14+ Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan : Contoh, Gambar dan Penjelasan

Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan – Kalimantan Selatan merupakan provinsi yang ibu kotanya adalah Banjarmasin, dimana provinsi ini mempunyai penduduk asli yang berasal dari Suku Banjar.

Suku Banjar mempunyai beragam budaya, dari mulai kesenian, tarian, rumah, pakaian dan juga alat musik tradisional Kalimantan Selatan. Lantas apa saja alat musik tradisional Kalimantan Selatan ini? Yuk intip ulasannya di bawah ini!


Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan

Gambar Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan
Gambar Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan
@https://cdn.idntimes.com/

Kalimantan Selatan merupakan provinsi yang mempunyai beragam budaya atau kesenian dengan ciri khas tersendiri. Dimana provinsi ini mempunyai penduduk asli yakni dari suku Banjar.

Suku Banjar merupakan suku asli Kalimantan Selatan yang mempunyai kebudayaan hasil pengaruh dari kepercayaan Islam yang telah dibawa oleh pedagang Arab dan juga Persia.

Hal tersebut bisa dilihat dari berbagai macam peninggalan yang ada, salah satunya adalah alat musik tradisional Kalimantan Selatan. Untuk lebih jelasnya yuk simak secara langsung penjelasannya!


Macam-Macam Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan

Seperti yang kita tahu, bahwa alat musik tradisional Kalimantan Selatan bukan hanya terdiri dari satu jenis saja, melainkan terdiri dari berbagai macam jenis dengan keunikannya masing-masing.

Lantas apa saja sih alat musik yang ada di provinsi Kalimantan Selatan ini? Dari pada semakin penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

No Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan
1 Alat Musik Tradisional Panting
2 Alat Musik Tradisional Gamelan Banjar
3 Alat Musik Tradisional Gamelan Banjar Keraton
4
Alat Musik Tradisional Gamelan Banjar Kerakyatan
5 Alat Musik Tradisional Kalang Kupak
6 Alat Musik Tradisional Serunai Banjar
7 Alat Musik Tradisional Kalampat
8 Alat Musik Tradisional Kuriding
9 Alat Musik Tradisional Kintung
10 Alat Musik Tradisional Terbang Madihin
11 Alat Musik Tradisional Terbang Lamut
12 Alat Musik Tradisional Kurung-Kurung
13 Alat Musik Tradisional Sampek
14 Alat Musik Tradisional Bumbung
  • Alat Musik Tradisional Panting

Gambar Alat Musik Tradisional Panting
Gambar Alat Musik Tradisional Panting
@https://lagudaerah.id/

Panting merupakan alat musik tradisional Kalimantan Selatan yang sangat identik dengan Suku Banjar, Kalimantan Selatan. Alat musik panting ini mempunyai jenis seperti gambus tetapi mempunyai ukuran yang lebih kecil.

Nama panting sendiri berasal dari kata “memanting” apabila diartikan ke dalam bahasa Banjar maka mempunyai arti “memetik”. Pada awalnya alat musik panting akan dimainkan secara solo atau perorangan.

Tetapi, karena zaman yang terus berkembang, maka alat musik ini dimainkan secara bersamaan dengan berbagai macam alat musik yang lainnya, seperti babun, gong dan juga biola. Biasanya alat musik panting ini akan digunakan sebagai pengiring dari kesenian tradisional, misalnya adalah teater, tari jepen dan juga tari tirik.

  • Alat Musik Tradisional Gamelan Banjar

Gambar Alat Musik Tradisional Gamelan Banjar
Gambar Alat Musik Tradisional Gamelan Banjar
@https://blogkulo.com/

Gamelan Banjar merupakan alat musik tradisional Kalimantan Selatan yang biasanya digunakan untuk seni karawitan dengan menggunakan peralatan gamelan. Alat musik gamelan Banjar ini berkembang di kalangan Suku Banjar yang ada di Kalimantan Selatan.

Alat musik tersebut akan dijadikan sebagai pengiring tari klasik Banjar, bukan hanya itu melainkan alat ini juga dimainkan pada saat adanya sebuah pertunjukan wayang kulit Banjar, wayang gung, kuda gipang carita, teater tantayungan dan basisingan.

