11+ Kerajinan dari Bahan Keras dan Cara Membuat Sederhana

Kerajinan dari Bahan Keras – Kerajinan dari bahan keras merupakan sebuah hasil kerajinan yang berasal dari bahan baku kayu, rotan, bambu, batu dan banyak lagi bahan keras yang lainnya.

Dimana bahan itulah nanti yang bisa membentuk sebuah kerajinan yang mempunyai nilai jual cukup tinggi. Apabila kerajinan bahan lunak mempunyai tekstur yang lentur, maka berbeda halnya dengan kerajinan dari bahan keras yang mempunyai tekstur cenderung padat.

Lalu apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan kerajinan dari bahan keras, apa saja contoh kerajinan, jenis bahan dan teknik membuatnya? Maka dari itu, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!


Pengertian Kerajinan dari Bahan Keras

Gambar Teknik Membuat Kerajinan Dari Bahan Keras

Seperti pada penjelasan diatas, bahwa kerajinan dari bahan keras merupakan kerajinan yang mempunyai tekstur padat. Dimana kerajinan ini dibuat dengan menggunakan bahan yang keras, kuat, padat dan juga tidak mudah berubah bentuk.

Kerajinan yang menggunakan bahan keras paling sering kita temui adalah kursi, meja dan masih banyak lagi yang lainnya. Dimana bahan yang digunakan juga berbagai macam, dadi mulai kayu, rotan, bambu, kaca, kaleng dan masih banyak lagi.

Apakah kalian tahu, ternyata kerajinan yang terbuat dari bahan keras ini sudah banyak digunakan loh, baik di daerah perkotaan, pedesaan bahkan hingga ke luar negeri.

Hal ini tentunya didasari bentuk dari kerajinan yang unik dan terdiri dari berbagai macam jenis, sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kulit Jagung


Contoh Kerajinan dari Bahan Keras

Pada penjelasan diatas kita sudah mengetahui bukan apa yang dimaksud dengan kerajinan dari bahan keras, lalu apa saja contoh bahan keras yang bisa dijadikan sebagai kerajinan? Maka dari itu, untuk lebih jelasnya yuk simak penjelasan berikut ini!

  • Kerajinan Bahan Keras dari Bambu

Gambar Kerajinan Bahan Keras Dari Bambu

Bambu merupakan salah satu jenis bahan keras yang bisa kita jadikan berbagai macam kerajinan yang bernilai jual cukup tinggi. Dimana pada umumnya, pengrajin bambu akan menggunakan teknik anyam dan juga teknik dalam proses pembuatan kerajinannya.

Banyak sekali kerajinan yang bisa dihasilkan dari kerajinan bambu ini, baik itu alat rumah tangga, gelas, talenan, lampu hias, piring dan masih banyak lagi yang lainnya. Dimana masing-masing tentunya mempunyai keunikan tersendiri.

  • Kerajinan Bahan Keras dari Batu

Gambar Kerajinan Bahan Keras Dari Batu

Batu juga merupakan salah satu bahan keras yang bisa diolah menjadi berbagai macam kerajinan loh, ya siapa sangka ternyata batu juga bisa disulap menjadi berbagai macam bentuk kerajinan yang bahkan apabila dijual bisa dihargai dengan harga yang cukup tinggi.

Biasanya pengrajin akan menggunakan teknik pahat dan juga ukir dalam membuat kerajinannya. Adapun tujuan atau fungsi dari kerajinan yang terbuat dari batu ini adalah digunakan sebagai berbagai macam hiasan yang indah dan estetika.

Bahkan kerajinan ini juga banyak diminati oleh masyarakat, karena memberikan keunikan tersendiri, jadi apakah kalian tertarik untuk meng koleksinya?

  • Kerajinan Bahan Keras dari Kaca Serat

Gambar Kerajinan Bahan Keras Dari Kaca Serat

Kaca serat merupakan bahan keras yang juga disebut dengan kaca air, dimana bahan ini juga bisa digunakan untuk membuat berbagai macam kerajinan yang tipis seperti serat.

Pada dasarnya serat tersebut digunakan sebagai benang atau bahan tenun yang hasil akhirnya berupa kain tenun. Kaca serat ini juga harus melewati berbagai macam proses campuran, diantaranya adalah cairan resin, katalis dan juga talk.

