22+ Alat Musik Tradisional Sumatera Utara : Gambar Penjelasan

Alat Musik Tradisional Sumatera Utara – Sumatera Utara merupakan provinsi yang berada di Pulau Sumatera, tepatnya berada di bagian Utara. Dimana masyarakat yang ada di provinsi tersebut masih menyimpan berbagai macam kerajinan.

Salah satunya adalah alat musik tradisional Sumatera Utara. Lalu apa saja macam-macam dari alat musik tradisional Sumatera Utara tersebut? Yuk langsung saja simak penjelasan di bawah ini!


Macam-Macam Alat Musik Tradisional Sumatera Utara

Gambar Alat Musik Tradisional Sumatera Utara
Gambar Alat Musik Tradisional Sumatera Utara
https://guratgarut.com/

Sumatera Utara merupakan provinsi yang mempunyai berbagai kekayaan budaya atau peninggalan dengan ciri yang khas. Dimana peninggalan-peninggalan tersebut dimulai dari rumah adat, kerajinan, kesenian tradisional hingga alat musik tradisional yang cukup menarik untuk dibahas.

Alat musik tradisional Sumatera ini terdiri dari berbagai macam jenis, dimana masing-masing jenis tentunya mempunyai bentuk dan juga fungsi yang berbeda-beda. Langsung saja daripada terus penasaran tentang alat musik tradisional Sumatera Utara, maka langsung saja yuk simak penjelasannya di bawah ini!

  • Alat Musik Tradisional Doli-Doli

Gambar Alat Musik Tradisional Doli Doli
Gambar Alat Musik Tradisional Doli-Doli
https://blog.elevenia.co.id/

Doli-doli merupakan bakat musik tradisional yang berasal di provinsi Nias, Sumatera Utara. Dimana alat musik ini apabila dilihat secara sekilas akan terlihat seperti Kolintang dengan ukuran yang lebih kecil.

Perbedaan lainnya juga terdiri dari bilah kayunya, dimana doli-doli hanya mempunyai kayu yang sedikit jika dibandingkan dengan alat musik Kolintang. Alat musik doli-doli dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan alat pemukul yang dibuat dari bahan dua batang kayu.

  • Alat Musik Tradisional Aramba

Gambar Alat Musik Tradisional Aramba
Gambar Alat Musik Tradisional Aramba
https://lagudaerah.id/

Aramba merupakan alat musik tradisional Sumatera Utara, tepatnya berasal dari Pulau Nias. Aramba merupakan alat musik yang berbentuk seperti benda yang digunakan dalam berbagai acara adat, seperti pada acara perkawinan.

Aramba biasanya akan digantungkan dengan menggunakan seutas tali, dimana alat musik tersebut akan dimainkan dengan cara dipukul pada tonjolan yang ada pada bagian tengah dengan menggunakan alat pemukul khusus. Alat musik ini terbuat dari bahan tembaga, kuningan, suasa dan juga nikel.

Dima piringan aramba ini mempunyai diameter dengan ukuran 40 hingga 50 cm. Bukan hanya itu, aramba juga mempunyai dua jenis yakni Fatao dan Hongo.

Aramba jenis Fatao mempunyai ukuran yang lebih kecil dan biasanya akan digunakan pada saat adanya upacara pernikahan oleh rakyat biasa. Sedangkan aramba hongo biasanya akan digunakan oleh para kaum bangsawan dengan ukiran yang jauh lebih besar dari fatao.

  • Alat Musik Tradisional Druri Dana

Gambar Alat Musik Tradisional Druri Dana
Gambar Alat Musik Tradisional Druri Dana
https://aamina1panhwar.blogspot.com/

Druri Dana merupakan alat musik tradisional Sumatera Utara yang terbuat dari bahan bambu. Dimana bambu tersebut akan dibentuk jingga menyerupai sebuah garpu tala.

Druri dana merupakan alat musik yang harmonis, dimana alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul atau digoyang-goyangkan. Cara kerja dari alat musik ini juga sama seperti sebuah garpu tala atau angklung.

