Alat Musik Tradisional Papua

Alat Musik Tradisional Papua – Papua merupakan provinsi yang masih kental akan nuansa adatnya. Dimana provinsi Papua juga masih mempunyai beragam kebudayaan baik itu rumah adat, senjata tradisional, tari-tarian hingga alat musik tradisional Papua.

Tapi, kali ini kita akan membahas tentang alat musik tradisional Papua. Langsung saja untuk lebih jelasnya yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!


Alat Musik Tradisional Papua

Gambar Alat Musik Tradisional Papua
Gambar Alat Musik Tradisional Papua
https://i2.wp.com/sharingconten.com

Papua merupakan provinsi yang mempunyai alat musik tradisional yang masih dijaga hingga saat ini. Dimana alat musik tersebut mempunyai keunikan tersendiri. Alat musik Papua biasanya digunakan sebagai pengiring tari-tarian, atau bisa juga digunakan pada saat upacara adat dan sarana untuk menghibur diri.

Tapi, sayangnya alat musik Papua ini hanya diketahui oleh orang Papua saja, hal ini dikarenakan memang alat musik tradisional dari provinsi Papua sudah jarang terekspos sehingga tidak semua orang mengetahuinya.


Macam-Macam Alat Musik Tradisional Papua

Seperti yang kita tahu, bahwa alat musik tradisional Papua bukan hanya terdiri dari satu jenis saja, melainkan terdiri dari berbagai macam jenis dengan keunikannya masing-masing. Lantas apa saja sih alat musik yang ada di provinsi Papua ini? Dari pada semakin penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

  • Alat Musik Tradisional Pikon

Gambar Alat Musik Tradisional Pikon
Gambar Alat Musik Tradisional Pikon
https://www.tribunnewswiki.com/

Pikon merupakan alat musik tradisional Papua yang berasal dari kata “Pokonane” dalam bahasa baliem diartikan sebagai alat musik bunyi. Dimana alat musik pikon adalah alat musik khas dari suku Dani, biasanya bakat musik ini dimainkan pada saat beristirahat di honai (rumah khas daerah setempat).

Alat musik pikon dibuat dengan menggunakan bahan bambu yang beruas-ruas dan juga bambu yang berongga atau yang biasanya disebut dengan “hite” alat musik ini juga mempunyai bentuk lonjong dengan ukuran yang sangat kecil.

Bagian tengah dari alat musik pikon terdapat seutas tali yang dipasang dengan kencang dan juga terikat pada sepotong lidi, dimana bagian tersebut berfungsi sebagai penggetar. Alat musik pikon pada umumnya dimainkan oleh para kaum pria yang berasal dari suku Dani.

Dimana cara memainkan alat musik ini juga cukup menarik, yakni dengan cara menarik lidi yang ada pada bagian pangkal. Sehingga kemudian potongan penggetar dalam alat musik akan bergetar dan bisa menghasilkan suara yang khas.

  • Alat Musik Tradisional Triton

Gambar Alat Musik Tradisional Triton
Gambar Alat Musik Tradisional Triton
https://semuatentangprovinsi.blogspot.com

Triton merupakan alat musik tradisional Papua berupa alat musik tiup yang dibuat dengan menggunakan kulit kerang (bia). Bahan untuk membuat alat musik ini bisa ditemukan di seluruh pantai yang ada di Papua, biasanya paling sering ditemukan di wilayah Biak, Yapen, Nabire, Waropen dan juga Wondama.

Pada awalnya alat musik triton digunakan sebagai alat untuk memanggil atau alat pemberi ganda. Dimana cara memainkan alat musik Papua triton ini terbilang cukup mudah, yakni dengan cara menutup satu sisi dari kulit kerang.

Pada zaman dahulu, alat musik triton digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi, seperti digunakan untuk mengumpulkan masyarakat sekitar. Tapi, pada saat ini alat musik triton hanya digunakan sebagai sarana hiburan.

  • Alat Musik Tradisional Yi

Gambar Alat Musik Tradisional Yi
Gambar Alat Musik Tradisional Yi
https://i1.wp.com/www.nesabamedia.com

Yi merupakan alat musik tradisional Papua berupa alat musik tiup yang mempunyai bentuk seperti suling. Alat musik yi dibuat dengan menggunakan bahan kayu dan juga bambu yang mempunyai warna coklat gelap.

