4+ Contoh Surat Permintaan Penawaran dan Cara Membuatnya

Contoh Surat Permintaan Penawaran

Contoh Surat Permintaan Penawaran – Pada dasarnya surat memang telah dikategorikan dalam dua jenis yang utama yaitu surat resmi beserta surat pribadi atau non resmi.

Contoh surat permintaan penawaran sendiri menjadi bagian dari surat resmi yang seringkali digunakan sebagai platform promosi atau pun penawaran produk.

Melalui surat ini juga nantinya pelaku bisnis maupun klien bisa mengajukan permintaan serta penawaran atas kerjasama yang akan dilakukan. Namun, apa saja yang perlu diperhatikan dalam penulisan surat penawaran? Mari simak ulasan berikut:


Mengenal Surat Penawaran Permintaan

Mengenal jenis-jenis surat tentunya sudah menjadi satu materi wajib yang telah dipelajari pada masa sekolah dasar.

Umumnya pada jenjang sekolah dasar, surat diperkenalkan sebagai alat komunikasi yang terbagi atas dua jenis yaitu resmi serta non resmi.

Pada surat resmi sendiri juga masih dibagi lagi dalam 8 jenis yang berbeda dimana salah satunya adalah surat permintaan penawaran.

Umumnya surat penawaran ini sendiri adalah surat niaga yang menghubungkan kerjasama bisnis antara penjual serta pembeli.

Adanya surat penawaran ini menjadi satu hal yang penting bagi penjual supaya bisa menawarkan produk kepada pembeli.

Melalui adanya surat permintaan juga penawaran inipun tentunya penjual bisa sekalian mempromosikan produk dengan lebih profesional.

Hal ini tentunya menjadi poin yang bisa menguntungkan penjual dimana produk yang ditawarkan mendapatkan kepercayaan dari calon pembeli.

Tentunya dengan adanya surat ini pun perusahaan atau pihak penjual juga bisa mendapatkan kepercayaan lebih tinggi dari calon pembeli.

Pada peraturan yang ada pun nantinya surat penawaran ini juga akan menggunakan format penulisan yang harus dipatuhi oleh penjual.

Hal ini dilakukan supaya nantinya surat dapat tersampaikan dengan tepat kepada calon penjual maupun client.

Inilah kemudian yang membuat contoh surat permintaan penawaran menjadi hal yang penting untuk diketahui oleh penjual.

Melalui surat inilah nantinya penjual bisa dilakukan dengan lebih profesional untuk melakukan kerjasama dengan client.


Apa yang Perlu Diperhatikan dalam Surat Penawaran Permintaan?

Tentunya mengetahui informasi terkait apa saya yang tertera dalam surat permintaan penawaran adalah hal yang penting.

Bahkan mengetahui informasi ini juga menjadi poin yang perlu diketahui sebelum kemudian mengetahui bagaimana contoh surat permintaan penawaran.

Melalui informasi inilah nantinya informasi lengkap terkait surat juga bisa tersampaikan dengan baik. Lalu, apa saja poin tersebut? Mari simak ulasan berikut untuk informasi lengkapnya:

1. Berisi Informasi Terkait Perusahaan Penjual

Hal pertama yang perlu diperhatikan oleh pihak yang akan menuliskan surat permintaan penawaran tentunya adalah terkait informasi yang diberikan. Umumnya surat satu ini akan berisi informasi tentang perusahaan penjual.

Informasi lain yang harus tercantum adalah terkait produk yang ditawarkan pada calon pembeli. Tentunya dua informasi ini menjadi poin utama yang perlu diperhatikan dalam surat penawaran juga permintaan.

2. Menggunakan Format Surat Resmi

Poin lain yang perlu diperhatikan adalah penggunaan format surat resmi yang tepat. Seperti yang sempat dibahas sebelumnya bahwa surat permintaan penawaran adalah bagian dari surat resmi.

Hal inilah kemudian yang membuat penulis harus menggunakan bahasa baku juga formal dalam penulisannya. Tentunya penggunaan format surat resmi yang lengkap, padat dan jelas juga menjadi poin yang perlu digunakan dalam penulisan surat ini.

3. Ditulis untuk Meyakinkan Pembeli

Surat permintaan penawaran pada dasarnya adalah surat yang ditulis untuk meyakinkan calon pembeli supaya menggunakan/ membeli produk yang ditawarkan.

Hal inilah kemudian yang membuat penjual harus mencantumkan nama perusahaan serta produk dengan tepat juga benar.

Melalui informasi inilah nantinya penjual bisa menawarkan produk dan mempromosikan produk dengan lebih profesional. Tentunya pihak penjual juga akan mendapatkan branding kredibilitas yang lebih baik melalui surat permintaan penawaran.

4. Menunjukkan Kemampuan Pemenuhan Distributor

Poin lain yang bisa dicantumkan dalam surat permintaan penawaran adalah informasi terkait kemampuan dari penjual atau pun distributor dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Hal ini menjadi poin penting untuk membuat calon pembeli percaya.

