Kerajaan Medang Kamulan

Kerajaan Medang Kamulan – Medang Kamulan merupakan kerajaan yang dibangun oleh Mpu Sindok dan terletak di Sungai Brantas yang memiliki ibukota Wantas Mas. Kerajaan tersebut merupakan kerajaan yang bercorak Hindu.


Sejarah Kerajaan Medang Kamulan

Sejarah Kerajaan Medang Kamulan
Sejarah Kerajaan Medang Kamulan
https://4.bp.blogspot.com/

Di mana letak Kerajaan Medang Kamulan? Kerajaan Medang Kamulan merupakan kerajaan yang berada di Jawa Timur, tepatnya pada abad ke-10 yang merupakan lanjutan dari Kerajaan Mataram Kuno. Pada saat itu Kerajaan Kini memindahkan pusat kerajaannya, yang awalnya berada di Jawa Tengah pindah ke Jawa Timur.

Mpu Sindok, merupakan pendiri kerajaan ini, beliau juga pendiri dari Dinasti Isyana yang kemudian menurunkan raja-raja di Medang.

Penyebab Kerajaan Mataram Kuno memindahkan pusat kerajaannya adalah dikarenakan adanya letusan Gunung Merapi, sehingga mengakibatkan kerajaan yang harus dipindahkan ke Jawa Timur.

Masa Kejayaan Kerajaan Medang Kamulan

Masa Kejayaan Kerajaan
Masa Kejayaan Kerajaan
https://i1.wp.com/

Kerajaan Medang Kamulan mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Raja Airlangga. Pengalaman Hidup dari Raja Airlangga sendiri telah di ceritakan di dalam kitab Arjuna Wiwaha yakni karya dari Mpu Kanwa.

Kemudian setelah Raja Airlangga mencapai puncak kejayaannya, beliau memasuki masa Kependetaan. Sehingga tahta yang pada awalnya dipegang harus diserahkan kepada putri dari permaisuri. Tetapi putri lebih memilih untuk menjadi seorang petapa dengan gelar yang tersemat “Ratu Gitu Putri”. Karena hal tersebut terjadi akhirnya kerajaan diserahkan kepada kedua orang putra yang lahir dari selir Airlangga.

Karena kerajaan Airlangga diserahkan kepada kedua orang putranya, kerajaan ini akhirnya dibagi menjadi dua bagian, yakni Kerajaan Jenggala dan juga Kerajaan Kediri (Panjalu). Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya perang saudara.


Kehidupan Kerajaan Medang Kamulan

Kehidupan yang ada pada masyarakat Kerajaan Medang Kamulan dibagi menjadi 4 aspek yakni, Aspek Politik, Aspek Ekonomi, Aspek Agama dan Sosial. Berikut ini merupakan penjelasan dari masing-masing aspek yang ada!

Contoh Kehidupan Kerajaan
Contoh Kehidupan Kerajaan
https://ilmunik.com/
  • Kehidupan Bidang Politik Kerajaan

Kerajaan Medang Kamulan merupakan kerajaan dengan kondisi politik yang berprinsip dengan meneruskan tahta dari raja-raja berdasarkan garis keturunannya. Dimana Kerajaan ini hanya memiliki 5 raja saja yang salah satunya termasuk seorang wanita.

Tetapi meskipun hanya memiliki 5 orang raja saja, hal itu tampaknya tidak berdampak oleh Kerajaan Medang Kamulan, hal ini dikarenakan kerajaan tersebut terbilang kerajaan yang sangat maju dan bisa berkuasa dengan cukup lama beserta wilayah kekuasaan yang memang cukup luas.

  • Kehidupan Bidang Ekonomi Kerajaan Medang Kamulan

Kondisi ekonomi Kerajaan Medang Kamulan bisa dibilang berjalan dengan baik, apalagi pada bidang perdagangan. Bukan hanya itu, kerajaan juga mempunyai hasil laut yang melimpah. Sehingga masyarakat yang ada sangat makmur dan menyenangkan.