  • Alat Musik Tradisional Garantung

Gambar Alat Musik Tradisional Garantung
Gambar Alat Musik Tradisional Garantung
https://s1.bukalapak.com/

Garantung merupakan alat musik tradisional Sumatera Utara tepatnya berasal dari Batak Toba. Dimana alat musik ini terbuat dari bahan kayu dengan lima bilah nada dengan 7 belahan yang digantung tepat di atas resonator.

Alat musik ini biasanya akan dimainkan dengan cara mamalu atau dengan memikul 5 bilah nada. Biasanya pemain akan memukul dengan menggunakan dua buah stik dan akan diposisikan pada kedua tangan.

Tangan kiri akan digunakan untuk memainkan melodi dan juga ritem, sedangkan tangan kanan akan memukul pada bagian tangkai garantung wilahan sekaligus untuk memainkan lagu.

  • Alat Musik Tradisional Gonrang

Gambar Alat Musik Tradisional Gonrang
Gambar Alat Musik Tradisional Gonrang
https://www.alatmusik.id/

Gonrang merupakan alat musik tradisional Sumatera Utara yang dibuat dengan menggunakan bahan kayu pilihan, dimana pada bagian tengah akan dihilangkan. Sedangkan pada bagian sisi kayu akan dihamparkan dengan menggunakan kulit hewan lembu yang sudah dikeringkan.

Nama gonrang ini mempunyai arti gendang. Dimana biasanya alat musik ini akan dimainkan dengan cara ditabuh secara bersamaan dengan alat musik tradisional khas dari Simalungun.

  • Alat Musik Tradisional Faritia

Gambar Alat Musik Tradisional Faritia
Gambar Alat Musik Tradisional Faritia
https://macamalatmusik.blogspot.com/

Faritia merupakan alat musik tradisional Sumatera Utara merupakan alat musik yang biasanya akan dimainkan bersamaan dengan berbagai alat musik lainnya, diantaranya adalah arumba atau gong ukuran besar, dan fondrah atau tutu.

Alat musik tersebut biasanya akan dimainkan pada saat dilaksanakannya upacara besar atau owasa dan juga pada saat dilaksanakannya pesta adat seperti perkawinan dan juga kematian.

Alat musik ini biasanya akan dimainkan selama berhari-hari, tepatnya sebelum upacara dilaksanakan. Hal tersebut bertujuan agar para masyarakat setempat dan juga masyarakat yang berasal dari desa tetangga bisa mendengarkannya.

  • Alat Musik Tradisional Gordang

Gambar Alat Musik Tradisional Gordang
Gambar Alat Musik Tradisional Gordang
https://indonesiakaya.com/

Gordang merupakan alat musik tradisional Sumatera Utara yang berasal dari masyarakat tiba, dimana alat musik ini biasanya akan dimainkan dengan cara dipukul. Gordang mempunyai bentuk seperti gendang yang lebih besar dibandingkan dengan taganing.

Dimana alat musik ini digunakan sebagai pembawa ritem konstan dan juga ritem variabel. Instrumen dari alat musik ini biasanya dinamakan dengan bass dari ensambel Gondang sabagunan.

Alat musik gordang ini terbuat dari kayu yang dilapisi dengan menggunakan kulit sapi atau kerbau. Dimana biasanya alat musik ini akan dimainkan pada saat dilakukanya upacara ritual atau berbagai macam upacara adat yang bersifat sakral.

  • Alat Musik Tradisional Hapetan / Hasapi

Gambar Alat Musik Tradisional Hapetan Atau Hasapi
Gambar Alat Musik Tradisional Hapetan atau Hasapi
https://i0.wp.com/tambahpinter.com

Hapetan atau Hasapi merupakan alat musik tradisional Sumatera Utara yang mempunyai bentuk seperti kecapi. Sehingga banyak sekali masyarakat dari berbagai suku Sumatera Utara menyebutnya sebagai kecapi.

Biasanya alat musik ini akan dimainkan dengan cara dipetik. Karena memang alat musik hapetan termasuk ke dalam jenis alat musik dawai atau senar.

  • Alat Musik Tradisional Ole-Ole

Gambar Alat Musik Tradisional Ole Ole
Gambar Alat Musik Tradisional Ole-Ole
https://i0.wp.com/tambahpinter.com

Ole-ole merupakan alat musik tradisional yang jarang dimainkan pada pertunjukan musik. Dimana alat musik jenis ini terbuat dari batang tanaman padi yang sudah dipilih, dan pada bagian ruas sudah di pecah.

