Alat Musik Tradisional

Alat Musik Tradisional – Setiap daerah di Indonesia memiliki budaya yang khas dan unik, salah satunya produk budaya yang masih eksis adalah alat musik tradisional. Terdapat berbagai macam alat musik tradisional dan asalnya dari seluruh wilayah Indonesia.

Setidaknya terdapat 34 alat musik tradisional dan asalnya akan dijabarkan pada artikel ini. Mulai dari jenis alat musik tradisional, jenis bunyi yang dikeluarkan, dan keunikan lainnya. Semuanya akan kita simak pada penjelasan lengkap berikut ini. Jadi, simak artikel ini sampai tuntas ya.


Daftar Isi Artikel

Alat Musik Tradisional dan Daerah Asalnya

Alat Musik Tradisional
Alat Musik Tradisional
wikipedia.org

Indonesia memiliki 34 provinsi yang masing-masing provinsi tersebut memiliki budaya khasnya. Salah satu produk budaya daerah tersebut adalah alat musik tradisional. Terdapat berbagai alat musik tradisional yang memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing.

Berbagai alat musik tradisional biasa digunakan untuk menghibur diri, atau untuk upacara pernikahan adat masyarakat, maupun berbagai upacara adat lainnya. Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, mari kita simak macam-macam alat musik tradisional dan asalnya berikut ini.

Alat Musik Tradisional Aceh: Sarune Kale

Alat Musik Tradisional Aceh
Alat Musik Tradisional Aceh
www.99.co

Alat musik tradisional pertama yakni alat musik Serune Kalee. Alat musik tradisional ini berasal dari Aceh yang memiliki jenis bunyi aerofon. Jenis bunyi tersebut merupakan bunyi yang didapatkan dari tiupan pada lubang Serune Kalee.

Untuk mengatur nada yang keluar, biasanya para pemain alat musik tradisional ini memainkan lubang-lubang tersebut sehingga menciptakan bunyi yang harmoni.

Alat Musik Tradisional Sumatera Utara: Aramba

Alat Musik Tradisional Sumatera Utara
Alat Musik Tradisional Sumatera Utara
www.99.co

Alat musik tradisional yang kedua berasal dari Sumatera Utara. Alat musik tersebut biasa dikenal dengan sebutan Aramba. Jenis alat musik ini menghasilkan bunyi ideofon, yakni bunyi yang dihasilkan dari pukulan antara permukaan alat musik dengan alat pemukul khusus.

Alat Musik Tradisional Sumatera Barat: Saluang

Alat Musik Tradisional Sumatera Barat
Alat Musik Tradisional Sumatera Barat
www.99.co

Salah satu alat musik tradisional dan asalnya dari Sumatera Barat adalah alat musik Saluang. Saluang merupakan alat musik semacam suling, akan tetapi Saluang memiliki keunikan dan ciri khas daerahnya.

Alat musik jenis ini mengeluarkan bunyi dengan jenis aerofon, yakni alat musik yang ditiup dan nada-nada yang dihasilkan dari permainan jari pada lubang-lubangnya.

Alat Musik Tradisional Riau: Gambus

Alat Musik Tradisional Riau
Alat Musik Tradisional Riau
www.99.co

Alat musik tradisional selanjutnya adalah alat musik Gambus. Alat musik Gambus sangat unik dan khas, pasalnya gitar tradisional ini memiliki bentuk yang khas dan unik daripada daerah-daerah lainnya.

Salah satu alat musik tradisional dan asalnya dari Riau ini biasa dimainkan dengan cara dipetik dengan menggunakan jari, serta memainkan nada dengan petikan jari.

Alat Musik Tradisional Jambi: Serangko

Alat Musik Tradisional Jambi
Alat Musik Tradisional Jambi
www.99.co

Salah satu alat musik tradisional dan asalnya dari Jambi adalah Serangko. Alat musik jenis ini cukup unik, karena dibuat dari tanduk kerbau.

