18+ Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat : Contoh, Gambar dan Penjelasan

Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat – Kalimantan Barat merupakan provinsi yang beribukota kan Pontianak dan terletak di pulau Kalimantan, Indonesia.

Provinsi ini ditinggali oleh berbagai macam suku, khususnya suku Dayak, tentunya masing-masing suku tersebut akan meninggalkan kebudayaan yang berbeda-beda, salah satunya adalah alat musik tradisional Kalimantan Barat.

Lalu apa saja sebenarnya macam-macam dari alat musik Kalimantan Barat tersebut? Yuk simak uraian penjelasannya di bawah ini!


Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat

Gambar Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat
Gambar Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat
@https://reader015.docslide.ne

Seperti pada penjelasan di atas, bahwa Kalimanah Barat merupakan provinsi yang didiami oleh berbagai macam suku, khususnya adalah suku Dayak. Dimana provinsi ini juga dikenal dengan nama “provinsi Seribu Sungai”.

Provinsi ini mempunyai berbagai macam kebudayaan yang hingga saat ini masih dijaga dan dilestarikan, salah satunya adalah alat musik tradisional.

Alat musik tradisional Kalimantan Barat ini biasanya akan digunakan sebagai pengiring dari tarian tradisional dan juga digunakan sebagai hiburan dan ritual yang masih berkaitan dengan mistis.

Ritual tersebut telah dipercaya oleh masyarakat Kalimantan Barat sehingga menjadi keyakinan turun temurun dari suku Dayak.


Macam-Macam Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat

Seperti yang kita tahu, bahwa alat musik tradisional Kalimantan Barat bukan hanya terdiri dari satu jenis saja, melainkan terdiri dari berbagai macam jenis dengan keunikannya masing-masing.

Lantas apa saja sih alat musik yang ada di provinsi Kalimantan Barat ini? Dari pada semakin penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

No Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat
1 Alat Musik Tradisional Agukng atau Gong
2 Alat Musik Tradisional Balikan atau Kurating
3 Alat Musik Tradisional Kohotong
4 Alat Musik Tradisional Hadrah
5 Alat Musik Tradisional Entebong
6 Alat Musik Tradisional Keledik / Kedire / Kadire
7 Alat Musik Tradisional Kollatung
8 Alat Musik Tradisional Tar (Tahar)
9 Alat Musik Tradisional Tuma
10 Alat Musik Tradisional Gambus Kalimantan Barat
11 Alat Musik Tradisional Antoneng
12 Alat Musik Tradisional Rabab
13 Alat Musik Tradisional Tawaq
14 Alat Musik Tradisional Kangkuang
15 Alat Musik Tradisional Terah Umat
16 Alat Musik Tradisional Sape atau Sampek
17 Alat Musik Tradisional Silotong
18 Alat Musik Tradisional Senggayung
  • Alat Musik Tradisional Agukng atau Gong

Gambar Alat Musik Tradisional Agukng Atau Gong
Gambar Alat Musik Tradisional Agukng atau Gong
@https://i0.wp.com/tambahpinter.com

Agukng atau gong merupakan alat musik tradisional Kalimantan Barat yang dapat kita temukan dengan mudah di seluruh kelompok Dayak. Bahkan konon katanya alat musik ini diturunkan secara langsung oleh para dewa dari kayangan yang digunakan sebagai pengiring upacara.

Ada juga yang percaya bahwa alat musik ini bisa mengusir roh jahat dan bisa memanggil roh dari pada leluhur atau makhluk ghaib lainnya.

Hal ini dikarenakan suara yang dihasilkan oleh alat musik agukng merupakan bunyi keagungan dan digunakan sebagai pengiring kedatangan dari roh para leluhur atau makhluk gaib yang juga bisa membantu dalam melakukan berbagai macam ritual.

Alat musik agukng ini juga telah dianggap menjadi lambang kebangsawanan dari pemiliknya. Dimana pada zaman dahulu, alat musik ini juga digunakan sebagai mas kawin.