Biasanya ole-ole akan dimainkan dengan cara ditiup dengan menggunakan teknik khusus, sehingga bisa menghasilkan nada-nada yang indah. Biasanya masyarakat juga akan menambahkan lilitan yang terbuat dari daun kelapa muda pada alat musik, hal tersebut bertujuan agar suara yang dihasilkan bisa terdengar keras

  • Alat Musik Tradisional Panggora

Gambar Alat Musik Tradisional Panggora
Gambar Alat Musik Tradisional Panggora
https://app.alunalun.info/

Panggora merupakan alat musik tradisional Sumatera Utara yang mempunyai bentuk mirip dengan alat musik Faritia. Dimana panggora merupakan alat musik gong yang mempunyai ukuran sangat besar.

Alat musik ini mempunyai diameter hingga 36 cm, dengan ketebalan mencapai 6 cm. Alat musik ini terbuat dari bahan kuningan, besi atau bisa juga dengan menggunakan perunggu.

Hal tersebutlah yang membuat alat musik ini mempunyai suara yang nyaring dan juga keras. Panggora biasanya akan dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan stik.

  • Alat Musik Tradisional Gendang Singanaki

Gambar Alat Musik Tradisional Gendang Singanaki
Gambar Alat Musik Tradisional Gendang Singanaki
https://keluyuran.com/

Gendang Singanaki merupakan alat musik tradisional Sumatera Utara yang terbuat dari kayu dan juga kulit binatang khas dari Batak Karo. Dimana gendang Batak Karo ini terdiri dari dua bagian, yakni ada gendang penganaki dan juga anak gendang yang bernama garantung atau enek-enek.

Adapun cara memainkan alat musik gendang singanaki adalah dengan cara dipukul dengan menggunakan alat pemukul. Gendang ini biasanya akan digunakan sebagai pembawa ritme yang dimainkan bersama dengan alat musik sarune, dan biasanya akan dimainkan pada saat dilaksanakannya upacara adat yang masih berhubungan dengan religi atau pesta untuk para muda dan mudi.

  • Alat Musik Tradisional Gendang Sisibah / Pakpak

Gambar Alat Musik Tradisional Gendang Sisibah Atau Pakpak
Gambar Alat Musik Tradisional Gendang Sisibah atau Pakpak
https://cdns.klimg.com/merdeka.com

Gendang sisibah atau pakpak merupakan alat musik tradisional Sumatera Utara yang berisi satu set gendang berjumlah 9 yang diletakkan dalam satu rak. Dimana cara menggunakan gendang ini yakni dengan cara menggunakan sepasang stik.

Gendang sisibah biasanya akan dimainkan pada saat dilakukannya upacara adat yang ada di Pakpak Dairi, baik itu acara suka maupun acara duka.

  • Alat Musik Tradisional Sarune Bolon

Gambar Alat Musik Tradisional Sarune Bolon
Gambar Alat Musik Tradisional Sarune Bolon
https://pariwisataindonesia.id/

Sarune Bolon merupakan alat musik tradisional Sumatera Utara yang masih satu golongan dengan Serunai. Alat musik ini biasanya akan dimainkan dengan cara ditiup dan juga sering dimainkan secara bersamaan dengan alat musik seperti Taganing, Gondang, Ogung, Hessj dan juga Adap.

Dimana alat musik ini mempunyai 5 lubang yang bisa menghasilkan nada berbeda. Apabila alat musik lainnya bisa berbunyi pada saat ditiup, maka berbeda dengan sarune karena alat musik ini bisa menghasilkan suara meskipun pemain hanya menghirup nafas.

  • Alat Musik Tradisional Balobat

Gambar Alat Musik Tradisional Balobat
Gambar Alat Musik Tradisional Balobat
http://www.infobudaya.net/

Balobat merupakan alat musik tradisional Sumatera Utara yang disebut juga dengan “Beluat”, dimana alat musik ini berasal dari suku Karo, salah satu sub etnik Batak yang tinggal di wilayah Utara Danau Toba. Alat musik ini terbuat dari bahan seruas pucuk bambu yang mempunyai ukuran hanya sejengkal jari tangan.