Tanduk kerbau tersebut dihubungkan dengan tongkat kurang lebih sepanjang 50 cm yang dilubangi dengan tujuan untuk mengatur nada yang keluar dari lubang tanduk kerbau tersebut.

Alat musik tradisional Serangko ini tergolong ke dalam alat musik aerofon, serta alat musik jenis ini biasa digunakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat setempat apabila terjadi marabahaya dan musibah.

Alat Musik Tradisional Bengkulu: Doll

Alat Musik Tradisional Bengkulu
Alat Musik Tradisional Bengkulu
www.99.co

Alat musik tradisional khas Bengkulu salah satunya adalah Doll. Alat musik Doll tergolong alat musik yang unik, karena bentuknya semacam drum kecil dengan variasi warna terang dan mencolok.

Alat musik jenis ini semacam gendang yang biasa dipukul dengan sepasang stik pemukul khusus. Sehingga alat musik tradisional jenis ini menghasilkan bunyi membranofon.

Alat Musik Tradisional Sumatera Selatan: Akordeon

Alat Musik Tradisional Sumatera Selatan
Alat Musik Tradisional Sumatera Selatan
www.99.co

Salah satu jenis alat musik tradisional dan asalnya dari Sumatera Selatan disebut dengan Accordion. Alat musik tradisional Sumatera Selatan ini merupakan alat musik yang tercipta dari akulturasi budaya luar negeri.

Alat musik jenis ini menghasilkan bunyi aerofon. Bunyi tersebut dihasilkan dengan mengatur nada dan mengatur alunan suara oleh kedua tangan.

Alat Musik Tradisional Lampung: Bende

Alat Musik Tradisional Lampung
Alat Musik Tradisional Lampung
www.99.co
www.99.co

Salah satu alat musik tradisional dan asalnya dari Lampung dikenal dengan sebutan Bende. Alat musik Bende memiliki bentuk semacam gong, akan tetapi ukurannya lebih kecil.

Alat musik jenis ini menghasilkan bunyi ideofon, yakni bunyi yang dihasilkan dengan memukul permukaan alat musik dengan pemukul khusus.

Alat Musik Tradisional Kepulauan Bangka Belitung: Gendang Melayu

Alat Musik Tradisional Kepulauan Bangka Belitung
Alat Musik Tradisional Kepulauan Bangka Belitung
www.99.co

Alat musik tradisional selanjutnya datang dari daerah Bangka Belitung. Alat musik tradisional tersebut dikenal dengan sebutan Gendang Melayu.

Gendang jenis ini sebenarnya alat musik yang hampir sama dengan gendang pada umumnya, yakni cara menggunakannya dengan cara ditepuk menggunakan kedua telapak tangan. Sehingga, alat musik jenis ini menghasilkan bunyi membranofon.

Alat Musik Tradisional Kepulauan Riau: Gendang Panjang

Alat Musik Tradisional Kepulauan Riau
Alat Musik Tradisional Kepulauan Riau
www.99.co

Alat musik selanjutnya datang dari Kepulauan Riau. alat musik tersebut dikenal dengan Gendang Panjang. Gendang jenis ini hampir sama dengan gendang pada umumnya, hanya saja ukurannya yang memanjang sehingga membentuk tabung.

Gendang Riau ini juga cara menggunakannya dengan cara menepuk dengan telapak tangan. Serta bunyi yang dihasilkan berjenis membranofon.

Alat Musik Tradisional Banten: Pantun Bambu

Alat Musik Tradisional Banten
Alat Musik Tradisional Banten
www.99.co

Alat musik tradisional selanjutnya datang dari provinsi Banten. Alat musik khas Banten ini dikenal dengan sebutan Pantun Bambu. Alat musik di Banten sebenarnya memiliki kemiripan dengan alat musik di Jawa Barat.

Alat musik khas Banten tersebut terbuat dari bilah bambu sepanjang kurang lebih 1 meter, yang kemudian diberi 3 senar sebagai penghasil bunyi. Alat musik tradisional ini biasa digunakan dengan cara digesek dengan alat khusus untuk menghasilkan nada yang indah.

Alat Musik Tradisional DKI Jakarta: Tehyan

Alat Musik Tradisional DKI Jakarta
Alat Musik Tradisional DKI Jakarta
www.99.co

Alat musik tradisional selanjutnya datang dari ibukota DKI Jakarta. Alat musik tradisional ini biasa dikenal dengan sebutan Tehyan. Alat musik tradisional memiliki kemiripan dengan biola modern, hanya saja bentuknya yang masih tradisional dan sederhana.

Alat musik tradisional Tehyan sendiri tergolong ke dalam alat musik yang menghasilkan bunyi kordofon. Maksudnya, alat musik ini menghasilkan bunyi dari gesekan antara alat gesek dengan senar atau dawai pada alat musik tersebut.

Alat Musik Tradisional Jawa Barat: Angklung

Alat Musik Tradisional Jawa Barat
Alat Musik Tradisional Jawa Barat
www.99.co

Angklung adalah salah satu alat musik tradisional dan asalnya dari provinsi Jawa Barat. Alat musik jenis ini menghasilkan bunyi dengan jenis ideofon.

Bunyi jenis tersebut dihasilkan dari getaran antara bambu angklung. Dan cara menggunakannya cukup sederhana, yakni dengan cara menggetarkan dengan kedua tangan, maka bunyi harmoni akan terdengar.

Alat Musik Tradisional Jawa Tengah: Gamelan

Alat Musik Tradisional Jawa Tengah
Alat Musik Tradisional Jawa Tengah
www.99.co

Alat musik tradisional Gamelan merupakan salah satu alat musik yang khas Indonesia. Pasalnya, alat musik ini banyak dimiliki oleh beberapa daerah di Indonesia.

Alat musik tradisional jenis ini menghasilkan bunyi ideofon, yakni bunyi yang dihasilkan dengan dari pukulan alat pemukul khusus ke permukaan alat musik tradisional tersebut.

Alat Musik Tradisional DI. Yogyakarta: Gendang

Alat Musik Tradisional D. I. Yogyakarta
Alat Musik Tradisional D. I. Yogyakarta
www.99.co

Salah satu jenis alat musik tradisional dan asalnya dari Yogyakarta adalah gendang. Alat musik jenis cukup populer di Indonesia.

Alat musik tradisional jenis ini menghasilkan musik ideofon, yakni bunyi yang dihasilkan dari tepukan antara telapak tangan dengan permukaan gendang.

Alat Musik Tradisional Jawa Timur: Bonang

Alat Musik Tradisional Jawa Timur
Alat Musik Tradisional Jawa Timur
www.99.co

Alat musik tradisional Jawa Timur biasa dikenal dengan sebutan Bonang. Sekilas Bonang tampak seperti gamelan dari beberapa daerah lainnya, namun jika diamati secara seksama Bonang memiliki poros yang berbentuk cembung di bagian tengahnya.

Alat musik jenis ini tergolong ke dalam alat musik yang menghasilkan musik ideofon. Alat musik tradisional jenis gamelan ini diartikan sebagai alat musik yang dipukul dengan pemukul khusus. Bonang tergolong alat musik yang masih eksis hingga saat ini.

Alat Musik Tradisional Bali: Ceng-ceng

Alat Musik Tradisional Bali
Alat Musik Tradisional Bali
www.99.co

Alat musik tradisional Bali sangat khas. Pasalnya alat musik tradisional jenis ini merupakan alat musik yang tergolong ke dalam alat musik ideofon.

Alat musik tradisional Bali tersebut dikenal dengan sebutan Ceng-ceng. Alat musik tradisional Cengceng digunakan dengan cara diletakkan di kedua telapak tangan, lalu ditepukkan sehingga kedua alat musik tersebut saling berbenturan dan menghasilkan suara khas.

Alat Musik Tradisional NTB: Serunai

Alat Musik Tradisional NTB
Alat Musik Tradisional NTB
www.99.co

Serunai merupakan salah satu alat musik tradisional dan asalnya dari Nusa Tenggara Barat. Sekilas, alat musik Serunai dapat dikatakan sebagai seruling, namun keduanya memiliki perbedaan. Serunai sendiri memiliki dua ujung dengan dua macam corong, yakni corong besar dan corong kecil.

Alat musik Serunai tergolong alat musik aerofon, yakni alat musik yang menghasilkan suara dengan ditiup pada bagian corong kecil, serta cara memainkan nadanya dengan menggunakan jari-jari pada bagian lubang-lubang keluarnya udara.

Alat Musik Tradisional NTT: Sasando

Alat Musik Tradisional NTT
Alat Musik Tradisional NTT
www.99.co

Alat musik tradisional dari Nusa Tenggara Timur begitu khas dan unik, pasalnya alat musik tradisional tersebut memiliki bentuk yang unik. Alat musik dari NTT ini dikenal dengan sebutan Sasando.

Alat musik Sasando merupakan alat musik yang tergolong alat musik kordofon, yakni alat musik yang menghasilkan bunyi dengan cara senar-senar pada alat musik Sasando dipetik dengan menggunakan jari.

Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat: Tuma

Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat
Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat
www.99.co

Salah satu alat musik tradisional dan asalnya dari Kalimantan Barat adalah Tuma. Alat musik Tuma merupakan alat musik utama dan ikonik di Kalimantan Barat. Tuma sendiri memiliki ciri khas pada bagian lukisan yang menghiasi bagian kulit tabung gendang tradisional ini.

Alat musik Tuma sendiri merupakan tergolong alat musik membranofon. Alat musik tradisional jenis Tuma dapat menghasilkan bunyi dengan cara ditepuk dengan menggunakan telapak tangan.

Alat Musik Tradisional Kalimantan Timur: Sampe

Alat Musik Tradisional Kalimantan Timur
Alat Musik Tradisional Kalimantan Timur
www.99.co

Alat musik tradisional Indonesia salah satunya berasal dari provinsi Kalimantan Timur. Alat musik tradisional tersebut dikenal dengan sebutan Sampe. Alat musik sangat unik karena dipenuhi dengan ukiran khas Kalimantan Timur yang menjadi ciri khasnya dan identitasnya.

Sampe merupakan alat musik yang dapat menghasilkan jenis bunyi kordofon. Hal ini dikarenakan alat musik tradisional jenis Sampe dapat menghasilkan bunyi dengan cara dipetik pada bagian senar alat musik tersebut.

Alat Musik Tradisional Kalimantan Tengah: Japen

Alat Musik Tradisional Kalimantan Tengah
Alat Musik Tradisional Kalimantan Tengah
www.99.co

Japen merupakan salah satu alat musik tradisional dan asalnya dari Kalimantan Tengah. Sama halnya dengan alat musik Sampe sebelumnya, alat musik jenis ini juga indah dan unik karena dihiasi dengan berbagai motif dan warna.

Alat musik tradisional jenis ini tergolong ke dalam alat musik kordofon, yakni alat musik yang dapat menghasilkan bunyi jika bagian senarnya dipetik dengan jari-jari tangan.

Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan: Panting

Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan
Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan
www.99.co

Salah satu alat musik tradisional dan asalnya dari Kalimantan Selatan adalah alat musik Panting. Alat musik tradisional Panting sama halnya dengan alat musik tradisional lainnya dari beberapa daerah di pulau Kalimantan yang mayoritas tergolong ke dalam jenis alat musik kordofon.

Dengan kata lain, alat musik Panting dapat menghasilkan bunyi dengan cara dipetik pada bagian senarnya dengan menggunakan jari-jari tangan dan diatur agar menghasilkan harmoni musik yang indah.

Alat Musik Tradisional Kalimantan Utara: Jatung Utang

Alat Musik Tradisional Kalimantan Utara
Alat Musik Tradisional Kalimantan Utara
www.99.co

Alat musik tradisional dan asalnya dari Kalimantan Utara dikenal dengan sebutan Jatung Utang. Alat musik ini cukup terkenal bagi kalangan masyarakat setempat, karena bentuknya yang khas terbuat dari rangkaian batang kayu yang terikat menjadi satu dengan tali rotan.

Alat musik Jatung Utang ini cara memainkannya adalah dengan cara memukul permukaan batang kayu dengan sebilah pemukul khas dan khusus.

Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara: Kolintang

Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara
Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara
www.99.co

Salah satu alat musik tradisional dan asalnya dari Sulawesi Utara dikenal dengan sebutan Kolintang. Alat musik tradisional Sulawesi Utara terbuat dari papan kayu yang dijajar dengan panjang dari paling pendek dan semakin memanjang di ujungnya.

Alat musik tradisional ini tergolong ke dalam alat musik ideofon. Dengan kata lain, alat musik Kolintang dari Sulawesi Utara ini dapat menghasilkan bunyi dengan variasi nada dengan cara dipukul dengan menggunakan pemukul khusus.

Alat Musik Tradisional Sulawesi Tengah: Talindo

Alat Musik Tradisional Sulawesi Tengah
Alat Musik Tradisional Sulawesi Tengah
www.99.co

Salah satu alat musik tradisional dan asalnya dari provinsi Sulawesi Tengah dikenal dengan sebutan Talindo. Alat musik Sulawesi Tengah ini sangat unik, pasalnya alat musik ini hanya memiliki satu senar saja yang dipasangkan pada kayu dan tempurung kelapa.

Alat musik tradisional Talindo merupakan alat musik yang tergolong ke dalam jenis kordofon. Dengan istilah lain bahwa alat musik Talindo ini dapat menghasilkan bunyi dengan cara dipetik senarnya.

Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan: Keso

Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan
Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan
www.99.co

Alat musik tradisional selanjutnya datang dari Sulawesi Selatan. Alat musik tradisional khas tersebut dikenal dengan sebutan Keso.

Keso sendiri merupakan alat musik tradisional yang tergolong jenis kordofon, yakni alat musik yang dapat menghasilkan bunyi dengan cara digesek pada bagian senarnya. Biasanya cara menggeseknya pun memiliki alat dan teknik khusus agar menghasilkan nada dengan harmoni yang indah.

Alat Musik Tradisional Sulawesi Tenggara: Ladolado

Alat Musik Tradisional Sulawesi Tenggara
Alat Musik Tradisional Sulawesi Tenggara
www.99.co

Alat musik tradisional dari pulau Sulawesi selanjutnya adalah Lado-lado. Alat musik tradisional Ladolado ini merupakan alat musik khas dari provinsi Sulawesi Tenggara.

Alat musik Lado-lado merupakan alat musik yang tergolong ke dalam ideofon, yakni alat musik yang dapat menghasilkan bunyi khas dengan cara dipukul dengan alat khusus dan tempo agar menghasilkan nada yang indah.

Alat Musik Tradisional Gorontalo: Ganda

Alat Musik Tradisional Gorontalo
Alat Musik Tradisional Gorontalo
www.99.co

Salah satu alat musik tradisional dan asalnya dari Gorontalo dikenal dengan sebutan Ganda. Alat musik Ganda sendiri memiliki bentuk semacam gendang dengan bentuk yang lebih bundar.

Alat musik jenis Ganda ini dapat mengeluarkan bunyi jenis membranofon, yakni bunyi yang dihasilkan dengan menepuk lapisan lunak gendang Ganda dengan menggunakan telapak tangan.

Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat: Kecapi

Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat
Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat
www.99.co

Salah satu alat musik tradisional dan asalnya dari Sulawesi Barat adalah Kecapi. Alat musik kecapi sendiri merupakan alat musik yang unik dan khas. Pasalnya, alat musik ini semacam gitar namun memiliki bentuk persegi panjang.

