lebar, maka suara yang dihasilkan akan tinggi. Sedangkan apabila lubang ditutup dengan rapat, maka alat musik akan menghasilkan suara yang lebih rendah.

  • Alat Musik Tradisional Arumba

Gambar Alat Musik Tradisional Arumba
Gambar Alat Musik Tradisional Arumba
https://www.nesabamedia .com/

Arumba merupakan alat musik tradisional Jawa Barat berupa gabungan dari berbagai macam alat musik tradisional Jawa Barat yang terbuat dari bahan bambu, seperti angklung dan calung. Dimana alat musik tersebut dapat menghasilkan harmoni yang sangat indah dalam musik.

Alat musik Arumba ini bisa dijumpai dalam berbagai upacara adat yang ada di Jawa Barat. Dimana alat musik ini sudah dikenal oleh masyarakat sekitar sejak tahun 1971.

  • Alat Musik Tradisional Jengglong

Gambar Alat Musik Tradisional Jengglong
Gambar Alat Musik Tradisional Jengglong
http://artculture567.blogspot.com/

Jengglong merupakan alat musik tradisional Jawa Barat yang dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan alat pemukul khusus, seperti pada alat musik gong dan juga Bonang. Alat musik ini juga mempunyai bentuk yang mirip dengan alat musik bonang dengan ukuran yang jauh sedikit lebih besar dan berdiameter 30 hingga 40 cm.

Lalu bagaimana cara membedakan jengglong dan bonang? Untuk membedakannya adalah dengan cara melihat jumlah ceretnya, dimana jengglong hanya mempunyai 6 buah bundaran perunggu hal itu jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan bonang.

Bukan hanya itu, suara yang dihasilkan juga sangat berbeda. Alat musik jengglong ini biasanya akan ditempatkan pada suatu dudukan yang dibuat dari bahan kayu.

Untuk menabuh alat musik ini maka diperlukan alat pemukul khusus yang dibuat dengan menggunakan kayu berbungkus kain. Alat musik ini biasanya juga sering digunakan sebagai alat musik pengiring dalam musik degung, khususnya untuk mengiringi musik khas dari Sunda.

  • Alat Musik Tradisional Goong Tiup

Gambar Alat Musik Tradisional Goong Tiup
Gambar Alat Musik Tradisional Goong Tiup
https://www.dictio.id/

Goong Tiup merupakan alat musik tradisional Jawa Barat yang dibuat dari bahan logam. Dimana alat musik ini sejenis dengan alat musik tiup dan bisa menghasilkan suara dengungan yang menggema.

Alat musik ini dibuat dari bahan bambu utuh yang mempunyai ukuran sedang dengan panjang yang dimiliki sekitar 1,5 hingga 2 meter. Biasanya alat musik goong tiup akan dimainkan dengan cara ditiup pada ujung bambunya yang lebih kecil, dan suara yang dihasilkan tidak mempunyai nada tetapi dapat memberikan kesan magis.


Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam dari alat musik tradisional Jawa Barat dimana pada provinsi Jawa Barat ini ternyata masih mempunyai banyak alat musik tradisional yang masih dijaga hingga saat ini.

Semoga penjelasan pada artikel ini bisa membantu para pembaca dalam mengenal dan mempelajari berbagai macam alat musik tradisional yang ada di Indonesia dan semoga bisa dipahami dengan baik


Alat Musik Tradisional Jawa Barat
sumber referensi:

https://www.orami.co.id/magazine/alat-musik-jawa-barat/
https://gasbanter.com/alat-musik-jawa-barat/
https://www.yuksinau.id/alat-musik-tradisional/jawa-barat/

Default image
SHEYLA
"Merengkuh makna, mengurai rasa, menempuh asa dengan rangkaian tulisan bermakna."

Leave a Reply

error: Content is protected !!