Alat musik balobat mempunyai lubang nada yang berjumlah 6, biasanya akan menggunakan skala nada minor dan juga mayor, serta bisa menciptakan susunan nada pentatonis yang melankolis khas dari budaya Karo. Alat musik ini bisa dimainkan baik secara tunggal atau secara ansambel.

  • Alat Musik Tradisional Kulcapi Karo

Gambar Alat Musik Tradisional Kulcapi Karo
Gambar Alat Musik Tradisional Kulcapi Karo
https://i1.wp.com/www.silontong.com

Kulcapi Karo merupakan alat musik tradisional Sumatera Utara tepatnya berasal dari suku Karo. Alat musik ini hanya terdiri dari dua senar dan dibuat dengan menggunakan bahan dasar kayu yang sudah dibentuk serta diukir menjadi ornamen khas Karo.

Alat musik kulcapi ini biasanya akan digunakan sebagai alat musik tunggal atau bisa juga digunakan secara bersamaan dengan berbagai alat musik lainnya, seperti keteng-keteng, gendang Karo, balobat atau masih banyak yang lainnya. Alat musik kulcapi akan dimainkan sebagai pengiring dari tarian adat atau nyanyian tradisional Karo.

  • Alat Musik Tradisional Fondrahi

Gambar Alat Musik Tradisional Fondrahi
Gambar Alat Musik Tradisional Fondrahi
https://www.museum-nias.org/

Fondrahi merupakan alat musik tradisional Sumatera Utara yang mempunyai bentuk seperti gendang kecil. Dimana pada zaman dahulu, alat musik ini hanya digunakan oleh ere atau pemuka agama untuk melakukan berbagai macam ritual persembahan yang ditujukan kepada dewa-dewa menurut kepercayaan masyarakat setempat.

  • Alat Musik Tradisional Tulila/Talatoit

Gambar Alat Musik Tradisional Tulila Atau Talatoit
Gambar Alat Musik Tradisional Tulila atau Talatoit
https://budaya-indonesia.org/

Tulila atau Talaloit merupakan alat musik tradisional Sumatera Utara yang berupa instrumen aerofon atau masuk ke dalam jenis instrumen end blown flute (Jenis seruling yang akan dimainkan dengan posisi lurus).

Alat musik ini terbuat dari bahan bambu, dimana Tulila mempunyai sebuah lubang tiup dan juga 4 lubang nada yang berada di bagian tengah instrument.

Talaloit merupakan alat musik solo dari kesenian Batak Toba. Dimana mayoritas masyarakat disana percaya bahwa alat musik ini digunakan sebagai media penyampai doa kepada Debata Mula Jadi Na Bolon (Tuhan dalam konsep kepercayaan Monolatry).

Tetapi karena perkembangan zaman, maka alat musik ini juga digunakan sebagai alat pengusir hama pertanian yang ada di masyarakat Batak Toba. Alat musik tersebut menghasilkan bunyi yang unik menyerupai bunyi burung elang.

  • Alat Musik Tradisional Sordam

Gambar Alat Musik Tradisional Sordam
Gambar Alat Musik Tradisional Sordam
https://felderfans.com/

Sordam merupakan alat musik tradisional Sumatera Utara yang hampir punah. Dimana alat musik ini menghasilkan suara yang memilukan dan biasanya alat musik ini juga identik dengan duka.

Pada zaman dulu, alat musik sordam digunakan sebagai alat pemanggil roh yang masih berkaitan dengan ritual kepercayaan setempat, sehingga alat ini tidak boleh digunakan secara sembarangan, karena masyarakat percaya bahwa apabila menggunakan alat musik secara sembarangan maka petaka yang akan datang.

Alat musik ini menggunakan skala nada pentatonis sehingga hanya dapat dimainkan secara tunggal, bukan dimainkan secara ansambel.