Alat musik yi biasanya digunakan sebagai pengiring tarian adat, hal ini dikarenakan alat musik yi bisa menghasilkan suara yang cukup unik. Alat musik yi merupakan alat musik yang berasal dari daerah Papua Barat.

Pada awalnya yi merupakan alat yang digunakan untuk mengumpulkan para penduduk. Biasanya alat ini alat digunakan oleh para ketua adat pada saat akan diadakan upacara adat atau pada saat akan menyampaikan pengumuman kepada masyarakat sekitar.

  • Alat Musik Tradisional Kecapi Mulut

Gambar Alat Musik Tradisional Kecapi Mulut
Gambar Alat Musik Tradisional Kecapi Mulut
https://alatmusikdarikalimantan.blogspot.com/

Kecapi mulut merupakan alat musik tradisional Papua yang dibuat dengan menggunakan bahan bambu wuluh. Dimana alat musik kecapi mulut ini dimainkan dengan cara yang cukup unik.

Yakni, alat musik dimainkan dengan cara dijepit dengan bibir, kemudian ditiup sambil menarik bagian dari talinya. Alat musik ini biasanya digunakan sebagai sarana untuk hiburan atau dimainkan secara individu karena alat musik kecapi mulut menghasilkan suara yang tidak terlalu nyaring.

Alat musik kecapi mulut ini berasal dari wilayah lembah Baliem, Papua. Dimana wilayah tersebut dihuni oleh mayoritas suku Dani.

  • Alat Musik Tradisional Eme

Gambar Alat Musik Tradisional Eme
Gambar Alat Musik Tradisional Eme
https://kapabar.com/

Eme merupakan alat musik tradisional Papua yang biasanya digunakan oleh masyarakat Suku Kamoro, Papua. Dimana alat musik ini biasanya digunakan sebagai sarana hiburan dan juga digunakan pada saat melakukan kegiatan yang berhubungan dengan adat istiadat dari masyarakat Kamoro.

Alat musik eme akan ditampilkan sebagai pengiring nyanyian, biasanya acara tersebut berupa cerita legenda, pantun atau petuah kebijakan. Para penonton biasanya juga akan menari dan diiringi dengan bunyi pukulan eme.

Eme merupakan alat musik yang pada awalnya dibuat dengan menggunakan campuran kapur dari bia dan juga darah manusia yang dioleskan di semua ujung eme. Darah tersebut berfungsi sebagai perekat kulit biawak yang digunakan sebagai bagian tabuh dalam alat musik eme.

Hal ini dikarenakan masyarakat suku Kamoro percaya bahwa kulit yang direkatkan dengan menggunakan campuran bia dan darah manusia bisa menghasilkan suara yang lebih baik. Tetapi, belakangan ini, penggunaan darah manusia sudah digantikan dengan getah pohon mangi-mangi atau getah pohon ote yang juga mempunyai warna merah.

Adapun jika menginginkan suara yang bervariasi, maka kulit eme akan ditempeli dengan menggunakan getah damar yang dibentuk menjadi bulat-bulatan kecil. Apabila bulatan getah yang ditempelkan semakin banyak, maka suara yang dihasilkan akan semakin rendah.

  • Alat Musik Tradisional Guoto

Gambar Alat Musik Tradisional Guoto
Gambar Alat Musik Tradisional Guoto
https://intisari.grid.id/

Guoto merupakan alat musik tradisional Papua yang berasal dari wilayah Papua Barat. Alat musik guoto dibuat dengan menggunakan bahan kayu dan juga kulit lembu, dimana cara memainkan alat musik ini yakni dengan cara memetik pada bagian senarnya.

  • Alat Musik Tradisional Fuu

Gambar Alat Musik Tradisional Fuu
Gambar Alat Musik Tradisional Fuu
https://indonesiakaya.com/

Fuu merupakan alat musik tradisional Papua yang dibuat dengan menggunakan bahan bambu dan juga kayu. Alat musik fuu biasanya digunakan sebagai alat berkomunikasi untuk memanggil para penduduk setempat.