Dimana dalam masyarakat suku Banjar ini mempunyai dua jenis gamelan Banjar, yakni ada gamelan dengan versi keraton dan juga ada gamelan dengan versi kerakyatan.

Tapi, dalam perkembangannya gamelan versi keraton ini sudah semakin punah, hal tersebut berkebalikan dengan gamelan versi rakyat yang bahkan masih eksis hingga sekarang. Menurut sejarah gamelan Banjar ini sudah ada sejak masa kerajaan Negara Dipa tepatnya pada abad ke-14.

  • Alat Musik Tradisional Gamelan Banjar Keraton

Gambar Alat Musik Tradisional Gamelan Banjar Keraton
Gambar Alat Musik Tradisional Gamelan Banjar Keraton
@https://guratgarut.com

Gamelan Banjar Keraton merupakan alat musik tradisional Kalimantan Selatan yang biasanya hanya digunakan oleh kerajaan pada saat dilaksanakannya acara-acara tertentu, baik itu menyambut tamu yang berasal dari luar daerah atau hanya bisa digunakan sebagai bentuk hiburan untuk memperingati momen dari kerajaan.

  12+ Alat Musik Angklung : Sejarah, Jenis dan Cara Memainkan

Bukan hanya itu, alat musik ini juga bisa digunakan untuk menyambut pasukan perang yang telah selesai melaksanakan tugasnya dari medan perang

  • Alat Musik Tradisional Gamelan Banjar Kerakyatan

Gambar Alat Musik Tradisional Gamelan Banjar Kerakyatan
Gambar Alat Musik Tradisional Gamelan Banjar Kerakyatan
@https://upload.wikimedia.org/

Gamelan Banjar kerakyatan merupakan alat musik Kalimantan Selatan yang biasanya hanya bisa dipakai oleh rakyat asli dari Kalimantan Selatan. Biasanya masyarakat akan berbondong-bondong untuk menyaksikan pertunjukan gamelan ini.

  • Alat Musik Tradisional Kalang Kupak

Gambar Alat Musik Tradisional Kalang Kupak
Gambar Alat Musik Tradisional Kalang Kupak
@https://i0.wp.com/tambahpinter.com/

Kalang kupak merupakan alat musik tradisional Kalimantan Selatan yang mempunyai bentuk mirip dengan Calung dari Jawa Barat. Alat musik kalang kupak terbuat dari bahan bambu yang tipis atau paring tamiang yang sudah menjadi musik tradisional dari Suku Bukit.

Alat musik kalang kupak ini mempunyai 8 ruas bambu, dimana pada setiap bambu akan dipotong setengah sedangkan pada bagian ujungnya akan dibuat meruncing. Kemudian setiap ruas bambu akan disatukan dengan menggunakan serat rotan, sehingga bisa membentuk alat musik calung.

Alat musik kalang kupak ini digunakan sebagai pembawa melodi yang biasanya akan dimainkan dengan alat musik agung (gong), babun, lumba, dan juga kecapi sebagai pengiring dari upacara adat Balian. Apa yang dimaksud dengan upacara adat Balian?

Jadi upacara adat Balian merupakan upacara keselamatan yang ditujukan bagi setiap kehidupan masyarakat setempat. Biasanya upacara ini akan dilaksanakan setiap tahun dan juga digunakan sebagai pengiring tarian adat, seperti tari gintor.

  • Alat Musik Tradisional Serunai Banjar

Gambar Alat Musik Tradisional Serunai Banjar
Gambar Alat Musik Tradisional Serunai Banjar
@https://seringjalan.com

Serunai Banjar merupakan alat musik tradisional Kalimantan Selatan yang sudah sangat jarang ditemui. Dimana alat musik serunai ini termasuk kedalam jenis alat musik tiup seperti terompet dengan bentuk yang berbeda.

Alat musik ini biasanya akan dimainkan dengan cara ditiup dan akan dimainkan pada saat pentas seni Bakuntau atau seni bela diri silat dari suku Banjar. Alat musik ini mempunyai lidah-lidah ganda yang dibuat dengan menggunakan daun kelapa kering.

