Kerajaan Kalingga

Kerajaan Kalingga – Dalam sejarah kerajaan kalingga merupakan kerajaan yang berkembang pada sekitar abad ke 6 Masehi sampai abad ke 7 Masehi. Kerajaan tersebut bercorak Hindu-Budha dan diperkirakan terletak di bagian Utara Jawa Tengah.

Berikut ini merupakan cerita Sejarah, Kejayaan, Runtuhnya dan cerita Kehidupan, Silsilah Raja sampai dengan Peninggalan kerajaan.


Sejarah Kerajaan Kalingga

Kerajaan Kalingga merupakan kerajaan yang bercorak kan Hindu-Buddha. Di mana letak Kerajaan Majapahit? Pada sekitar abad ke 6 Masehi sampai abad ke 7 Masehi kerajaan ini berkembang di Nusantara, tepatnya di bagian Utara Jawa tengah. Wilayah dari kerajaan tersebut mencangkul Pekalongan hingga ke Jepara.

Sejarah Kerajaan Kalingga
Sejarah Kerajaan Kalingga
https://i0.wp.com/

Kerajaan tersebut menggunakan Bahasa Sansekerta, Jawa Kuno (Kawi) dan juga Melayu Kuno. Sedangkan untuk agama sendiri kerajaan tersebut menggunakan agama Hindu-Budha.

Sapinya Syailendra merupakan pendiri dari Kerajaan Kalingga. Beliau berasal dari Dinasti Syailendra. Kerajaan tersebut juga mempunyai beberapa nama lain, diantaranya Kerajaan Holing, Kerajaan Heling dan yang terakhir Kerajaan Keling. 

Berdasarkan catatan pada sejarah, kerajaan ini juga berhasil menjadi pusat agama Buddha. Hwinging merupakan nama pendeta yang ikut berperan pada masa itu. 

Wilayah dari Kerajaan ini mencakup pesisir pantai Utara yang berada di Jawa Tengah sampai dengan wilayah pedalaman yang ada di bagian selatan. Sedangkan pemerintahan diperkirakan pernah berpusat di Pekalongan, Jepara. Adapun masa kejayaan dan runtuhnya dari kerajaan tersebut sebagai berikut!

  • Kejayaan Kerajaan Kalingga

Masa Kejayaan
Masa Kejayaan
https://jenis.net/

Masa Kejayaan Kerajaan Kalingga dimulai pada masa pemerintahan Ratu Shima. Ratu Shima merupakan istri dari Raja Kartikeyasingha, ia naik tahta menggantikan suaminya.

Ratu Shima dikenal sebagai pemimpin yang tegas dan tanpa pandang bulu dalam menegakkan hukum. Hal ini diperkuat dengan bukti pernah menjatuhkan hukum kepada anaknya yang tidak sengaja menyetuh benda yang bukan miliknya. 

Pada masa pemerintahan Ratu Shima kebijakan luar negeri menjalin kerjasama dengan Kerajaan Galuh dan juga Kerajaan Sunda. Sedangkan kebijakan dalam negeri kerajaan sangat memperhatikan pembangunan yang ada di bidang pertanian dan juga perdagangan. 

Jaringan irigasi yang ada sangat mendukung sektor di bidang pertanian, hasil yang diperoleh berhasil meningkat dengan pesat. Sedangkan dari sektor perdagangan, kerajaan membangun pelabuhan yang mudah diakses.

Baik itu buat pedagang yang ada di dalam negeri maupun yang berada di luar negeri. Kulit penyu, emas, perak, cula badak dan gading gajah merupakan komodotif yang di tawarkan oleh Kerajaan. 

Sehingga pada masa pemerintahan kerajaan kehidupan sosial dapat berjalan secara teratur, hal ini didukung dengan penegakan hukum yang tegas. Sehingga masyarakat bisa mengerjakan kegiatan mereka dengan lancar tanpa menemui hambatan.

Baca Juga: Kerajaan Banjar
  • Runtuhnya Kerajaan Kalingga

Runtuhnya Kerajaan
Runtuhnya Kerajaan
https://1.bp.blogspot.com/

Jika masa kejayaan kerajaan terjadi pada masa pemerintahan Ratu Shima, runtuhnya kerajaan juga terjadi setelah Ratu Shima wafat. Sebelumnya beliau membagi Kerajaan menjadi dua yang akan diserahkan ke anak-anaknya. 

Kerajaan yang pertama bernama Kerajaan Keling (Bhumi Sambhara), kerajaan tersebut berada di bagian Utara, tepatnya berpusat di wilayah Magelang dan dipimpin oleh Iswara Kesawalingga.

Kerajaan yang selanjutnya adalah Kerajaan Medang (Bhumi Mataram) kerajaan ini dipimpin oleh Dewi Parwati. Dimana kedua kerajaan tersebut akan bersatu apabila Rakai Panangkaran dari Kerajaan Medang, menikah dengan Satya Dharmika dari Kerajaan Keling dan berakhir dengan membentuk Wangsa Syailendra. Kerajaan Kalingga sendiri bertahan kurang lebih selama satu abad.