Proses pembuatan kerajinan dari kaca serat ini juga membutuhkan beberapa waktu dan tentunya cukup susah jika dibandingkan dengan proses pembuatan kerajinan dari bahan keras yang lainnya.

  • Kerajinan Bahan Keras dari Kaleng

Gambar Kerajinan Bahan Keras Dari Kaleng

Kaleng merupakan salah satu bahan keras buatan, dimana kaleng merupakan bahan yang didapatkan hasil dari pengelolaan bahan lainya.

Karena bahan kaleng tersebut termasuk kedalam jenis bahan yang susah untuk diuraikan, maka masyarakat banyak yang membuat kerajinan dari bahan kaleng ini. 

Banyak sekali kerajinan yang bisa kita buat dengan menggunakan kaleng, baik itu vas bunga, tempat pensil, celengan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dimana apabila barang-barang tersebut dijual, maka tidak menutup kemungkinan pengrajin bisa menghasilkan uang yang cukup banyak.

  • Kerajinan Bahan Keras dari Kayu

Gambar Kerajinan Bahan Keras Dari Kayu

Bahan keras selanjutnya yakni kayu, mungkin kalian sudah tidak asing lagi bukan dengan kerajinan yang dibuat dengan menggunakan bahan keras kayu ini. Biasanya para pengrajin akan membuat kerajinan dari bahan ini dengan menggunakan teknik ukir.

Adapun bahan yang digunakan bisa berupa kayu jati, kayu waru, kayu mangga dan masih banyak lagi jenis kayu yang lainnya. Kerajinan yang dihasilkan juga beragam, yakni dari kursi, lemari, meja dan masih banyak lagi yang tentunya kualitas dari hasil kerajinan juga tergantung dengan bahan kayu yang digunakan.

  • Kerajinan Bahan Keras dari Rotan

Gambar Kerajinan Bahan Keras Dari Rotan

Apakah kalian tahu, ternyata kerajinan dari bahan keras rotan merupakan salah satu jenis kerajinan yang mempunyai kualitas paling bagus loh jika dibandingkan dengan kerajinan dari bahan keras yang lainnya.

Biasanya para pengrajin akan membuat kerajinan dari rotan dengan menggunakan teknik anyaman. Meskipun bentuk kerajinan terbilang cukup sederhana, tetapi kerajinan dari rotan ini tidak kalah bagus jika dibandingkan dengan kerajinan dari bahan yang lainnya.

Adapun kerajinan dari bahan rotan ini bisa meliputi keranjang, kotak tisu, tempat sampah hingga kursi dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Kerajinan Bahan Keras dari Logam

Gambar Kerajinan Bahan Keras Dari Logam

Kerajinan dari bahan keras yang terakhir adalah logam, dimana logam dikenal mempunyai sifat yang keras dengan proses pembuatannya cukup rumit, yakni harus melalui proses pembakaran atau pemanasan.

Adapun bahan logam yang digunakan adalah besi, perunggu, emas, perak dan bahan logam yang lainnya. Bahan-bahan tersebut bisa disulap menjadi berbagai macam kerajinan yang bernilai seni dan jual yang sangat tinggi loh.

Dimana bentuk kerajinan yang dihasilkan bisa berupa aksesoris, perhiasan, alat rumah tangga, gelas, piring dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga: Kerajinan Dari Batu


Jenis Kerajinan dari Bahan Keras

Bahan keras yang bisa digunakan menjadi kerajinan ini terbagi menjadi 2 jenis, yakni bahan keras alami dan juga bahan keras buatan. Lalu apa perbedaan dari keduanya? Maka dari itu yuk, simak penjelasan di bawah ini!

  • Bahan Keras Alami

Gambar Bahan Keras Alami

Sesuai dengan namanya dimana bahan keras alami adalah bahan yang dihasilkan dari alam, baik itu bumi, hutan atau laut. Adapun bahan keras yang dihasilkan dari alam ini bisa meliputi, kayu, bambu, batu, rotan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Biasanya bahan yang dibuat dari bahan keras akan cenderung tahan lama dan juga kuat, maka tidak heran apabila banyak masyarakat yang lebih menyukai kerajinan dari bahan ini. Bukan hanya itu saja, bahan keras yang dihasilkan dari alam ini juga mempunyai daya tarik tersendiri loh.