Bukan hanya itu, alat musik fuu juga bisa digunakan sebagai pengiring tari-tarian tradisional dari suku Asmat. Fuu merupakan alat musik yang mempunyai bentuk perpaduan antara suling dan juga tabung.

Hal ini dikarenakan fuu mempunyai bentuk yang gempal dan juga mempunyai lubang di ujung alat musik ini. Dimana alat musik ini dimainkan dengan cara sama seperti memainkan alat musik tifa atau kelambut.

  • Alat Musik Tradisional Tifa

Gambar Alat Musik Tradisional Tifa
Gambar Alat Musik Tradisional Tifa
https://asset.kompas.com

Tifa merupakan alat musik tradisional Papua yang masih sejenis dengan alat musik gendang, alat musik tifa berasal dari masyarakat Suku Sentani yang ada di Kabupaten Jayapura, Papua.

Alat musik tifa dibuat dengan menggunakan bahan batang kayu, biasanya kayu yang digunakan adalah kayu matoa yang sudah dilubangi pada bagian dalamnya. Kemudian pada salah satu dari bagian ujungnya ditutup dengan menggunakan kulit rusa yang sudah mengalami proses pengeringan.

Pengeringan ini bertujuan sebagai penghasil dari suara, sehingga alat musik tifa tersebut bisa menghasilkan suara yang bagus. Selanjutnya tahap yang terakhir adalah pada badan kayu dibuat dengan menambahkan ukiran, hal ini bertujuan agar alat musik tiga mempunyai nilai seni yang sangat indah.

Alat musik tifa merupakan bakat musik yang menjadi simbol perdamaian dari masyarakat Papua pada zaman dahulu. Dimana pada zaman dahulu apabila terjadi peperangan antar suku yang ada di Papua, para tetua adat langsung menabuh alat musik tifa sebagai panggilan yang ditujukan kepada wakil dari kedua belah pihak untuk melakukan perjanjian damai.

Tapi, saat ini alat musik tifa sudah beralih fungsi menjadi alat musik yang digunakan dalam berbagai macam ritual dan juga kesenian adat, baik itu pesta adat, perkawinan, penyambutan tamu-tamu penting dan juga pengiring tari-tarian dan masih banyak lagi yang lainnya.

Alat musik tifa juga mempunyai makna sosial yang tergantung dengan fungsi dan juga bentuk dari hiasan ukiran badan tifa. Misalnya pada suku Malin Anime yang mempunyai bentuk dan juga motif serta nama yang berbeda pada setiap masing-masing tifa yang ada di klan.

Hal ini juga berlaku pada suku Biak, Waropen yang juga mempunyai tifa dengan ukiran yang berbeda. Ukiran-ukiran serta motif dari alat musik tifa ini berfungsi untuk menunjukkan status dari pemiliknya, apakah pemilik alat musik ini petinggi adat atau masyarakat biasa.

  • Alat Musik Tradisional Krombi

Gambar Alat Musik Tradisional Krombi
Gambar Alat Musik Tradisional Krombi
https://www.dictio.id/

Krombi merupakan alat musik tradisional Papua yang dibuat dengan menggunakan bahan bambu. Dimana pada umumnya alat musik krombi digunakan pada saat perayaan upacara adat, atau pesta adat.

Alat musik krombi merupakan alat musik yang berasal dari masyarakat Suku Tehit yang ada di Kabupaten Sorong Selatan, provinsi Papua. Adapun cara memainkan alat musik ini yakni dengan cara dipetik sehingga alat musik akan menghasilkan suara yang indah.

Alat musik krombi juga digunakan secara bersamaan dengan fuu dan juga tifa. Dimana biasanya digunakan sebagai sarana hiburan, pengiring upacara adat atau digunakan untuk acara keagamaan lainnya.

  • Alat Musik Tradisional Butshake

Gambar Alat Musik Tradisional Butshake
Gambar Alat Musik Tradisional Butshake
https://seringjalan.com/

Butshake merupakan alat musik tradisional Papua yang dibuat dengan menggunakan perpaduan bambu dan juga buah kenari. Dimana alat musik ini berasal dari masyarakat Suku Matu, Kabupaten Merauke.

