Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris – Surat lamaran atau dalam Bahasa Inggris disebut sebagai cover letter memiliki peranan penting dalam penilaian kepribadian si pelamar.

Sekali mengetikkan kata kunci pada mesin pencari, banyak sekali contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris yang bisa dijadikan sebagai pedoman.

Tapi harus berhati-hati dalam memilih contoh, karena bisa jadi terlalu banyak contoh justru akan membingungkan.

Secara umum surat lamaran kerja baik yang berbahasa Inggris maupun Indonesia memiliki struktur dan format yang sama.

Bedanya hanya terletak pada bahasa yang digunakan dan kecenderungan pada masing-masing aturan penulisan yang berlaku.

Jika perusahaan yang dilamar menekankan pada penguasaan Bahasa Inggris, maka lebih baik menulis surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris.


Struktur Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Tidak semua perusahaan memberitahukan secara mendetail mengenai contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris yang harus ditulis oleh pelamar.

Namun secara garis besar, dapat itu dapat dilihat dari kriteria lowongan kerja yang ditawarkan. Berikut adalah poin-poin yang harus ada dalam sebuah surat lamaran kerja:

1. Informasi Kontak Pelamar

Bagian ini adalah yang paling sering terlewatkan, karenanya diletakkan sebagai poin pertama. Informasi kontak memberitahukan bagaimana bagian personalia perusahaan dapat menghubungi kembali pelamar terkait status lamarannya.

Karenanya bagian ini harus disertakan dalam contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris.

Hal-hal yang perlu dicantumkan dalam informasi kontak antara lain seperti: nama lengkap, alamat lengkap (termasuk kode pos), nomor telepon, serta alamat email.

Meskipun semua itu sudah tercantum dalam lampiran data diri, namun ada baiknya untuk menyertakan dalam surat lamaran.

2. Salam

Salam haruslah ditulis secara singkat dan profesional, sehingga menunjukkan bahwa niat pelamar dalam melamar pekerjaan benar-benar serium.

Dalam contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris biasanya langsung menyapa nama depan dari orang yang bertanggung jawab dalam proses hiring. Karenanya perlu untuk mencari informasi mengenai hal tersebut.

Jangan membuka surat lamaran pekerjaan dengan salam sapaan ‘Hi’ atau ‘To Whom It May Concern’. Itu akan dianggap tidak profesional dan sangat santai. Sapalah langsung dengan memanggil nama, seperti ‘Diana,’.

3. Pembukaan

Bagian pembukaan dari contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris haruslah bisa membuat penanggung jawab proses hiring langsung terkesan.

Sehingga akan lebih memprioritaskan dibandingkan dengan pelamar lain. Perlu untuk menunjukkan karakter diri tanpa mengabaikan sikap profesional.

Yang terpenting adalah kalimat yang ditulis menggambarkan kesungguhan dan apa yang diketahui mengenai posisi yang dilamar. Jelaskan bahwa pelamar memiliki mampu bersikap profesional sekaligus memiliki kemampuan di bidang tersebut.

4. Badan Surat

Pada badan surat contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris, tidak hanya untuk diisi dengan resume mengenai pengalaman kerja.

Akan tetapi sebutkan kemampuan apa yang dimiliki sehingga sesuai dengan kriteria pekerja yang dicari. Jelaskan kemampuan tersebut secara spesifik dan ceritakan mengenai pengalaman sukses yang pernah diraih.

Intinya adalah bagaimana pelamar bisa menjual dirinya kepada perusahaan. Apa yang dimiliki oleh pelamar hingga perusahaan tersebut membutuhkannya.

Jika perlu buat rencana kerja secara mendetail mengenai sasaran apa yang ingin dicapai dan bagaimana mencapainya jika diterima. Hingga ke detail angka – dalam bentuk presentasi, target waktu, besarnya keuntungan, dan sebagainya.

5. Penutup

Penutup sebuah surat lamaran pekerjaan haruslah sederhana dan informatif. Jika menyertakan lampiran seperti CV, portfolio, atau informasi online yang bisa mendukung, maka cantumkan pada bagian ini.

Banyak yang menggunakan kalimat semisal, ‘I’m really looking forward to hearing back’ sebagai penutup pada contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris.

Namun itu justru terkesan klise dan putus asa. Alih-alih coba perhalus menjadi misalnya, ‘I’m really looking forward to finding out if I’m a good match for the position’.

Terakhir tambahkan ‘Sincerely’, ‘Best’, atau ‘Yours’  pada bagian akhir surat sebelum menambahkan nama pelamar.


Format Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Format sebuah surat lamaran kerja sangat menentukan kesan yang akan diterima oleh perusahaan yang dilamar. Karena akan digunakan sebagai kesan pertama terhadap pelamar tersebut.

Karenanya perhatikan contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris dengan seksama. Kemudian tentukan format yang paling sesuai. Berikut adalah beberapa format surat lamaran kerja yang banyak digunakan:

1. Surat Lamaran Pekerjaan

Jenis surat lamaran pekerjaan ini adalah yang paling banyak ditemui dalam contoh-contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris.

Surat lamaran ditulis berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang diberitahukan oleh bagian humas perusahaan. Struktur surat lamaran berisikan tentang informasi kontak, salam, pembukaan, badan surat, dan penutup.

Dalam surat lamaran berbahasa Indonesia, surat lamaran selalu ditujukan pada pimpinan tertinggi di perusahaan.

Namun berbeda dengan surat lamaran berbahasa Inggris lamaran ditujukan pada penanggung jawab dalam proses hiring, biasanya adalah seorang manajer.

Sehingga pada bagian sapaan salam, nama depan dari sang managerlah yang dituliskan, bukan direkturnya.

2. Surat Melamar Pekerjaan

Format contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris ini memiliki struktur yang sama dengan surat lamaran pekerjaan normal lainnya.

Yang membedakan dengan jenis surat yang pertama adalah alih-alih menunggu lowongan dibuka, pelamar ‘meminta’ pekerjaan.

Artinya pelamar terlebih dahulu mendekati perusahaan untuk mencari tahu apakah bisa dipekerjakan meski tidak sedang membuka lowongan.

Pada bagian pembukaan, perlu disebutkan alasan kenapa melamar pekerjaan di sana padahal tidak sedang dalam proses hiring.

Lalu pada badan surat, jelaskan mengenai data diri pelamar serta kemampuan dan pengalaman apa yang dimiliki. Serta apa manfaatkannya mempekerjakan pelamar bagi perusahaan.

3. Surat Melamar Pekerjaan Pada Rekanan

Masih memiliki struktur surat lamaran pekerjaan yang sama, namun yang berbeda adalah bahasa yang digunakan. Karena ditujukan pada orang yang telah dikenal, maka bahasa yang digunakan biasanya jauh lebih santai dan tidak terlalu kaku.

Dalam banyak kasus format contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris ini menggunakan bahasa percakapan yang kurang formal.

Misalnya seperti sapaan ‘Hi’ sebelum menuliskan nama rekanan yang telah dikenal. Kemudian dalam pembukaan sampaikan alasan apa keperluan pelamar hingga menuliskan surat lamaran tersebut. Sampaikan pula harapan yang ingin dicapai dalam badan surat.

4. Surat Lamaran Yang Tidak Melamar Kerja

Berbeda dengan format contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris lainnya, format ini memiliki isi jauh lebih sederhana. Surat lamaran hanya digunakan sebagai perkenalan dan pengantar dalam resume.

Format ini paling baik digunakan jika tidak ada ketentuan khusus atau keharusan untuk membuat surat lamaran yang formal. Tidak ada struktur spesifik tentang bagaimana isi pada format surat lamaran ini.

Biasanya yang dicantumkan adalah bagian salam pembuka, penjelasan singkat mengenai pengalaman dan keterampilan yang dimiliki, serta penutup.

Bagian penutup inilah yang terpenting, karena memuat informasi mengenai lampiran seperti resume CV, portfolio, maupun contoh dokumen yang diminta lain. Ada kalanya format ini digunakan sebagai konfirmasi sebuah lamaran.

5. Surat Lamaran Melalui Email

Dengan makin berkembangnya teknologi informasi dan makin melekatnya penggunaan internet dalam keseharian, sudah tidak zamannya lagi mengirimkan berkas surat lamaran dengan pos.

Tujuan dari sebuah surat lamaran kerja adalah menunjukkan sisi profesionalitas tanpa mengabaikan karakter diri pelamar. Surat lamaran dapat menunjukkan karakter dari pelamar secara jelas dan bisa menjadi sebuah nilai tambah.

Sekarang surat lamaran kerja seringkali dikirimkan melalui fasilitas email, LinkedId, Twitter, bahkan beberapa perusahaan memiliki aplikasi website khusus.

Yang paling direkomendasikan adalah dengan mengirimkan email langsung kepada yang bertanggung jawab dalam proses hiring. Jika bisa menemukan informasi kontaknya, bisa langsung mengirimkan pesan berisi resume pengalaman yang dimiliki.