  • Alat Musik Tradisional Kalampat

Gambar Alat Musik Tradisional Kalampat
Gambar Alat Musik Tradisional Kalampat
@https://rajinlah.id/

Kalampat merupakan alat musik tradisional Kalimantan Selatan yang dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan alat pemukul yang terbuat dari bahan rotan. Alat musik ini mempunyai bentuk yang mirip dengan gendang berkepala tunggal. Adapun alat musik ini dibuat dengan menggunakan bahan batang batung atau bambu tebal dengan diameter yang besar.

Biasanya alat musik ini akan dimainkan secara bersama-sama dengan alat musik aguang atau gong dan digunakan sebagai pengiring upacara bawanang (panen padi), babalian (pengobatan) dan juga berbagai upacara adat lainnya yang ada pada masyarakat suku Dayak di daerah Labuhan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

  • Alat Musik Tradisional Kuriding

Gambar Alat Musik Tradisional Kuriding
Gambar Alat Musik Tradisional Kuriding
@https://www.bukalapak.com/

Kuriding merupakan alat musik tradisional Kalimantan Selatan yang khas dari suku Banjar. Dimana alat musik ini akan dimainkan dengan cara menempelkan kuriding ke bibir sambil menarik tali getar sehingga akan menghasilkan bunyi.

Alat musik ini akan menimbulkan suara yang terkesan nyaring dan juga merdu apabila tali tersebut ditarik dengan menggunakan ritme yang benar. Alat musik ini biasanya dibuat dengan menggunakan pelepah pohon enau, bambu, atau kayu dan dibentuk secara persegi panjang kecil dengan kedua ujung dibuat dengan bentuk bulat.

Bentuk bulat yang ada pada kedua ujungnya tersebut dapat menimbulkan kesan yang indah dan juga difungsikan sebagai pengaman agar alat musik ini tidak melukai mulut pada saat dimainkan.

  • Alat Musik Tradisional Kintung

Gambar Alat Musik Tradisional Kintung
Gambar Alat Musik Tradisional Kintung
@http://wadaya.rey1024.com/

Kintung merupakan alat musik tradisional Kalimantan Selatan yang aslinya berasal dari kabupaten Banjar, tepatnya di wilayah Sungai Alat, Astambul dan Bincau, Martapura. Alat musik ini mempunyai bentuk yang menyerupai angklung Jawa Barat.

Alat musik kintung mempunyai 7 ruas bambu dengan ukuran yang berbeda-beda dan juga mempunyai nama masing-masing. Diantaranya adalah hintalu rendah, hintalu tinggi, tinti pajak, tinti gorak, pindua rendah, pindua tinggi dan juga girak tuha.

Alat musik kintung ini juga dilengkapi dengan dua tongkat yang digunakan sebagai alat pemukul. Alat musik ini biasanya akan dimainkan  secara bersama-sama dengan alat musik gong atau agung, babun gendang, dan juga alat musik lainnya berperan sebagai pengiring lagu-lagu tradisional Banjar

  Alat Musik Tifa : Contoh, Gambar, Penjelasan dan Cara Memainkan

  • Alat Musik Tradisional Terbang Madihin

Gambar Alat Musik Tradisional Terbang Madihin
Gambar Alat Musik Tradisional Terbang Madihin
@http://wadaya.rey1024.com/

Terbang Madihin merupakan alat musik tradisional Kalimantan Selatan khas dari Banjar yang mempunyai bentuk badan mengerucut ke bawah. Alat musik ini terbuat dari bahan kayu pohon nangka dengan ukuran garis tengah sekitar 28 hingga 30 cm dan pada bagian bawah berukuran 25 cm.

Sedangkan pada bagian atasnya ditutup dengan menggunakan membran berupa kulit kambing yang tentunya sudah dikeringkan. Terbang ini biasanya akan dimainkan sebagai alat pendukung kesenian Madihin, dimana seni sastra lisan akan disajikan dengan menggunakan lagu yang menarik.

Kesenian ini biasanya akan dimainkan secara berpasangan dengan cara saling berbalas pantun. Isi pantun tersebut biasanya berisi sindiran atau ejekan kepada pasangan lawan, plesetan, humor dan juga nasehat.

