20+ Contoh Kerajinan dari Bahan Limbah Organik dan Anorganik

Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Dan Anorganik

Kerajinan dari Bahan Limbah Organik dan Anorganik – Apabila kita membahas tentang limbah pasti tidak akan pernah habisnya, dimana limbah ini baik itu organik maupun anorganik masih bisa diolah kembali loh.

Limbah organik dan limbah anorganik yang berbentuk padat bisa dirubah menjadi berbagai macam kerajinan yang menarik, dimana kerajinan dari bahan limbah organik dan anorganik ini juga tidak kalah unik jika dibandingkan dengan kerajinan lainnya.

Lalu, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan kerajinan dari limbah organik dan anorganik ini, apa saja contoh kerajinan dan jenis-jenis limbahnya? Langsung saja untuk lebih lengkapnya, yuk simak penjelasan di bawah ini!


Pengertian Limbah Organik

Gambar Limbah Organik

Sampai organik merupakan hasil sisa barang yang sudah tidak digunakan kembali, atau dibuang oleh pemakai sebelumnya. Dimana sampah ini bisa mengalami pelapukan atau terurai menjadi bajaj yang lebih kecil atau yang sering disebut sebagai kompos.

Kompos merupakan hasil pelapukan dari bahan organik, yakni meliputi sampah sisa bahan makanan, daun-daunan, rumput dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tetapi, sebenarnya limbah organik ini juga bisa kita rubah menjadi kerajinan yang bernilai tinggi loh, baik itu tas, vas bunga dan masih banyak lagi yang lain.


Contoh Kerajinan Limbah Organik

Pada penjelasan diatas kita sudah membahas tentang pengertian dari limbah organik, lalu apa saja sebenarnya contoh kerajinan yang bisa dihasilkan dari limbah organik ini? Maka dari itu, untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan berikut ini!

1. Kerajinan Organik dari Daun-Daun Kering

Gambar Kerajinan Organik Dari Daun Daun Kering

Daun kering merupakan salah satu jenis limbah organik yang bisa diolah menjadi berbagai macam jenis kerajinan yang indah. Pada umumnya daun kering akan digunakan sebagai hiasan untuk dekorasi rumah loh, dengan membuatnya yang menggunakan teknik kolase.

Kolase sendiri merupakan seni yang dilakukan dengan menggabungkan beberapa bahan menjadi satu karya, dimana nantinya karya tersebut bisa kita gunakan sebagai hiasan.

Bukan hanya itu saja loh, apabila kalian ingin membuka sebuah usaha, maka kerajinan dari daun kering ini juga bisa dijadikan pilihan.

Baca Juga: Kerajinan Dari Bahan Keras

2. Kerajinan Organik dari Kulit Telur

Gambar Kerajinan Organik Dari Kulit Telur

Kalian mempunyai kulit telur yang tidak terpakai? Daripada dibuang, maka alangkah lebih baiknya kita buat menjadi sebuah kerajinan yang unik dan menarik yang mempunyai nilai seni dan jual yang tinggi loh. Kulit telur ini juga termasuk kedalam jenis limbah organik yang bisa diolah kembali.

Banyak sekali kerajinan yang bisa kita buat dengan menggunakan kulit telur ini, yakni ada vas mini, tempat tisu, lapisan bingkai foto, lampu kamar dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dimana kita juga bisa membuka usaha pembuatan kerajinan kulit telur loh, selain bahan yang mudah didapatkan, dengan memanfaatkan kulit telur maka kita bisa mengurangi limbah dan tentunya membuka lapangan pekerjaan.

3. Kerajinan Organik dari Limbah Pesisir Laut

Gambar Kerajinan Organik Dari Limbah Pesisir Laut

Limbah organik selanjutnya adalah limbah yang berasal dari pesisir laut, dimana limbah tersebut berupa sisik ikan, kerang, cangkang laut dan masih banyak lagi yang lainnya.

Limbah-limbah tersebut juga bisa kita manfaatkan menjadi berbagai macam kerajinan yang unik loh. Bahkan bentuk kerajinan dari limbah pesisir laut ini sudah sering kita temukan di berbagai tempat wisata yang ada di pesisir.

Biasanya limbah pesisir laut ini diolah menjadi kerajinan bross, lampu hias dan juga boneka. Dimana cara membuatnya juga cukup mudah, yakni membersihkan terlebih dahulu cangkang dan kemudian kita gabungkan menjadi bentuk yang diinginkan dengan menggunakan bantuan lem, bagaimana mudah bukan?

4. Kerajinan Organik dari Ranting Pohon atau Kayu

Gambar Kerajinan Organik Dari Ranting Pohon Atau Kayu

Limbah selanjutnya adalah ranting pohon atau kayu, dimana memang limbah organik satu ini juga bisa dibuat menjadi berbagai macam kerajinan yang unik.

Adapun kerajinan yang bisa dibuat yakni berupa gantungan baju, furniture yang menarik, berbagai macam miniatur dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kerajinan dari ranting ini juga bisa kalian jual kembali dengan harga yang cukup tinggi loh, apabila kerajinan yang kalian buat mempunyai keunikan yang berbeda dari kerajinan yang dibuat oleh pengrajin yang lainnya. Jadi, apakah kalian tertarik untuk meningkatkan kreatifitas?

5. Kerajinan Organik dari Tempurung Kelapa

Gambar Kerajinan Organik Dari Tempurung Kelapa

Limbah organik terakhir yang bisa kalian olah adalah limbah yang berasal dari batok kelapa. Dimana kerajinan ini sudah pasti tidak asing lagi bagi kalian bukan? Karena memang bahan yang satu ini sudah sering digunakan untuk membuat berbagai macam benda tradisional yang unik. 

Dimana kerajinan tersebut bisa meliputi gelas, mangkok, cangkir, boneka, tempat tisu, pot tanaman dan berbagai macam aksesoris hingga kerajinan yang lainnya. Banyak sekali pengrajin batok kelapa yang bisa meraup keuntungan darinya hasil penjualan kerajinan dari batok kelapa ini.


Jenis-Jenis Limbah Organik

Pada penjelasan diatas kita sudah belajar mengenai pengertian limbah organik beserta contoh kerajinannya, dimana sampah organik ini adalah sampah yang dihasilkan oleh makhluk hidup.

Baik itu manusia, tumbuhan dan juga hewan. Dimana sampah ini terbagi menjadi beberapa jenis loh, jenis-jenis sampai organik diantaranya sebagai berikut!

1. Limbah Organik Basah

Gambar Limbah Organik Basah

Limbah organik basah merupakan jenis sampah atau limbah yang dihasilkan dari sisa potongan hewan atau sayuran, bukan hanya itu saja limbah ini juga dihasilkan dari sisa pengolahan dan juga pembuatan makanan yang mudah membusuk. Biasanya limbah organik basah ini bisa diolah menjadi kompos.

Baca Juga: Kerajinan Dari Sabun

2. Limbah Organik Kering

Gambar Limbah Organik Kering

Apabila limbah organik basah ini mudah membusuk, maka berbeda hal nya dengan limbah organik kering, dimana limbah ini merupakan jenis sampah yang mempunyai kandungan air kecil, sehingga tidak mudah membusuk. Limbah organik kering ini meliputi kayu, ranting dan juga daun kering.


Pengertian Limbah Anorganik

Gambar Limbah Anorganik

Pada penjelasan diatas kita sudah membahas tentang pengertian dari limbah organik. Lalu bagaimana dengan limbah anorganik?

Jadi, limbah anorganik merupakan sisa bahan yang tidak mudah membusuk, berbeda halnya dengan limbah organik yang dengan mudah membusuk. Limbah anorganik ini meliputi botol plastik, botol kaca, kertas, kaleng dan juga bungkus makanan.

Maka dari itulah bisa dikatakan bahwa limbah anorganik menjadi salah satu limbah yang cukup mengkhawatirkan apabila dibiarkan terus menumpuk, hal ini dikarenakan memang limbah ini tidak bisa terurai kembali. 

Apabila limbah anorganik ini terus menumpuk, maka tidak menutup kemungkinan bahwa masyarakat akan dengan mudah terserang penyakit, baik itu diare, kolera dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka dari itulah banyak masyarakat yang memanfaatkan limbah anorganik menjadi kerajinan yang bisa dijual kembali.


Contoh Kerajinan Limbah Anorganik

Seperti yang kita tahu, bahwa limbah anorganik merupakan salah satu limbah yang tidak bisa terurai dengan cepat, melainkan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Maka dari itulah, masyarakat mengurangi penumpukan limbah ini dengan cara mengkreasikan-nya menjadi berbagai macam kerajinan yang bernilai seni tinggi.

Selain bisa dipajang sendiri dirumah, kerajinan tersebut juga bisa dijual kembali, sehingga selain mengurangi penumpukan limbah, juga bisa membuka lapangan usaha bagi masyarakat sekitar. Lalu apa saja contoh kerajinan yang bisa diolah dari limbah anorganik ini? Yuk, simak penjelasan dibawah ini!

1. Kerajinan Anorganik dari Botol Kaca

Gambar Kerajinan Anorganik Dari Botol Kaca

Limbah anorganik pertama yang bisa kalian kreasikan adalah botol kaca. Dimana apabila kalian mempunyai botol kaca yang tidak terpakai, kalian bisa mengelola kembali menjadi botol yang baru atau dirubah menjadi vas bunga yang tidak kalah cantik loh.

Cara membuatnya pun cukup mudah, yakni dengan cara membersihkan terlebih dahulu botol kaca dari debu yang menempel, kemudian tambahkan cat warna sesuai dengan keinginan dan tambahkan berbagai macam hiasan lainnya.

Selanjutnya masukan bunga ke dalam botol dan vas dari botol sudah siap untuk diletakkan di ruang tamu, bagaimana mudah dan sederhana bukan?

2. Kerajinan Anorganik dari Kain

Gambar Kerajinan Anorganik Dari Kain

Limbah anorganik kain mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian. Karena pada saat ini, sudah banyak sekali masyarakat yang pandai memanfaatkan.

Berbagai macam kain baju atau celana yang sudah tidak terpakai menjadi berbagai macam kerajinan, kerajinan dari kain ini bisa berupa tas, tempat tisu, taplak meja atau bahkan selimut dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Selain digunakan sebagai kerajinan, limbah anorganik dari kain ini juga bisa kalian sumbangkan ke panti asuhan atau orang yang membutuhkan (tapi usahakan yang memang masih bagus ya) apabila baju sudah tidak layak pakai, maka sebaiknya diolah menjadi kerajinan yang mempunyai nilai jual tinggi.

3. Kerajinan Anorganik dari Kaleng

Gambar Kerajinan Anorganik Dari Kaleng

Limbah anorganik kaleng merupakan salah satu jenis limbah yang juga tidak dengan cepat terurai, maka dari itulah sebaiknya memanfaatkan limbah ini menjadi berbagai macam kerajinan yang menarik.

Ya, apabila pada zaman dahulu anak-anak memanfaatkan kaleng bekas menjadi telepon kaleng, maka pada saat ini banyak kerajinan yang bisa dihasilkan oleh kaleng ini loh.

Kerajinan tersebut bisa berupa tempat pensil, pot bunga, mobil-mobilan dan masih banyak lagi yang lainnya. Sehingga kita tidak perlu khawatir lagi apabila menemukan kaleng yang menumpuk, karena kaleng tersebut bisa disulap menjadi berbagai macam kerajinan yang menarik.

4. Kerajinan Anorganik dari Plastik

Gambar Kerajinan Anorganik Dari Plastik

Pengolahan limbah anorganik yang berasal dari plastik pada saat ini sudah banyak kita temukan bukan? Baik itu tas, tempat pensil, tempat tisu, dompet dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sehingga limbah plastik ini bisa dengan mudah berkurang dan tentunya lingkungan juga bersih dari sampah plastik yang menumpuk.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kerang


Jenis-Jenis Limbah Anorganik

Sama halnya dengan limbah organik, dimana limbah anorganik juga dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya adalah sebagai berikut!

1. Limbah Anorganik Cair

Gambar Limbah Anorganik Cair

Limbah anorganik cair merupakan jenis limbah yang sangat berbahaya, hal ini dikarenakan limbah tersebut berasal dari pabrik atau perusahaan produksi. Pada umumnya pabrik akan mengarahkan limbah ini pada sungai.

Maka dari itu tempat yang ada disekitar sungai akan tercemar dan menyebabkan makhluk yang hidup di sungai perlahan-lahan punah. Sebenarnya penghasil limbah anorganik cair ini bukan hanya dari pabrik saja, melainkan juga berasal dari rumah tangga. Baik itu sisa deterjen, sabun cuci dan bahan kimia yang lainnya.

2. Limbah Anorganik Gas

Gambar Limbah Anorganik Gas

Limbah anorganik gas merupakan salah satu jenis limbah yang berasal dari cerobong asap dari pabrik. Dimana limbah ini juga sangat berbahaya bagi pernafasan, bukan hanya itu saja, limbah asap juga bisa menyebabkan bumi menjadi panas dan polusi yang akan terus bertambah.

3. Limbah Anorganik Padat

Gambar Limbah Anorganik Padat

Jenis limbah anorganik yang terakhir adalah limbah anorganik padat, dimana limbah ini mempunyai tekstur yang keras dan padat. Limbah anorganik padat ini bisa berupa aluminum, besi, botol plastik, botol kaca dan masih banyak lagi yang lainnya.


Penutup Artikel Kerajinan dari Bahan Limbah Organik dan Anorganik

Demikianlah penjelasan mengenai contoh beserta jenis dan pengertian kerajinan dari bahan limbah organik dan anorganik. Semoga artikel ini bermanfaat dan tentunya semoga bisa dipahami dengan baik oleh para pembaca sekalian.

Kerajinan dari Bahan Limbah Organik dan Anorganik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.