12+ Alat Musik Tradisional Lampung : Contoh, Gambar dan Penjelasan

Alat Musik Tradisional Lampung – Lampung merupakan provinsi yang terletak di pulau Sumatera dengan beribukota Bandar Lampung. Dimana provinsi Lampung ini merupakan pintu gerbang masuknya pulau Sumatera.

Sehingga banyak sekali masyarakat yang datang dari berbagai macam suku, oleh sebab itulah banyak kebudayaan yang ada di provinsi ini, salah satunya adalah alat musik tradisional Lampung.

Lalu apa saja alat musik tradisional Lampung yang ditinggalkan oleh berbagai suku tersebut? Yuk simak ulasannya di bawah ini!


Alat Musik Tradisional Lampung

Gambar Alat Musik Tradisional Lampung
Gambar Alat Musik Tradisional Lampung
@https://lampung.idntimes.com

Seperti yang sudah kita tahu, bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan peninggalan berbagai macam budaya, salah satunya adalah alat musik. Banyak sekali peninggalan alat musik yang tentunya juga mempunyai fungsi berbeda-beda dari berbagai daerah lainnya. Salah satunya adalah alat musik tradisional Lampung.

Alat musik tradisional merupakan alat musik yang dikembangkan secara turun-temurun dan biasanya akan digunakan untuk mengiringi lagu atau tarian dari daerah asalnya. Banyak sekali bentuk dari alat musik tradisional dengan keunikannya tersebut, tentunya sesuai dengan daerahnya masing-masing.

Lampung mempunyai beragam jenis alat musik tradisional dengan ciri khas tersendiri. Dimana pada zaman dahulu masyarakat Lampung mendapatkan pengaruh hiburan dari luar daerah.

Oleh sebab itulah banyak sekali instrument tradisional yang tentunya masih digemari oleh masyarakat, tapi, pada saat teknologi sudah semakin berkembang, hal tersebut mempengaruhi anak-anak muda yang ada di Lampung mengenal berbagai macam lagu-lagu pop dan kesenian modern lainnya. Tentunya hal ini menyebabkan musik tradisional Lampung kurang dikenal oleh masyarakat luas.


Macam-Macam Alat Musik Tradisional Lampung

Seperti yang kita tahu, bahwa alat musik tradisional Lampung bukan hanya terdiri dari satu jenis saja, melainkan terdiri dari berbagai macam jenis dengan keunikannya masing-masing.

Lantas apa saja sih alat musik yang ada di provinsi Lampung ini? Dari pada semakin penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

No Alat Musik Tradisional Lampung
1 Alat Musik Tradisional Gamolan
2 Alat Musik Tradisional Serdam
3 Alat Musik Tradisional Kompang
4 Alat Musik Tradisional Kulintang
5 Alat Musik Tradisional Kerenceng atau Terbangan
6 Alat Musik Tradisional Bende
7 Alat Musik Tradisional Gambus
8 Alat Musik Tradisional Cetik
9 Alat Musik Tradisional Sekhdap dan Bekhdah
10 Alat Musik Tradisional Gendang
11 Alat Musik Tradisional Akordeon
12 Alat Musik Tradisional Membling
  • Alat Musik Tradisional Gamolan

Gambar Alat Musik Tradisional Gamolan 
Gambar Alat Musik Tradisional Gamolan 
@https://indonesiakaya.com

Gamolan merupakan alat musik tradisional Lampung yang mempunyai bentuk hampir sama dengan alat musik gamelan dari daerah Jawa, tetapi tentunya terdapat perbedaan yang mencolok dengan kedua alat musik tersebut. Gamolan merupakan alat musik Lampung yang terbuat dari bahan susunan bambu dan diikat dengan menggunakan tali senar dan dirancang dengan khusus.

Alat musik gamolan merupakan alat musik yang termasuk ke dalam alat musik pukul. Hal ini dikarenakan memang alat musik ini akan dimainkan dengan cara dipukul, sama seperti cara menggunakan gamelan pada umumnya.

Alat musik ini biasanya akan dimainkan pada saat terdapat berbagai acara adat tertentu. Gamolan ini juga diketahui sudah ada sejak abad ke 4 Masehi, tetapi banyak masyarakat Lampung yang memang belum mengetahui jenis alat musik tradisional ini.

