13+ Contoh Kerajinan dari Bahan Lunak dan Cara Membuatnya

Kerajinan Dari Bahan Lunak

Kerajinan dari Bahan Lunak – Kerajinan dari bahan lunak merupakan sebuah kreasi daur ulang atau sebuah benda yang unik dan dibuat dengan menggunakan bahan yang lunak. Dimana kerajinan dari bahan lunak ini mempunyai sifat yang lembut dan juga lentur.

Tapi, apakah kalian sudah paham apa yang dimaksud dengan kerajinan dari bahan lunak, jenis bahan, contoh dan fungsinya. Apabila belum, maka penjelasan berikut ini bisa kalian pahami!


Pengertian Kerajinan dari Bahan Lunak

Gambar Kerajinan Bahan Lunak

Kerajinan dari bahan lunak merupakan sebuah hasil kerajinan tangan yang dibuat dengan menggunakan bahan yang lentur sehingga mudah untuk dibentuk.

Biasanya dalam prosesnya kerajinan ini akan dibentuk terlebih dahulu dan kemudian dikeringkan agar kerajinan bisa mengeras dan bisa diletakkan sebagai hiasan. 

Banyak sekali contoh kerajinan yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan dasar lunak ini, diantaranya adalah gelas , anyaman, lilin dan masih banyak lagi yang lainnya. Dimana kerajinan tersebut bisa kita pakai juga untuk souvenir. 

Kerajinan dari bahan lunak ini juga menjadi salah satu bentuk peluang usaha yang cukup besar, hal ini dikarenakan kerajinan ini bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Bukan hanya itu saja, karena sifatnya yang mudah dibentuk menjadi berbagai macam karakter juga lah yang menyebabkan kerajinan ini banyak diminati.


Jenis-Jenis Bahan Lunak untuk Kerajinan

Bahan lunak ini terdiri dari dua jenis yang berbeda, dimana jenis-jenis bahan lunak tersebut diantaranya adalah sebagai berikut!

Bahan Lunak Alam

Gambar Bahan Lunak Alam

Sesuai dengan namanya, dimana bahan lunak alam merupakan bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan yang didapatkan dari alam.

Bukan hanya bahannya saja melainkan cara pembuatannya juga terbilang cukup ekonomi tanpa menggunakan berbagai macam campuran. Misalnya tanah liat, bubur tisu, getah, kulit dan getah nyatu.

Bahan Lunak Buatan

Gambar Bahan Lunak Buatan

Apabila bahan lunak alam adalah bahan yang didapatkan dari alam, maka berbeda dengan bahan lunak buatan, dimana bahan ini didapatkan dari hasil olahan yang dicampur dengan menggunakan bahan kimia sehingga bisa didapatkan tekstur yang lunak. Misalnya adalah lilin, parafin, gips dan juga sabun.


Contoh Kerajinan dari Bahan Lunak

No Hasil Kerajinan dari Bahan Lunak
1 Kerajinan Bahan Lunak dari Serat Alam
2 Kerajinan Bahan Lunak dari Lilin
3 Kerajinan Bahan Lunak dari Clay
4 Kerajinan Bahan Lunak dari Sabun
5 Kerajinan Bahan Lunak dari Gips
6 Kerajinan Bahan Lunak dari Kertas Bubur
7 Kerajinan Bahan Lunak dari Kulit
8 Kerajinan Bahan Lunak dari Tanah Liat
9 Kerajinan Bahan Lunak dari Teknik Menenun

Pada penjelasan diatas kita sudah mengetahui apa saja jenis-jenis bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan dari bahan lunak. Lalu bagaimana dengan contoh kerajinan dari bahan lunak tersebut? Yuk simak penjelasan berikut ini!

1. Kerajinan Bahan Lunak dari Serat Alam

Gambar Kerajinan Bahan Lunak Dari Serat Alam

Contoh kerajinan dari bahan lunak yang pertama adalah kerajinan yang dihasilkan dari serat alam. Dimana kerajinan ini bisa kita buat dengan mudah.

Yakni menggunakan teknik anyam dengan bahan yang digunakan bisa berupa daun lontar, daun pandan, serat yang dihasilkan dari pohon pisang dan masih banyak lagi yang lainnya. 

 Bahan serat alam tersebut bisa kita rubah menjadi berbagai macam kerajinan seperti bingkai foto, tempat tisu, alas gelas dan jiga piring, tas, keranjang dan masih banyak lagi yang lainnya.  Dimana kerajinan tersebut juga bisa dijual kembali dengan nilai jual yang cukup tinggi.

Baca Juga: Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Dan Anorganik

2. Kerajinan Bahan Lunak dari Lilin

Gambar Kerajinan Bahan Lunak Dari Lilin

Kerajinan selanjutnya yakni kerajinan dari bahan lunak lilin, dimana proses pembuatannya cukup mudah jika dibandingkan dengan kerajinan yang dibuat dari bahan serat alam.

Adapun cara membuatnya yakni dengan cara mencairkan lilin terlebih dahulu dengan menggunakan api atau kompor. Selanjutnya bentuk lilin yang sudah mencair tersebut dengan menggunakan bentuk cetak tertentu.

Misalnya kalian bisa meletakkan kedalam cetakan yang berbentuk bunga dan dinginkan. Hasil yang diperoleh juga sangat cantik, sehingga kalian juga bisa menjual kembali kerajinan ini loh.

3. Kerajinan Bahan Lunak dari Clay

Gambar Kerajinan Bahan Lunak Dari Clay

Clay atau polymer clay merupakan jenis tanah yang bisa mengeras, banyak sekali kerajinan yang bisa dibuat dengan menggunakan clay ini loh, hal ini dikarenakan memang clay termasuk kedalam jenis bahan yang mudah dibentuk dan akan mengeras apabila dipanaskan.

4. Kerajinan Bahan Lunak dari Sabun

Gambar Kerajinan Bahan Lunak Dari Sabun

Apakah kalian tahu, ternyata sabun batangan atau sabun mandi juga bisa dibuat menjadi kerajinan atau bahkan souvenir yang sangat cantik loh.

Dimana cara membuatnya yakni hanya tinggal mengukir sabun batangan tersebut menjadi bentuk yang diinginkan, baik itu ukiran bunga atau karakter lainnya.

Kerajinan dari sabun ini bisa kalian jadikan pilihan sebagai souvenir loh, karena sabun batangan bisa kalian ukir menjadi bentuk yang sangat cantik.

Hal yang perlu kalian ketahui, ternyata bukan hanya mengukir saja, melainkan kerajinan dari sabun ini juga bisa kalian buat dengan cara mencairkan dan dicampur sagu kemudian dengan menggunakan cetakan.

5. Kerajinan Bahan Lunak dari Gips

Gambar Kerajinan Bahan Lunak Dari Gips

Gips merupakan bahan mineral yang apabila sudah berbentuk padat maka tidak akan bisa mencair kembali di dalam air. Dimana untuk membuat sebuah kerajinan yang menarik dan mudah dibentuk.

Maka gips harus dicairkan terlebih dahulu, sama dengan pembuatan kerajinan dari sabun dan juga lilin, dimana kerajinan dari gips membutuhkan sebuah cetakan agar bisa membentuk sebuah kerajinan yang sesuai dengan keinginan.

Dimana cetakan tersebut bernama silicone rubber, karena cetakan inilah yang bisa membuat sebuah kerajinan yang unik.

Baca Juga: Kerajinan Dari Bahan Keras

6. Kerajinan Bahan Lunak dari Kertas Bubur

Gambar Kerajinan Bahan Lunak Dari Kertas Bubur

Apakah kalian tahu, ternyata bubur kertas juga bisa dijadikan sebagai kerajinan yang sangat cantik loh. Dimana cara pembuatannya juga cukup mudah dan tentunya ekonomis, cara membuatnya adalah dengan menyobek kertas kemudian dilarutkan kedalam air.

Tunggu hingga menjadi bubur dan kemudian kalian bisa mencetak, baik itu menjadi tempat tisu, tempat pensil dan masih banyak lagi yang lainnya. Apabila sudah terbentuk maka keringkan kerajinan tersebut, agar lebih cantik kalian juga bisa menambahkan warna loh.

7. Kerajinan Bahan Lunak dari Kulit

Gambar Kerajinan Bahan Lunak Dari Kulit

Sesuai dengan namanya, dimana kerajinan dari bahan kulit adalah kerajinan yang menggunakan bahan dasar kulit alami, kulit tersebut tentunya harus melalui beberapa proses terlebih dahulu ya sebelum digunakan. Biasanya kerajinan dari kulit ini dilakukan dengan teknik ukir dan juga teknik menjahit.

Adapun kulit yang bisa digunakan adalah kulit mentah atau sintetis yang berasal dari hewan kambing, sapi, kerbau buaya, ular dan masih banyak lagi yang lainnya. Dimana produk yang ditawarkan meliputi tas, sepatu, jaket dan masih banyak lagi.

8. Kerajinan Bahan Lunak dari Tanah Liat

Gambar Kerajinan Bahan Lunak Dari Tanah Liat

Kerajinan yang dibuat dari bahan tanah liat pasti sudah tidak asing lagi bagi kita semua, dimana memang tanah liat menjadi salah satu bahan yang bisa disulap menjadi berbagai macam kerajinan yang mempunyai nilai seni cukup tinggi.

Sehingga tidak heran apabila kerajinan yang dibuat dari tanah liat juga bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi pula. Adapun contoh kerajinan yang bisa dibuat dari tanah liat adalah, gelas, mangkuk, vas bunga, celengan dan masih banyak lagi.

9. Kerajinan Bahan Lunak dari Teknik Menenun

Gambar Kerajinan Bahan Lunak Dari Teknik Menenun

Contoh kerajinan dari bahan lunak yang terakhir adalah kerajinan dengan teknik menenun. Dimana kerajinan ini dibuat dengan bahan dasar benar yang didapatkan dari ulat.

Menenun merupakan teknik yang mirip dengan menganyam, menenun bisa menghasilkan berbagai macam kerajinan baik itu sarung dan juga baju. 

Kerajinan yang dibuat dari teknik menenun ini bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi loh, karena memang proses pembuatannya yang cukup memakan waktu dan bahan yang cukup susah untuk didapatkan, sehingga tidak heran apabila harga yang ditawarkan juga tinggi.


Teknik Membuat Kerajinan dari Bahan Lunak

Gambar Teknik Membuat Kerajinan Dari Bahan Lunak

Untuk membuat berbagai macam contoh kerajinan dari bahan lunak teras tentunya harus melalui proses yang membutuhkan beberapa teknik tertentu.

Lalu apa saja teknik yang bisa diimplementasikan untuk membuat kerajinan dari bahan lunak ini? Yuk, simak penjelasan dibawah ini!

Teknik Coil

Teknik ini merupakan sebuah teknik yang dilakukan dengan menggunakan tangan, yakni dengan memijat langsung dengan jadi. Dimana biasanya teknik ini dilakukan oleh pengrajin keramik.

Teknik Putar

Teknik putar merupakan teknik yang dilakukan dengan menggunakan alat bantuan yakni alat putar yang bisa membentuk kerajinan agar lebih simetris. Biasanya teknik ini juga teknik yang digunakan oleh pengrajin keramik.

Teknik Mengukir

Teknik mengukir merupakan teknik yang dilakukan dengan cara memahat atau menggoreskan permukaan benda. 

Teknik Menenun

Teknik menenun merupakan teknik yang dilakukan dengan menggunakan alat khusus, yakni alat lungsi atau pakan.

Teknik Membordir

Teknik membordir merupakan teknik yang digunakan untuk membuat berbagai macam hiasan yang berasal dari benang kain. 

Teknik Cetak

Teknik cetak merupakan teknik yang juga dilakukan oleh pengrajin keramik.

Teknik Menganyam

Teknik menganyam merupakan teknik yang digunakan untuk bahan yang berasal dari tumbuhan, baik itu rotan, serat pohon pisang dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga: Kerajinan Dari Sabun


Fungsi Kerajinan dari Bahan Lunak

Gambar Kerajinan Dari Bahan Lunak

Pada penjelasan diatas kita sudah mengetahui bukan apa saja pengertian dari kerajinan bahan lunak, jenis bahan yang bisa digunakan, teknik serta berbagai macam contoh kerajinannya. Lalu bagaimana dengan fungsinya? Maka dari itu untuk mengetahui lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut ini!

  1. Kerajinan yang dibuat dari bahan lunak bisa digunakan untuk memperindah tampilan.
  2. Beberapa kerajinan dari bahan lunak bisa dibuat menjadi bentuk yang menyerupai aslinya.
  3. Kerajinan dari bahan lunak bisa menekankan beberapa bagian, sehingga kerajinan tersebut menjadi lebih khas.
  4. Kerajinan dari bahan lunak bisa dijadikan sebagai simbol dari kepentingan tertentu

Penutup Artikel Kerajinan dari Bahan Lunak

Demikianlah pengertian kerajinan dari bahan lunak, jenis-jenis bahan yang digunakan, contoh kerajinan, teknik pembuatannya dan juga fungsinya, dimana sebenarnya masih banyak kerajinan-kerajinan yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan lunak ini. 

Jadi, tunggu apalagi mari kita manfaatkan berbagai macam jenis bahan lunak menjadi barang yang bisa menjadi ladang penghasilan bagi kita, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian ya.

Kerajinan dari Bahan Lunak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.