Alat musik butshake dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan atau dikocok, sehingga alat musik bisa menghasilkan suara gemericik. Suara yang dihasilkan alat musik ini berasal dari hasil buah-buah kenari yang saling beradu pada saat dikocok.

Pada umumnya, alat musik butshake merupakan alat musik yang digunakan untuk mengiringi tarian tradisional atau pada saat upacara-upacara tertentu. Alat musik ini juga mempunyai kemiripan dengan alat musik modern, yakni marakas.

  • Alat Musik Tradisional Paar & Kee

Gambar Alat Musik Tradisional Paar & Kee
Gambar Alat Musik Tradisional Paar & Kee
https://backpackerjakarta.com/

Paar & Kee merupakan alat musik tradisional Papua berupa dua alat musik yang berbeda tetapi saling melengkapi.  Pada dasarnya alat musik Paar dan kee adalah arang musik dari sebuah alat untuk penutup kelamin pria yang ada dalam tradisi masyarakat Suku Waris di kabupaten Keerom, Papua.

Paar merupakan labu kering yang digunakan untuk menutup kelamin pria. Sedangkan kee merupakan ikat pinggang yang dibuat dengan menggunakan tulang burung kasuari.

Selain digunakan sebagai penutup kelamin dari para pria, paar dan kee juga digunakan sebagai alat musik dalam berbagai macam acara seperti pesta-pesta adat. Dalam pagelaran pesta tersebut, biasanya para penari yang menggunakan paar dan juga kee akan menari dan melompat-lompat, sehingga paar dan kee akan saling beradu dan menghasilkan suara yang berirama.

  • Alat Musik Tradisional Atowo

Gambar Alat Musik Tradisional Atowo
Gambar Alat Musik Tradisional Atowo
https://i1.wp.com/pastiguna.com

Atowo merupakan alat musik tradisional Papua yang sudah sangat jarang ditemukan. Dimana atowo merupakan alat musik yang sejenis dengan alat musik pukul yang mempunyai bentuk bulat panjang dengan ukiran yang relatif lebih kecil dan juga ringan.

Dimana alat musik atowo dimainkan dengan cara yakni satu tangan digunakan untuk memegang badan atowo, kemudian satu tangan yang lainnya digunakan untuk menabuh atowo dengan menggunakan teknik pukulan sehingga bisa menghasilkan irama yang harmonis.

Dalam tradisi dari masyarakat Papua, alat musik atowo biasanya digunakan dalam berbagai acara kesenian dan juga hiburan rakyat.

  • Alat Musik Tradisional Amyen

Gambar Alat Musik Tradisional Amyen
Gambar Alat Musik Tradisional Amyen
https://www.superadventure.co.id/

Amyen merupakan alat musik tradisional Papua berupa alat musik tiup yang sejenis dengan terompet dan terbuat dari bahan jenis kayu putih. Alat musik amyen ini banyak ditemukan dalam masyarakat Suku Web, Kabupaten Keerom, Papua.

Alat musik amyen merupakan bakat musik yang digunakan sebagai pengiring kesenian tarian dari daerah setempat. Bukan hanya itu, alat musik ini juga digunakan sebagai alat komunikasi dalam peperangan.


Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam dari alat musik tradisional Papua. Dimana Provinsi Papua Utara ini ternyata masih mempunyai banyak alat musik tradisional yang masih dijaga hingga saat ini.

Semoga penjelasan pada artikel ini bisa membantu para pembaca dalam mengenal dan mempelajari berbagai macam alat musik tradisional yang ada di Indonesia dan semoga bisa dipahami dengan baik!


Alat Musik Tradisional Papua
sumber referensi:

https://gasbanter .com/alat-musik-tradisional-papua/#9_Alat_Musik_Amyen
https://www.orami .co.id/magazine/alat-musik-papua/
https://guratgarut.com/alat-musik-papua/#10_Atowo

Default image
FITRI
"Menulis menjadi sebuah solusi dalam menuangkan beban yang tak pernah tersampaikan lewat sebuah ucapan"

Leave a Reply

error: Content is protected !!