Gamolan ini ternyata terbagi menjadi dua jenis, yakni gamolan modern dan gamolan kuno. Perbedaannya terletak pada jumlah bilah, dimana gamolan modern hanya mempunyai tujuh bilah bambu yang tentunya mewakili dari tujuh tangga nada, sedangkan gemolan kuno mempunyai delapan bilah bambu yang sejajar dengan satu bongkahan bulat bambu.

  • Alat Musik Tradisional Serdam

Gambar Alat Musik Tradisional Serdam
Gambar Alat Musik Tradisional Serdam
@https://cakbagus.net

Serdam merupakan alat musik tradisional Lampung yang terbuat dari bahan bambu, dimana alat musik ini dapat menghasilkan nada pentatonik pada saat ditiup. Lalu apa bedanya dengan alat musik seruling?

Perbedaan antara serdam dengan seruling adalah apabila seruling mempunyai 7 lubang untuk ditiup, maka berbeda dengan serdam yang hanya mempunyai 5 lubang nada. Tangga nada yang dihasilkan oleh serdam adalah tangga nada dasar seperti G atau DO.

Sedangkan kelima lubang tersebut akan menghasilkan nada re, mi, sol, la dan juga si. Dimana serdam dapat menghasilkan nada yang indah sekaligus sedih.

Serdam ini biasanya akan digunakan sebagai alat musik hiburan, dimana alat musik tersebut biasanya akan dimainkan secara bersamaan dengan alat musik yang lainnya. Serdam juga biasanya digunakan sebagai pengambil suara atau solis dan digunakan untuk mengiringi solis yang diperlukan dengan lagu.

  10+ Alat Musik Kolintang : Contoh, Gambar dan Cara Memainkan

Alat musik ini biasanya akan dimainkan dengan seorang laki-laki, maksudnya disini adalah, satu serdam akan dimainkan oleh satu orang laki-laki. Adapun cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara meniup ujung lubang kemudian lubang-lubang penghasil nada akan ditutup dengan menggunakan jari.

  • Alat Musik Tradisional Kompang

Gambar Alat Musik Tradisional Kompang
Gambar Alat Musik Tradisional Kompang
@https://semuatentangprovinsi.blogspot.com

Kompang merupakan alat musik tradisional Lampung yang termasuk ke dalam jenis alat musik gendang. Dimana alat musik kompang ini dibuat dengan menggunakan bahan kulit kambing yang diikat dengan menggunakan rotan.

Bahan yang digunakan untuk alat musik ini tidak boleh sembarangan, dimana kulit binatang yang digunakan adalah kulit binatang ternak yang sudah dibersihkan dan dikeringkan. Tidak boleh menggunakan kulit binatang yang lainnya.

Alat musik ini mempunyai bentuk seperti alat musik rebana. Bukan hanya itu alat musik kompang ini juga mempunyai berbagai macam ukuran, antara lain 22,5 cm, 27,5 cm hingga ada yang berukuran 35 cm.

Kompang biasanya akan dimainkan secara berkelompok dalam posisi duduk, berdiri atau bisa sambil berjalan. Biasanya pemain akan memukul kompang dengan menggunakan sebelah tangannya, kemudian sebelah tangan yang lainnya digunakan untuk memegangi alat musik ini.

Terdapat tiga rentak dalam permainan kompang ini, rentak tersebut diantaranya adalah rentak kencet, rentak biasa dan juga rentak sepulih. Tetapi rentak yang paling sering dimainkan adalah rentak biasa.

Rentak kencet merupakan rentak dimana pada tengah-tengah pukulan akan dibuat seolah berhenti seketika, sedangkan rentak sepulih merupakan tentang yang dimainkan untuk kembali ke rentak pada lagu pertama.

Yang perlu diketahui disini adalah alat musik kompang ini termasuk ke dalam jenis alat musik membranofon, hal ini dikarenakan alat musik tersebut dapat menghasilkan suara yang bergetar pada saat dipukul.