Karena perdagangan yang semakin dikenal, hal ini menyebabkan adanya rasa iri dari Kerajaan Sriwijaya, dimana kerajaan tersebut berusaha untuk menyaingi kerajaan Medang Kamulan. Sehingga munculah peperangan yang terjadi. Peperangan tersebut dimenangkan oleh Kerajaan Sriwijaya dan membuat kondisi ekonomi yang berada di wilayah Medang semakin merosot dan jatuh.

Baca Juga: Kerajaan Buleleng
  • Kehidupan Bidang Agama Kerajaan Medang Kamulan

Kerajaan Medang Kamulan merupakan kerajaan yang bercorak Hindu, hal inu karena sistem kepercayaan yang ada pada masyarakat berasal dari Mpu Sindok yang merupakan penganut Hindu Siwa.

Tetapi ada beberapa informasi berdasarkan peninggalan prasasti dari Kerajaan Medang Kamulan, prasasti tersebut menyatakan bahwa Raja Airlangga merupakan raja yang menganut paham Hindu Waisnawa atau Wisnu. Hal ini juga diperkuat dengan adanya arca Wisnu menaiki Garuda. Sehingga jika memang pernyataan tersebut benar, maka dapat disimpulkan bahwa Kerajaan tersebut pada awalnya menganut agama Hindu Siwa menjadi Hindu Waisnawa.

  • Kehidupan Bidang Sosial Budaya Kerajaan Medang Kamulan

Mpu Sindok merupakan pendiri dari Kerajaan Medang Kamulan. Mpu Sindok sendiri sudah dikenal sebagai seorang sastrawan, hal ini dikarenakan beliau sudah banyak menulis dan juga menyusun kitab suci dari agama Buddha, meskipun ia merupakan pemeluk agama Hindu. Hal ini bisa dijadikan sebuah bukti bahwa ternyata Mpu Sindok merupakan orang yang selalu peduli akan budaya.

Jika Mpu Sindok dikenal sebagai orang yang hebat dan peduli akan budaya, beda dengan Raja terakhir yakni Raja Airlangga, beliau merupakan sosok raja yang bijaksana dan selalu berusaha untuk memperjuangkan nasib rakyatnya. Beliau juga merupakan seseorang yang menghargai karya sastra para pujangga.

Mpu Kanwa menulis kisah tentang Arjuna Wiwaha, hal ini dikarenakan melihat kepribadian dari raja Airlangga yang memiliki.kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan juga para sastrawan. Sehingga munculah juga cerita pewayangan Ramayana Mahabarata dan juga kesenian wayang kulit.


Raja Kerajaan Medang Kamulan

Contoh Raja Kerajaan
Contoh Raja Kerajaan
https://sejarahkita.com

Siapa raja Kerajaan Medang Kamulan? Kerajaan Medang Kamulan juga dipimpin oleh beberapa orang yang pernah juga menjabat sebagai raja. Berikut ini merupakan daftar raja-raja dari Kerajaan Medang Kamulan.

Silsilah Kerajaan Medang Kamulan

  • Mpu Sindok

Beliau merupakan pendiri dari kerajaan ini. Mpu Sindok pernah memerintah kerajaan selama kurang lebih 20 tahun dan pada saat itu juga pernah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Beliau juga merupakan sastrawan yang menghasilkan banyak karangan tulisan.

  • Raja Sri Isyana Tunggawijaya.

Beliau merupakan raja pertama dan satu-satunya yang pernah memimpin kerajaan Medang Kamulan dengan berjenis kelamin perempuan. Beliau merupakan anak dari Mpu Sindok.

  • Sri Makuta Wangsa Wardhana

Raja penerus setelah masa pemerintahan dari Sri Istana beralih ke pada Sri Makutawangsawardhana. Beliau merupakan putra dari Ratu Isyana.