  • Alat Musik Tradisional Terbang Lamut

Gambar Alat Musik Tradisional Terbang Lamut
Gambar Alat Musik Tradisional Terbang Lamut
@https://pbs.twimg.com

Terbang lamut merupakan alat musik tradisional Kalimantan Selatan merupakan alat musik yang digunakan untuk mendukung kesenian Lamut, yakni sebuah seni sastra tutur dan digunakan sebagai hiburan untuk masyarakat Banjar. Kesenian ini berisikan cerita tentang tokoh-tokoh terkenal dalam berbagai cerita.

Seperti cerita paman lamut, putri bungsu, anglong anggasina, dan juga sultan Alauddin. Cerita ini mengisahkan tentang cerita kehidupan cinta kasih tokoh wanita yang terkenal bernama Galuh Jinjing Masari.

  • Alat Musik Tradisional Kurung-Kurung

Gambar Alat Musik Tradisional Kurung Kurung
Gambar Alat Musik Tradisional Kurung-Kurung
@https://www.mantabz.com

Kurung-kurung merupakan alat musik tradisional Kalimantan Selatan yang termasuk kedalam jenis alat musik unik dari Balangan, Kalimantan Selatan. Alat musik kurung-kurung ini terbuat dari bahan kayu yang dimana pada bagian bawahnya dibuat dari bahan bambu dan bantuan dari peralatan lainnya.

Alat musik kurung-kurung akan menghasilkan suara yang sudah dihentak-hentak duku ke tanah, kemudian alat musik bisa menghasilkan suara yang berbeda dari satu dan yang lainnya.

Sehingga apabila pemain akan membuat utama maka alat musik ini harus terlebih dahulu dihentak-hentakkan secara bergantian dan tentunya harus sesuai dengan irama yang diinginkan.

Tapi, alat musik kurung-kurung ini sudah hampir punah. Hal tersebut dikarenakan bambu yang digunakan untuk membuat alat ini sudah hancur sedikit demi sedikit yang diakibatkan oleh pembangunan perkebunan.

  • Alat Musik Tradisional Sampek

Gambar Alat Musik Tradisional Sampek
Gambar Alat Musik Tradisional Sampek
@https://senandungindahhome.files.wordpress.com

Sampek merupakan alat musik tradisional Kalimantan Selatan khas dari Suku Dayak yang sudah menyebar di pulau Kalimantan. Alat musik Sampek ini terbuat dari berbagai macam jenis kayu, biasanya sering menggunakan jenis bahan kayu Arrow, kayu kapur atau dari kayu Ulin.

Adapun teknik pembuatan alat musik ini juga masih menggunakan cara yang tradisional dan bisa menghabiskan waktu selama berminggu-minggu. Alat musik Sampek akan dimainkan dengan cara dipetik.

Senar yang digunakan dalam alat musik ini berjumlah 3, 4, hingga 6 senar. Biasanya juga pada bagian alat musik ini akan diukir oleh pembuatnya.

  • Alat Musik Tradisional Bumbung

Gambar Alat Musik Tradisional Bumbung
Gambar Alat Musik Tradisional Bumbung
@https://i0.wp.com/tambahpinter.com

Bumbung merupakan alat musik tradisional Kalimantan Selatan yakni hasil modifikasi dari bumbung lamang atau beras ketan yang dibakar di dalam sebuah bambu hingga masak. Alat musik ini mempunyai 7 tangga nada dasar dan sekarang sudah sangat jarang ditemukan.


Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam dari alat musik tradisional Kalimantan Selatan, dimana pada provinsi Kalimantan Selatan ini ternyata masih mempunyai banyak alat musik tradisional yang masih dijaga hingga saat ini.

Semoga penjelasan pada artikel ini bisa membantu para pembaca dalam mengenal dan mempelajari berbagai macam alat musik tradisional yang ada di Indonesia dan semoga bisa dipahami dengan baik!


Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan
sumber referensi:

@https://tambahpinter.com/alat-musik-kalimantan-selatan/#2_
@Bumbungmantabz.com/alat-musik-tradisional-khas-kalimantan-selatan/#6_Kurung-Kurung
@https://gasbanter.com/alat-musik-tradisional-kalimantan-selatan/#11_Alat_Musik_Sampek