  • Alat Musik Tradisional Kulintang

Gambar Alat Musik Tradisional Kulintang 
Gambar Alat Musik Tradisional Kulintang 
@https://i1.wp.com/lenteramata.com

Kulintang merupakan alat musik tradisional Lampung yang terdiri dari beberapa alat musik tabuh dan juga pukul yang menggunakan bahan perunggu. Dimana biasanya alat musik ini akan ditabuh untuk mengiringi berbagai macam acara ada, seperti tabuh sanak miwang dijan, tabuh sereliyih adak deh, tabuh serenundung lambung dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Alat Musik Tradisional Kerenceng atau Terbangan

Gambar Alat Musik Tradisional Kerenceng Atau Terbangan 
Gambar Alat Musik Tradisional Kerenceng atau Terbangan 
@https://i0.wp.com/tambahpinter.com

Kerenceng atau Terbangan merupakan alat musik tradisional Lampung yang terbuat dari bahan kulit kambing. Dimana alat musik ini dilengkapi dengan helaian rotan yang digunakan untuk mengencangkan kulit kambing agar suara yang dihasilkan lebih nyaring dan juga jernih.

Alat musik ini biasanya akan digunakan sebagai pengiring dari vokal, baik itu dalam acara ngarak dan huga dalam bentuk tabuh lama (butabuh) dan akan diiringi oleh lagu-lagu dalam tabuh baru.

Alat musik ini juga identik dengan acara kesenian Islam atau yang berbau religi islami. Bukan hanya itu alat musik ini juga mempunyai bentuk yang hampir sama dengan rebana, perbedaannya terletak pada alat musik ini mempunyai dua buah logam tipis yang bisa menghasilkan nada secara selaras.

  • Alat Musik Tradisional Bende

Gambar Alat Musik Tradisional Bende
Gambar Alat Musik Tradisional Bende
@https://asset.kompas.com/

Bende merupakan alat musik tradisional Lampung yang mempunyai bentuk mirip dengan alat musik gong. Dimana pada zaman dahulu, alat musik ini digunakan untuk memberikan tanda atau peringatan dan informasi kepada masyarakat Lampung.

Adapun cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara dipukul sama dengan alat musik kentongan. Apabila bende ini dimainkan maka biasanya para warga akan berkumpul pada suatu tempat atau biasanya di balai desa.

Sebenarnya alat musik ini juga bukan hanya digunakan sebagai penanda atau pemberi informasi saja, melainkan alat musik ini juga digunakan untuk memberitahukan bahwa sebuah pesta rakyat telah dimulai.

Tetapi seiring dengan perkembangan zaman, alat musik ini juga digunakan sebagai pengiring dari tarian tradisional adat Lampung. Jika kalian penasaran tentang alat musik ini, maka kalian tidak perlu khawatir.

Hal ini dikarenakan alat musik ini masih dijaga hingga saat ini dan biasanya diletakkan di rumah sebagai peninggalan sejarah yang sangat penting untuk dilestarikan.

  7+ Alat Musik Pentatonis : Contoh, Gambar dan Cara Memainkan

  • Alat Musik Tradisional Gambus

Gambar Alat Musik Tradisional Gambus
Gambar Alat Musik Tradisional Gambus
@https://medialampung.co.id/

Gambus merupakan alat musik tradisional Lampung yang masih berkaitan dengan penyebaran ajaran-ajaran agama Islam di Nusantara. Dimana alat musik gambus ini akan digunakan bersamaan dengan syair yang menghasilkan bahasa Melayu, bahkan juga akan diiringi dengan instrumen yang lainnya.

Adapun cara memainkan alat musik gambus ini dengan cara dipetik. Pada bagian badan alat musik ini terdapat membran yang terbuat dari bahan kulit kambing.

Alat musik ini dibuat dengan menggunakan bahan kayu lemasa atau kayu pohon nangka, hal ini dikarenakan masyarakat setempat percaya bahwa kayu tersebut akan menghasilkan suara yang lebih berkualitas.

  • Alat Musik Tradisional Cetik

Gambar Alat Musik Tradisional Cetik
Gambar Alat Musik Tradisional Cetik
@https://i0.wp.com/www.mantabz.com

Cetik merupakan alat musik tradisional Lampung yang terbuat dengan menggunakan bahan bambu besar. Dimana bambu yang digunakan untuk membuat alat musik ini adalah bambu dengan ukuran besar dan sudah berusia 6 tahun.