Umumnya untuk dapat memasukkan poin ini dalam surat tentulah penjual atau distributor harus mengetahui apa saja kebutuhan dari calon pembeli. Melalui informasi inilah kemudian jasa/ produk dapat ditawarkan sesuai kebutuhan.

5. Lampirkan Harga Produk

Hal yang tidak kalah penting dalam contoh surat permintaan penawaran adalah adanya lampiran harga yang dicantumkan. Poin ini juga menjadi hal penting yang harus diinformasikan kepada calon pembeli.

Pertimbangan harga yang yang telah diberikan oleh distributor atau penjual kepada pembeli nantinya akan menjadi tolak ukur jumlah pemesanan yang dilakukan. Hal inilah kemudian yang membuat surat permintaan penawaran harus menyertakan harga.

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Produk


Contoh Surat Permintaan

Mengenal contoh surat permintaan penawaran memang menjadi penting bagi pelaku bisnis baik dari sisi penjual maupun pembeli. Melalui surat inilah nantinya kerjasama bisa dilakukan dengan lebih profesional.

Pada sisi calon pembeli atau perusahaan yang akan mengajukan pembelian sendiri tentunya membuat surat permintaan adalah hal yang perlu dilakukan. Lalu, bagaimana contoh dari surat permintaan untuk mengajukan pembelian barang? Mari simak ulasan berikut:

1. Surat Permintaan Pembelian Barang Elektronik

Seperti yang sempat dibahas sebelumnya bahwa dari segi pembeli sendiri, surat yang bisa diajukan adalah surat permintaan. Pada surat ini nantinya calon pembeli bisa meminta informasi terkait barang yang akan ditawarkan oleh penjual.

Tentunya pada surat permintaan ini nantinya pihak yang mengajukan surat akan meminta bantuan produk atau pun pengiriman produk sesuai dengan kebutuhan. Lalu, bagaimana contohnya? Berikut ulasannya:

Surat Permintaan Pembelian Barang Elektronik
Box content

  1. UMMA

Jl. Sawahan Kec. Tanjunganom, Kab. Nganjuk – Jawa Timur

No. Telp: 08661431 email: [email protected]

 

6 September 2023

 

Nomor : 093/144.097/09/09/2023

Perihal : Permohonan Barang

Lampiran : –

 

Kepada Yth,

Pemilik Toko Albarokah

di tempat

 

Dengan hormat,

Bersamaan dengan akan diadakannya pembaharuan fasilitas kantor maka, saya selaku bendahara PT. UMMA mewakili perusahaan untuk mengajukan permintaan barang elektronik berupa :

  1. 4 Komputer
  2. 4 CPU
  3. Selanjutnya 4 Printer
  4. Dan yang terakhir 2 Mesin Foto Copy

 

Sehubungan dengan pemesanan yang akan perusahaan kami lakukan maka, kami mengharapkan supaya Toko Albarokah berkenan mengirimkan data terkait produk yang kami pesan beserta daftar harga yang tertera.

Demikian surat permintaan ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Semoga kerjasama antar PT. UMMA dan Toko Al Barokah bisa segera terjalin dengan lancar dan baik. Atas perhatian dari Bapak/ Ibu pimpinan Toko Al Barokah kami sampaikan terima kasih.

Bendahara PT. UMMA

 

Kristant

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Barang

2. Contoh Surat Permintaan Pemesanan

Contoh surat permintaan penawaran berikutnya masih berkutat seputar surat permintaan. Namun, pada contoh kali ini bisa dilihat bagaimana contoh permintaan barang yang telah ditawarkan sebelumnya oleh distributor maupun penjual.

Pada kategori surat ini nantinya juga bisa dianggap sebagai surat pesanan yang dilakukan oleh calon pembeli. Supaya bisa mengetahui lebih detail contohnya maka, mari simak ulasan berikut:

Contoh Surat Permintaan Pemesanan
Box content

  1. NIANI

Jl. Gatot No, 66 Kabupaten Kediri Jawa TImur

Telp : 03175675

 

Kediri, 23 Agustus 2024

 

Nomor : 876/08.887/ 932/9/10/24

Perihal : Pesanan

 

Lampiran : –

Yth Pimpinan Toko Kain Avian

di tempat

 

Hormat kami,

Sehubungan dengan akan diselenggarakannya pameran seni terkait dengan hari kain sedunia maka, perusahaan kami bermaksud untuk melakukan pemesanan kain dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Batik Mega Mendung 4 Meter
  2. Batik Betawi 4 Meter
  3. Selanjutnya Batik Lasem 3 Meter
  4. Batik Sidoluhur 5 Meter
  5. Terakhir Batik Bali 4 Meter

 

Bersama surat ini sekiranya Bapak/ Ibu pimpinan Toko Kain Avian bersedia memberikan informasi detail terkait kain yang kami pesan beserta dengan harga yang telah ditetapkan.