Bukan hanya itu, orang yang memiliki alat musik ini juga dianggap sebagai orang kaya atau bangsawan. Hal ini dikarenakan tidak semua bisa memiliki alat musik ini.

  • Alat Musik Tradisional Balikan atau Kurating

Gambar Alat Musik Tradisional Balikan Atau Kurating
Gambar Alat Musik Tradisional Balikan atau Kurating
@https://i0.wp.com/tambahpinter.com

Balikan atau Kurating merupakan alat musik tradisional Kalimantan Barat yang berupa alat musik petik dan banyak digunakan di provinsi Kalimantan Barat.

Alat musik balikan ini merupakan alat musik asli buatan dari masyarakat lokal suku Dayak yang tinggal di wilayah Kapuas Hulu, karena alat musik ini sangat unik dan istimewa, maka balikan ini juga telah menjadi ikon alat musik di wilayah Kalimantan Barat.

  • Alat Musik Tradisional Kohotong

Gambar Alat Musik Tradisional Kohotong
Gambar Alat Musik Tradisional Kohotong
@https://gasbanter.com/

Kohotong merupakan alat musik tradisional Kalimantan Barat yang dimainkan dengan cara ditiup. Dimana cara memainkan alat musik ini juga sama seperti cara memainkan alat musik seruling yang berasal dari pulau Jawa.

Perbedaan alat musik kohotong dengan seruling terletak pada bentuknya. Dimana kohotong mempunyai ujung yang lebih besar daripada batangnya dan mempunyai bentuk seperti setengah bola.

Alat musik kohotong terbuat dari bahan material kayu. Dimana kayu yang digunakan juga tidaklah lagu yang sembarangan dan alat musik ini mempunyai 7 lubang yang bisa digunakan sebagai pengatur buntu atau nada.

  • Alat Musik Tradisional Hadrah

Gambar Alat Musik Tradisional Hadrah
Gambar Alat Musik Tradisional Hadrah
@https://keluyuran.com/

Hadrah merupakan alat musik tradisional Kalimantan Barat yang merupakan hasil kombinasi dari budaya masyarakat lokal dengan budaya Islam. Dimana alat musik ini terbuat dengan menggunakan bahan dasar kayu dan terdapat lubang pada bagian tengahnya.

Bagian tengah yang sudah dilubangi tersebut akan dilapisi dengan menggunakan kulit binatang. Sedangkan pada bagian pinggir alat musik hadrah ini terdapat keroncongan. Adapun cara memainkan alat musik ini yakni dengan cara dipukul dengan menggunakan jari-jari tangan dan kemudian bisa menghasilkan suara yang khas.

  8+ Alat Musik Pukul : Gambar, Sejarah dan Cara Memainkan

Alat musik ini biasanya sering dimainkan oleh masyarakat Melayu yang sudah menetap di Kalimantan barat, biasanya digunakan sebagai pengiring musik qasidahan dan juga pada berbagai acara keagamaan lainnya.

  • Alat Musik Tradisional Entebong

Gambar Alat Musik Tradisional Entebong
Gambar Alat Musik Tradisional Entebong
@https://guratgarut.com/

Entebong merupakan alat musik tradisional Kalimantan Barat yang berasal dari suku Dayak Mualang tepatnya berada di wilayah Kabupaten Sedau, Kalimantan Barat.  Dimana alat musik ini terbuat dari bahan kayu dan juga kulit hewan.

Adapun cara memainkan alat musik tradisional entebong ini yakni dengan cara menggunakan tangan tanpa bantuan alat pemukul khusus. Entebong tersebut merupakan jenis alat musik kendang atau gendang yang ada di daerah pulau Jawa.