  • Dharmawangsa Teguh

Kerajaan Medang selanjutnya adalah Dharmawangsa, beliau menggantikan Sri Makuta yang telah wafat. Pada saat masa kepemimpinan beliau, kondisi ekonomi Kerajaan menjadi semakin ramai dan juga meningkatkan secara pesat. Sehingga hal ini membuat kerajaan Sriwijaya merasa iri, sehingga menyebabkan adanya persaingan untuk menjadi kerajaan yang paling makmur, hingga munculah peperangan yang dimaksudkan untuk perebutan wilayah kekuasaan.

  • Airlangga

Airlangga merupakan penerus kerajaan setelah Dharmawangsa wafat. Beliau merupakan putra dari raja Bedahulu Bali, Raja Udayana dan juga seorang Ibu dari Wangsa Isyana yang mempunyai nama Mahendradatta.

Perjalanan raja Airlangga menjadi seorang raja tidaklah berjalan dengan mulus. Pada saat Kerajaan Medang sedang melawan Kerajaan Sriwijaya, raja Airlangga melangsungkan pernikahan dengan putri Dharmawangsa. Raja tersebut memutuskan untuk kabur dan menyelamatkan diri dengan pengikutnya. Tetapi karena tekad yang kuat, Raja Airlangga berhasil menguasai kembali wilayah kerajaannya.

Baca Juga: Kerajaan Majapahit

Peninggalan Kerajaan Medang Kamulan

Contoh Peninggalan Kerajaan
Contoh Peninggalan Kerajaan
https://3.bp.blogspot.com/

Kerajaan Medang Kamulan juga meninggalkan beberapa bukti peninggalan-peninggalan yang ada

Peninggalan-peninggalan Kerajaan Medang Kamulan

  • Prasasti Mpu Sindok

Prasasti Mpu Sindok merupakan Prasasti yang menceritakan tentang masa pemerintahan dari Mpu Sindok.

  • Prasasti Tengaran

Prasasti Tengaran merupakan prasasti yang dibuat pada sekitar (933 Masehi), prasasti tersebut menceritakan tentang Mpu Sindok memerintah bersama dengan Istrinya yang bernama Sri Wardhani Pu Kabin atau Rakryan Bawang.

  • Prasasti Lor

Prasasti Lor merupakan prasasti yang dibuat pada sekitar tahun (939 Masehi), prasasti tersebut menceritakan tentang perintah untuk membuat candi yang bernama Jayamrata dan juga Jayastambo yang terletak di Desa Antik Lodang untuk memperingati kemenangan dari Mpu Sindok.

  • Prasasti Bangil

Prasasti Bangil merupakan prasasti yang menceritakan tentang pembuatan candi yang digunakan untuk pemakaman ayahanda dari Mpu Sindok dan sang Permaisuri yakni Rakryan Bawang.

  • Prasasti Calcutta

Prasasti Calcutta merupakan prasasti yang menceritakan tentang awal mula dari silsilah dinasti isana sampai dengan zaman pemerintahan Airlangga.


Penutup

Demikian penjelasan tentang Kerajaan Medang Kamulan, pembahasan yang dimulai dari sejarah, masa kejayaan kerajaan, cerita tentang kehidupan masyarakat yang ada pada saat itu, silsilah raja dan juga peninggalan dari kerajaan Medang Kamulan.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambahkan wawasan buat kalian semua terutama pada bidang sejarah, karena sejarah bukan untuk dilupakan, tapi sejarah untuk dijaga dan dirawat!


Kerajaan Medang Kamulan
Sumber Refrensi:

https://indephedia.com/2019/03/kerajaan-medang-kamulan-peninggalan-dan.html
https://goodminds.id/kerajaan-medang-kamulan/
http://sbobet.gs/ilmunik/kerajaan-medang-kamulan/

Default image
FITRI
"Menulis menjadi sebuah solusi dalam menuangkan beban yang tak pernah tersampaikan lewat sebuah ucapan"

Leave a Reply

error: Content is protected !!