  • Bahan Keras Buatan

Gambar Bahan Keras Buatan

Apabila bahan keras alami diperoleh dari alam, maka berbeda halnya dengan bahan keras buatan, dimana bahan ini dibuat dengan menggunakan bahan yang diolah dengan menggunakan bahan khusus.

Sehingga tercipta bahan lainnya yang mempunyai tekstur kuat dan padat. Adapun bahan keras buatan ini bisa meliputi kaca, kaleng dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kaleng dan juga kaca tersebut juga bisa diolah kembali menjadi berbagai macam kerajinan yang unik dan tentunya bernilai seni cukup tinggi loh. Bahkan kerajinan yang dibuat dari bahan dasar kaca bisa dijual dengan harga mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah.

Baca Juga: Kerajinan Dari Sabut Kelapa


Teknik Membuat Kerajinan dari Bahan Keras

Gambar Teknik Membuat Kerajinan Dari Bahan Keras

Pada penjelasan diatas kita sudah mengetahui apa saja pengertian, contoh kerajinan beserta jenis bahan keras yang bisa digunakan untuk membuat sebuah kerajinan.

Dimana tentunya untuk membuat semua bentuk kerajinan tersebut harus menggunakan beberapa teknik dalam proses pembuatannya.

Lalu, apa saja teknik yang dilakukan untuk membuat berbagai macam kerajinan dari bahan keras tersebut? Maka dari itu, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya!

  • Teknik Cor

Teknik cor merupakan sebuah teknik yang paling sering digunakan untuk mengolah kerajinan yang berasal dari bahan perunggu, kapak, bejana, dan juga digunakan untuk membuat berbagai macam perhiasan. 

  • Teknik Tuang Berulang

Teknik tuang berulang merupakan salah satu jenis teknik cor yang dilakukan dengan cara menuang beberapa kali, dimana biasanya teknik ini akan memanfaatkan dua buah cetakan yang dibuat dari bahan batu. 

Cetakan yang digunakan dalam teknik tuang berulang ini juga bisa digunakan beberapa kali loh, dimana biasanya digunakan untuk mencetak perhiasan, wadah dan masih banyak lagi yang lainnya. Sehingga kita tidak perlu membeli cetakan atau berganti cetakan secara terus menerus.

  • Teknik Tuang Sekali Pakai

Teknik tuang sekali pakai juga termasuk ke dalam jenis teknik cor, dimana teknik ini hanya bisa dilakukan satu kali saja, berbeda halnya dengan teknik berulang yang bisa dilakukan secara lebih dari satu kali. Biasanya benda yang melalui teknik ini adalah pada saat pembuatan arca atau perunggu.

  • Teknik Etsa 

Teknik etsa merupakan teknik yang dilakukan dengan cara merendam berbagai macam bahan logam dengan menggunakan larutan etsa atau larutan asam. Pada dasarnya, larutan ini terdiri dari asam mineral anorganik, asam organik dan juga larutan campuran. 

  • Teknik Ukir

Teknik ukir merupakan salah satu teknik yang dilakukan dengan cara mengukir bahan agar membentuk sebuah karakter atau pola yang diinginkan.

  • Teknik Ukir Tekan

Teknik ukir tekan merupakan salah satu jenis teknik ukir yang apabila dilakukan pada plat logam yang tipis ketebalannya mencapai 0,2 mm. Apabila pada logam plat kuning maka ketebalannya mencapai 0,4 mm.

  • Teknik Bubut

Teknik bubut merupakan teknik yang dilakukan dengan menggunakan alat pahat. Alat tersebutlah yang berguna untuk menggaruk serta membentuk benda agar sesuai dengan pola atau keinginan yang sudah ditentukan.

  • Teknik Anyam

Teknik anyam merupakan teknik untuk membuat kerajinan dari bahan keras yang bisa kalian temukan dengan mudah. Dimana teknik ini dilakukan dengan cara menumpang tindihkan bahan atau menghilangkan bahan yang diolah sehingga menjadi kerajinan yang diinginkan.


Penutup

Demikianlah pengertian kerajinan dari bahan keras, contoh kerajinan, jenis bahan yang digunakan dan juga teknik yang bisa diimplementasikan. Dimana sebenarnya masih banyak kerajinan-kerajinan yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan keras ini.

Jadi, tunggu apalagi mari kita manfaatkan berbagai macam jenis bahan keras menjadi barang yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi kita, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ya.

Tinggalkan komentar