12+ Alat Musik Tradisional Jawa Tengah : Contoh, Gambar dan Penjelasan

Alat Musik Tradisional Jawa Tengah – Provinsi Jawa Tengah merupakan provinsi yang terkenal akan kebudayaannya, baik itu alat musik tradisional, tarian tradisional, upacara, hingga eh ah adat tradisional.

Dimana masing-masing kebudayaan tersebut tentunya mempunyai keunikan yang menjadi ciri khas dari masing-masing daerah, kali ini kita akan membahas tentang alat musik tradisional Jawa Tengah. Langsung saja untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasannya di bawah ini!


Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

Gambar Alat Musik Tradisional Jawa Tengah
Gambar Alat Musik Tradisional Jawa Tengah
@https://review.bukalapak.com/

Alat musik tradisional Jawa Tengah didahului oleh alat musik gamelan, dimana pada saat itu Indonesia masih berada pada kebudayaan Hindu-Buddha.

Alat musik berasal dari bahasa yunani, yakni Mousaki yang merupakan nama salah satu dari dera terkenal dalam mitologi Yunani Kuno, Mousa merupakan dewa yang memimpin ilmu dan juga seni.

Sedangkan kata tradisional berasal dari bahasa latin, yakni traditio yang mempunyai arti kegiatan masyarakat yang sudah dilakukan secara turun-temurun.

Sehingga alat musik tradisional ini merupakan alat musik yang berkembang pada daerah dan juga digunakan untuk mengiringi suatu musik yang ada di daerah tersebut.


Macam-Macam Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

Seperti yang kita tahu, bahwa alat musik tradisional Jawa Tengah bukan hanya terdiri dari satu jenis saja, melainkan terdiri dari berbagai macam jenis dengan keunikannya masing-masing.

Lantas apa saja sih alat musik yang ada di provinsi Jawa Tengah ini? Dari pada semakin penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

No Alat Musik Tradisional Jawa Tengah
1 Alat Musik Tradisional Gender
2 Alat Musik Tradisional Kempul
3 Alat Musik Tradisional Siter
4 Alat Musik Tradisional Saron
5 Alat Musik Tradisional Kendang
6 Alat Musik Tradisional Bonang
7 Alat Musik Tradisional Gong
8 Alat Musik Tradisional Slenthem
9 Alat Musik Tradisional Suling
10 Alat Musik Tradisional Gambang
11 Alat Musik Tradisional Kenong
12 Alat Musik Tradisional Demung
  • Alat Musik Tradisional Gender

Gambar Alat Musik Tradisional Gender
Gambar Alat Musik Tradisional Gender
@https://i0.wp.com/tambahpinter.com

Gender merupakan alat musik tradisional Jawa Tengah yang termasuk kedalam jenis alat musik pukul dan terbuat dari logam (metalofon), dimana alat musik ini menjadi bagian dari alat musik gamelan jawa dan juga Bali. Alat musik gender terdiri dari 10 hingga 14 bilah logam atau kuningan yang bisa menghasilkan nada.

Nada yang dihasilkan juga berbeda-beda, tergantung pada nada tangga yang akan digunakan. Dimana pada gamelan Jawa ini terdiri dari 3 gender, diantaranya adalah pelog pathet nem dan lima, slendro,serta pelog pathet barang.

  • Alat Musik Tradisional Kempul

Gambar Alat Musik Tradisional Kempul
Gambar Alat Musik Tradisional Kempul
@http://encyclopedia.jakarta-tourism.go.id/

Kempul merupakan alat musik tradisional Jawa Tengah yang termasuk ke dalam jenis instrumen keras. Dimana instrument keras tersebut diantaranya adalah pula bonang barung, gong, Bonang penerus, kenong, demung, saron, kethuk, kempyang dan juga saron peking.

Adapun lawan dari instrumen keras ini terdiri dari gender barung, siter, slenthem, gender penerus, rebab, gambang, suling dan juga kendhang.

  • Alat Musik Tradisional Siter

Gambar Alat Musik Tradisional Siter
Gambar Alat Musik Tradisional Siter
@https://felderfans.com

Siter merupakan alat musik tradisional Jawa Tengah yang mempunyai panjang kurang lebih sekitar 39 cm. Alat musik siter ini mempunyai 11 dan 13 pasang senar, dimana alat musik ini juga mempunyai kotak resonator apabila di rentangkan kedua sisinya.

Satu senar akan disetel dengan menggunakan nada pelog, sedangkan senar yang lainnya akan disetel dengan menggunakan nada slendro. Alat musik ini akan dimainkan dengan cara dipetik dengan menggunakan ibu jari, sedangkan jari yang lainnya akan digunakan sebagai penahan getaran dari senar yang dipetik.

Yang membuat alat musik siter ini menarik adalah alat musik ini harus dimasukkan kedalam kotak dan dipetik di dalam kotak tersebut.

  18+ Alat Musik Tradisional Jawa Barat : Contoh, Gambar dan Penjelasan
  • Alat Musik Tradisional Saron

Gambar Alat Musik Tradisional Saron
Gambar Alat Musik Tradisional Saron
@https://www.nesabamedia.com/

Saron merupakan alat musik tradisional Jawa Tengah yang termasuk kedalam jenis alat musik Bakungan. Dimana biasanya di dalam gamelan terdapat empat buah saron yang semuanya terdiri dari dua versi, yakni versi pelog dan juga versi slendro.

Alat musik ini juga mempunyai nada satu oktaf, dimana pada umumnya nada tersebut lebih tinggi daripada damung dan mempunyai tubuh yang sedikit lebih kecil.

Alat musik ini bisa dimainkan dengan cara ditabuh sesuai dengan nada, nada yang imbal atau bisa juga dengan menabuh secata bergantian, antara saron yang satu dengan saron kedua.

Cepat lambat, keras dan lemahnya penabuhan ini akan tergantung pada komando dari kandang dan juga jenis gendingnya. Adapun alat pemukul saron ini dibuat dengan menggunakan bahan kayu yang dibentuk seperti palu.

  • Alat Musik Tradisional Kendang

Gambar Alat Musik Tradisional Kendang
Gambar Alat Musik Tradisional Kendang
@https://www.alatmusik.id/

Kendang merupakan alat musik tradisional Jawa Tengah yang juga bagian dari alat musik gamelan Jawa. Dimana alat musik ini mempunyai dua sisi yang tidak simetris dengan sisi kulitnya.

Alat musik kendang biasanya akan dimainkan dengan cara menggunakan tangan tanpa alat bantu. Kendang juga terdiri dari berbagai jenis diantaranya adalah kendang yang mempunyai bentuk kecil yang disebut dengan ketipung.

Kemudian kendang yang mempunyai bentuk menengah disebut dengan kebar dan kendang yang berukuran besar disebut dengan kendang kalih. Secara umum kendang-kendang ini digunakan sebagai penentu untuk irama dan juga tempo.

Biasanya alat musik ini akan dimainkan sebagai pengiring tari atau pengiring apabila terjadi pertunjukan wayang.

  • Alat Musik Tradisional Bonang

Gambar Alat Musik Tradisional Bonang
Gambar Alat Musik Tradisional Bonang
@https://i.pinimg.com/

Bonang merupakan alat musik tradisional Jawa Tengah yang dimainkan dengan cara dipukul atau ditabuh pada bagian atasnya. Bonang mempunyai bagian atas dengan bentuk yang menonjol atau disebut dengan pencu (pencon). Alat musik Bonang ini mempunyai dua pemukul yang digunakan secara khusus, alat pemukul tersebut disebut dengan bindi.

  • Alat Musik Tradisional Gong

Gambar Alat Musik Tradisional Gong
Gambar Alat Musik Tradisional Gong
@https://cerdika.com/

Gong merupakan alat musik tradisional Jawa Tengah yang terbuat dari bahan berupa leburan logam seperti perunggu atau tembaga dengan bentuk bundar pada permukaannya. Alat musik gong ini mempunyai ukuran yang cukup besar dan disusun dengan berbagai ukuran yang bisa menghasilkan suara.

Alat musik gong ini juga mempunyai diameter sebesar 69 cm hingga 105 cm dan biasanya pada bagian atasnya terdapat bagian yang digunakan untuk menggantungkan gong. Bagian atas tersebut mempunyai beragam variasi, yakni ular dan naga yang terbuat dari bahan kayu dan digunakan sebagai hiasan.

Adapun cara memainkan alat musik gong ini adalah dengan memukul menggunakan alat pemukul khusus. Biasanya gong akan dibunyikan pada saat lagu sudah berada diakhir.

  • Alat Musik Tradisional Slenthem

Gambar Alat Musik Tradisional Slenthem
Gambar Alat Musik Tradisional Slenthem
@https://i0.wp.com/tambahpinter.com

Slenthem merupakan alat musik tradisional Jawa Tengah yang mempunyai bentuk seperti alat musik seperti alat musik gender. Dimana alat musik ini mempunyai bentuk bilah-bilah logam yang digantung di atas tabung dan bisa menghasilkan dengung rendah pada saat dipukul.

Slenthem juga mempunyai beberapa versi, yakni versi pelog dan juga versi slendro. Versi pelog pada umumnya mempunyai rentang nada C hingga B, sedangkan untuk slenthem slendro mempunyai nada C, D, E, G, A, C.

Adapun cara memainkan alat musik ini yakni dengan cara menabuhnya dengan menggunakan naluri atau perasaan yang bisa menghasilkan gema atau bentuk dengungan yang baik.

  • Alat Musik Tradisional Suling

Gambar Alat Musik Tradisional Suling
Gambar Alat Musik Tradisional Suling
@https://cerdika.com/

Suling merupakan alat musik tradisional Jawa Tengah yang termasuk kedalam jenis alat musik tiup kayu dan terbuat dari bahan bambu. Suling ini dapat menghasilkan suara yang sangat lembut dan bisa juga dipadukan dengan menggunakan berbagai macam alat musik tradisional lainnya dengan baik. Sedangkan alat musik suling modern dibuat dengan menggunakan bahan dari tembaga atau logam.