  • Alat Musik Tradisional Keteng-Keteng

Gambar Alat Musik Tradisional Keteng Keteng
Gambar Alat Musik Tradisional Keteng-Keteng
https://medan.tribunnews.com/

Keteng-keteng merupakan alat musik tradisional Sumatera Utara tempatnya alat musik pukul yang berasal dari suku Karo, Sumatera Utara. Alat musik ini terbuat dari bahan bambu dan mempunyai bentuk seperti kentongan dengan panjang sekitar setengah meter dan juga mempunyai sabar gang merupakan kupasan dari kulit bambu itu sendiri.

Alat musik ini biasanya akan dimainkan dengan menggunakan sepasang tongkat pemukul yang terbuat dari bahan potongan bambu. Adapun cara memainkannya adalah dengan menabuh seperti drum, sehingga alat musik ini akan menghasilkan suara yang unik dan juga suara yang khas perpaduan antara suara pukulan bambu dengan suara senar.

  • Alat Musik Tradisional Tali Sasayat/Sitalasayak

Gambar Alat Musik Tradisional Tali Sasayat Atau Sitalasayak
Gambar Alat Musik Tradisional Tali Sasayat atau Sitalasayak
https://klikpedia.net/

Tali Sasayat atau Sitalasayak merupakan alat musik yang terbuat dari bahan kuningan. Adapun cara memainkan alat musik ini yakni jari telunjuk kiri dan juga kanan akan dimasukkan dan dikaitkan pada simpulan tali, kemudian alat ditepuk-tepukkan.

Alat musik ini biasanya akan dimainkan pada saat dilakukannya upacara adat khas dari masyarakat Batak Simalungun. Dimana biasanya alat ini akan dikombinasikan dengan menggunakan berbagai jenis alat musik tradisional lainnya, seperti gondrang sipitu-pitu (7 buah gendang), gondrang sidua-dua (2 buah gendang), ogung atau gong, mongmongan atau canang dan juga sarune bolon.

  • Alat Musik Tradisional Gong Panganak

Gambar Alat Musik Tradisional Gong Panganak
Gambar Alat Musik Tradisional Gong Panganak
https://gasbanter.com/

Gong Panganak merupakan alat musik tradisional Sumatera Utara yang terbuat dari bahan kayu dan juga kuningan. Dimana alat musik ini pada zaman dahulu akan digunakan sebagai alat untuk mengumumkan perintah dari raja kepada rakyatnya.

Bukan hanya itu, alat musik ini juga biasanya akan digunakan pada saat upacara adat kematian, perkawinan dan juga memasuki kediaman baru. Pada saat ini alat musik tersebut akan dimainkan pada saat berbagai macam upacara gereja, hari besar nasional dan juga menyambut para tamu.

  • Alat Musik Tradisional Ogung

Gambar Alat Musik Tradisional Ogung
Gambar Alat Musik Tradisional Ogung
https://gasbanter.com/

Ogung merupakan alat musik tradisional Sumatera Utara yang berjenis alat musik gong. Dimana alat musik ini mempunyai peran penting dalam ensambel gondang sabangunan, dimana alat musik ini terdiri dari 4 buah gong yang tentunya masing-masing mempunyai nama tersendiri, yakni ada Oloan, Ihutan, Panggora dan Doal.

Keempat jenis tersebut biasanya akan digunakan secara bersama dengan alat musik taganing dan juga sarune bolon sebagai penjaga tempo. Alat musik ini biasanya akan dimainkan dengan 4 orang dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul.


Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai macam-macam alat musik tradisional dari Sumatera Utara, dimana provinsi Sumatera Utara tersebut masih mempunyai beragam jenis alat musik yang cukup mengagumkan.

Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca dalam mempelajari berbagai macam alat musik tradisional dan bisa dipahami dengan baik oleh para pembaca sekalian!


Alat Musik Tradisional Sumatera Utara
sumber referensi:

https://gasbanter .com/alat-musik-tradisional-sumatera-utara/#17_Alat_Musik_Fatricia
https://tambahpinter .com/alat-musik-sumatera-utara-batak/#5_Gonrang
https://keluyuran.com/alat-musik-sumatera-utara/

Default image
FITRI
"Menulis menjadi sebuah solusi dalam menuangkan beban yang tak pernah tersampaikan lewat sebuah ucapan"

Leave a Reply

error: Content is protected !!