Kehidupan Kerajaan Kalingga

Kehidupan yang ada pada kerajaan ini terbagi menjadi 3, yakni ada kehidupan politik, kehidupan ekonomi dan yang terakhir ada kehidupan sosial. Lalu bagaimana cerita kehidupan pada masa kerajaan tersebut? Simak penjelasan berikut ini!

  • Kehidupan Politik Kerajaan Kalingga

Kehidupan Politik
Kehidupan Politik
https://i.ytimg.com/

Politik dari Kerajaan ini masih belum banyak yang mengetahui. Tetapi pada sumber-sumber sejarah yang ada banyak yang mengisahkan bahwa pada saat masa kerajaan ini tidak ada perebutan kekuasaan. Dimulai dari masa pemerintahan pendirinya yakni Prabhu Wasumurti sampai dengan masa pemerintahan Ratu Shima. 

Pada sumber-sumber tersebut menceritakan bahwa pergantian kekuasaan dapat dijalankan dengan damai. Kerajaan ini juga mempunyai hubungan yang baik dengan Kerajaan Tarumanegara, terutama pada kerajaan Galuh. Hubungan tersebut dilandaskan dengan pernikahan. 

Pada abad ke-7 Kerajaan Kalingga dan juga Kerajaan Tarumanegara harus berada di bawah kekuasaan Sriwijaya ketika Sri Jayanasa mengirim dan menaklukkan Jawa.

  • Kehidupan Ekonomi Kerajaan Kalingga

Kehidupan Ekonomi
Kehidupan Ekonomi
https://1.bp.blogspot.com/

Kehidupan pada masyarakat dari segi Ekonomi kerajaan dapat dilihat dari beberapa berita Cina. Pada berita tersebut diketahui bahwa penduduk Ho-Ling mendapatkan hasil dari kulit penyu, emas, perak, cula, badak dan juga gading gajah.

Kerajaan Ho-Ling terkenal sebagai kerajaan yang makmur karena disana juga ditemukan sebuah gua yang dapat menghasilkan garam. 

Penduduk dari kerajaan ini juga ahli dalam membuat minuman keras yang berbahan bunga kelapa. Bukan hanya itu, Kerajaan ini juga mendirikan pusat perdagangan ke luar wilayah melalui Pelabuhan yang ada di Pekalongan atau di pesisir kuno yang berada di wilayah bagian utama wilayah Jawa dengan Gunung Muria

  • Kehidupan Sosial Kerajaan Kalingga

Kehidupan Sosial
Kehidupan Sosial
https://akumaubelajar.com/

Kehidupan pada aspek sosial dari kerajaan Kalingga juga dijelaskan dalam berita Cina, dimana masyarakat tersebut menggunakan tikar yang berasal dari kulit bambu. Kebiasaan makan yang ada di masyarakat juga menggunakan tangan.

Masyarakat pada wilayah ini juga diketahui hanya sedikit yang dapat membaca dan juga mengetahui ilmu perbintangan.  Masyarakat dari kerajaan ini sering mengunjungi Gunung Muria yang berada tepat di sebelah Utara, atau berada di daerah pegunungan yang ada di sebelah selatan. 

Sedangkan untuk agama yang banyak dianut adalah agama Hindu Siwa yang dekat dengan agama Budha. Ratu Shima juga berhasil menerapkan hukum yang sangat tegas, tanpa pandang bulu. Akibat dari sifat itulah Ratu Shima banyak banyak dicintai oleh masyarakat berkat dan juga ditakuti berkat ketegasannya.


Raja Kerajaan Kalingga

Siapa raja kerajaan kalingga? Kerajaan Kalingga pada awalnya dipimpin oleh Prabu Washumurti, yang kemudian diteruskan oleh raja-raja lainnya. Lalu siapa saja yang menjadi raja-raja dari kerajaan tersebut? 

Berikut ini silsilah dari kerajaan kalingga !

  • Prabu Washumirti (594 Masehi sampai pada tahun 605 Masehi)

Prabu Washumurti merupakan raja pertama yang ada di Kalingga. Beliau memerintah selama sebelas tahun

  • Prabu Wasugeni (605 Masehi sampai pada tahun 632 Masehi)

Setelah Prabu Wahumurti wafat, beliau digantikan oleh salah satu putranya, yakni bernama Prabu Wasugeni. Beliau menjabat di kerajaan selama 27 tahun dan telah memiliki anak yang diberi nama Wasudewa (Kirathasingha) dan putri Wasumurti (Ratu Shima)

  • Prabu Wasudewa (632 Masehi sampai pada tahun 652)

Pada saat Prabu Wasuge ni wafat, kepemimpinan Kerajaan digantikan oleh putranya yang bernama Prabu Wasudewa dan mengisi kedudukan raja yang sebelumnya kosong

  • Prabu Kirathasingha (632 Masehi sampai pada tahun 648 Masehi)

Kerajaan selanjutnya dipimpin oleh Prabu Kirathasingha menjabat pada sekitar tahun 632 Masehi sampai dengan tahun 648 Masehi.