6. Surat Lamaran Pegawai Negeri

Birokrasi pemerintahan biasanya menyediakan format surat lamaran yang harus ditulis oleh pelamar hingga detail per kata. Pelamar hanya tinggal mengisikan nama dan biodata diri. Sehingga rasanya tidak seperti sedang menulis sebuah surat lamaran pekerjaan, melainkan mengisi sebuah formulir.

Hal ini dilakukan karena biasanya birokrasi pemerintah memiliki peminat yang relatif besar. Untuk mencegah adanya pelamar yang terlalu bersemangat menuliskan surat lamaran hingga berlembar-lembar panjangnya. Sehingga dibuatlah format khusus yang singkat, padat, dan jelas.


Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Menulis contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris harus memperhatikan banyak hal. Misalnya seperti bagaimana kondisi perusahaan yang dilamar serta kecenderungan yang dimiliki.

Melamar dengan menggunakan Bahasa Inggris sebaiknya hanya dilakukan pada perusahaan yang memang menyaratkan penguasaan terhadap bahasa tersebut. Atau jika yang dilamar adalah perusahaan asing.

Membuat surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris terhadap perusahaan lokal yang tidak mengedepankan penguasaan terhadap Bahasa Inggris dapat menjadi bumerang.

Alih-alih memberikan nilai tambah bagi pelamar, justru pelamar bisa dicap sok pamer. Karenanya perlu memperhatikan hal-hal berikut sebelum mengirimkan contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris.

1. Bandingkan Berbagai Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Di mesin pencari internet, hanya dengan mengetikkan kata kunci ‘cover letter’ maka akan ditampilkan banyak sekali contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris yang bisa dijadikan panduan.

Dari banyaknya contoh yang ada, coba bandingkan satu per satu dan rangkai kembali format yang paling sesuai dengan pelamar dan kondisi perusahaan.

Apabila telah selesai menuliskan surat lamaran, coba periksa kembali. Apakah yang dituliskan tersebut sudah yang terbaik dan dapat mewakili apa yang ingin disampaikan oleh pelamar. Surat lamaran adalah kesan pertama yang bisa menentukan kelanjutan proses hiring.

2. Pahami Visi Perusahaan

Lakukan riset mengenai perusahaan yang akan dilamar dan pahami visinya. Jika perusahaan memiliki visi mendunia dan mengutamakan sumber daya manusia yang memiliki kelebihan dalam penguasaan bahasa asing, maka tulis surat lamaran kerja dengan Bahasa Inggris.

Tapi jika tidak, sebaiknya gunakan surat lamaran kerja berbahasa Indonesia saja.

Cara paling mudah untuk mengetahui visi perusahaan adalah dengan membuka website perusahaan tersebut. Dari tampilan website dapat diketahui ke arah mana perusahaan bergerak.

Jika website masih menggunakan Bahasa Indonesia, maka pikirkan kembali untuk mengirimkan surat lamaran kerja berbahasa Inggris.

3. Ketahui Lokasi Perusahaan Berada

Secara umum surat lamaran memiliki format yang hampir serupa. Bahkan Amerika Serikat, Inggris, dan Australia menggunakan format surat lamaran yang sama, dengan sedikit penyesuaian pada masing-masing negara.

Karenanya perlu diperhatikan di mana lokasi perusahaan yang dilamar serta negara yang diacunya.

Melamar pekerjaan pada sebuah perusahaan internasional, perlu mengetahui di mana kantor pusat perusahaan itu berada. Sehingga dapat menyesuaikan contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris yang akan dikirimkan.

4. Keuntungan Menggunakan Template untuk Surat Lamaran Kerja

Banyak tersedia template untuk contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris. Sehingga pelamar tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan. Dengan menggunakan template, pelamar tak perlu lagi bingung mengenai apa yang harus dicantumkan dan apa yang tidak.

Surat lamaran idealnya berisi lebih kurang 400 kata, sehingga setiap informasi harus bisa disampaikan dengan singkat, padat, dan jelas.

Bandingkan beberapa template yang tersedia di internet dan pahami bagaimana format yang paling sesuai. Menggunakan template dapat membimbing dalam setiap langkah penulisan sebuah surat lamaran kerja.

5. Kerugian Menggunakan Template untuk Surat Lamaran Kerja

Kebanyakan orang yang menggunakan template surat lamaran kerja hanya menyalin apa adanya isi CV. Padahal surat lamaran kerja bukanlah resume diri dan keduanya memiliki tujuan yang berbeda.

Resume data diri bertujuan menjelaskan mengenai latar belakang pendidikan dan pengalaman serta kemampuan yang dimiliki.