  • Alat Musik Tradisional Keledik / Kedire / Kadire

Gambar Alat Musik Tradisional Keledik Atau Kedire Atau Kadire
Gambar Alat Musik Tradisional Keledik atau Kedire atau Kadire
@https://i2.wp.com/bukabukumu.com

Keledik atau kedire atau kadire merupakan alat musik tradisional Kalimantan Barat yang merupakan jenis alat musik tiup dan terbuat dari bahan buah labu, bambu dan juga perekat dari sarang kelulut atau lebah hutan. Biasanya labu yang digunakan adalah labu yang sudah berumur tua atau sekitar 5 hingga 6 bulan.

Labu tersebut akan di keluarkan isinya dan kemudian akan direndam selama sebulan dan tentunya akan di keringan. Buah labu kering tersebutlah yang akan direkatkan dengan menggunakan batang-batang bambu dan menggunakan perekat dari sarang kelulut.

Alat musik ini biasanya akan digunakan sebagai musik pengiring lagu-lagu daerah, tarian dan juga teater tutur (syair dalam nyanyian yang berisikan sebuah nasehat) dan juga digunakan pada saat dilangsungkannya upacara adat yang ada di suku Dayak.

  • Alat Musik Tradisional Kollatung

Gambar Alat Musik Tradisional Kollatung
Gambar Alat Musik Tradisional Kollatung
@http://wadaya.rey1024.com/

Kollatung merupakan alat musik tradisional Kalimantan Barat yang biasanya dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan alat pukul khusus yang terbuat dari bahan kayu. Dimana alat musik kollatung ini terbuat dari bahan dasar utama yakni logam kuningan.

Alat musik kollatung ini mempunyai fungsi yang sama dengan alat musik agukng, bukan hanya sebagai alat musik saja, melainkan alat musik ini juga bisa digunakan sebagai mas kawin dalam pernikahan dan juga digunakan sebagai alat pembayaran dalam hukum atau kebiasaan dari masyarakat Suku Dayak.

  • Alat Musik Tradisional Tar (Tahar)

Gambar Alat Musik Tradisional Tar (Tahar)
Gambar Alat Musik Tradisional Tar (Tahar)
@https://tambahpinter.com/

Tar (Tahar) merupakan alat musik tradisional Kalimantan Barat yang sejenis dengan tamborin, yakni alat musik rebana yang dilengkapi dengan lempengan logam. Lempengan logam tersebut berfungsi untuk menambahkan komposisi bunyi yang telah dihasilkan.

Alat musik ini biasanya akan digunakan dalam acara pernikahan dan juga upacara penyambutan untuk tamu-tamu penting. Biasanya alat musik tersebut akan dimainkan oleh 3 hingga 5 orang dalam sebuah kelompok musik.

  • Alat Musik Tradisional Tuma

Gambar Alat Musik Tradisional Tuma
Gambar Alat Musik Tradisional Tuma
@https://media.suara.com/

Tuma merupakan alat musik tradisional Kalimantan Barat yang masih sejenis dengan gendang panjang, di mana alat musik ini sering dimainkan oleh masyarakat Kalimantan Barat.

Alat musik tuma ini dibuat dengan menggunakan bahan kayu dengan panjang mencapai 1 meter pada bagian badan, sedangkan bagian membran tempat pukulnya akan menggunakan bahan kulit lembu.

Alat musik tuma ini termasuk ke dalam alat musik membranofon. Dimana biasanya alat musik akan digunakan sebagai pengiring kesenian tarian daerah atau bisa juga dimainkan secara bersama-sama dengan alat musik tradisional yang lainnya.

  • Alat Musik Tradisional Gambus Kalimantan Barat

Gambar Alat Musik Tradisional Gambus Kalimantan Barat
Gambar Alat Musik Tradisional Gambus Kalimantan Barat
@http://instrumenmusikdayak.blogspot.com/

Gambus merupakan alat musik tradisional yang sudah dikenal di berbagai daerah yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Kalimantan Barat. Dimana alat musik gambus ini terbuat dari bahan kayu, kulit binatang dan juga senar kawat yang berjumlah lima.

Alat musik gambus ini dipengaruhi oleh kebudayaan yang ada di Timur Tengah. Dimana biasanya alat musik tersebut akan digunakan sebagai pengiring syair Melayu, pujian kepada Tuhan dan juga Nabi serta seni tari dari daerah jepin atau yang biasanya dikenal dengan tarian zapin.

  • Alat Musik Tradisional Antoneng

Gambar Alat Musik Tradisional Antoneng
Gambar Alat Musik Tradisional Antoneng
@https://wikiveria.com/

Antoneng merupakan alat musik tradisional Kalimantan Barat yang berupa alat musik petik sejenis dengan gitar gabung dari bambu. Dimana memang alat musik ini terbuat dari bahan bambu dan juga kulit Di bambu yang dibuat sebagai dawai berjumlah lima buah.

Sedangkan pada bagian tengahnya akan ditambahkan lubang yang digunakan sebagai ruang resonator. Alat musik ini biasanya digunakan sebagai alat musik pengiring lagu daerah atau bisa juga hanya dimainkan pada saat bersantai dan mengisi waktu luang setelah bekerja di ladang.

  • Alat Musik Tradisional Rabab

Gambar Alat Musik Tradisional Rabab
Gambar Alat Musik Tradisional Rabab
@https://www.alatmusik.id/

Rabab merupakan alat musik tradisional Kalimantan Barat yang berasal dari Suku Dayak Uut Danum. Dimana alat musik rabab ini dibuat dengan menggunakan bahan kayu dan mempunyai bentuk yang bulat pada bagian bawahnya.

  9+ Alat Musik Tradisional Sulawesi Tenggara : Contoh, Gambar dan Penjelasan

Rabab biasanya akan dimainkan dengan cara digesek dengan menggunakan alat gesek seperti biola. Dimana alat musik ini mempunyai 1 dawai atau senar dan dimainkan secara tunggal.

Alat musik ini biasanya Akan dimainkan pada saat dilaksanakannya acara-acara data atau digunakan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat sekitar.

  • Alat Musik Tradisional Tawaq

Gambar Alat Musik Tradisional Tawaq
Gambar Alat Musik Tradisional Tawaq
@https://guratgarut.com/

Tawaq merupakan alat musik tradisional Kalimantan Barat yang juga berasal dari suku Dayak. Dimana alat musik ini mempunyai nama lain yakni “kotavak” yang ada di Suku Dayak Uut Danum.

Tawaq merupakan alat musik yang berjenis seperti kempul, dimana biasanya sering digunakan untuk pengiring kesenian tari tradisional dari suku Dayak, Kalimantan Barat ini.

  • Alat Musik Tradisional Kangkuang

Gambar Alat Musik Tradisional Kangkuang
Gambar Alat Musik Tradisional Kangkuang
@https://asset.kompas.com/

Kangkuang merupakan alat musik tradisional Kalimantan Barat yang sejenis dengan gendang. Alat musik ini berasal dari suku Dayak Banuaka yang ada di daerah Kapuas Hulu.

Alat musik ini biasanya akan dimainkan dengan cara ditabuh dengan menggunakan telapak tangan dan tanpa menggunakan alat pemukul khusus. Keunikan dari alat musik ini terletak pada ukirannya yang khas dan sudah menjadi ciri khas gendang Dayak Banuaka.

  • Alat Musik Tradisional Terah Umat

Gambar Alat Musik Tradisional Terah Umat
Gambar Alat Musik Tradisional Terah Umat
@https://guratgarut.com/

Terah umat merupakan alat musik tradisional Kalimantan Barat yang dibuat oleh Suku Dayak Uut Danum, Kalimantan Barat. Dimana alat musik ini terbuat dari bahan dasar berupa besi. Adapun cara memainkan alat musik terah umat ini yakni dengan cara memukulnya menggunakan alat bantuan khusus.