  • Prabu Wasukawi (652 Masehi)

Silsilah raja ke 5 yakni, Prabu Wasukawi. Pada masa pemerintahan ini tidak ada penjelasan khusus. Tetapi diketahui beliau pernah menjabat sebagai raja dari penguasa Kalingga

  • Prabu Kartikeyasingha (648 Masehi sampai pada tahun 674 Masehi)

Prabu Kartikeyasingha yang telah menikah dengan Dewi Wasuwari atau Ratu Shima yang merupakan putri dari Prabu Wasugeni. Prabu Kartikeyasingha diketahui naik tahta dan menjabat selama kurang lebih 26 tahun

  • Ratu Shima (674 Masehi Masehi sampai pada tahun 695 Masehi)

Raja terakhir dari kerajaan Kalingga adalah Ratu Shima. Ratu Shima dikenal sebagai pemimpin yang tegas terhadap siapapun. Beliau menggantikan suaminya yang wafat. Pada masa Ratu Shima juga lah kerajaan mencapai puncak dari kejayaan.


Peninggalan Kerajaan Kalingga

Kerajaan Kalingga juga meninggalkan beberapa peninggalan-peninggalan yang masih di jaga hingga saat ini.eninggalan-peninggalan tersebut meliputi. 

  • Prasasti

Contoh Prasasti
Contoh Prasasti
https://wilwatiktamuseum.files.wordpress.com/

Prasasti juga merupakan salah satu peninggalan dari kerajaan Kalingga. Pada kerajaan ini terdapat 2 prasasti yakni

  • Prasasti Tuk Mas

Merupakan prasasti yang ditemukan di lereng barat  Gunung Merapi yang berisi pesan mengenai hubungan manusia dengan dewa-dewa Hindu

  • Prasasti Sojomerto

Prasasti Sojomerto merupakan prasasti yang ditemukan di Desa Sojomerto, Jawa Tengah. Dalam prasasti tersebut terdapat silsilah dari keluarga Dapunta Syailendra sebagai pencetus Kerajaan Kalingga

  • Candi

Contoh Candi
Contoh Candi
https://ksmtour.com/

Candi merupakan salah satu dari peninggalan kerajaan Kalingga. Pada kerajaan ini terdapat 2 candi yang ditemukan yakni.

  • Candi Angin 

Candi angin merupakan candi yang terletak di wilayah kecamatan Keling. Menurut sejarah, Candi Angin merupakan candi yang pernah dijadikan tempat dari penyembahan. Hal ini dikarenakan ditemukannya sebuah pusaran yang ada di bangunan Candi.

  • Candi Bubrah

Candi Bubrah merupakan candi yang terletak di Desa Tempur, Jepara. Candi Bubrah diduga sebagai pintu utama sebelum menuju Candi Angin, karena jarak dengan Candi Angin hanya sekitar 500 meter.

Baca Juga: Kerajaan Majapahit
  • Berita Cina

Contoh Berita Cina
Contoh Berita Cina
https://d220hvstrn183r.cloudfront.net/

Berita Cina merupakan peninggalan terakhir dari kerajaan. Berita Cina merupakan berita yang menjelaskan lebih banyak tentang Kerajaan Kalingga.

Berita tersebut berisi antara lain: Posisi kerajaan yang berada di Jawa, kegiatan perekonomian masyarakat, komoditas dagang yang ada pada saat itu, dan agama yang berkembang. Catatan-catatan Cina tersebut terbagi menjadi 4 yakni.

  1. Catatan Dinasti Tang
  2. Catatan I-Tsing
  3. Naskah Wai-Tai-Ta
  4. Catatan Dinasti Ming

Penutup

Demikian penjelasan tentang kerajaan Kalingga. Mulai dari sejarah awal masuknya kerajaan, masa kejayaan dari kerajaan sampai dengan masa runtuhnya.

Kemudian dilengkapi dengan sekolah cerita tentang kehidupan yang terjadi pada masa itu, silsilah dari kerajaan serta peninggalan-peninggalan yang masih terjaga dan masih bisa kita temui. 

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan tentunya bisa menambah wawasan buat kalian semua terutama pada bidang sejarah dari kerajaan-kerajaan terdahulu!


Kerajaan Kalingga
Sumber Refrensi:

https://www.studiobelajar.com/kerajaan-kalingga/
https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/sejarah-kerajaan-kalingga-9732/
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210603134030-31-649938/sejarah-kerajaan-kalingga-dan-jejak-peninggalannya

Default image
FITRI
"Menulis menjadi sebuah solusi dalam menuangkan beban yang tak pernah tersampaikan lewat sebuah ucapan"

Leave a Reply

error: Content is protected !!