Sedangkan surat lamaran kerja bertujuan menggarisbawahi pengalaman yang paling berkesan dalam resume dan menjelaskan mengapa pelamar adalah kandidat yang paling tepat untuk posisi tersebut.

Kerugian lainnya adalah orang cenderung menggunakan template pertama yang berhasil di temukan tanpa mau menggali lebih dalam lagi. Padahal ada sangat banyak template yang bisa digunakan.

Dan apabila mau membandingkan satu demi satu, akan bisa menemukan format surat lamaran kerja yang paling sesuai dengan yang dibutuhkan.


Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Di Indonesia penggunaan surat lamaran kerja berbahasa Inggris dilakukan jika yang dilamar adalah perusahaan asing dan/atau memiliki kecenderungan terhadap penguasaan Bahasa Inggris.

Sehingga surat lamaran yang ditulis dengan menggunakan Bahasa Inggris dapat dijadikan sebagai bukti bahwa pelamar memang lancar dalam berbahasa Inggris.

Berikut beberapa contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris berdasarkan jenis format surat. Kecuali format untuk melamar pada instansi pemerintahan yang telah menyediakan format khusus untuk diisi oleh pelamar.


1. Surat Lamaran Pekerjaan

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Surat Lamaran Pekerjaan

Miranda Lee

123 Sugar Ln

Sometown, ID 51111

(123)456-7890

[email protected]

 

Diana,

With over 8 years of writer experience and 5 years of editor experience I can confidently tell you I am an expert in writing and editing. Being a writer is the key to editorial work which is what I am most passionate about, and truth to be told very good at.

Known for excellent writing and editing skill, I have edited my own work in my whole career years as a writer and over 900k articles as an editor at Mill Mag. Additionally I’ve insight in scanning good topic to write. My five years at my previous position point to a track record of hitting goals and exceeding expectations.

I would be happy to bring my knowledge of writer and editor experience to your traveling magazine company with the opportunity to excel what I did before.

Thank you for your consideration,

 

Miranda Lee


2. Surat Melamar Pekerjaan

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Surat Melamar Pekerjaan

Miranda Lee

123 Sugar Ln

Sometown, ID 51111

(123)456-7890

[email protected]

 

Diana,

(Pembukaan: alasan kenapa pelamar ‘meminta’ pekerjaan)

I was hoping to learn more from you about potential employment opportunities currently open at LoveToTravel Magazine. It is a company I think highly of and would love to learn more about. Based on what I already know, LoveToTravel Magazine’s customer service and company culture are a couple of things that interest me the most.

(Badan surat: jelaskan secara menyeluruh mengenai resume, pengalaman, serta kemampuan yang dimiliki)

As an expert writer and editor, I’ve worn many hats but am most passionate about my successes in editorial position. I have helped over 900.000 other writers in editing their works and point out on how to writer better and better, and how to pick niche in choosing topics to write. Then I have helped those writers develop their skill in writing various topics.

I appreciate your time and look forward to hearing back. If you don’t have any current openings, feel free to hang on to my resume (attached) and contact me in the future.

 

Sincerely,

 

Miranda Lee


3. Surat Melamar Pekerjaan Pada Rekanan

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Surat Melamar Pekerjaan Pada Rekanan

Miranda Lee

  • gar Ln

Sometown, ID 51111

(123)456-7890

[email protected]

 

(Salam sapaan menggunakan bahasa percakapan yang santai)

Hi Luke,

I hope all is well. I just wanted to reach out about potentially meeting to gather some insight as a top profession in our field.

As you know from our time working at Indigo Magz, I have always enjoyed working in editorial positions. Most recently, I have helped writers navigate their writing skills, editing over nine hundred thousand articles at Mill Mag. I have made those same writers three times more likely to get none editorial notes than who don’t meet me as their editor.

(Badan surat: jelaskan jenis pekerjaan yang dicari dan tujuan yang ingin dicapai)

I’m currently looking for a new career venture, ideally with the ability to work one-on-one with writers, since I enjoy the personal element in helping others.

If you have time to talk or have a cup of coffee that would be great, otherwise I’d appreciate your feedback and good words.

 

Best,

Miranda Lee


4. Surat Lamaran yang Tidak Melamar Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Surat Lamaran yang Tidak Melamar Kerja

(Keterangan: contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris ini menggunakan format email)

To: [email protected]

Subject: Confirmation of Application

Dear Emma,

Hello, I am Laura Smith and I got the information that currently IAMWED is hiring for new writer and editor. In the light of that, I would like to apply for the writer job. I’ve submit my application through the application page and this email would serve as my confirmation letter for my application.