  • Alat Musik Tradisional Sape atau Sampek

Gambar Alat Musik Tradisional Sape Atau Sampek
Gambar Alat Musik Tradisional Sape atau Sampek
@https://media.suara.com/

Sape atau Sampek merupakan alat musik tradisional Kalimantan Barat tepatnya dibuat oleh masyarakat Suku Dayak Kayaan yang tinggal di wilayah Kapuas Hulu. Alat musik sape biasanya akan digunakan sebagai salah satu sarana hiburan masyarakat.

Bukan hanya itu, alat musik ini juga digunakan sebagai pengiring tarian dan juga upacara ritual adat suku Dayak yang lainnya. Biasanya alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik.

Sapei mempunyai dua bentuk tipe. Yakni yang pertama adalah Sape Kayaan yang mempunyai tangkai kecil, badan lebar, panjang sekitar satu meter dan mempunyai dua senar yang terbuat dari bahan plastik.

Kemudian yang kedua adalah Sape Kenyah yang mempunyai badan kecil memanjang, sedangkan pada bagian ujungnya mempunyai bentuk yang kecil dan panjang sekitar 1,5 meter. Pada umumnya kedua jenis sape tersebut tidak mempunyai perbedaan.

  • Alat Musik Tradisional Silotong

Gambar Alat Musik Tradisional Silotong
Gambar Alat Musik Tradisional Silotong
@https://i0.wp.com/tambahpinter.com/

Silotong merupakan alat musik tradisional Kalimantan Barat, dimana alat musik ini hasil dari ekspresi budaya suku Jagoi yang ada di kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Ada juga yang mengatakan bahwa ternyata alat musik ini sudah digunakan oleh masyarakat Jagoi sejak Zaman nenek moyang.

Alat musik silotong terbuat dari bahan bambu tori manah basah, dimana bambu tersebut asli dari wilayah  Jagoi Babang. Bambu tersebut ternyata sudah ditanam oleh nenek moyang secara turun-temurun bahkan hingga sekarang.

Kemudian untuk menambahkan kesan keindahan, maka ditambahkan juga berbagai ornamen yang dibuat dengan menggunakan rotan. Alat musik ini dinamakan silotong dikarenakan alat musik tersebut menghasilkan bunyi tang-ting-tung-tong.

Suara yang dihasilkan juga tidak kalah merdu apabila dibandingkan dengan alat musik yang lainnya. Hal inilah yang menjadikan alat musik ini digunakan sebagai sarana hiburan dan juga digunakan untuk mengiringi pertunjukan tarian dan syair dalam berbagai upacara ritual adat setempat.

  • Alat Musik Tradisional Senggayung

Gambar Alat Musik Tradisional Senggayung
Gambar Alat Musik Tradisional Senggayung
@https://www.pustaka-bpnbkalbar.org/

Senggayung merupakan alat musik tradisional Kalimantan Barat berupa alat musik perkusi berupa pasangan bambu dan dimainkan dengan cara saling dipukulkan. Alat musik ini tersebar di daerah kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Alat musik ini biasanya akan dimainkan pada saat terjadinya musim buah dan panen di ladang. Adapun cara memainkannya adalah, pasanganya alat senggayung yang mempunyai nada rendah akan dipegang dengan menggunakan oleh tangan kini.

Sedangkan yang mempunyai nada tinggi akan dipegang oleh tangan kanan. Pasangan senggayung yang ada di tangan kanan inilah yang digunakan sebagai alat pemukul.


Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam dari alat musik tradisional Kalimantan Barat, dimana pada provinsi Kalimantan Barat ini ternyata masih mempunyai banyak alat musik tradisional yang masih dijaga hingga saat ini.

Semoga penjelasan pada artikel ini bisa membantu para pembaca dalam mengenal dan mempelajari berbagai macam alat musik tradisional yang ada di Indonesia dan semoga bisa dipahami dengan baik!


Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat
sumber referensi:

@https://tambahpinter.com/alat-musik-kalimantan-barat/
@https://gasbanter.com/alat-musik-tradisional-kalimantan-barat/
@https://guratgarut.com/alat-musik-kalimantan-barat/