Alat musik Kecapi merupakan alat musik yang tergolong alat musik kordofon, yakni alat musik yang dapat menghasilkan suara dengan cara dipetik pada bagian senarnya dan diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan harmoni nada yang indah.

Alat Musik Tradisional Maluku: Arababu

Alat Musik Tradisional Maluku
Alat Musik Tradisional Maluku
www.99.co

Salah satu alat musik tradisional dan asalnya dari Maluku adalah Arababu. Alat musik jenis ini semacam biola tradisional khas Maluku, dan uniknya Arababu hanya memiliki satu senar saja.

Alat musik tradisional Maluku ini tergolong alat musik kordofon, yakni alat musik tradisional yang dapat menghasilkan musik jika digesek dengan alat khusus.

Alat Musik Tradisional Maluku Utara: Fu

Alat Musik Tradisional Maluku Utara
Alat Musik Tradisional Maluku Utara
www.99.co

Salah satu alat musik tradisional dan asalnya dari Maluku Utara dikenal dengan sebutan Fu. Tidak hanya dilihat dari namanya yang begitu unik, alat musik jenis ini juga sangat khas dengan bentuknya berasal dari alam.

Alat musik ini dibuat dari cangkang kerang besar dari laut yang diberi lubang sebagai pengatur nada yang dikeluarkan dari alat musik tersebut. Cara menggunakan alat musik Fu ini yakni dengan ditiup, serta bunyi yang dihasilkan tergolong ke dalam aerofon.

Alat Musik Tradisional Papua Barat: Guoto

Alat Musik Tradisional Papua Barat
Alat Musik Tradisional Papua Barat
www.99.co

Guoto merupakan salah satu alat musik tradisional dan asalnya dari Papua Barat. Alat musik tradisional jenis ini juga dibuat dari material alam. Alat musik ini semacam sebilah bambu dan kulit lembu yang dibentuk sepanjang 1 meter dengan dilengkapi dengan senar.

Alat musik tradisional Papua Barat ini tergolong ke dalam alat musik kordofon, yakni alat musik yang dapat menghasilkan bunyi dengan cara dipetik pada bagian senarnya.

Alat Musik Tradisional Papua: Tifa

Alat Musik Tradisional Papua
Alat Musik Tradisional Papua
www.99.co

Salah satu alat musik tradisional datang dari provinsi Papua. Alat musik dari provinsi ini biasa dikenal dengan sebutan Tifa. Tifa merupakan alat musik gendang khas Papua, gendang tradisional ini dibuat begitu menarik dengan ciri khas Papua, mulai dari bentuk hingga lukisan yang menghiasi alat musik Tifa tersebut.

Semacam dengan gendang pada umumnya, Tifa juga tergolong ke dalam alat musik membranofon, yakni dapat menghasilkan bunyi dengan cara ditepuk dengan menggunakan kedua telapak tangan.


Penutup

Demikian penjelasan mengenai 34 alat musik tradisional dan asalnya. Meskipun beberapa alat musik tradisional memiliki kemiripan, setidaknya alat musik tradisional tersebut menjadi ikonik dan identitas dari masing-masing provinsi di Indonesia.

Begitu menarik bukan? Masih banyak loh alat musik tradisional di Indonesia, yuk kunjungi romadecade agar kamu menemukan alat musik tradisional lainnya yang juga tidak kalah keren.


Alat Musik Tradisional
sumber referensi:

https://ilmuseni.com/seni-pertunjukan/seni-musik/nama-alat-musik-tradisional
https://www.wikipedia.web.id/2015/07/alat-musik-tradisional-daerah.html
https://www.99.co/blog/indonesia/gambar-alat-musik-tradisional-indonesia/

Default image
SHEYLA
"Merengkuh makna, mengurai rasa, menempuh asa dengan sastra cinta."

Leave a Reply

error: Content is protected !!