In this email, I attached a sample of my work.

I have a high dedication on what I do that doesn’t mess up with my Believe and religion. I have big hope to be able to join your team and become one of your writers. 

 

Best Regards,

Laura Smith


5. Surat Lamaran Melalui Email

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Surat Lamaran Melalui Email

To: [email protected]

Subject: Business Development Role

Hi Diana,

As a quick introduction, I graduated from Georgetown with my MBA in 2015 and have been working in Miracle for the last year. I’m reaching out in regards to the business development role at LoveToTravel Magazine. I’m originally from California, and I recently moved back to California from San Francisco.

I have my undergraduate degree from Washington University in St. Louis in Marketing and my MBA in Finance and Management from Georgetown. In my previous two positions, I worked with teams of 4-5 people and independently executed and managed various investment and portfolio operations, including sales strategy and marketing. I think the position in LoveToTravel Magazine would be a great fit for me.

I have attached my resume below. I’m looking forward to finding out if I’m a match for this position! Thank you for your time.

 

Best,

Hana Kim

Mobile: (123) 123-4567

Email: [email protected]


Tips Menulis Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Setelah mencermati penjelasan serta contoh di atas, perlu diperhatikan beberapa hal lain dalam menulis contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa tips mengenai apa saja yang perlu diperhatikan:

1. Jangan Kosongi Kolom Subject Di Email

Jika surat lamaran dikirimkan melalui email, jangan pernah mengosongi kolom subject.

Periksa kembali apakah ada perintah khusus mengenai bagaimana kolom subject harus diisi. Bisa juga menggunakan kolom subject untuk menjual diri, misalnya ‘Experienced Writer Seeks Editorial Position’.

2. Buat Surat Yang Pendek Tapi Tepat Sasaran

Pastikan untuk membuat surat lamaran sesingkat mungkin namun tetap tepat sasaran. Karena pasti penanggung jawab proses hiring akan membaca banyak surat lamaran.

Menulis surat lamaran yang singkat, padat, dan jelas akan meninggalkan kesan yang lebih mendalam.

3. Harus Percaya Diri

Harus percaya diri, artinya tak perlu malu untuk mengatakan alasan kenapa pelamar layak untuk mendapatkan posisi jabatan tersebut. Surat lamaran berfungsi sebagai marketing tools pelamar terhadap posisi pekerjaan yang tersedia.

4. Buatlah Resume Yang Bernilai

Jangan hanya sekedar menulis resume ala kadarnya. Beri ‘nyawa’ dalam resume dan tekankan secara mendetail mengenai kemampuan dan pengalaman yang dimiliki.

Meski surat lamaran adalah kesan pertama yang bisa menentukan nasib kelanjutan dari lamaran, namun resume merupakan inti dari kenapa pelamar harus dipekerjakan.

5. Riset Dengan Benar Perusahaan Yang Dilamar

Perlunya riset tentang kecenderungan perusahaan yang dilamar. Riset dapat dilakukan dengan menggali informasi tentang perusahaan melalui website, forum, atau bahkan ulasan-ulasan mengenai produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.

Lalu sesuaikan surat lamaran yang dibuat dengan apa yang paling dibutuhkan perusahaan.

6. Gunakan Informasi Loker

Gunakan informasi mengenai lowongan kerja sebagai panduan utama dalam menulis surat lamaran kerja. Biasanya informasi lowongan pekerjaan mencantumkan apa saja yang diharapkan oleh perusahaan dari para pelamar.

Karenanya sesuaikan isi surat lamaran dengan menuliskan bahwa kriteria yang dikehendaki dapat dipenuhi oleh pelamar.

7. Cek Ejaan Kembali Grammar

Pastikan untuk mengecek kembali ejaan dan grammar. Penanggung jawab proses hiring akan kehilangan minat pada pelamar yang memiliki kesalahan pada ejaan apalagi melakukan kesalahan

Menulis contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris itu gampang-gampang susah. Kelihatannya sederhana, namun saat dilakukan akan menguras banyak waktu.

Terlebih dalam menyusun bagaimana surat lamaran tersebut dapat mewakili pribadi pelamar.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk melihat-lihat terlebih dahulu contoh-contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris yang ada dan temukan sendiri format yang paling sesuai.

Selain itu riset terhadap kecenderungan perusahaan juga harus dilakukan untuk lebih mendukung isi surat lamaran yang dibuat. Serta buat resume diri dan portfolio semenarik mungkin, karena pasti akan meninggalkan kesan yang mendalam.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Tinggalkan Balasan