Alat musik ini akan dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan alat pukul. Alat musik ini biasanya akan dimainkan sebagai alat musik pengiring upacara penting dan juga digunakan untuk menyambut para tamu yang penting dan agung.

  • Alat Musik Tradisional Sekhdap dan Bekhdah

Sekhdap dan Bekhdah merupakan alat musik tradisional Lampung yang sejenis dengan alat musik kerenceng atau terbangan. Dimana perbedaan antara kedua alat musik ini hanya terletak pada ukiran, karen alat musik sekhdap ini mempunyai ukuran 2x lebih besar dari krenceng.

  • Alat Musik Tradisional Gendang

Gambar Alat Musik Tradisional Gendang 
Gambar Alat Musik Tradisional Gendang 
@https://i1.wp.com/lenteramata.com

Gendang merupakan alat musik tradisional Lampung yang terbuat dengan menggunakan kayu dan juga kulit binatang, dimana kulit binatang yang digunakan adalah kulit kambing, sapi atau kulit kerbau.

Gendang dari Lampung ini berkepala gandalalu dengan bentuk konikal (bagian atas lebih besar dan pada bagian bawah lebih kecil). Gendang ini biasanya akan dimainkan secara bersama-sama dengan berbagai macam alat musik lainnya, seperti kulintang dan dua gong sebagai pengiring pencak silat.

Gendang merupakan alat musik pemimpin irama, hal ini dikarenakan suara yang dihasilkan oleh gendang cenderung lebih kencang dan bisa mewakili suara dari alat musik lainnya dalam sebuah acara.

  • Alat Musik Tradisional Akordeon

Gambar Alat Musik Tradisional Akordeon
Gambar Alat Musik Tradisional Akordeon
@https://i0.wp.com/infolpg.com/

Akordeon merupakan alat musik tradisional Lampung yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar logam dan juga bahan lainnya seperti kayu, kulit, kawat dan juga beludru. Dimana alat musik ini mempunyai bentuk seperti orgel kamal.

Adapun cara memainkan alat musik akordeon ini adalah dengan cara menekan beberapa tombol seperti piano yang bergetar, hal ini dikarenakan ada angin yang memompa alat musik ini. Alat musik akordeon juga merupakan alat musik yang akan dimainkan secara bersama-sama dengan alat musik rebab dan biola.

Dimana biasanya alat musik ini akan digunakan untuk berbagai acara seperti resepsi pernikahan atau bisa juga digunakan untuk acara orkes gambus

  • Alat Musik Tradisional Membling

Gambar Alat Musik Tradisional Membling 
Gambar Alat Musik Tradisional Membling 
@https://www.mantabz.com/

Membling merupakan alat musik tradisional Lampung yang mempunyai bentuk mirip dengan alat musik Hadapi. Dimana alat musik membling ini terbuat dari bahan dasar kayu dan akan dimainkan dengan cara dipetik dengan menggunakan 2 dawai sebagai pelengkapnya.

Membling biasanya akan dimainkan dengan tujuan untuk mengungkapkan perasaan hati lewat alunan nada dan juga musik atau sebuah lagu. Pada badan alat musik ini juga terdapat corak yang di desain mengelilingi permukaan alat musik tersebut.

Alat musik membling mempunyai bentuk yang ramping dan hampir mirip dengan ukulele, tetapi membling lebih panjang. Biasanya alat musik ini akan dimainkan secara sendiri.


Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam dari alat musik tradisional Lampung, dimana pada provinsi Lampung ini ternyata masih mempunyai banyak alat musik tradisional yang masih dijaga hingga saat ini.

Semoga penjelasan pada artikel ini bisa membantu para pembaca dalam mengenal dan mempelajari berbagai macam alat musik tradisional yang ada di Indonesia dan semoga bisa dipahami dengan baik!


Alat Musik Tradisional Lampung
sumber referensi:

@https://lenteramata .com/alat-musik-tradisional-lampung/
@https://infolpg .com/alat-musik-dan-senjata-tradisional-lampung/
@https://www.mantabz.com/alat-musik-tradisional-khas-lampung/