  Alat Musik Bonang : Sejarah, Jenis, Fungsi dan Cara Memainkan
  • Alat Musik Tradisional Gambang

Gambar Alat Musik Tradisional Gambang
Gambar Alat Musik Tradisional Gambang
@https://review.bukalapak.com/

Gambang merupakan alat musik tradisional Jawa Tengah yang termasuk ke dalam jenis instrumen orkes gambang kromong dan juga gambang rancag. Gambang ini mempunyai sumber suara sebanyak 20 bilah dan pada umumnya dibuat dengan menggunakan kayu atau bambu.

Bilah dari alat musik gambang ini dibuat dengan menggunakan bahan kayu jati dan bilah nada yang rendah mempunyai bentuk paling panjang dan juga lebar. Sedangkan bilah dengan nada yang tinggi mempunyai bentuk pendek, tebal dan juga sempit.

  • Alat Musik Tradisional Kenong

Gambar Alat Musik Tradisional Kenong
Gambar Alat Musik Tradisional Kenong
@http://wadaya.rey1024.com/

Kenong merupakan alat musik tradisional Jawa Tengah yang dimainkan dengan cara menggunakan satu alat pemukul. Alat musik kening ini biasanya digunakan sebagai penentu batas-batas gatra dan juga digunakan sebagai penentu untuk irama.

Kenong ini merupakan alat musik yang mempunyai jenis alat musik berpencu, dimana alat musik ini mempunyai ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan alat musik bonang. Kening merupakan alat musik yang mempunyai bentuk tubuh paling gemuk, berbeda dengan alat musik gong yang mempunyai bentuk lebar tapi pipih.

Alat musik kenong ini mampu menghasilkan suara yang rendah, tapi nyaring dengan timbre yang dihasilkan sangatlah khas.

  • Alat Musik Tradisional Demung

Gambar Alat Musik Tradisional Demung
Gambar Alat Musik Tradisional Demung
@https://www.nesabamedia.com/

Demung merupakan alat musik tradisional Jawa Tengah yang termasuk kedalam jenis alat musik keluarga balungan. Dimana satu set gamelan ini terdapat dua demung yang mempunyai dua versi yakni, versi pelog dan juga versi slendro.

Alat musik demung ini bisa menghasilkan nada oktaf terendah di dalam keluarga balungan. Alat musik ini terbuat dari bahan kuningan dan dimainkan dengan cara memukul dengan menggunakan alat pemukul khusus.

Deming ini mempunyai wilahan yang lebih tipis tapi lebih lebar jika dibandingkan dengan wilahan saron, sehingga nada yang dihasilkan bisa lebih rendah.


Fungsi Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

Alat musik tradisional Jawa Tengah ini mempunyai 3 fungsi, dimana fungsi-fungsi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut!

  • Digunakan Sebagai Pendukung Upacara Adat

Alat musik Jawa Tengah ini biasanya digunakan pada saat upacara atau ritual yang ada di provinsi Jawa Tengah. Dimana provinsi ini mempunyai banyak warisan dari leluhur.

Sampai saat ini bahkan masih ada tradisi yang dilakukan dalam skala waktu tertentu. Pada saat pergelaran upacara adat Jawa Tengah biasanya akan menggunakan alat musik tradisional dari Jawa Tengah ini.

  • Digunakan Sebagai Pengiring Pertunjukkan Tari

Tarian daerah tentunya tidak akan sempurna jika tidak menggunakan iringan suara. Sehingga dalam setiap pertunjukan tari pastinya akan selalu menggunakan alat musik tradisional yang sesuai dengan masing-masing daerahnya.

  • Digunakan Untuk Menyambut Tamu dari Luar Daerah

Alat musik tradisional Jawa Tengah ini juga digunakan untuk menyambut tamu yang berada dari luar daerah. Dimana permainan alat musik ink sudah menjadi kebiasaan turun temurun yang ada di masyarakat Jawa Tengah.


Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam dari alat musik tradisional Jawa Tengah dimana pada provinsi Jawa Tengah ini ternyata masih mempunyai banyak alat musik tradisional yang masih dijaga hingga saat ini.

Semoga penjelasan pada artikel ini bisa membantu para pembaca dalam mengenal dan mempelajari berbagai macam alat musik tradisional yang ada di Indonesia dan semoga bisa dipahami dengan baik


Alat Musik Tradisional Jawa Tengah
sumber referensi:

@https://cerdika.com/alat-musik-tradisional-jawa-tengah/
@https://lezgetreal.com/alat-musik-jawa-tengah/
@https://www.orami.co.id/magazine/alat-musik-jawa-tengah/
@https://cakbagus.net/alat-musik-tradisional-jawa-tengah/