Kami harapkan akan segera ada tanggapan atas surat yang telah kami kirimkan untuk kemudian kerjasama bisa segera dilakukan.

Demikian atas surat yang telah kami jelaskan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Sekretaris PT. NIANI

 

Hayi


Contoh Surat Penawaran

Apabila sebelumnya telah mengetahui contoh surat permintaan maka, hal berikutnya adalah memahami bagaimana contoh dari surat penawaran itu sendiri. Tentunya poin satu ini menjadi hal penting sebagai informasi contoh surat permintaan penawaran bagi pelaku usaha.

Khususnya bagi pelaku bisnis yang ingin menawarkan barang pada calon pembeli dengan lebih profesional. Lalu, bagaimana contoh dari pembuatan surat penawaran ini? Mari simak ulasannya berikut:

1. Surat Penawaran ke Sekolah

 

Pada contoh surat penawaran yang pertama bisa menggunakan contoh penawaran untuk perlengkapan sekolah. Tentunya penawaran ini nantinya dapat dilakukan dengan pihak sekolah.

Mulai dari buku paket, LKS atau bahkan peralatan sekolah lain bisa menjadi pilihan untuk ditawarkan kepada pihak sekolah. Supaya bisa mengetahui bagaimana contoh dari surat ini maka, mari simak ulasan berikut:

Surat Penawaran ke Sekolah
Box content

Toko Buku Bintang

Jl. Dro. Sutomo No, 90 Kec. Tanjunganom, Kab. Nganjuk-Jawa Timur

Email: [email protected] Telp: 6075424

 

Nganjuk, 5 Februari 2025

 

Nomor : 973/977.082/8/2/25

Perihal : Penawaran

Lam : 1 Lembar

 

Kepada Yth,

Bapak/ Ibu Kepala Sekolah SDN 1 Tanjunganom

di tempat

 

Dengan hormat,

Berkenaan dengan datangnya surat ini kami selaku Toko Buku Bintang menawarkan buku paket kepada SDN 1 tanjunganom. Sekitarnya Bapak/ Ibu Kepala Sekolah berkenan untuk memberikan fasilitas tambahan berupa buku pelajaran untuk anak/ murid didik.

Perusahaan kami menyediakan berbagai macam buku paket untuk anak sekolah dasar mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 dengan kualitas terbaik.

Sebagai bahan pertimbangan kami juga telah melampirkan daftar buku paket yang dapat dipesan beserta dengan harga per satuannya.

Semoga melalui adanya surat penawaran ini maka,kerjasama antara Toko Buku Bintang dan SDN 1 Tanjunganom bisa segera terjalin. Sekiranya kami sangat menunggu adanya konfirmasi berupa balasan atas surat penawaran yang kami kirimkan.

Akhir kata kami ucapkan terima kasih atas waktu yang telah Bapak/ Ibu luangkan.

Hormat saya

Pemilik Toko Bintang

 

……………….

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Harga

2. Surat Penawaran Catering

Surat Penawaran Catering

Contoh berikutnya adalah terkait penawaran menu makanan yang ditawarkan oleh pemilik usaha catering. Tentunya dalam penawaran ini nantinya akan ada menu sebagai penawaran yang dilakukan kepada client seperti halnya berikut:

Surat Penawaran Catering
Box content

Tya Catering

Jl. Tulus No. 109 Kec. Tanjunganom, Kab. Kediri-Jawa Timur

No. Telp/ Wa : 37464202

 

Kediri, 2 Februari 2026

 

Nomor : 97/826/373.982/04/02/26

Perihal : Penawaran

Lampiran : 1 Lembar

 

Yth, Pimpinan PT UMMA

ditempat

 

Dengan hormat,

Berkenaan dengan datangnya surat ini maka, saya selaku pemilik usaha Tya Catering bermaksud untuk memberikan penawaran kepada perusahaan Anda.

Melalui surat ini saya bermaksud menawarkan berbagai macam menu makan siang ataupun menu nasi box untuk kegiatan kantor.

Sebagai bahan pertimbangan saya telah melampirkan 1 lembar daftar menu yang bisa dari Tya Catering. Sekiranya melalui surat ini saya berharap akan ada kerjasama yang terjalin antara Tya Catering dengan PT UMMA sebagai partner kerja.

Demikianlah surat penawaran ini saya sampaikan. Saya ucapkan terima kasih atas waktu yang diberikan.

Hormat saya

 

Tya Arie

Begitulah tadi sekilas contoh surat permintaan penawaran yang bisa dijadikan referensi bagi siapa saja yang akan membuat penawaran bisnis.

Tentunya bagi calon pembeli pun juga bisa menggunakan contoh tersebut diatas untuk menanggapi surat penawaran yang datang melalui surat permintaan/ permohonan.

Contoh Surat Permintaan Penawaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *