19+ Contoh Kerajinan dari Bahan Alam dan Cara Membuat Sederhana

Kerajinan dari Bahan Alam – Banyak cara pembuatan kerajinan dari bahan alam merupakan bentuk kerajinan yang dihasilkan dengan menggunakan bahan yang sudah ada di alam, misalnya tanah liat, kayu, batu, bambu, serat alam dan masih banyak lagi bahan yang lainnya.

Bahan-bahan tersebutlah yang kemudian dibentuk menjadi sebuah kerajinan yang mempunyai nilai seni yang sangat tinggi. Bukan hanya nilai seninya saja loh yang tinggi, melainkan kerajinan dari bahan alam juga bisa dijual dengan harga yang sangat tinggi.

Maka dari itulah, usaha pembuatan kerajinan dengan menggunakan bahan alam bisa dijadikan sebagai pekerjaan, bahkan apabila usaha tersebut berkembang dengan pesat maka kita juga bisa mengurangi pengangguran dengan cara merekrut karyawan dari masyarakat sekitar.


Contoh Kerajinan dari Bahan Alam

Alam memang telah menyediakan berbagai macam bahan yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, misalnya makanan atau bisa juga bahan yang diolah menjadi bentuk kerajinan yang juga bisa bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Lalu apa saja sebenarnya contoh kerajinan dari bahan alam itu? Maka dari itu, yuk simak penjelasan 19 contoh kerajinan dari bahan alam berikut ini!

  • Kerajinan Bahan Alam Asbak

Kerajinan Bahan Alam Asbak

Kerajinan dari bahan alam yang pertama adalah asbak, ya asbak juga merupakan salah satu benda yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan alam loh, baik itu terbuat dari tanah liat atau bambu.

Tentunya benda ini sangat berguna bagi para perokok bukan? Maka dari itu, benda ini sebaiknya selalu ada dirumah agar sisa pembakaran asap rokok tidak berceceran di lantai.

Pada umumnya, asbak diletakkan diatas meja ruang tamu. Hal ini juga sebagai berjaga-jaga apabila kita kedatangan tamu yang juga merokok,  asbak juga bisa dijadikan sebagai souvenir atau dijadikan sebagai ladang usaha yang cukup menjanjikan.

  • Kerajinan Bahan Alam Bunga Kulit Jagung

Kerajinan Bahan Alam Bunga Kulit Jagung

Kulit jagung merupakan salah satu bahan alam yang juga bisa diolah menjadi berbagai macam bentuk kerajinan yang sangat cantik loh, salah satunya adalah bunga.

Ya bunga dari kulit jagung bisa kita jadikan pilihan untuk menghiasi rumah kita, selain bahannya yang sangat mudah ditemukan, kita juga bisa membuatnya sendiri bunga dari bahan alam kulit jagung ini.

  • Kerajinan Bahan Alam Celengan Tanah Liat

Kerajinan Bahan Alam Celengan Tanah Liat

Kerajinan dari bahan alam tanah liat selain asbak adalah celengan. Celengan sendiri merupakan salah satu benda yang digunakan untuk menyimpan uang, dimana celengan dibuat dengan menggunakan bahan tanah liat yang bisa dikreasikan menjadi berbagai macam bentuk dan warna, seperti karakter hewan macan, kura-kura atau yang lainnya. 

Bentuk unik dari celengan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri, apalagi bagi si kecil. Mereka pasti semangat menabung apalagi kalau melihat celengan dengan bentuk yang sangat lucu, celengan in bisa kalian temukan di berbagai toko.

Baca Juga: Kerajinan Dari Serat Alam

  • Kerajinan Bahan Alam dari Bambu

Kerajinan Bahan Alam Dari Bambu

Bahan alam selanjutnya yang bisa dijadikan kerajinan adalah bambu. Dimana bambu Masuoka kerajinan yang bisa dikreasikan dengan mudah menjadi berbagai macam bentuk yang sangat cantik.

Selain itu bambu juga mempunyai sifat yang lentur dan sangat kuat, sehingga sangat cocok diolah menjadi kerajinan yang sangat cantik dan tidak kalah dengan kerajinan bahan alam yang lainnya.

  • Kerajinan Bahan Alam dari Batu

Kerajinan Bahan Alam Dari Batu

Batu merupakan bahan yang juga bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan bahan alam yang mempunyai nilai seni yang sangat unik. Dimana bahan batu ini bisa kita rubah menjadi berbagai macam bentuk serta bisa ditambahkan pula warnanya.

Banyak sekali kerajinan yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan dasar bagi ini, baik itu hiasan dinding, aksesoris atau kebutuhan rumah tangga yang lainnya.

Tentunya kerajinan dari bahan batu ini bahkan bisa dijual dengan harga yang sangat tinggi loh, bagaimana apakah kalian tertarik membuat kerajinan atau usaha dari batu ini?

  • Kerajinan Bahan Alam dari Daun Pandan

Kerajinan Bahan Alam Dari Daun Pandan

Bahan alam selanjutnya adalah serat alam berupa daun pandan, ya daun pandan juga bisa dibuat menjadi sebuah kerajinan dengan cara dianyam.

Daun pandan ini bisa disulap menjadi berbagai macam kerajinan yang menarik, misalnya topi, tikar, sajadah dan masih banyak lagi kerajinan yang lainnya.

  • Kerajinan Bahan Alam dari Getah

Kerajinan Bahan Alam Dari Getah

Apakah kalian tahu, di daerah kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mempunyai kerajinan yang dibentuk dari getah nyatu, dimana kerajinan tersebut dibuat dengan menggunakan bahan dasar pohon nyatu.

Pembuatan kerajinan dari bahan getah ini juga tidaklah mudah loh, dimana banyak sekali proses yang harus dilakukan salah satunya adalah tingkat detail kerajinannya. 

Adapun bentuk kerajinan dari bahan getah pohon nyatu ini adalah perahu naga atau bisa juga perahu tunggang. Bukan hanya itu saja, getah ini juga bisa dibuat dengan membentuk replika prajurit yang juga sangat unik.

Tentunya kerajinan yang dibuat dari bahan getah ini juga bisa dijual dengan bukan yang sangat tinggi loh, sehingga cocok digunakan untuk membuka ladang usaha.

  • Kerajinan Bahan Alam dari Kayu

Kerajinan Bahan Alam Dari Kayu

Bahan alam selanjutnya adalah kayu, ya bahan kayu sendiri bisa kita temu dengan mudah di Indonesia, baik itu kayu jati, kayu mahoni, kayu pinus, kayu kelapa, kayu nangka dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Jenis-jenis kayu tersebutlah yang bisa diolah kembali menjadi bentuk kerajinan yang sangat cantik dan juga indah. Tentunya bukan sembarang orang yang bisa membuatnya ya, melainkan orang yang mempunyai tingkat kreativitas sangat tinggi.

Bahan dasar kayu bisa kita olah menjadi berbagai macam bentuk miniatur seperti pesawat, atau pembuat furniture dan bahan perabotan yang lainnya. 

  • Kerajinan Bahan Alam dari Kulit

Kerajinan Bahan Alam Dari Kulit

Kulit hewan juga termasuk kedalam jenis bahan alam, dimana kulit hewan juga bisa diolah menjadi berbagai macam bentuk kerajinan yang mempunyai nilai jual sangat tinggi.

Adapun kulit hewan yang paling sering digunakan sebagai kerajinan adalah kulit hewan sapi, kulit hewan ular, kulit hewan buaya dan kulit hewan yang lainnya. 

Sebelum membuat kerajinan dari kulit hewan ini, maka alangkah lebih baiknya untuk membersihkan terlebih dahulu kulit dari berbagai macam kotoran ya, setelah itu kalian bisa menjemurnya langsung di bawah sinar matahari.

Selanjutnya kalian bisa melalui beberapa proses lainnya misalnya membentuk pola tas atau sepatu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga: Kerajinan Dari Daun

  • Kerajinan Bahan Alam dari Logam

Kerajinan Bahan Alam Dari Logam

Kerajinan bahan alam dari logam juga banyak diminati oleh masyarakat, dimana banyak sekali jenis logam yang bisa digunakan baik itu perunggu, perak, emas, besi, aluminium dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Tentunya karena bahan logam termasuk jenis bahan yang keras, maka proses pembuatan kerajinan juga tidaklah mudah, hal tersebut jugalah yang menyebabkan kerajinan dari bahan logam cukup mahal.

Banyak sekali bentuk yang bisa dibuat dengan menggunakan bahan logam ini, baik itu perhiasan, aksesoris, medali atau berbagai macam furniture lainnya.  Adapun teknik paling sering digunakan untuk membuat kerajinan dari bahan logam ini adalah dengan di tempat atau ditekan.

  • Kerajinan Bahan Alam dari Pelepah Pisang

Kerajinan Bahan Alam Dari Pelepah Pisang

Pelepah pisang merupakan bahan alam yang termasuk kedalam jenis serat, dimana bahan ini juga bisa diubah menjadi berbagai macam bentuk kerajinan yang sangat unik loh.

Sebagai contoh adalah kerajinan tempat tisu dari pelepah pisang, lukisan, sandal hingga tas dan masih banyak lagi yang lainnya, maka dari itu, sampah yang dinilai sudah tidak berguna tetapi tetap bisa menghasilkan uang di tangan orang-orang yang kreatif.

  • Kerajinan Bahan Alam dari Sabut Kelapa

Kerajinan Bahan Alam Dari Sabut Kelapa

Sabut kelapa merupakan salah satu bahan alam yang juga termasuk kedalam serat alam, dimana sama seperti pelepah pisang, bahwa sabut kelapa juga bisa disulap menjadi berbagai macam kerajinan yang sangat menarik loh. 

Banyak sekali produk yang bisa dihasilkan dengan menggunakan sabut kelapa ini, misalnya sapu, gantungan kunci, keset, coconut dan masih banyak lagi yang lainnya, kerajinan tersebut apabila dijual tentunya juga bisa mendatangkan uang.

  • Kerajinan Bahan Alam Gelas dan Piring Tanah Liat

Kerajinan Bahan Alam Gelas Dan Piring Tanah Liat

Kerajinan dari bahan alam berupa tanah liat selanjutnya adalah piring dan juga gelas, ya seperti yang kita tahu, bahwa tanah liat memang bisa dirubah menjadi gelas dan piring yang sangat cantik.

Piring dan gelas ini bukan hanya bisa dijadikan sebagai hiasan saja ya, melainkan juga bisa digunakan untuk makan atau minum.

  • Kerajinan Bahan Alam Gentong Tanah Liat

Kerajinan Bahan Alam Gentong Tanah Liat

Kerajinan dari tanah liat selanjutnya adalah gentong, ya gentong juga dibuat dari bahan alam yakni tanah liat yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai bahan makanan, misalnya beras, atau tandon air.

  • Kerajinan Bahan Alam Keramik Tanah Liat 

Kerajinan Bahan Alam Keramik Tanah Liat

Keramik merupakan kerajinan dari bahan alam yang menggunakan tanah liat, dimana proses pembuatannya juga melalui beberapa tahap. Adapun teknik yang bisa diterapkan untuk membuat kerajinan dari bahan keramik ini adalah pembakaran, butsir atau yang lainnya.

  • Kerajinan Bahan Alam Kura-Kura Tanah Liat

Kerajinan Bahan Alam Kura Kura Tanah Liat

Apakah kalian pernah melihat miniatur kura-kura di berbagai tempat toko? Apabila iya, apakah kalian tahu ternyata miniatur kura-kura juga bisa dibuat dari bahan tanah liat loh.

Ya, tanah liat merupakan salah satu bahan yang mempunyai tekstur lunak, sehingga sangat mudah dibentuk menjadi berbagai macam kerajinan salah satunya adalah miniatur kura-kura.

  • Kerajinan Bahan Alam Teko atau Kendi Tanah Liat

Kerajinan Bahan Alam Teko Atau Kendi Tanah Liat

Teko merupakan benda yang mungkin sudah tidak asing ada di rumah kita, dimana teko sendiri dimanfaatkan untuk membuat minuman seperti teh atau minuman herbal lainnya.

Teko juga dibuat dari bahan alam berupa tanah liat, dengan proses pengerjaannya yang juga tidak jauh berbeda dengan proses pembuatan guci atau gentong.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kertas

  • Kerajinan Bahan Alam Tungku Pembakaran Tanah Liat

Kerajinan Bahan Alam Tungku Pembakaran Tanah Liat

Tungku pembakaran merupakan benda yang digunakan untuk memasak pada zaman dahulu, dimana pada saat ini tungku pembakaran sudah berubah menjadi kompor. Tungku pembakaran juga dibuat dari bahan tanah liat loh, dimana benda ini juga masih bisa kita temukan hingga saat ini.

  • Kerajinan Bahan Alam Vas Bunga Tanah Liat

Kerajinan Bahan Alam Vas Bunga Tanah Liat

Kerajinan dari bahan alam jenis tanah liat yang terakhir adalah vas bunga, dimana vas bunga ini bisa dibuat dengan berbagai macam bentuk dan juga motif yang sangat elegan loh. Kerajinan vas bunga dari tanah liat juga termasuk kedalam kerajinan yang banyak diminati terutama kaum wanita.


Penutup

Demikianlah 19+ contoh kerajinan dari bahan alam, dimana sebenarnya masih banyak bentuk kerajinan lainnya yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan alam ini.

Jadi, tunggu apalagi mari kita manfaatkan bahan alam menjadi bentuk kerajinan yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi kita, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ya.

Kerajinan dari Bahan Alam

Tinggalkan komentar